14 Tips PD (Percaya Diri) Saat Sidang Skripsi / Kompre 

Hayo siapa nih yang akan segera sidang? Eitss bukan sidang tilang loh ya, sidang skripsi tepatnya. Buat Kamu yang sebentar lagi akan melakukan sidang skripsi, Kamu sedang berada di tempat yang tepat. Kali ini Kita akan bahas tuntas mengenai tips percaya diri saat menghadapi sidang skripsi. Seringkali sidang skripsi memang menjadi momok yang cukup menakutkan bagi mahasiswa, padahal sebenarnya tidak.

Sidang skripsi justru adalah momen indah yang harusnya bisa Kamu nikmati dan lewati. Kok begitu, karena ini saatnya Kamu mengakhiri perjuangan Kamu di kampus yang telah sekian lama menjadi almamater tercintamu.

Setiap orang tanpa terkecuali pasti merasakan grogi saat hendak ujian skripsi. Tenang, itu hal yang wajar kok, tapi ada banyak cara untuk mengurangi rasa grogi itu teman. Tidak ada salahnya untuk mencoba agar sidang yang Kamu jalani bisa berjalan dengan lancar.

Tips Percaya Diri Saat Sidang Skripsi

Nah, sudah saatnya Kamu menganggap kalau sidang skripsi adalah monster yang menakutkan. Anggaplah sidang skripsi sebagai panggungmu, karena pada dasarnya skripsi itu adalah hasil karya Kamu sendiri sehingga Kamulah yang paling tahu apa isi dari skripsi tersebut. Sekarang, mari Kita perhatikan apa saja sih tips percaya diri saat sidang skripsi.

Pelajari Terlebih Dahulu Jauh Hari Sebelum Sidang Skripsi

Tentu saja ini adalah pesan yang mainstream, tapi tetap saja ini hal yang penting untuk Kamu. Pelajari lagi skripsi Kamu itu jauh-jauh hari sebelum sidang. Paling tidak Kamu jadi tambah mengerti isi dari penelitian yang Kamu laksanakan. Coba pelajari dari mulai bab pertama sampai yang terakhir, terkhusus untuk metode penelitiannya Kamu juga harus perhatikan dengan baik.

Metode penelitian seringkali menjadi inti pertanyaan dosen penguji sehingga Kamu harus waspada di bagian ini. Kamu perlu benar-benar memahami bagaimana seluk beluk metode penelitian yang Kamu gunakan. Semua jawaban yang Kamu ungkapkan nanti harus benar-benar mempunyai landasan yang sudah ada di dalam skripsi Kamu itu.

Baca Juga: Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Passion? Baca Ini Dulu!

Usahakan untuk menemukan poin-poin setiap bab yang ada di skripsi Kamu. Jadi, Kamu tidak perlu terlalu detail mendalami skripsi Kamu.

Cari Tahu Karakteristik Dosen Penguji Kamu dalam Menguji Skripsi

Setiap dosen penguji pasti memiliki karakter pertanyaan yang berbeda-beda saat sidang. Nah, berbekal jaringan pertemanan yang kuat Kamu bisa nih cari tahu bagaimana sih karakter dari dosen penguji Kamu kepada temanmu. Coba juga ikuti sidang-sidang skripsi teman atau kakak tingkat Kamu yang dosen pengujinya sama dengan dosen penguji Kamu.

Lakukan penyelidikan secara detail, kira-kira hal apakah yang seringkali menjadi fokus dosen penguji tersebut. Ibarat perang, Kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana karakteristik musuh yang akan Kamu hadapi. Sidang ini bisa dibilang demikian, tujuannya agar Kamu bisa menyusun strategi yang tepat saat menghadapi sidang skripsi nantinya.

Tanamkan Mindset Kalau Kamu Pasti Bisa Melewati Sidang Tersebut

Kamu pasti pernah melihat bagaimana teman-temanmu berhasil melewati ujian skripsi dengan baik. Nah, harusnya hal itu bisa memotivasi Kamu untuk lebih positif saat menghadapi ujian sidang esok hari. Tanamkan dalam diri Kamu bahwa Kamu bisa melewati sidang tersebut. Proses pengerjaannya saja bisa Kamu lewati, apalagi sidangnya yang berdurasi paling lama tiga jam.

Ingat selalu bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil. Jadi segala usaha dan kerja kerasmu harus Kamu buktikan dalam sidang skripsi ini. Teman-teman Kamu saja bisa dan telah membuktikan hal itu. Sekarang giliran Kamu untuk membuktikan jika Kamu bisa melewatinya.

Tulis List Pertanyaan yang Mungkin Saja Akan Diajukan Oleh Dosen Penguji

Tahap ini bisa Kamu lakukan jauh hari sebelum menghadapi sidang skripsi. Tentu Kamu sudah tahu karakter dari dosen penguji Kamu. Sekarang Kamu bisa mencatat kira-kira apa saja sih pertanyaan yang bakal diajukan oleh sang dosen penguji. Pertanyaan-pertanyaan bisa Kamu mulai dari bab satu tentang latar belakang sampai pada kesimpulannya.

Selain pertanyaan, Kamu juga harus menyusun jawaban-jawaban sesuai dengan skripsi yang telah Kamu buat. Misalnya, data-data yang ada pada bab kedua bisa Kamu manfaatkan dengan baik. Upayakan setiap jawaban yang Kamu jelaskan nantinya tidak bertentangan dengan yang ada di skripsi Kamu.

Kurangi Berpikir Negatif Tentang Sidang Skripsi

Tidak jarang Kita akan terpikir bagaimana nanti jika tidak bisa menjawab pertanyaan dari dosen penguji. Ingat kembali bahwa Kamulah yang mempunyai skripsi tersebut, sehingga tugas Kamu adalah menjelaskan sejelas-jelasnya kepada para dosen tersebut mengenai skripsi Kamu.

Masalah nanti Kamu tidak bisa menjawab pertanyaan adalah urusan nanti, toh Kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan baik. Percayalah bahwa persiapanmu sudah sangat matang dan Kamu siap dengan segala kemungkinan. Seandainya Kamu tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut, ingatlah bahwa Kamu juga punya batas diri dan tidak perlu menyesalinya.

Lakukan Olah Raga Ringan Secara Rutin Jauh Hari, Sebelum Sidang Skripsi

Kesehatan adalah hal yang utama saat menghadapi ujian sidang skripsi. Jadi, olah raga secara tidak langsung bisa mempengaruhi kepercayaan diri Kamu sendiri. Faktanya, olah raga juga bisa menekan hormon yang menjadi biang stres di tubuh Kamu. Cukup lakukan olah raga ringan seperti joging misalnya. Lakukan olah raga ini secara teratur agar manfaatnya terasa.

Ingat Dosen Juga Manusia, Jangan Takut

Jika Kamu kebetulan memperoleh dosen penguji yang tergolong killer, jangan takut. Ingat ya, dosen juga manusia kok. Kamu harus bisa lebih fokus pada hal-hal yang substantif seperti isi skripsi dibandingkan menakuti dosen yang terkenal killer tersebut. Percayalah dosen juga punya hati kok. Bahkan dosen juga pernah loh diposisimu menghadapi sidang, jadi jangan takut ya.

Coba Kamu Tanyakan Kembali Kenapa Kamu Takut

ips ini berguna untuk menghilangkan ketakutan saat sidang skripsi. Kamu harus merenungkan kembali, kenapa kok saya harus takut. Padahal semua hal akan berlalu entah bagaimana nanti hasilnya yang pasti semua akan berlalu. Jadi Kamu tidak perlu takut lagi menghadapi sidang skripsi ini. Cara ampuh untuk meningkatkan rasa percaya diri terutama mengurangi rasa takutmu.

Baca Juga: Cara dan Strategi Meringankan Biaya Kuliah, Cekidot!

Susun Kata-kata Pembukaan Saat Sidang Skripsi

Penyusunan kata-kata pembukaan ini sangat bisa mengurangi kegrogian Kamu. Saat sidang skripsi dimulai pasti mahasiswa akan memberikan sedikit kata-kata pembuka, sehingga bagi Kamu yang tidak terbiasa berbicara di depan dosen harus melakukan persiapan dengan matang.

Kamu bisa memulai dengan salam pembuka dan dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada dosen. Setelah Kamu mengucapkan ucapan terima kasih, barulah Kamu bisa memulai presentasi skripsi Kamu. Silahkan Kamu bisa memilih kata-kata yang sopan dan terstruktur dengan baik.

Cetak Skripsi untuk Diri Kamu Sendiri

Kepercayaan diri sangat berhubungan dengan kesiapan diri sehingga Kamu wajib mempersiapkan hal yang satu ini. Kamu perlu mencetak skripsi untuk diri Kamu sendiri fungsinya untuk mempermudah Kamu saat sesi tanya jawab. Biasanya dosen akan meminta Kamu membuka skripsi di halaman sekian dan Kamu akan disuruh menjelaskan apa maksud dari skripsi tersebut.

Jika Kamu tidak mencetak skripsi pasti Kamu akan kaget setengah mati meskipun di layar sudah ada. Kamu juga harus memperhatikan skripsi yang Kamu cetak itu. Pastikan skripsi yang Kamu cetak adalah skripsi yang sama dengan yang dipegang oleh dosen penguji Kamu. Ini sangat penting agar Kamu dengan mudah mencari halaman yang sesuai dengan yang dosen Kamu maksudkan.

Buat Presentasi yang Menarik

Presentasi yang menarik ini akan menambah kepercayaan diri Kamu saat ujian skripsi. Tampilan yang menarik ditambah penjelasan yang padat akan membuat Kamu semakin menikmati jalannya sidang skripsi. Buatlah presentasi semenarik mungkin, caranya bisa dari tampilan slide yang Kamu tampilkan nanti.

Pilih desain template yang sesuai keperluan Kamu dan jangan gunakan tulisan yang terlalu panjang. Cukup ambil poin-poin pentingnya saja. Kalau bisa perbanyak data berupa grafik dan gambar. Jangan lupa sertakan juga referensinya sesuai kaidah perujukan sumber.

Latihan Sidang Skripsi Bersama Teman-teman

Ada baiknya Kamu mencoba berlatih sidang bersama dengan teman-teman Kamu. Teman-temanmu akan bertugas sebagai dosen penguji Kamu. Cobalah untuk membuat suasana yang semirip mungkin dengan sidang yang sesungguhnya. Cara ini sangat manjur untuk membentuk kepercayaan dirimu dalam menghadapi sidang skripsi.

Simulasi sidang skripsi ini akan melatih Kamu saat berbicara di depan para dosen penguji. Kamu bisa mengatur volume, tempo suara dan juga banyaknya slide presentasi yang dibutuhkan sesuai waktu yang diberikan untuk presentasi. Lewat simulasi inilah Kamu bisa mengevaluasi nih bagaimana kesiapan Kamu dalam sidang.

Baca Juga: Pertimbangan dan Keuntungan Mengambil Kuliah S2 (Magister)

Selain itu teman-teman Kamu yang bertugas sebagai dosen bisa memberikan pertanyaan kepada Kamu. Nah, pada saat itu Kamu bisa menjawab pertanyaan yang telah diberikan. Teman-teman Kamu juga bisa loh membantu Kamu mengevaluasi jawaban atau penampilanmu saat latihan sidang tadi.

Jangan Begadang Sehari Sebelum Sidang

Alih-alih membuat Kamu semakin percaya diri, begadang justru akan membuat Kamu semakin terpuruk. Usahakan untuk tidak begadang sebelum sidang skripsi. Aktivitas ini justru akan memecah konsentrasimu saat sidang skripsi nantinya. Saat konsentrasi terpecah, jatuhnya akan grogi dan semakin membawa Kamu blank sehingga materi yang Kamu pelajari justru hilang.

Tidurlah secukupnya dan siapkan materi jauh-jauh hari sebelum sidang skripsi dilaksanakan. Kualitas tidur yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sidangmu.

Gunakan Pakaian yang Rapi dan Sesuai Ketentuan Saat Sidang

Setiap universitas pasti memiliki ketentuan pakaian saat sidang. Nah, pastikan pakaian Kamu sudah memenuhi syarat tersebut. Gunakan pakaian yang rapi juga agar enak dipandang saat menyajikan materi. Jangan lupa pakai juga minyak wangi dan kenakan sepatu yang sudah dibersihkan dari kotoran.

Jika dirasa rambutmu kurang rapi bisa dirapikan dengan cara dicukur dan disisir yang rapi. Untuk perempuan maka bisa menyesuaikan gaya rambut yang sesuai ketentuan. Penampilan yang rapi akan memberikan kesan yang positif kepadamu sehingga dosen juga merasa dihargai dengan penampilan Kamu.

Sekarang Kamu sudah tahu nih bagaimana caranya untuk bisa percaya diri saat sidang skripsi. Tetap semangat dalam mempersiapkan sidang skripsi, ingat selalu bahwa sidang ini harus dilakukan dengan sebaik-baiknya tapi tidak perlu takut. Inilah pintu gerbangmu menuju masa depan yang gemilang.

Demikian “Tips PD (Percaya Diri) Saat Sidang Skripsi”. Semoga Bermanfaat. Salam.

Oleh: Y. Anugrahanto.

1 Comment

  1. Means awesome! Some very valid points! I appreciate you creating this article and likewise the rest of the particular web site is also extremely good.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*