Tradisi-Tradisi Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Semua pasti sudah tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang dihuni oleh banyak etnis, suku, dan juga kepercayaan.

Maka tidak heran jika Indonesia mempunyai beragam tradisi yang unik dan bahkan tradisi tersebut hanya akan kamu temukan di Indonesia.

Lalu apa saja tradisi unik tersebut? berikut ini jawabannya.

Ritual Tiwah

Tradisi unik yang pertama akan kami jelaskan adalah Ritual Tiwah. Tradisi ini berasal dari  Kalimantan Tengah. Ritual Tiwah merupakan tradisi yang dilakukan terhadap orang yang sudah lama meninggal.

Upacara ini biasanya dilakukan oleh Suku Dayak ketika mengantarkan tulang dari orang yang sudah meninggal tersebut menuju ke sebuah rumah yang dinamakan Sandung.

Ritual Tiwah merupakan sebuah ritual yang bertujuan meluruskan perjalanan arwah menuju surga atau Lewu Tatau. Ritual ini juga memiliki tujuan lain yaitu melepaskan kesialan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Tradisi Potong Jari

Tradisi yang kedua ini sebenarnya termasuk sebuah tradisi yang terbilang ekstrem. Tradisi potong jari merupakan sebuah tradisi unik yang berasal dari Papua.

Tradisi ini bertujuan untuk menunjukkan kesedihan karena ditinggal oleh keluarga yang dicintai. Tradisi ini dijalakan oleh Suku Dani meskipun sekarang sudah mulai ditinggalkan.

Sekadar informasi bahwa Bagi Suku Danu, jari memiliki arti yang dalam yang melambangkan kesatuan, kerukunan, serta kekuatan dalam manusia dan keluarga.

Tradisi Gigi Runcing

Tradisi unik yang ketiga berasal dari Suku Mentawai, Kalimantan. Masyarakat Suku Mentawai memiliki kepercayaan bahwa seorang wanita bisa disebut wanita cantik jika dia telah memenuhi 3 syarat.

Pertama, memiliki telinga panjang. Kedua, tubuhnya dihiasi tato atau titik. Ketiga, memiliki gigi runcing. Adapun tradisi untuk meruncingkan gigi bertujuan agar wanita tersebut menjadi lebih cantik..

Tradisi Kebo-Keboan

Perlu Anda tahu bahwa tradisi Kebo-Keboan merupakan sebuah tradisi unik yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Tradisi atau ritual ini dilaksanakan setahun sekali yaitu pada tanggal 10 Muharram atau 10 Suro. Tradisi tersebut dilaksanakan di Desa Alasmalang, Singojuruh, Banyuwangi.

Kebo-Keboan merupakan sebuah tradisi di mana laki-laki diharuskan berdandan seperti kerbau. Kemudian mereka berkorban untuk membajak sawah.

Setelah selesai membajak sawah, kebo-keboan tersebut kemudian akan diarak mengelilingi desa dengan disertai karnaval kesenian rakyat. Tujuan dari dilaksanakannya tradisi ini adalah untuk meminta hujan pada saat musim kemarau tiba atau ketika mengalami kemarau panjang.

Tradisi Adu Betis

Indonesia adalah negara yang sebagian masyarakatnya berprofesi  sebagai petani. Biasanya mereka memiliki tradisi unik dalam rangka mensyukuri hasil panen. Salah satunya dilakukan dengan cara Adu Betis.

Tradisi ini terdapat di Dusun Paroto, Desa Saneko, Barebbo, Bone, Sulawesi Selatan. Tradisi Adu Betis dilaksanakan melalui permainan Malanca. Intinya, para pemuda diharuskan mengeluarkan kemampuan terbaiknya agar dapat mengikuti tradisi ini.

Tradisi Pemakaman

Tradisi unik yang terakhir kami jelaskan adalah sebuah tradisi pemakaman yang berasal dari Suku Minahasa, Sulawesi Utara. Jenazah akan diposisikan duduk sambil memeluk kakinya dan bukan dalam posisi tidur seperti jenazah pada umumnya.

Tradisi ini menurut masyarakat setempat melambangkan sebuah kesucian dan kebaikan. Selain dalam posisi duduk, jenazah harus menghadap ke utara.

oleh: effendi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*