Wisata Alam Sirampog Terbaru, Bukit Situ

Satu lagi tempat wisata terbaru di Kecamatan Sirampog, Brebes, Jawa Tengah yakni Bukit  Situ. Bukit Situ ini baru-baru saja di buka 2 atau 3 bulan yang lalu. Bukit ini di buat selain untuk menambah wisata publik di tempat tersebut, juga menjadi cara untuk memajukan perekonomian warga sekitar.

Tempat ini di buat di karenakan adanya wabah virus corona sehingga para warga memutar otak, dan mulai menciptakan tempat ini sebagai salah satu jalan untuk mereka mendapatkan penghasilan, serta pekerjaan tetap selama masa pandemic.

Tempat ini berada di Desa Kaligiri Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawab Tengah. Tempat ini memiliki beberapa fasilitas seperti spot foto aestethic, serta beberapa warung untuk kalian nongkrong bersama keluarga, teman, atau sahabat sambal menyeruput kopi dan menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Tempat ini juga menyediakan tenda untuk kalian yang mungkin ingin bermalam di sana sambil menunggu sunset pagi yang sangat cantik.  Karena masih baru, tempat ini mematok harga tarif tiket masuk yang bisa di bilang lumayan murah.

Begitu juga dengan tempat parkir kendaraan pribadi, yang juga di patok lumayan murah, sekitar 3000 sampai dengan 5000 rupiah untuk satu kendaraan pribadi yang datang ke tempat tersebut. Adapun beberapa hal yang perlu kalian ketahui, diantaranya adalah untuk ke tempat ini, kalian harus menyiapkan beberapa hal.


 

Seperti misalnya jaket yang lumayan tebal, memakai kaos kaki, menggunakan sepatu yang aman, dan sebagainya. Mengingat medan untuk ke tempat tersebut lumayan menanjak jalannya, dan ada beberapa medan yang masih agak rusak untuk ke sana. Jadi harus berhati-hati.

Jarak tempuh untuk ke tempat ini jika kalian berasal dari luar kota, kalian harus menggunakan transportasi umum seperti kereta api untuk sampai ke kota Bumiayu. Jika sudah sampai di Bumiayu, langkah selanjutnya kalian harus mencari alat transportasi lain seperti angkot, ojeg biasa, dan sebagainya.

Adapun beberapa ojeg online yang bisa mengantarkan kalian ke sana, tapi untuk tarifnya sendiri lumayan cukup mahal di bandingkan kalian menggunakan alat transportasi lainnya. Kalian juga bisa menggunakan alat transportasi sendiri seperti misalnya kendaraan motor, dan sebagainya.

Di sana jarang ada penyedia rental motor atau mobil, jadi agak susah untuk mencarinya. Di sarankan jika kalian ke tempat ini, kalian harus membawa kendaraan pribadi, sehingga kalian tidak kebingungan saat akan pergi ke tempat ini.

Waktu tempuh dari Bumiayu ke tempat ini, sekitar hampir 1 sampai dengan 1 ½ jam jika kalian menggunakan motor. Untuk kalian yang menggunakan mobil bisa sampai hampir 2 jam untuk bisa ke sana, tergantung dari medan yang ada.

Dan jika kalian masih bingung dengan rute ke sana, kalian bisa menggunakan google maps dengan mencari kata kunci “bukit situ sirampog”. Setelah itu, kalian akan di beri jalur ke tempat Bukit Situ ini.

Untuk bisa ke puncaknya, kalian harus menempuh waktu sekitar 1 ½ jam agar sampai di puncaknya. Setelah di puncak, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan alam dari ketinggian. Tempat ini juga sangat pas bagi kalian yang mungkin sedang penat karena berbagai aktifitas sehari-hari yang begitu sibuk.

Kalian bisa membawa teman, sanak-saudara, sahabat, atau pasangan ke tempat ini walau sekdar duduk sambil menikmati kopi, dan melihat pemandangan alam yang sangat sayang untuk di lewatkan. Sekian.

oleh. A. Maesaroh


 

You May Also Like

About the Author: Insfira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *