Wisata Pantai di Kabupaten Tanah Laut

Kabupaten Tanah Laut, memiliki potensi wisata di tepi laut yang begitu menjanjikan. Posisi kabupaten yang berdekatan dengan laut membuat banyak sekali obyek wisata pantai, makanya nggak salah lagi kalau nama kabupaten ini sesuai dengan letak posisinya yang dekat laut.

Ngomong-ngomong soal wisata pantai, dalam artikel ini akan dibahas beberapa pantai yang ada di kabupaten Tanah Laut baik yang sudah terkenal sejak dahulu maupun yang baru terkenal.

Makanya, biar para sobat bisa merencanakan liburan ke pantai ini setelah pandemi Covid 19 berakhir, simak artikel ini baik-baik ya.

Berikut ini ada beberapa Pantai yang berada di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Pantai Takisung

Pantai yang terletak di desa Takisung, kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut sudah menjadi primadona bagi masyarakat Kalimantan Selatan.

Pantai ini memiliki panorama alam yang sangat indah, hamparan pasir pantai dan pohon kelapa yang menjulang tinggi dapat memanjakan mata dan pikiran wisatawan yang berkunjung ke sana, di sekitar pantai Takisung banyak sekali pedagang ikan kering dan berbagai hasil laut lainnya.

Fasilitas yang terdapat yaitu penyewaan tenda, banana boat, dan motor racing mini yang bisa disewa untuk keliling pantai Takisung.

Yang unik dari pantai ini adalah terdapat sebuah batu berlumut di tengah laut Pantai Takisung bernama “Batu Bajanggut”, untuk menuju ke batu tersebut wisatawan dapat menggunakan perahu nelayan milik warga lokal.

Pantai Batakan (lama)

Pantai ini juga menjadi favorit/idaman bagi para traveler yang ingin berlibur ke pantai. Terletak di desa Batakan, kecamatan Panyipatan, kabupaten Tanah Laut, pantai ini memiliki ciri khas berupa banyaknya pohon cemara yang menjulang tinggi dan tumbuh rapat.

Anda juga bisa berkuda dan naik delman untuk berkeliling menikmati indahnya panorama alam.

Keunikan dari pantai ini tak hanya sampai disitu saja, di lepas pantai ini terdapat pulau Datu yang letaknya tak jauh dari pantai Batakan. Kita bisa mendatangi pulau tersebut karena ada makam Datu Pamulutan. Jadi, sambil berwisata ke pantai anda bisa berziarah/melakukan wisata religi.

Pantai Pagatan Besar

Pantai ini terletak di daerah Takisung, Tanah Laut. Keunikan dari pantai ini yaitu dikelilingi oleh hutan Mangrove (sejenis tanaman bakau) di pesisir pantainya. Keindahan dan kesejukan dari hutan mangrove di sekitar pantai ini bisa menyejukkan mata dan pikiran bagi pengunjung yang datang.

Pantai Swarangan

Salah satu objek wisata pantai yang populer di kabupaten Tanah Laut berikutnya yaitu pantai Swarangan, terletak di desa Swarangan, kecamatan Jorong. Keindahan dan keunikannya adalah pantai yang landai, dipenuhi oleh tumbuhan bakau dan pinus yang bisa menyejukkan suasana pantai, dan perkampungan nelayan.

Anda juga bisa melakukan selancar/surfing karena ombaknya begitu besar dan jernih serta bebas dari batuan karang, bagi yang ingin bersantai dan beristirahat pantai ini juga menyediakan 8 gazebo dan 9 kursi payung untuk pengunjung.

Pantai Turki

Kalau sobat mendengar dan melihat kata Turki, pasti di bayangan anda akan teringat drama Turki atau negara Turki, pasti sobat ingin sekali pergi ke Turki di Benua Eropa sana.

Tetapi, zaman sekarang sobat gak perlu jauh-jauh lagi ke Turki Eropa karena di Indonesia, lebih tepatnya di provinsi Kalimantan Selatan sobat juga bisa berkunjung ke Turki (Tungkaran Kiri), disana terdapat pantai yang memiliki pemandangan yang indah, deburan ombak dan pasir putih yang ada di pantai ini dapat memanjakan mata dan pikiran sobat.

Di sana juga terdapat 8 buah gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai dengan keluarga maupun teman-teman, bagi sobat yang ingin mencicipi kuliner ada warung dan kafe yang menyajikan seafood hasil laut dengan cita rasa dan rempah-rempah yang melezatkan.

Pantai Asmara

Apa yang anda pikirkan kalau mendengar atau melihat kata asmara? Pasti di dalam pikiran anda teringat akan cinta dan pacaran. Tetapi, pernahkah anda mendengar kata pantai asmara?

Pasti di dalam pikiran anda setiap orang yang datang ke pantai ini ingin berburu asmara dan cinta. Ups, bukan itu maksudnya sobat, pantai Asmara itu adalah akronim dari Asam-Asam Muara.  Pantai Asmara cukup bersih dengan pasir berwarna putih, kondisi alam yang relatif asri dengan pepohonan di sekitar pantai serta lautan yang berwarna biru menambah keindahan dan kesejukan.

Anda juga bisa melihat kapal pengangkut batu bara yang hilir mudik. Makanya, pantai ini banyak dikunjungi oleh masyarakat di daerah Kalimantan Selatan maupun luar daerah. Bagi yang suka foto-foto, pantai ini juga menyediakan spot foto di tulisan LOVE yang instagramable, selain itu anda juga bisa berfoto di dermaga mini yang terbuat dari kayu.

Pantai Joras

Terletak di desa Trans 300, kecamatan Jorong, pantai ini menyajikan pemandangan yang masih asli karena jarang sekali rumah penduduk di sekitar pantai tersebut.

Hal yang menjadi daya tarik adalah spot foto di jembatan panjang yang asal usulnya direncanakan untuk proyek pelabuhan kapal laut buat penumpang sebagai pengganti pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Pantai Batakan (baru)

Tak jauh dari pantai Batakan Lama, kini ada pantai Batakan yang baru dibuka untuk pengunjung. Yang membedakan dari pantai Batakan lama dengan yang baru adalah pengelolanya.

Perlu diketahui bahwa pantai Batakan lama dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut, sedangkan pantai Batakan baru dikelola oleh BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) provinsi Kalimantan Selatan.

Banyak sekali para wisatawan yang ingin camping/berkemah menikmati sunset dan menunggu sunrise di pantai ini, sehingga diharapkan pantai Batakan dapat menjadi destinasi wisata pantai unggulan terbaru dan kekinian di Kalimantan Selatan.

Itulah beberapa objek wisata pantai yang ada di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semuanya ya, terutama bagi kalian yang ingin merencanakan liburan ke pantai. Sampai jumpa di artikel berikutnya dan jangan lupa untuk selalu taati protokol kesehatan.

oleh: Halimnegara

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*