Wisata Gratis Keliling Kota Semarang

Mau merasakan wisata gratis di kota lumpia ? Sekarang Kamu sudah bisa berkeliling Kota Semarang dengan gratis. Pemerintah sudah mencanangkan wisata keliling kota dengan menggunakan bus tingkat. Syaratnya hanya satu, yaitu memiliki KTP saja.

Kamu hanya perlu memperlihatkan KTP saja untuk bisa berkeliling naik bus tingkat. Sampai hari ini sudah ada tiga unit bus yang akan mengantarkan pengunjung. Bus-bus tersebut diberi nama Kenang, Denok, dan Kuncung. Kenang adalah sebutan untuk putra daerah Kota Semarang yang menjadi duta wisata. Sedangkan denok adalah putri daerah Kota Semarang yang menjadi duta wisata.

Kota Semarang memang belum terlalu terkenal sebagai kota wisata sebab kota ini sudah terkenal sebagai kota perdagangan. Sejak zaman penjajahan dahulu Kota Semarang sudah menjadi kota perdagangan yang maju dilatar belakangi lokasinya yang strategis.

Kini pemerintah Kota Semarang sedang berusaha mempromosikan destinasi wisata di Kota Semarang dikancah nasional maupun internasional. Salah satu caranya dengan memberikan pelayanan wisata gratis dengan menaiki bus-bus ini.

Meskipun sudah lama terkenal sebagai kota perdagangan, Kota Semarang sebenarnya memiliki beragan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Belakangan ini pemerintah Kota Semarang sedang berusaha mengembangkan potensi desa dan gencar menerima pembentukan desa-desa wisata.

Kota Semarang Jawa Tengah

Cara yang sudah terlihat prosesnya adalah penetapan kampung tematik di Kota Semarang. Tujuan dari pembentukan kampung ini untuk memfasilitasi usaha masyarakat yang ada di desa agar semakin berkembang maju. Contohnya adanya kampung jamu gendong yang terus menggeliat maju di Kelurahan Wonolopo, Kecamatan Mijen.

Jadwal Pemberangkatan Bus Wisata Keliling Semarang

Pengelolaan jadwal wisata dilakukan dengan baik. Pemerintah bahkan sudah mempertimbangkan rute-rute yang harus dilewati. Ada banyak pertimbangan di antaranya jumlah pohon-pohon sekitar yang bisa mengganggu jalannya bus akibat ranting-rantingnya.

Setiap bus tingkat yang beroperasi memiliki jadwal pemberangkatannya masing-masing. Apabila Kamu ingin menjajal wisata gratis ini harus tahu terlebih dahulu, kapan bus akan memulai perjalanan. Tujuannya agar Kamu tidak ketinggalan.

1. Kenang

Bus kenang beroperasi pada pukul 09.00, 11.00, dan 15.00 WIB. Jika Kamu ingin naik bus kenang perhatikan jam keberangkatannya ya.

2. Denok

Bus Denok beroperasi pada pukul 08.00, 11.00, dan 15.00 WIB. Khusus untuk akhir pekan, jam pemberangkatan ditambah pada jam 18.00 WIB. Tujuannya untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin berwisata keliling Semarang terutama saat libur akhir pekan.

3. Kuncung

Jam operasional kuncung sama dengan jam operasional denok. Bus ini mulai melakukan operasi pada pukul 08.00, 11.00, dan 15.00 WIB. Sedangkan, saat akhir pekan jam operasionalnya bertambah pukul 18.00 WIB.

Ketiga bus tersebut akan mengantarkan Kamu berkeliling Kota Semarang. Pusat-pusat perbelanjaan, gedung-gedung, hingga pepohonan akan menemani perjalananmu. Setiap bus akan mengantarkan melalui jalur yang berbeda-beda sehingga Kamu juga bisa lebih mengenali rute di Semarang ini.

Tahapan yang Harus Dilewati untuk Ikut Berwisata Gratis di Kota Semarang

Ada beberapa tahapan yang harus dilewati untuk bisa menaiki bus wisata tingkat ini. Kamu bisa menuju ke Museum Ronggo Warsito untuk melakukan registrasi terlebih dahulu dengan menukarkan KTP dengan nomor kursi yang akan Kamu duduki. Setelah itu Kamu hanya perlu menunggu bus datang. Kemudian, Kamu bisa mengikuti perjalanan berkeliling Kota Semarang.

Selama perjalanan Kamu akan diberi waktu selama 15 untuk singgah ke destinasi wisata. Waktu ini bisa Kamu manfaatkan sebaik-baiknya untuk menikmati destinasi wisata dengan sekedar mengambil gambarnya. Nah, setelah selesai destinasi terakhir, Kamu akan kembali lagi ke Museum Rongo Warsito. Jangan lupa mengembalikan nomor kursi supaya KTP bisa dikembalikan.

Destinasi Wisata yang Dikunjungi

Tidak hanya sekedar mengelilingi Kota Semarang, bus-bus ini juga memberikan kesempatan kepada penumpang untuk singgah sejenak menikmati destinasi wisata. Destinasi wisata di Kota Semarang yang akan dikunjungi bus berlantai dua ini ada beberapa. Berikut ini daftar destinasi yang akan Kamu sambangi saat berwisata dengan menggunakan bus ini.

1. Kampung Pelangi

Kamu akan mengunjungi kampung pelangi Semarang. Kampung Pelangi adalah salah satu kampung tematik yang terus dikembangkan oleh masyarakat dalam bimbingan pemerintah Kota Semarang. Pada objek wisata ini Kamu bisa berfoto sepuasnya dengan latar belakang rumah-rumah yang dicat warna-warni.

Kampung-Pelangi-Semarang-Jawa-Tengah

Kampung pelangi memang sengaja diwarnai untuk mengurangi kesan kumuh pada pemukiman di sini sekaligus menyajikan daya tarik lebih pada wisatawan. Perlu diakui jika Kampung Pelangi ini memang dulunya merupakan kawasan yang kumuh sampai akhirnya ada inisiatif untuk menghiasnya dengan warna-warna yang indah.

Masyarakat di sini tidak keberatan dengan langkah kreatif tersebut. Bahkan, Mereka mendukung langkah pemerintah untuk membangun Kampung Pelangi menjadi kawasan wisata karena akan membawa pemasukan kepada masyarakat juga.

Jika Kamu ingin beli bunga di sini juga sangat bisa. Banyak terdapat toko bunga yang menjajakan bunga-bunganya untuk berbagai keperluan.

2. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang juga akan menjadi destinasi wisata yang dikunjungi. Banyak spot foto menarik yang bisa Kamu buru di sini seperti Gereja Blenduk, taman, dan jalan raya yang terkesan kuno. Pemerintah Kota Semarang memang masih mengusahakan destinasi wisata ini sebaga cagar budaya.

Selain melakukan hunting foto Kamu bisa duduk-duduk di sekitar tamannya. Ada sebuah toko barang-barang antik yang bisa Kamu buru, khusus untuk Kamu pencinta barang-barang antik. Dahulu Kota Lama Semarang ini merupakan pusat bisnis para kompeni sekaligus tempat bermukim Mereka.

Mereka membangun Kota Lama sedemikian rupa dan menamai jalan-jalan yang ada sesuai dengan nama jalan di negeri Belanda. Kamu bisa melihat ada beberapa plang jalan yang menggunakan bahasa Belanda.

Pada zaman penjajahan kota lama ini juga dikelilingi oleh benteng untuk melindungi para penjajah dari pemberontakan yang saat itu masih gencar. Namun, kota lama ini mulai ditinggalkan semenjak keadaan mulai aman. Benteng pelindung dibongkar dan seluruh pekerja mulai menyebar ke seluruh Kota Semarang bagian atas.

3. Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan wisata ikonik di Kota Semarang. Gedung dengan banyak pintu ini menyimpan sejarah yang panjang baik pada masa penjajahan Belanda maupun Jepang. Kamu bisa berburu foto di sini apalagi sekarang sudah ada kereta yang menjadi pajangan yang menarik untuk dijadikan spot foto.

Coba juga menjelajahi bagian atas bangunan dan ambil gambar dari sana. Pasti akan sangat menarik bukan, menikmati arsitektur bangunan bergaya Eropa. Tapi tetap perhatikan durasi waktu ya.

Objek wisata ini dahulu digunakan oleh penjajah Belanda untuk kantor perusahaan kereta api. Namun, saat masa penjajahan di Jepang, Lawang Sewu berubah fungsi, salah satunya sebagai penjara bagi para tawanan.

Apabila dilihat dari sudut pandang seni arsitektur, Kita bisa melihat ukiran kaca yang ada di setiap jendela di sana. Tergambar jelas sang arsitek menggunakan kaca dengan ukiran yang menceritakan keindahan tanah jawa serta bagaimana Belanda menguasainya.

Kini, gedung lawas yang penuh cerita ini digunakan sebagai museum perkereta apian yang masih berdiri megah. Museum ini akan mengulas perkembangan kereta api di Indonesia dari masa ke masa.

Keuntungan Berwisata Murah Meriah Keliling Kota Semarang

Wisata murah meriah ini memberikan keuntungan terutama bagi para pengunjung yang memanfaatkan fasilitas ini. Hal itu dikarenakan wisata ini benar-benar tidak memungut biaya sepeser pun. Mari Kita hitung berapa biaya yang dihemat dengan menaiki bus tingkat ini.

Sekali masuk ke Lawang Sewu pengunjung akan dikenakan biaya masuk Rp 10.000,00 untuk orang dewasa dan Rp 5.000,00 untuk anak-anak ditambah parkir sebesar Rp 2.000,00.  Pengunjung yang menggunakan bus tingkat tidak akan ditarik biaya masuk sehingga bisa berhemat sebesar Rp 10.000,00 ditambah Rp 2.000,00 sehingga bisa berhemat sebanyak Rp 12.000,00.

Biaya masuk ke objek wisata Kampung Pelangi adalah Rp 3.000,00 dan Rp 2.000,00 untuk biaya parkir. Sedangkan saat menaiki bus wisata ini, Kamu tidak akan dipungut biaya sehingga Kamu hemat sebesar Rp 5.000,00.

Apabila ditotal antara destinasi wisata Lawang Sewu dan Kampung Pelangi, pengunjung berhemat sebesar Rp 17.000,00. Cukup besar jumlah yang diperoleh pengunjung, sehingga pengunjung bisa lebih berhemat dan yang terpenting tetap senang. Selain biaya tersebut, pengunjung juga lebih hemat karena tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya dari bahan bakar minyak.

Edukasi Wisata Gratis di Kota Semarang

Lewat sarana wisata gratis ini, masyarakat diminta untuk sadar betapa pentingnya antri dan disiplin terhadap waktu agar tidak ketinggalan bus. Budayakan untuk antri karena banyak orang juga yang ingin menikmati objek wisata gratis ini. Selama di sana pastikan membawa makanan-makanan dari rumah karena durasi waktu saat mengunjungi destinasi wisata yang sangat singkat.

Kamu juga harus tertib menggunakan tempat duduk sesuai dengan kartu yang telah diberikan. Kartu tersebut akan berisi keterangan nomor kursi. Pastikan nomor kursi yang Kamu duduki sesuai dengan nomor kartu yang Kamu peroleh.

Jangan terlalu jauh dari bus saat mengunjungi destinasi wisata. Ingat waktu mengunjungi hanya lima belas menit. Jangan sampai Kamu ketinggalan bus karena terlalu asyik sendiri di objek wisata.

Jaga kebersihan bus yang telah Kamu gunakan. Usahakan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Bawa kembali sampah yang telah Kamu bawa masuk ke dalam bus.

Datang tepat waktu sesuai dengan jadwal bus yang akan Kamu naiki. Ini supaya Kamu tidak terlalu lama menunggu di museum Ronggo Warsito.  Perhatikan jadwal bus yang akan Kamu naiki agar tidak salah.

Simpan nomor kursi baik-baik agar tidak hilang ketika mengembalikannya ke petugas. Jika kartu hilang maka KTP tidak bisa dikembalikan sehingga Kamu tidak boleh ceroboh ya.

Fasilitas yang Akan Diperoleh

Fasilitas yang diperoleh oleh pengunjung adalah bus yang lengkap dengan pendingin. Pengunjung bisa duduk dengan nyaman selama perjalanan dan mendengarkan instruksi dari tour guide. Selama perjalanan akan ada sedikit penjelasan dari pemandu wisata. Lalu pengunjung bebas masuk tanpa dipungut biaya ke dalam objek wisata yang sedang dikunjungi.

Demikianlah uraian singkat mengenai wisata gratis keliling kota lumpia. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Jika Kamu mampir di Semarang, cobalah wisata ini meskipun kunjungan destinasinya tidak terlalu lama tetap saja ini merupakan wisata yang sangat direkomendasikan untuk sekedar mencicipi objek wisata sekaligus mengenal lebih dekat Kota Semarang.

Jika ada informasi perubahan harga atau informasi lainnya, silahkan informasikan di kolom komentar. Terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*