Tidak Ada Wisatawan Ke Kudus Saat Libur Tahun Baru, Tukang Becak Wisata Pasrah

Benteng Vanstenburg Fort Hal ini berbeda jika di awal bulan Desember yang pada hari Senin sekitar 8.00-an pengunjung. Namun, epidemiolog menilai Omicron sebenarnya sudah masuk Indonesia sejak awal November, sehingga kemungkinan level penularan Omicron berada di community transmission sulit dihindarkan. Padahal, kebutuhan pengunjung terhadap sign system ini sudah diatur ke dalam undang -undang tentang ketersediaan media informasi petunjuk arah, aturan -aturan, dan informasi lain yang terdapat dalam Peraturan Menteri Pariwisata No.14 Tahun 2016.Pendekatan yang digunakan dalam perancangan ini merujuk kepada ikon -ikon khas wisata Small Worldmaupun daerah setempat. Untuk itu, hari ini jumlah kunjungan sudah mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis kesesuaian menunjukkan bahwa Ekowisata Mangrove Park Pekalongan termasuk dalam kategori sesuai untuk dijadikan kawasan ekowisata. Hal ini terlihat dari Indeks Kesesuaian Ekosistem sebesar 68%. Alternatif strategi (SO) untuk pengembangan Ekowisata Mangrove Park Pekalongan yaitu mengembangkan seluruh potensi yang ada sebagai alternatif wisata berbasis lingkungan untuk masyarakat kota Pekalongan. Kapal yang ada ini dulunya digunakan untuk berlayar dari Indonesia menuju Madagaskar, Afrika Bagian Timur.

Untuk diketahui tukang becak wisata biasanya mengantar wisatawan dari terminal Bakalan Krapyak menuju Makam Sunan Kudus. Sariater merupakan hotel yang memiliki area dan tempat yang luas juga memiliki fasilitas wisata yang begitu beragam tetapi sariater kurang memperhatikan masalah sistem pertandaan/petunjuk arah(sign system) mengingat area wisata ciater yang begitu luas sehingga pengunjung yang baru pertama kali berkunjung dapat kebingungan untuk menuju objek wisata yang mereka tuju. Salah satu objek wisata terkenal yang di miliki jawa barat yaitu ciater atau dikenal dengan nama sariater, sariater merupakan hotel yang menawarkan pelayanan yang baik, juga fasilitas yang mendukung, karena sariater bertujuan untuk menjadi tempat wisata berstandar internasional sariater memiliki tujuh area pemandian, yaitu kolam rendam mayang sari, wangsadipa, pulosari, leuwi 2 sari, kamar rendam, paket mayangsari, dan paket kimannis, sariater memiliki fasilitas yang mendukung para wisatawan untuk mendapatkan hiburan yang menarik serta mampu memberikan hiburan dan kesenangan mengingat tujuan para wisatawan yang berkunjung yaitu untuk bersenang senang tetapi segala fasilitas yang ada membuat sariater menjadi objek wisata yang cukup mahal. Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beberapa pulau yang memilki kebudayaan, bahasa, adat-istiadat, dan objek wisata yang beragam salah satu pulau yang menawarkan pemandangan alam yang beragam yaitu pulau jawa, pulau jawa terbagi ke dalam beberapa bagian yaitu jawa barat, jawa tengah, dan jawa timur, salah satu bagian dari ketiga pulau tersebut masingmasing memiliki berbagai keistimewaan yang berbeda-beda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi Ekowisata Mangrove Park Pekalongan yang terdiri dari berbagai jenis flora-fauna dan parorama alam memiliki daya tarik untuk pengembangan ekowisata di kota Pekalongan. Banyumas memiliki beberapat tempat wisata andalan, berupa keindahan alam seperti goa, air terjun, wisata sejarah dan wana wisata yang tersebar di berbagai daerah. Pada tahun 2015-2019 jumlah pengunjung obyek wisata di Kabupaten Banyumas mengalami peningkatan. Kabupaten Banyumas adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki potensi di sektor pariwisata untuk dikelola, dikembangkan, dan di tawarkan kepada para wisatawan. Kabupaten Banjarnegara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang termasuk dalam kawasan wisata yang terkenal dengan aset wisata alam, wisata budaya dan buatan manusia, salah satunya yaitu obyek wisata Arung Jeram yang berada di Sungai Serayu yang terletak di Kabupaten Banjarnegara yang merupakan salah satu sungai yang besar dan memiliki arus cukup deras di Jawa Tengah. Sya’bana , Firdaus Nur (2012) Strategi Pemasaran Potensi Wisata Arung Jeram Serayu Adventure Indonesia Di Kabupaten Banjarnegara Dengan Metode Analisis Swot Dan Benchmarking.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: Strategi yang diterapkan untuk Serayu Adventure Indonesia yang sesuai dengan nilai IFAS yaitu sebesar 2,23 dan nilai EFAS yaitu sebesar -0,3 dari analisis SWOT adalah Strategi ST (Strenght dan Threaths). BUANA, Anugerah Arsy (2020) Analisis Pengaruh Persepsi Harga Tiket, Persepsi Fasilitas Buatan, Persepsi Biaya Wisata dan Daya Tarik Wisata terhadap Kunjungan Wisatawan Lokawisata Baturaden. Jumlah pengunjung Lokawisata Baturaden mengalami peningkatan jumlah pengunjung disetiap tahunnya. Sedangkan untuk analisis sosial, yaitu untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap ekowisata mangrove menggunakan pedoman wawancara dengan jumlah responden 25 (dua puluh lima) orang. Metode yang tepat digunakan yaitu analisis SWOT dan benchmarking. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dengan menggunakan metode kuisioner. Teknik pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini peneliti akan mencari tahu pengaruh persepsi harga tiket, persepsi fasilitas buatan, persepsi biaya wisata dan daya tarik wisata terhadap kunjungan wisatawan Lokawisata Baturaden. Obyek wisata yang mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang cukup signifikan yaitu pada Lokawisata Baturaden. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama semua variabel independent signifikan berpengaruh positif terhadap variabel dependent yaitu Permintaan Wisatawan Dalam Negeri pada taraf signifikansi 5%. Sedangkan secara individu, Tiket Masuk Obyek Wisata Grojogan Sewu justru terbukti berpengaruh negatif terhadap variabel dependent, dan permintaannya bersifat elastis, Tiket Masuk Obyek Wisata Pengganti terbukti berpengaruh positif terhadap variabel dependent, dan permintaannya bersifat elastis terhadap variabel ini, Tarif Hotel Sekitar OWGS tarbukti berpengaruh negatif terhadap variabel dependent dan permintaannya bersifat elastis terdapat variabel ini, Pendapatan Perkapita Jawa Tengah terbukti berpengaruh positif terhadap variabel dependent dan permintaannya bersifat inelastis terhadap variabel ini, Jumlah Penduduk Jawa Tengah berpengaruh positif terhadap variabel dependent dan permintaannya bersifat elastis terhadap variabel ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*