Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah Terpopuler

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang terkenal akan keanekaragaman.

Selain kaya akan nilai sejarah, budaya, dan adat istiadat, ternyata Jawa Tengah juga memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik.

Para wisatawan yang berlibur ke tempat wisata tersebut bukan hanya berasal dari Indonesia melainkan banyak yang berasal dari luar negeri.

Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah

Di bawah ini kami akan memberikan referensi kepada Anda seputar beberapa tempat wisata di Jawa Tengah yang bisa menjadi tujuan akhir pekan Anda.

Candi Borobudur

Siapa yang tidak kenal Candi Borobudur? Sebuah tempat wisata yang juga masuk ke dalam salah satu Keajaiban Dunia ini berlokasi di Magelang. Lokasinya sekitar 40 km arah barat laut dari Yogyakarta.

Candi Borobudur merupakan candi Buddha yang menjadi candi Buddha terbesar yang ada di dunia.

Candi ini mempunyai 1.460 relief dan juga 504 stupa yang sampai sekarang masih tetap terjaga. Setiap hari tempat ini tidak pernah sepi dari para pelanggan. Mereka yang datang bukan hanya wisatawan lokal melainkan mancanegara.

Untuk harga tiketnya Rp. 15.000 bagi wisata domestik dan USD20 untuk wisatawan mancanegara.

Candi Prambanan

Selain Candi Borobudur, Candi Prambanan juga merupakan tempat wisata di Jawa Tengah yang sangat terkenal. Ketika pertama kali datang ke sini, Anda bukan hanya disuguhkan oleh pemandangan yang eksotis, namun di sekitar candi tersebut tumbuh pepohonan rindang yang semakin membuat candi ini semakin indah.

Candi ini memang sempat beberapa kali mengalami pemugaran. Salah satunya pasca Gempa Jogja yang terjadi pada tahun 2006. Namun sampai sekarang pemandangannya masih tetap terjaga seperti dulu.

Kota Lama

Tempat wisata di Jawa Tengah yang ketiga adalah Kota Lama yang terdapat di Semarang. Dulu tempat ini dijadikan sebagai pusat perdagangan oleh pemerintah Belanda. Jadi, Anda bisa menemukan banyak bangunan bersejarah peninggalan Belanda.

Beberapa bangunan tersebut antara lain: Pabrik Rokok Praoe Lajar, PT. Pelni, Polder Air Tawang, dan lain-lain.

Sebagai tambahan, setelah Anda mengunjungi bangunan bersejarah di sini, jangan lupa untuk datang ke beberapa tempat makan di sana. Tempat makan tersebut suasananya masih seperti Eropa baik bangunan maupun menu yang ditawarkan.

Lawang Sewu

Masih tentang tempat wisata di Semarang, kali ada Lawang Sewu yang juga merupakan bangunan peninggalan masa kolonial. Sebenarnya, bangunan ini tidak benar-benar memiliki 1000 pintu.

Namun jumlah pintunya memang sangat banyak sehingga masyarakat menyebutnya dengan Lawang Sewu (Pintu Seribu).

Selain bangunannya yang indah, tempat ini ternyata menyimpan cerita dan aura mistis. Terlebih lagi ketika Anda mengunjunginya di malam hari. Sebagai tambahan bahwa di depan Lawang Sewu terdapat Tugu Muda yang merupakan monumen untuk mengenang pertempuran 5 hari di Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah

Jika Anda suka mengunjungi tempat wisata bernuansa religi, Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu yang kami rekomendasikan. Masjid ini dibangun pada 2001 dan selesai tahun 2006. Dalam kurun waktu 5 tahun tersebut, Masjid Agung mempunyai perpaduan desain antara Romawi, Islam, dan Jawa.

Terdapat tower masjid yang bisa Anda manfaatkan untuk melihat pemandangan kota Semarang. Terdapat juga payung berukuran raksasa yang tidak jauh berbeda dengan yang terdapat di Masjid Nabawi. Untuk masuk ke sini, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 7.000.

oleh: Effendi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*