Pulau Bawean Ada Dimana?

Pulau Bawean Gresik, Keindahan Laut yang Menawan

Jika kamu mendengar kata Gresik, pasti yang terlintas pertama kali di telinga adalah kota semen. Sebab di era 2000 an awal, lumayan ramai iklan semen yang menggunakan nama kota tersebut.

Selain terkenal semennya, Gresik juga merupakan kota wali, yaitu Sunan Gresik. Beberapa masyarakat sering berkunjung kesana untuk berziarah ke makam wali.

Tapi jika ditelisik lebih dalam, Gresik ini juga memiliki destinasi wisata yang menakjubkan yang wajib kamu kunjungi jika tiba di sana. Salah satunya adalah Pulau Bawean.

Pulau Bawean sendiri letaknya sekitar 120 kilometer dari utara Kabupaten Gresik. Dan masih merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Gresik secara administratif. Jumlah penduduk Pulau Bawean sekitar 1.700 jiwa.

Meskipun masih bagian dari Kabupaten Gresik, namun penghuni Pulau Bawean terdiri dari berbagai suku dan bahasa. Diantaranya adalah suku Bawean yang merupakan suku mayoritas,suku Jawa, Madura, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Mata pencaharian warganya mayoritas adalah nelayan dan petani, namun tidak sedikit yang memilih menjadi TKI di Singapura dan Malaysia demi hidup yang sejahtera.

Pada tahun 2018 tepatnya saat Asian Games di gelar di Indonesia, Rusa Bawean menjadi salah satu maskot dari acara tersebut dan di beri nama Atung. Keren bukan? Yuk kunjungi rumah Atung di Pulau Bawean!

Lokasi Menuju Destinasi Pulau Bawean 

Untuk menuju lokasi, ada 2 jalur yang bisa ditempuh, yaitu jalur laut dan jalur udara. Untuk jalur laut ada bisa menggunakan Kapal Bahari Express dan Natuna dari Pelabuhan Umum Gresik menuju Pelabuhan Umum ASDP Bawean.

Sedangkan untuk jalur udara biasanya menggunakan Susi Air dari Bandara Juanda Surabaya menuju Bandara Harun Thohir Bawean. Ada juga rute penerbangan dari Bandara Sumenep Madura menuju Bandara Harun Thohir Bawean. Jalur dari pulau kalimantan juga ada lho, yaitu dari Bandara Harun Thohir Bawean menuju Banjarmasin.

Wisata yang Disajikan Pulau Bawean 

Penangkaran Rusa Endemik di Bawean

Pulau Bawean adalah rumah bagi rusa endemik yang ada disana. Sehingga anda wajib datang ke penangkaran rusa ini dan menyaksikan rumah Atung beserta teman-temannya disana.

Lokasinya terletak di Desa Pudakit Timur, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik. Berjarak 6 kilometer jika dari pelabuhan. Rusa yang tinggal disini berjenis axis kuhli, jumlahnya sekitar 32 ekor.

Pemandian air panas

Di Bawean setidaknya terdapat 3 pemandian air panas. Yaitu sumber air panas Kebundaya di Kecamatan Sangkapura, sumber air panas Taubat di Kecamatan Sangkapura, dan sumber air panas Kepuhlegundi di Kecamatan Tambak. Jangan lupa mampir ya!

Danau Kastoba

Jika kamu ingin berkunjung ke Danau yang ada di Pulau Bawean. Maka Danau Kastoba Jawabannya. Danau ini masih asri dan sarat akan kisah-kisah legenda yang ada di baliknya.

Danau ini terletak di  Desa Paromaan, Kecamatan Tambak. Letaknya juga cukup unik, yaitu  berada di puncak ketinggian bukit namun tepat di tengah-tengah Pulau Bawean. Untuk tiket masuknya gratis lhoo, namun tetap jaga kebersihan dan bersikap sopan ya.

Apalagi lokasinya terkenal dengan legenda mistisnya. Tetapi jika kamu sopan, pasti kamu akan merasa nyaman berlama-lama disana mengingat lokasinya yang berada di tengah-tengah Pulau Bawean dan diatas bukit.

Pulau Gili Noko

Pulau Gili Noko merupakan pulau mungil yang disana terdapat hamparan pasir putih yang terbentang panjang sekitar 600 m dengan lebar sekitar 25 m. Pulaunya mungil banget lhoo. Bisa jadi spot foto yang instagramable. Yang terpenting tetap jaga kebersihan ya.

Pantai Pasir Putih Gili Noko

Nah ini dia wisata yang instagramable di Pulau Bawean, yaitu pantai pasir putih Bawean yang nampak panjang dan seolah diapit dua lautan. Pasir putih ini juga seolah menjadi penghubung antara Pulau Gili Noko yang mungil dan Pulau Bawean. Kamu harus coba spot foto disini lho!

Oleh: Anasuhanda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*