Wisata Taman Kota Salatiga

Taman Kota Salatiga, Akhir Pekan Bersama Keluarga

Akhir pekan atau hari libur adalah waktu yang sangat tepat untuk berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga. Salah satu kegiatan yang seringkali dilakukan ketika bersama keluarga adalah pergi jalan-jalan ke tempat-tempat yang menarik, dan salah satunya adalah taman kota.

Di Kota Salatiga yang berada diantara Kota Solo dan Semarang memiliki sebuah taman kota yang sangat menarik. Berada tepat di pinggir jalan utama jalur penghubung Solo-Semarang, Taman kota Salatiga bisa jadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan.

Bagi yang sedang perjalanan dari Solo menuju ke Semarang ataupun juga sebaliknya, bisa menjadikan Taman ini sebagai tempat istirahat sekaligus hiburan di tengah penatnya sebuah perjalanan. Pepohonan yang rindang dan sejuknya suhu di Kota Salatiga bisa memberikan energi baru dan membuat mood menjadi lebih baik.

 Ada Apa Saja di Dalam Taman Kota Salatiga ?

Taman Kota Salatiga ini memiliki ukuran yang sangat luas dan banyak sekali hal-hal menarik yang ada di dalamnya. Beraneka macam koleksi burung dan beberapa satwa membuat taman ini seperti sebauh kebun binatang mini. Merak, Kasuari, Lovebird dan berbagai burung hias warna-warni adalah beberapa koleksi burung yang terdapat di Taman Kota Salatiga.


 

Wisata Taman Kota Salatiga – Avocado Motovlog

Selain burung, koleksi berbagi macam bunga dan tanaman unik juga menjadi daya tarik lainnya dari Taman ini. Di setiap koleksi satwa dan tanamannya, disediakan sebuah papan yang memberikan informasi seputar nama dari satwa atau tanaman yang ada, sekaligus disebutkan pula nama latinnya. Hal ini sangatlah baik, karena sekaligus bisa digunakan untuk belajar mengenal flora dan fauna bagi si buah hati.

Taman Kota yang sudah beroperasi sejak tahun 2012 ini juga mempunyai sebuah danau buatan dengan track lari di tepi danau yang berbentuk melingkar mengikuti bentuk danau. Setiap pagi atau sore hari kawasan danau ini seringkali digunakan untuk joging para warga sekitar. Selain itu tempat ini juga asik digunakan untuk bersantai bersama keluarga atau teman. Barisan pepohonan yang mengelilingi danau dan suara kicau burung membuat tempat ini terasa asri dan alami.

Fasilitas dan Kegiatan Di Taman Kota Salatiga

   Banyak sekali fasilitas yang tersedia di Taman Kota Salatiga yang dapat menunjang berbagai macam kegiatan. Salah satunya adalah sebuah bangunan berbentuk joglo yang bisa digunakan untuk acara gathering. Setiap hari minggu joglo ini seringkali digunakan oleh sebuah organisasi atau rombongan besar untuk berkumpul.

Dibelakang area taman dan dekat dengan danau tersedia sebuah ruang terbuka dengan gundukan-dundukan tanah yang digunakan untuk arena bermain motocross atau downhill, maka tak heran taman ini beberapa kali dipercaya untuk menggelar acara atau festival motocross dan downhill dari berbagai tingkat usia.

Setiap hari minggu, pengunjung juga bisa melihat berbagai macam reptil dari komunitas pecinta reptil yang selalu berkumpul di taman ini. Ular, iguana, buaya kecil dan berbagai macam reptil unik bisa dilihat dari dekat. Dan lebih spesialnya lagi pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan memegang reptil-reptil ini. Sangat menarik bukan ?

Puas berkeliling dan melihat-lihat area taman, rasa haus dan lapar melanda. Tak perlu khawatir, karena di area taman banyak sekali pedagang yang menjajakan berbagai jajanan khas kaki lima. Mie Ayam, Bakso, Bakwan malang, cilok hingga siomay bisa pengunjung temukan disini. Angkringan pun juga ada disini dengan menu khasnya yaitu nasi kucing.

Info Tiket dan Akomodasi Taman Kota Salatiga

Untuk masuk ke area Taman Kota Salatiga tidak dikenai biaya tiket masuk. Pengunjung hanya perlu membayar untuk biaya parkir dengan rincian Rp.2000 untuk motor, Rp.5.000 untuk mobil dan Rp.15.000 untuk bus pariwisata.

oleh: lutfi tw


 

You May Also Like

About the Author: Insfira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *