Tempat-tempat Wisata Indonesia yang Mendunia

Kekayaan Indonesia

Nenek moyang kita terdahulu memang pada kenyataannya sangat erat sekali terhadap beragam kebudayaan milik bangsa, mereka selalu mengupayakan agar segala adat dan budaya yang telah lahir tidak akan luntur melainkan akan selalu dilestarikan agar bisa semakin terus tumbuh dan berkembang sampai kapanpun.

Budaya yang bangsa ini miliki cukup banyak sekali, bahkan bisa dikatakan tak terhitung jumlahnya. Kerennya lagi, kita bisa menilik di pelosok-pelosok desa atau pedalaman masih banyai masyarakat yang memegang prinsip kebudayaan mereka masing-masing. Ya, setiap daerah pastinya memiliki jejak langkah mereka masing-masing, dalam hal ini adalah mengenai adat dan kebudayaan daerah tadi.

Meskipun terbilang tidak mudah apalagi kini kita tengah berada di zaman yang semakin maju akan tetapi pelestarian akan kebudayaan tetap penting dan selalu jadi nomor satu bagi setiap masyarakat di daerah Indonesia.

Baca Juga: 9 Pantai Jogja Terbaik untuk Liburan Bersama Keluarga

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa bukan hanya mengenai adat dan budaya saja yang melingkupi kekayaan bangsa Indonesia ini. Melainkan ada juga kekayaan dan kelestarian alam negri ini yang juga berkontribusi sangat besar dalam memberikan dampak bagi keberlangsungan level bangsa.

Kekayaan alam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia memang luar biasa asri dan indahnya. Bahkan di kancah international pun itu semua sudah diakui dan tidak menjadi kebanggaan tersendiri.

Beberapa tempat wisata yang berlokasi di bangsa Indonesia bahkan masuk dalam daftar 10 world herritage (10 daftar warisan dunia/keajaiban dunia) yang paling indah dan cukup diakui keberadaannya.

Kekayaan alam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ini menjadikan masyarakat mampu membentuk suatu kesatuan dan ciri khas tersendiri yang bisa menonjolkan kelebihan dan gaya asli bangsa Indonesia yang sebenarnya.

Kesemuanya itu bisa disaksikan dari begitu banyaknya kekayaan alam bangsa Indonesia yang kemudian dikembangkan menjadi banyak tempat wisata atau objek wisata pilihan masyarakat.

Berbagai tempat wisata yang bangsa Indonesia miliki bahkan tidak hanya menjadi primadona bangsa itu sendiri melainkan sudah cukup terkenal dan popular di mata dunia.

Ya, bisa dikatakan bahwa berbagai pusat wisata yang terdapat di Indonesia sudah menjadi daftar juga bagi para ‘bule’ yang hendak menghabiskan waktu liburannya di negri kepulauan ini atau bahkan hanya sekedar untuk berwisata dalam kepentingan yang lainnya. Jelas sekali banyak mata yang tertuju pada berbagai tempat wisata di Indonesia karena begitu megahnya kekayaan alam yang bangsa ini miliki.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak objek wisata yang begitu memukau dan banyak diincar warga mancanegara. Begitu banyak daerah di Indonesia yang memiliki jagoannya masing-masing.

Makanya itu, pemerintah Indonesia sendiri sering berfokus dalam bidang turisme karena memang disitulah sebenarnya kelebihan dari bangsa ini. Banyak daerah Indonesia yang memiliki tipikal wisata mereka masing-masing, dimana hal itu membuat nama daerah mereka tidak begitu asing bagi orang luar negri.

Untuk itulah baiknya kita sebagai warga negara juga jangan mau kalah untuk mengenal beragam wisata negeri ini yang dikatakan sudah cukup terkenal di kancah international tersebut. Dibawah ini akan dibeberkan beberapa poin beserta penjelasannya mengenai beragam wisata terkenal di Indonesia yang perlu untuk kalian ketahui.

1. Pulau Bali

Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia pertama yang bangsa Indonesia miliki adalah pulau wisata di Bali. Ya, mungkin kita saja sebagai masyarakat Indonesia sudah tidak cukup asing lagi mendengar nama tempat di Bali. Daerah Bali sendiri dirasa tak pernah sepi karena selalu saja ada warga masyarakat yang berdatangan untuk berwisata atau sekedar menikmati keindahan alam yang dimiliki oleh pesona Bali.

Bali juga sudah sangat terkenal dan populer di kalangan internasional, bahkan Bali ini masuk dalam daftar keajaiban dunia karena beragam tempat wisatanya yang istimewa dan menakjubkan.

Baca Juga: Tempat Wisata Recomended Sekitar Kota Bandung

Jika berbicara tentang objek wisata yang terdapat di Bali, maka ada banyak sekali. Namun yang bisa dikatakan populer sampai ke mancanegara ada 2, yaitu pulau dewata dan pantai kuta. Ya, kedua pantai ini memang namanya cukup populer dan tidak asing lagi bagi siapapun terutama bagi wisatawan dunia.

Pulau dewata memiliki banyak keunikan dan kekayaan alam yang mampu menarik perhatian serta minat dunia. Di pulau ini kita bisa melihat tenggelamnya matahari dengan sangat indah atau yang biasa disebut dengan istilah beautiful sunset spot. Bukan hanya itu saja, di pulau dewata bali ini para turis akan dimanjakan dengan hembusan angin sepoi-sepoi yang sangat menyejukan dan juga kicauan burung yang berirama menenangkan. Pulau dewata memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi sekaligus tempat relaksasi dan refreshing.

Tidak kalah kerennya dari pulau dewata, bali juga memiliki objek wisata populer lainnya yaitu pantai kuta. Ya, pantai kuta sendiri adalah objek wisata yang sudah sangat mendunia. Pantai kuta diakui sangat indah dan sarat akan keindahan alamnya. Objek wisata yang satu ini menyuguhkan pemandangan sekitar pantai yang sangat menakjubkan dengan lukisan langit cantik nan bergelora.

Pasir putih pantai kuta juga menjadi cirikhas tersendiri karena dikatakan memiliki khasiat tertentu apabila kita merendamkan tubuh kita Menggunakan pasir pantai tersebut. Selain daripada itu, pantai kuta di Bali ini juga bisa dinikmati airnya. Kita bisa melakukan snorkling ataupun berselancar ria. Bali memang tidak pernah meragukan dalam segi penyuguhan wisata, tempat ini selalu punya primadona dan spot tersendiri yang bisa diandalkan.

2. Raja Ampat

Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia Selanjutnya adalah objek wisata terkenal yang berlokasi di Papua, yaitu Raja Ampat. Raja Ampat merupakan rangkaian gugusan 4 pulau besar yang terdapat di sepanjang pesisir perairan Papua. 4 pulau itu mencakuo pulau Waigeo, pulau Misool, pulau Salawati, dan pulau Batanta.

Raja Ampat memang salah satu tempat wisata Indonesia yang teramat indah dan berharga dimana dalam setiap pulau yang berjejer di wilayah Raja Ampat ini banyak tersimpan kekayaan alam milik bangsa Indonesia yang notabene perlu untuk dijaga, dilestarikan, dan dikembangkan secara berkala.

Di Raja Ampat terdapat sekiranya 540 jenis karang keras, lebih dari 1400 jenis ikan karang berharga, serta terdapat juga sekitar 700 jenis moluska. Beragam keunikan dan kekayaan tersebut sungguhlah berharga untuk dipertahankan, maka dari itu pemerintah setempat pun mengeluarkan kebijakan khusus agar para wisatawan yang mampir ke Raja Ampat dapat menjaga alam sekitar dengan tidak merusak dan membuang sampah yang tidak penting di sembarang tempat sekitaran pulau Raja Ampat.

3. Candi Borobudur

Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia adalah objek wisata Candi Borobudur yang berlokasi di Jawa Tengah. Candi Borobudur memang sangat populer, bukan hanya di dalam negri saja melainkan sudah menyebar luas sampai ke mancanegara.

Candi Borobudur sendiri merupakan Candi Buddha terbesar di dunia yang dalam catatan sejarah pertama kali dibangun pada tahun 824 yaitu pada masa kejayaan dan pimpinan Raja Samaratungga dari kaum wangsa Syailendra.

Baca Juga: Danau Toba: Wisata Alam dan Budaya

Candi ini sendiri disusun dengan sumbatan sebanyak 2 juta balok vulkanik dan disusun sedimikian rupa sehingga menjadi rapat dan melekat satu dengan yang lainnya serta berhasil berbentuk sebuah satu kesatuan Candi Buddha yang kokoh dan agung berdiri.

Candi Borobudur merupakan primadona bangsa Indonesia yang cukup dikagumi karena memang sudah termasuk dalam daftar 7 keajaiban dunia dan warisan dunia paling epik sepanjang masa. Keren bukan main memang karena pada kenyataanya sejarah perbentukan dan kelahiran Candi Borobudur di Jawa Tengah ini sendiri memiliki kisah yang amat menarik untuk diselami. Ya, konon di Indonesia sendiri memiliki cerita rakyat yang telah di besarkan secara turun-temurun sehingga sampai zaman sekarang pun masih cukup banyak dipercayai masyarakat.

Menurut cerita rakyat yang beredar dikatakan bahwa Candi Borobudur memiliki sejarah yang pelik. Dimana pada masa pimpinan kerajaan di masa itu, memang tengah terjadi perjanjian tertentu antar kerajaan berkuasa yang kemudian puncaknya adalah keberhasilan usaha Raja Syailendra dalam membangun dan mewujudkan bangunan Candi yang kemudian diberi nama Candi Borobudur.

Candi Borobudur merupakan Candi bercorak Buddhist, para wisatawan yang datang ke Candi ini akan melihat begitu banyak guratan serta pahatan gambar yang menjelaskan kisah kebajikan para dewa.

Konon juga katanya, dalam beberapa bangunan Candi Borobudur ini terdapat patung Buddha dimana para wisatawan yang datang akan berbondong-bondong untuk bisa menggapainya karena dipercaya bisa membawa keberuntungan dan juga hoki. Hal penting yang mesti di pahami adalah bahwa jika ingin berwisata ke Candi Borobudur yang merupakan dupa keagamaan umat Buddha maka wisatawan diharapkan bisa berpakaian dan berperilaku sesopan mungkin guna menghormati adat dan kebudayaan yang berlaku ditempat.

4. Wisata Lombok

Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia Berikutnya adalah wisata di daerah Lombok. Ya, Lombok merupakan suatu daerah di Indonesia yang banyak memiliki spot wisata cukup menarik dan sangat sayang untuk terlewatkan.

Di Lombok sendiri terdapat objek wisata cantik bernama Trio Gili. Itu merupakan pulau cantik yang terdapat di Lombok. Seperti namanya, Trio Gili adalah pulau cantik yang terdiri atas 3 jenis pulau andalan yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Dari ketiga pulau cantik di Lombok tersebut, pulau Gili Trawangan adalah yang paling terkenal dan banyak dipilih sebagai objek wisata.

Wisata pulau Gili di Lombok ini memiliki begitu banyak kelebihan yang mampu menarik minat para wisatawan untuk singgah dan menghabiskan waktu liburannya disini. Ada begitu banyak tempat hiburan yang menarik seperti bar dan cafe.

Selain daripada itu, untuk hal bersenang-senang pun wisata Lombok ini juga telah menyediakan. Para wisatawan dimampukan untuk bisa menikmati keindahan pulau Lombok sambil melakukan kegiatan semacam snorkeling.

Ditambah lagi dikatakan bahwa di pulau Gili Lombok, wisatawan bisa melihat keindahan sunset disaat senja tiba serta ada juga penyewaan cidomo (sejenis kereta kuda pulau) yang akan mengajak wisatawan untuk berkeliling pulau Gili Lombok dan menikmati keindahan pemandangan pulau Lombok tersebut.

5. Pulau Komodo

Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia selanjutnya adalah pulau Komodo. Ya, negara Indonesia memang telah lama diberi julukan negeri komodo karena memang itulah cirikhasnya. Sejarah dan fakta hingga kini mengatakan bahwa negara Indonesia menjadi satu-satunya yang menampung hewan reptil langka bernama komodo.

Hanya di Indonesia saja warga dunia bisa menemukan komodo karena Indonesia memiliki pulau yang bernama pulau Komodo. Dimana di pulau Komodo itu memang telah menjadi habitat asli hewan reptil langka tersebut.

Pulau Komodo berlokasi di kepulauan Nusa Tenggara tepat bersebelahan dengan sebelah barat pulau Sumbawa di kepulauan Nusa Tenggara Timur. Tercatat ada 1300 ekor komodo di pulau ini dengan berbagai komponen lingkungan hidup yang tercakupi dan mumpuni bagi keberlangsungan hidup dari hewan komodo itu.

Objek wisata pulau Komodo sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara bahkan sudah masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia dan warisan terbaik dunia sepanjang sejarah. Selain kaya akan spesies komodo, pulau ini juga kaya akan pemenuhan alam lainnya. Wisatawan bisa menjumpai banyak jenis pohon langka juga di pulau ini. Ada 2 jenis pohon langka yang tercatat cukup aktif berkembang di pulau Komodo yaitu pohon kayu nitak dan pohon kayu secang.

6. Danau Toba

Di poin yang keenam Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia sekaligus juga yang terakhir ini terdapat objek wisata danau Toba. Danau Toba terletak di daerah Sumatera Utara. Danau Toba ini walaupun berbau kedaerahan dengan kearifan lokal yang tersendiri dibandingkan yang lainnya juga bisa dikatakan cukup terkenal dan banyak menjadi incaran warga dunia untuk dijadikan suatu pilihan objek wisata.

Danau Toba
Danau Toba / Tpsdave Pixabay

Danau Toba sendiri merupakan danau kepunyaan negara Indonesia yang sangat luar biasa. Danau ini adalah danau terluas di Asia Tenggara dan merupakan danau terbesar di dunia setelah danau Viktoria Afrika.

Menurut cerita dari sejarah, danau ini terbentuk setelah terjadinya letusan gunung api yang cukup dahsyat pada 75.000 tahun yang lalu. Pembentukan yang cukup unik ini ternyata banyak dipercayai karena memang sudah menjadi cetakan sejarah secara turun-temurun bagi seluruh masyarakat Indonesia terutama yang berada di daerah Sumatera Utara tersebut.

Selain daripada itu, masih terdapat keunikan lain yang tidak kalah yaitu adanya pulau Samosir ditengah danau Toba ini. Konon menurut sejarah dikatakan juga bahwa terbentuknya pulau Samosir tersebut karena ada cerita unik dibaliknya. Cerita rakyat mengatakan bahwa nama Samosir didapat dari seorang pemuda Sumatera Utara yang pada zaman dahulu berupaya membangun pulau di tengah Toba. Kisah itu kini sudah mendarah daging dan menjadi keunikan tersendiri bagi objek wisata danau Toba.

Maka dari itulah tak heran apabilaMemiliki wisatawan asing pun cukup bayak berbondong-bondong utnuk bisa melihat keunikan bentuk sejarah rakyat Indonesia melalui objek wisata ini. Danau Toba bukan saja terkenal sebagai objek wisata tetapi juga cukup sering dijadikan tempat permandian karena kualitas air danau yang baik dan terkadang menyuguhkan sensasi hangat yang terkesan menyejukan bagi siapa saja yang merasakannya.

Itulah dia penuturan dari beberapa poin dan penjelasan tentang beragam tempat wisata terkenal di Indonesia yang sangat mendunia dan wajib untuk kamu ketahui sebagai warga negara Indonesia itu sendiri.

Dari penjelasan tadi juga kita bisa sedikit belajar untuk mensyukuri apa yang telah dianugerahkan yang maha kuasa kepada kita masyarakat Indonesia untuk menyikapi segala kekayaan alam dalam bentuk objek wisata. Kesemuanya itu mesti kita jaga dan lestarikan agar tak akan pernah punah dan lenyap di makan waktu. Demikian ulasan “Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia” semoga bermanfaat.

Oleh: Meylisia H.S.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*