Pantai Nampu Wonosari Wonogiri

Pantai Nampu, Hamparan Pasir Putih dan Ombak Biru Andalan Kabupaten Wonogiri

   Kabupaten Wonogiri yang merupakan daerah yang terletak di garis pantai selatan jawa, ternyata juga menyimpan keindahan pantainya yang belum banyak diketahui orang.

Pesona pantai Wonogiri memang tidak terdengar terlalu nyaring jika dibandingkan dengan daerah tetangganya, yaitu Gunung Kidul ataupun Pacitan.

Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuat Wonogiri juga mempunyai banyak kekayaan wisata pantai dengan karakteristik seperti pantai-pantai yang ada di di daerah Gunung Kidul.

Pasir putih, ombak besar dan tebing karst berwarna putih kecoklatan menjadi pesona yang bisa dilihat jika berkunjung ke pantai-pantai yang ada di daerah Wonogiri.


 

Salah satu pantai indah yang direkomendasikan jika ingin mencoba menyusuri keanekaragaman pantai yang ada di Kabupaten Wonogiri adalah Pantai Nampu. Sekilas nama Nampu memang sangatlah mirip dengan nama salah satu pantai yang ada di Gunung Kidul, namun Pantai Nampu di Wonogiri ini berbeda serta mempunyai keunikannya sendiri.

Tentang Pantai Nampu

Mempunyai ciri khas dengan pasir putih dan ombaknya birunya yang menawan, Pantai Nampu sebenarnya sangatlah memiliki prospek dalam meningkatkan pariwisata di daerah Wonogiri. Namun pengelolaan yang belum maksimal menjadikan pantai ini memang masih belum terlalu banyak didengar secara luas.

Baru tiba di pintu masuknya, pesona Pantai yang berada di perbatasan Wonogiri-Pacitan ini sudah akan nampak. Letak pintu masuk dan area parkir yang berada di atas tebing memungkinkan untuk melihat segala sisi pantai dari ujung timur hingga barat yang dibatasi sebuah tebing.

Untuk bisa melihat lebih dekat dan merasakan langsung kelembutan pasir pantainya, akses yang digunakan untuk turun ke area pantai adalah susunan puluhan anak tangga dengan pegangan bambu di kanan kirinya.

Pantai Nampu ini memiliki karakteristik dengan pantainya yang memanjang, mirip seperti Pantai Sepanjang ataupun Pantai Parangtritis.

Kegiatan di Pantai Nampu

Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan jika sedang berkunjung ke Pantai Nampu. Selain sekedar bersantai di pinggir pantai sembari menikmati suara deburan ombak, bermain air pun bisa menjadi pilihan kegiatan yang menyenangkan.

Namun jika ingin bermain air, disarankan untuk tidak terlalu jauh ke tengah karena karakteristik pantai selatan yang memiliki ombak yang besar. Waktu yang tepat untuk bermain air adalah ketika kondisi air laut sedang pasang. Pada saat itu air pantai menyentuh jauh ke pinggir pantai, sehingga akan lebih aman.

Selain bermain air, Pantai Nampu juga memiliki tebing yang bisa didaki oleh pengunjung. Dari atas tebing ini pemandangan Pantai Nampu akan nampak sangat luar biasa mempesona. Apalagi ketika sore hari dan cuaca cerah, menikmati matahari perlahan tenggelam dari atas tebing bisa menjadi pilihan dalam menikmati keindahan Pantai Nampu.

Kondisi di atas tebing yang lapang juga sangatlah cocok digunakan untuk camping dan mendirikan tenda. Dengan adanya pepohonan-pepohonan di sekelilingnya membuat tempat ini sangat aman dan mampu menahan angin malam jika akan bermalam diatas tebing.

Berkuliner di Pantai Nampu

Layaknya wisata pantai pada umunya, Pantai Nampu pun juga sudah cukup banyak dihiasi berbagai usaha dari warga lokal, dan salah satunya adalah usaha kuliner. Menikmati segarnya kelapa muda kala panas terik yang melanda bisa menjadi obat dahaga sekaligus menambah kenikmatan saat berwisata ke Pantai Nampu.

selain itu jika lapar melanda tak perlu bingung, beraneka menu makanan khas akan dapat mudah ditemukan di Pantai Nampu ini. Tapi yang spesial tentu saja adalah Ikan bakar atau gorengnya yang menggugah selera. Ikan-ikan yang dijual di Pantai Nampu adalah ikan yang masih segar karena diambil langsung oleh nelayan-nelayan setempat dari laut.

Tiket dan Akomodasi Pantai Nampu

Untuk masuk ke Pantai Nampu, setiap pengunjung cukup dikenai biaya sebesar Rp 5.000 saja ditambah biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk mobil. Karena jalan menuju ke Pantai Nampu tidak terlalu besar, maka untuk menuju ke pantai ini tidak bisa diakses menggunakan kendaraan-kendaraan besar.

oleh: lutfi tw


 

You May Also Like

About the Author: Insfira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *