Ulasan Garmin Fenix 5, Jam Tangan Multiguna

Jam Tangan Garmin Fenix 5 dan Fenix 3
Jam Tangan Garmin Fenix 5 dan Fenix 3 / Rizknows

Jam tangan masih menjadi asesoris yang digemari hingga saat ini. Di samping kegunaan utamanya yang tidak lekang oleh zaman, jam tangan dengan berbagai macam bentuknya menjadi salah barang yang membuat makin keren penggunanya, baik pria maupun wanita.

Seiring dengan semakin berkembanganya teknologi, saat ini jam tangan sudah sangat berkembang dibandingkan dengan pertama kali produk ini diperkenalkan.

Fungsinya saat ini tidak hanya sekedar untuk mengecek waktu saja, akan tetapi beberapa jenis diantaranya telah dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi pendukung.

Beberapa aplikasi tersebut diantaranya berfungsi untuk menunjang aktivitas olahraga, ataupun beberapa aplikasi lain untuk penunjuk jalan. Singkat kata, jam tangan saat ini telah jauh berbeda dengan jam tangan 10-20 tahun yang lalu. Kini, kita telah masuk pada era jam pintar (smartwatch).

Jam Tangan Garmin Fenix 5 dan Fenix 3
Perbandingan Jam Tangan Garmin Fenix 5 dan Fenix 3 / Rizknows

Salah satu produsen yang terkenal di bidang ini adalah Garmin. Perusahaan ini sangat rajin mengembangkan jam pintar dengan berbagai inovasi pada produk-produknya.

Tidak hanya dari segi tampilan luarnya saja, Garmin juga sangat memperhatikan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Fitur-fitur inilah yang menjadi kekuatan utama Garmin dalam persaingan antar pengembang smartwatch yang akhir-akhir ini semakin “seru”.

Garmin mendedikasikan produk jam tangan pintarnya ini terutama untuk membantu para atlet profesional maupun untuk mereka yang suka dengan dunia petualangan.

Walau demikian, jam tangan Garmin ini secara umum dapat digunakan oleh siapa saja, termasuk untuk para keluarga ataupun kalangan pelajar. Salah satu inovasi terbarunya yang akan segera diluncurkan yaitu Garmin Fenix 5.

Garmin Fenix 5 merupakan pengembangan dari produk sebelumnya, yaitu Garmin Fenix 3 dengan tiga tipe yang berbeda, yaitu Fenix 5, Fenix 5S, dan Fenix 5X.

Baca Juga: Ulasan Apple Watch: Berolahraga dengan Gaya

3 Tipe Berbeda

Respon pasar yang baik yang diterima produk sebelumnya, yaitu Garmin Fenix 3, tidak lantas membuat Garmin merasa cepat puas. Garmin memperkenalkan tiga tipe berbeda sekaligus, yaitu Fenix  5, Fenix 5S, dan Fenix 5X. Ketiga tipe tersebut dibedakan berdasarkan ukuran serta fitur-fitur yang ada didalamnya.

Fenix 5 memiliki diameter 47 mm. Sedangkan Fenix 5S, yang memang dirancang khusus untuk kaum hawa, dibuat dengan sedikit lebih kecil.

Ukuran yang terbesar ada pada Fenix 5X, yang memiliki diameter 51 mm. Diameter yang cukuo besar tersebut disebut-sebut hampir mirip dengan smartwatch lain yang telah beredar lebih dulu, yaitu WSD-F20 buatan Casio.

Selain dari ukurannya, ketiga tipe tersebut juga memiliki performa yang berbeda satu sama lain. Hal tersebut utamanya terkait dengan daya tahan baterainya. Fenix 5 memiliki baterai yang dapat bertahan hingga 2 minggu pada mode smartwatch, dan  24 jam pada mode GPS.

Fenix 5S memiliki daya tahan yang sedikit lebih dibawah Fenix 5, yaitu 8 hari pada mode smartwatch, dan 13 jam pada mode GPS. Garmin Fenix 5X menjadi yang pertengahan dibandingkan dengan dua tipe lainnya, dengan daya tahan baterainya yang mampu mencapai 12 hari pada mode smartwatch dan  20 jam pada mode GPS.

Garmin Fenix 5X memiliki sedikit kelebihan dibandingkan dengan dua tipe lainnya, yaitu apabila dilihat dari sisi ketersediaan fitur wi-fi nya yang sudah langsung tersedia pada perangkatnya.

Berbeda dengan Fenix 5 dan Fenix 5S yang belum memiliki fitur tersebut, walaupun sebenarnya fitur ini berdasarkan keterangan nantinya juga dapat ditambahkan secara terpisah.

Display tiga tipe Garmin Fenix 5 ini dibuat full color dengan LED back lighting desain yang bertujuan agar jam ini mudah dibaca pada berbagai macam kondisi pencahayaan, baik gelap maupun terang.

Perangkat ini juga sengaja tidak menggunakan touchsreen, akan tetapi dibuat lima tombol khusus untuk pengoperasiannya. Hal ini dimaksudkan supaya pengguna dapat lebih mudah menggunakan Garmin Fenix 5 ini terutama saat cuaca sedang basah ataupun saat sedang terjadi hujan.

Fitur-Fitur Tambahan

Secara umum, Garmin Fenix 5 memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya yaitu kemampuannya yang dirancang waterproof. Kemampuan ini membuat penggunanya tidak perlu khawatir apabila gadgetnya ini terpapar oleh air.

Bahan-bahan penyusunnya pun dibuat sedemikian rupa, sehingga apabila dipakai untuk kegiatan menyelam dengan kedalaman tertentu, Garmin Fenix 5 akan tetap kuat dan terjaga kondisinya

Pada menu utama, Anda dapat melihat tiga petunjuk utama yaitu gyroscope, barometric, altimeter, serta thermometer. Petunjuk-petunjuk tersebut sangat bermanfaat untuk mengetahui kondisi lingkungan disekitar, sehingga Anda dapat menentukan apakah kondisi lingkungan saat itu cocok atau tidak untuk melakukan kegiatan olahraga

Garmin Fenix 5 ini juga dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi tambahan yang sangat menunjang untuk aktivitas berolahraga. Hal tersebut tidak mengeherankan, karena memang Garmin Fenix 5 memang dirancang salah satunya adalah untuk menunjang dan membantu para atlet profesional dalam latihan dan untuk mengukur kemampuan fisiknya.

Untuk fungsi tersebut, pada jam tangan ini tersedia aplikasi yang dapat mengukur level fitnes serta dapat mengukur VO2 max penggunanya. Aplikasi tersebut tentu akan sangat berguna untuk mengetahui kondisi fisik seseorang.

Selain itu, seperti yang sudah tersedia di produk sebelumnya, Garmin Fenix 5 ini dilengkapi dengan teknologi canggih buatan Garmin (elevate technology) yang berfungsi untuk memantau denyut jantung penggunanya.

Baca Juga: Xiaomi Mi5, Smartphone Murah yang Gak Murahan

Denyut jantung diketahui berdasarkan denyut nadi yang ada di tangan penggunanya, yang kemudian dianalisis dan ditampilkan hasilnya pada jam tangan ini. Fitur ini bermanfaat sekali untuk mengecek kesehatan penggunanya dengan cara yang lebih simpel.

Terdapat pula beberapa aplikasi bermanfaat lain. Misalnya saja yaitu aplikasi pengingat waktu makan. Aplikasi unik ini akan membantu Anda untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk makan dan seberapa banyak kalori yang harus Anda konsumsi.

Aplikasi tersebut menganalisis hal tersebut didasarkan pada kativitas yang baru Anda lakukan, di mana aplikasi ini akan menganalisis seberapa banyak kalori yang dibutuhkan pada saat penggunanya melakukan aktivitas tersebut, lalu kemudian memberikan saran seberapa banyak kalori yan perlu dikonsumsi untuk menggantinya.

Perangkat pintar ini juga dapat mengakomodasi beberapa aplikasi tambahan lain, yang dapat membantu memudahkan aktivitas olahraga ataupun petualangan Anda.

Beberapa aplikasi yang kompatible dan dapat dipasang di Garmin Fenix 5 ini diantaranya adalah Connect IQ dan Face it, yang akan semakin memperindah tampilan serta menawarkan kemudahan bagi para penggunanya.

Peta Petunjuk

Garmin Fenix 5 ini memiliki beberapa aplikasi penunjuk arah didalamnya, yang akan memudahkan Anda dalam menentukan jalur terbaik yang bisa Anda lalui untuk aktivitas olahraga Anda.

Beberapa diantaranya seperti peta rute sepeda, peta rute perjalanan, dan sebagainya. Peta-peta tersebut akan menunjukkan kepada penggunanya tentang rute mana yang paling cocok untuk kegiatan jogging ataupun bersepeda yang akan dilakukan.

Selain itu, terdapat pula peta around me, di mana peta ini akan memberikan informasi mengenai beberapa obyek-obyek menarik yang ada di sekitar Anda. Mungkin perjalanan atau aktivitas olahraga Anda akan menjadi lebih menarik jika melintasi rute-rute dengan obyek menarik tersebut.

Aplikasi peta penunjuk arah atau informasi rute tersebut telah terpasang secara lengkap terutaman di Garmin tipe Fenix 5X, dan dapat ditambahkan pada tipe-tipe yang lain.

Harganya?

Bagaimana dengan harganya? Dari berbagai sumber, disebutkan bahwa saat pertama kali diluncurkan jam tangan pintar ini memiliki kisaran harga 500-700 dollar amerika, atau sekitar 7-9 jutaan rupiah. Harga saat ini juga masih sama pada kisaran ini, bisa dilihat di marketplace semisal tokopedia, bible, bukalapak, atau shopee.

Jika dibandingkan dengan smartwatch lain yang kini telah beredar, produk ini tergolong cukup mahal. Mungkin memang karena target utamanya adalah kalangan menengah ke atas serta para atlet profesional, sehingga produk ini benar-benar dirancang dengan eksklusif dan komplit apabila ditinjau dari keberadaan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Tapi tidak ada salahnya apabila Anda ingin memiliki jam tangan keren ini, meskipun Anda bukanlah atlet profesional. Bagaimana? tertarik untuk memiliki jam tangan multiguna ini? Atau ingin memiiki produk pengembangannya setelah ini semisal Garmin 5X, Garmin 5 X Plus, Garmin 6, atau bahkan menunggu produk yang lebih baru lagi?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*