Wisata Curug Putri Sirampog

Wisata Curug Putri Sirampog Brebes: Keindahan Alam Yang Wajib Kamu Kunjungi

Satu lagi dari daerah Brebes, Jawa Tengah yakni tempat wisata Curug Putri. Tempat wisata alam yang satu ini, sering menjadi tujuan destinasi wisata warga sekitar serta beberapa pelancong yang ingin menikmati keindahan alam yang tergambar dari cantiknya air terjun yang mengalir ke bawah.

Curug Putri ini terletak di Desa Padanama, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tempat ini memiliki ketinggian air terjun sampai dengan 25 meter, dengan mengalirkan air yang benar-benar murni.

Untuk daerahnya sendiri, merupakan Kawasan yang lumayan dekat dengan gunung api Slamet. Selain itu, daerah Sirampog merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan air yang terus mengalir, sehingga jika kalian ke tempat ini, jangan heran jika suhu air di tempat tersebut sangat dingin.

Tempat ini akan terlihat lebih cantik saat matahari bersinar untuk pertama kalinya setelah keluar dari persembunyiannya. Kalian akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun dari Curug yang begitu cantik karena pantulan sinar matahari.


 

Untuk air terjunnya sendiri, Curug Putri termasuk kedalam kategori yang cukup deras, begitu juga dengan permukaan dari tempat ini yang masih tersusun dengan beberapa batu-batu besar, sehingga sangat disarankan untuk berhati-hati saat berada di lokasi Curug Putri secara langsung.

Meski begitu, Curug Putri termasuk ke dalam destinasi wisata yang masih membutuhkan beberapa fasilitas pendukung, sehingga mereka hanya memiliki beberapa fasilitas seadanya. Hal tersebut juga mempengaruhi harga tiket serta harga parkir kendaraan pribadi disana.

Untuk tiket masuk dan parkir sendiri, tempat ini termasuk dalam kategori murah, sehingga kalian tidak perlu khawatir soal masalah harga tiket di sana. Tiket untuk parkir sekitar di tarif 3000 sampai dengan 5000 rupiah per kendaraannya.

Untuk akses ke tempat tersebut, jika kalian berada di luar kota, kalian harus menggunakan transportasi umum seperti kereta api atau menggunakan kendaraan pribadi. Bagi kalian yang memakai kereta api untuk sampai ke tempat tersebut. Kalian akan turun di daerah bernama Bumiayu.

Setelah itu, kalian harus menggunakan transportasi umum lagi seperti angkot, ojeg komersial, dan sebagainya. Untuk tarif ke sana jika menggunakan tansportasi angkot, kalian akan di tarif sebesar 10 sampai dengan 14 ribu.

Namun jika kalian menggunakan transportasi seperti ojeg komersial, kalian akan di tarif sebesar 50 sampai dengan 60 ribu. Mengingat medan yang di lalui cukup berliku serta tanjakan yang cukup tinggi.

Adapun beberapa jalur jika kalian ingin ke tempat ini. Kalian bisa melewati jalur POM Bensin Sakalibel, lalu ikuti jalan sekitar 15 menit jika di tempuh menggunakan kendaraan bermotor ataupun mobil. Setelah itu, kalian akan bertemu pertigaan Desa Benda, lalu ambil arah kanan lalu lurus terus menuju ke desa Mendala.

Dan di lanjutkan lagi ke tempat tujuan yakni di Padanama, tempat wisata tersebut berada. Untuk mengakses lokasi tempat wisata, kalian harus menempuh jalan yang cukup ekstrem, mengingat jalan di sana belum sempurna perbaikannya.

Setelah itu, kalian juga harus berjalan sejauh 500 meter di jalur setapak untuk bisa sampai ke tempat Curug Putri tersebut.  Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan sepatu yang benar-benar aman serta beberapa hal yang harus dipersiapkan adalah jaket, memakai baju dengan lengan panjang juga di gunakan agar kalian tetap merasa hangat saat berjalan.

Demikian ulasan “Wisata Curug Putri Sirampog” semoga bermanfaat.

oleh: A. Maesaroh


 

You May Also Like

About the Author: Insfira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *