8 Tempat Wisata Kekinian di Kabupaten Cilacap

Apa yang sudah familier dengan nama Cilacap? Yups… Cilacap merupakan nama sebuah Kabupaten yang terletak Provinsi Jawa Tengah.

Ibukota Kabupaten Cilacap adalah Cilacap. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat) dan Samudra Hindia.

Kabupaten Cilacap yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat membuat sebagian penduduk Kabupaten Cilacap menggunakan bahasa Banyumasan atau lebih kita kenal dengan bahasa Ngapak dan sebagian lagi memakai bahasa sunda.

Baca Juga: Obyek Wisata di Kabupaten Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

Hal ini dikarenakan bahwa pada masa lalu wilayah kabupaten ini adalah bagian dari Kerajaan Galuh. Salah satu catatan yang menyebutkannya adalah naskah kuno Bujangga Manik dimana sekarang ada di Perpustakaan Bodleian, Oxford University Inggris.

Naskah ini menceritakan perjalanan Prabu Bujangga Manik, seorang pendeta Hindu Sunda yang mengunjungi tempat – tempat suci agama Hindu di pulau Jawa dan Bali pada awal abad ke-16. Pada zaman dahulu batas Kerajaan Sunda di sebelah timur adalah sungai Cipamali (kali Brebes) dan sungai Ciserayu (kali Serayu) di Provinsi Jawa Tengah.

Cilacap memiliki motto, Cilacap Bercahaya (Bersih, Elok, Rapi, Ceria, Hijau, Aman dan Jaya). Letak geografis Cilacap yang signifikan dimana bagian utara adalah perbukitan yaitu kawasan hutan yang menutupi lahan kabupaten Cilacap bagian utara, timur, barat.

Sedangkan bagian selatan merupakan dataran rendah, yaitu terdapat Pulau Nusakambangan yang bertepian langsung dengan Samudra Hindia. Hal ini tentu saja membuat Cilacap memiliki destinasi wisata yang mumpuni.

Apalagi dalam sektor baharinya, banyak pantai – pantai indah yang wajib kamu kunjungi. Untuk kamu yang berkunjung ke Cilacap jangan lupa untuk mengunjungi tempat – tempat wisata kekiniaan di kabupaten Cilacap berikut ini:

Wisata Gunung Selok

Cilacap memang terkenal dengan wisata pantainya yang indah, namun wisata gunung di kota ini tidak kalah menariknya. Salah satunya gunung selok.

Wisata Gunung Selok terletak di Karangbenda, Adipala, Cilacap, Jawa Tengah. Ada kisah yang unik dari gunung ini. Banyak orang percaya dahulu bung karno mendapat gagasan pancasila saat di gunung ini. Semula nama gunung ini adalah Junggring Seloka.

Junggring Seloka merupakan khayangan yang dibangun oleh para dewa ketika mereka dihukum Tuhan untuk tinggal di Pulau Jawa. Sebenarnya gunung seloka adalah wisata alam yang berupa hutan gunung yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Banyumas Timur.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Kekinian di Kabupaten Banyumas

Gunung seloka merupakan wisata yang lebih dari sekedar gunung. Disini banyak menawarkan wahana baru yang berada di puncak gunung salah satunya adalah wahan selfie deck dan view deck. Wahana view deck berada diatas pohon dan dilengkapi jembatan gantung yang menghubungkan dua pohon besar.

Kedua wahana ini sama – sama menyuguhkan keindahan pemandangan alam berlatar belakang hutan lebat, hamparan sawah dan tentunya Samudra Hindia yang sangat luas. Tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk kamu yang merasa penat dengan rutinitas sehari – hari dan ingin merefreskan lagi pikiran.

Wisata Hutan Payau (Mangrove)

Wisata Hutan Payau terletak di Desa Beji Lor, Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Jawa Tengah. Kurang lebih berjarak enam kilometer dari terminal bus cilacap.

Sesampainya disana kita akan disuguhkan dengan pemandangan hutan mangrove seluas 10 hektar, hutan ini merupakan hutan pelindung bagi ekosistem di kawasan laguna Segara Anakan, danau air asin di pesisir pantai Cilacap.

Suasana disini sangat teduh dan rindang meskipun matahari sangat terik. Diantara rimbunnya puluhan ribu peohonan, kita dapat menikmati pilihan spot menarik untuk berfoto seperti selfie deck, rumah apung, jembatan layang, dermaga cinta, dan lain – lain.

Bagi kamu yang memiliki hobi memancing, kamu bisa menyempatkan diri menjajal memancing di hutan payau ini. Selain itu kamu juga dapat menaiki perahu untuk melihat indahnya deretan ratusan pohon bakau yang membentang luas. Jadi jangan lewatkan tempat ini jika kamu berkunjung ke Cilacap.

Benteng Pendem

Benteng Pendem Cilacap terletak di Jl. Benteng, Sentolokawat, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Benteng ini dibangun tahun 1816 yang digunakan oleh belanda sebagai pertahanan.

Sebelum dijuluki dengan nama bneteng pendem, nama asli dari kawasan ini adalah Kustbatterij op de landtong te cilacap yang artinya benteng diatas tanah dan menjorok ke laut menyerupai lidah.

Mengunjungi situs wisata peninggalan sejarah memang menyenangkan, kita bisa berjalan – jalan di sekitar tempat tersebut sembari belajar tentang sejarah. Aura mistis saat mengunjungi tempat ini memang ada, maklum saja karena tempat ini merupakan peninggalan sejarah yang sudah lama terbengkalai lalu difungsikan kembali.

BacaJuga: Tempat-tempat Wisata Indonesia yang Mendunia

Selain itu konon katanya di dekat benteng ada makam pejuang yang berkorban merebut kemerdekaan Indonesia. Namun tak perlu khawatir, disini kamu tetap bisa berfoto di banyak spt yang tentunya tak kalah keren.

Curug Cimandaway

Curug Cimandaway terletak di perbatasan anatara Jawa Barat dan Jawa Tengah tepatnya di Serang, Desa Datar, Kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap, Jawa Tengah. Curug ini ramai dikunjungi oleh wisatawan pada hari biasa maupun hari libur. Curug ini memiliki lima tingkat dengan ketinggian kurang lebih 100 meter.

Cimandaway (Ci =air, Ma Ma/Sima =terkesima, Da=Darah dan Way=Wanita). cimandaway merupakan air yang mempesona/mambuat wanita terkesima. Beberapa orang percaya pasangan yang berkunjung ke curug ini akan berjodoh. Selain itu curug cimandaway merupakan air terjun paling tinggi di kabupaten cilacap. Disekitar curug cimandaway kita akan disuguhkan dengan pemandangan indah suasana yang masih alami berupa pepohonan rindang dan area pesawahan yang luas.

Pantai Teluk Penyu

Cilacap memang memiliki pantai – pantai yang indah dan menawan. Maklum saja karena kota yang satu ini berada di tepi Samudra Hindia. Salah satu pantai di Cilacap adalah pantai teluk penyu. Pantai ini memiliki deburan ombak yang tidak terlalu tinggi dan pasir di pantai ini berwarna coklat.

Pemandangan disekitar pantai snagat indah, ditambah deburan ombak dan pepohonan tinggi yang membuat pantai terasa sejuk. Bisa dibilang pantai ini merupakan pantai yang cukup terkenal bagi penduduk di Cilacap dan sekitarnya. Jadi kemungkinan pantai ini akan selalu dipenuhi oleh wisatawan, karena lokasinya yang mudah dijangkau dan dekat dengan pusat pemerintahan.

Baca Juga: Tempat Wisata Recomended Sekitar Kota Bandung

Di dekat pantai ini terdapat pantai Nusakmbangan. Disana kamu bisa menikmati suatu keindahan yang berbeda. Pulau yang satu ini juga tidak hanya terdapat lembaga pemasyarakatan seperti yang ramai diberitakan, akan tetapi dibalik itu terdapat keindahan alam yang sangat indah.

Pantai Pasir Putih Pulau Nusakambangan

Pantai Pasir Putih Pulau Nusakambangan? Ya tempat dimana penjara paling ketat di negara kita berada disini. Pulau ini memiliki keindahan yang memukau. Tempat ini merupakan terusan dari Pantai Teluk Punyu. Dari pantai teluk penyu menuju lokasi ini hanya diperlukan waktu sekitar 15 menit dengan menaiki perahu milik nelayan dengan biaya kurang lebih Rp 10.000.

Setibanya di pulau dengan meniaki perahu yang dipakai nelayan, kita masih harus berjalan menuju kawasan pantai yang dimaksud. Saat kita berjalan, kita dapat melihat hutan yang masih lebat dan menjulang tinggi dimana di dalamnya terdapat goa alami dan banyak sekali bungker – bungker peninggalan Belanda yang dikenal dengan nama Benteng Karang Bolong yang menjadi primadona pengunjung pantai ini.

Benteng ini sangat luas dan memiliki banyak ruang serta dilengkapi meriam.. Sesampainya di pantai pasir putih pulau Nusakambanagan kita disajiakan dengan pemandangan hutan hijau yang lebat, pasir putih yang dipenuhi dengan karang – karang kecil, deburan ombak kecil, sejuknya hembusan angin dan suasana pulau yang sunyi.

Pantai Sodong

Keberadaan pantai ini kurang dikenal dibandingkan pantai – pantai lain di kota Cilacap seperti pantai Teluk Penyu, pantai Widarapayung dan pantai Nusakambangan. Pantai Sodong adalah keindahan yang tersembunyi dari Cilacap, pantai ini kurang dikenal banyak orang karena kurangnya promosi dari pemerintah daerah setempat.

Namun dengan adanya perkembangan zaman dan teknologi informasi yang semakin berkembang membuat orang menjadi tahu akan keberadaan pantai ini dan mengunjungi pantai ini. Pantai sodong ini tidak kalah indah dengan pantai – pantai lain di Indonesia.

BacaJuga: Danau Toba: Wisata Alam dan Wisata Budaya

Sama halnya dengan pantai – pantai di Indonesia, di pantai sodong kita dapat menikmati keindahan matahari terbenam yang sangat indah. Udara sejuk dan rimbunnya pepohonan yang menjulang tinggi disekitar tebing membuat kita enggan pergi dari tempat ini.

Pantai Kali Kencana

Pantai Kali Kencana berada berada di selatan Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Selain indah penduduk lokal daerah wisata ini sangat ramah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Pantai ini menghadap langsung Samudra Hindia, jadi tidak heran jika pantai ini memiliki ombak yang besar. Kiri dana kanan pantai ada tebing dan batu besar menjulang ke atas.

Tepian pantainya berpasir abu – abu. Disamping kiri terdapat muara kali kencana, jika kita ingin berenang sebaiknya di muara saja. Sebab muara ini memiliki air yang tenang, sangat cocok untuk kamu yang liburan membawa anak kecil.

Demikian “Tempat-tempat Wisata Kekinian di Kabupaten Cilacap” Semoga bermanfaat. Salam.

Oleh: Arinda DS.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*