Yuk, Mengenal Lebih Dekat Danau Toba

Siapa yang tidak ingin ke Sumatera Utara?

Sumatera Utara memiliki wisata alam yang indah, dan hal tersebut membuat wisatawan banyak yang berkunjung.

Sumatera Utara sendiri memiliki wisata favorit, yakni Danau Toba. 

Bagaimana Danau Toba bisa terbentuk? Dan apa yang menarik di Danau Toba? Berikut ini adalah informasinya.

Mengenal Danau Toba

Danau Toba merupakan sebuah Danau yang terbentuk, karena adanya sebuah letusan Gunung Api sekitar 70.000 tahun yang lalu. Akibat adanya letusan Gunung tersebut, terbentuklah Danau beserta Pulau Samosir ditengahnya.

Danau Toba juga dikenal sebagai danau terbesar di Indonesia, dan danau ini menyajikan pemandangan yang sangat indah.  Beberapa fasilitas tersedia di Danau Toba, sehingga wisatawan bisa nyaman saat berlibur di Danau Toba.

Legenda Danau Toba

Danau Toba dan juga Pulau Samosir memiliki sebuah legenda, yang sangat terkenal . Ada seorang pria bernama Toba , dan ia hidup sendiri di sebuah lembah yang subur. Suatu hari ia memancing ikan di sebuah danau, dan ia mendapat ikan mas yang cantik setelah menunggu lama .

Toba pulang ke rumah bersama ikan yang didapatnya, dan ia mempersiapkan alat untuk memasak ikan.  Tak lama setelah mempersiapkan alat untuk masak, Toba terkejut karena ikan tersebut berubah jadi wanita cantik.

Toba ingin menikahi wanita  tersebut, namun syaratnya ia harus merahasiakan identitas wanita tersebut.  Mereka akhirnya menikah, dan akhirnya memiliki anak bernama Samosir.   Samosir bertambah besar, dan suatu hari ia mengantar bekal untuk ayahnya.

Saat mengantar makanan kepada ayahnya , tiba tiba Samosir di marahi oleh ayahnya.  Toba juga berkata kepada Samosir, bahwa ia adalah keturunan ikan. Samosir tiba dirumah  , dan ia melaporkan hal tersebut kepada ibunya.

Ibunya tersebut menjadi marah, dan  tak lama bencana banjir besar terjadi di daerah tersebut. Toba dan Samosir tidak selamat saat terjadi bencana , dan itulah yang menjadi cikal bakal nama Danau Toba dan Pulau Samosir.

Kegiatan Yang Bisa dilakukan di Danau Toba

Beberapa kegiatan bisa dilakukan di Danau Toba, yaitu:

Berkunjung Ke Museum Batak

Jika anda berlibur ke Danau Toba, anda wajib berkunjung ke Museum Batak. Museum Batak ini berisi rumah Raja zaman pada dahulu,  dan kini telah dipugar menjadi museum. Anda juga bisa melihat tarian tradisional Batak, di Museum Batak ini.

Memancing

Kegiatan memancing tidak boleh anda lewatkan, saat anda berlibur di Danau Toba.  Danaunya sangat luas, tentu membuat ikan di danau ini sangat banyak.  Anda bisa memasak ikan yang sudah anda pancing, sekaligus bersantap bersama keluarga atau teman anda.

Menginap di Penginapan

Bagi anda yang ingin menginap dan menikmati alam Danau Toba, anda bisa menginap di penginapan yang tersedia.  Penginapan di Danau Toba sangat terjangkau hargnya, dan anda bisa merelax pikiran anda.

 Akses Menuju Danau Toba

Akses untuk menuju Danah Toba, sangatlah mudah .  Anda bisa menggunakan pesawat dari Jakarta, dan turun di Bandara Sibolangit. Anda juga bisa menaiki kapal fery, dari Pelabuhan Balige.

Demikianlah informasi mengenai wisata Danau Toba. Jika anda ingin berlibur bersama teman atau keluarga anda, Danau Toba bisa anda kunjungi.

Oleh: hln

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*