Pantai Klayar Terletak Dimana?

Pantai Klayar di Selatan Pacitan

Jika anda ingin menemukan pesona pantai dengan pasir putih diantara tebing, anda bisa berkunjung ke Pantai Klayar.

Lokasinya berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Karena letaknya di selatan pulau jawa yang umumnya lepas samudra, sehingga debur ombaknya cukup cenderung deras.

Rute menuju lokasi juga sudah beraspal dan halus. Jika anda dari arah Solo, Jawa Tengah, anda bisa menempuh perjalanan sekitar 2 jam 39 menit sejauh 99,3 km dengan melewati jalan  raya Pracimantoro-Wonogiri.

Namun jika dari arah Surabaya, anda harus menempuh jarak yang cukup lumayan, yaitu sejauh 298,2 km selama 5 jam 55 menit melalui jalur Jalan Tol Ngawi-Kertosono.

Jalan menuju ke lokasi juga sangat baik karena beraspal dan halus, sehingga anda tidak perlu cemas akan mendapat benturan saat perjalanan menuju lokasi.

Jalan menuju pantai cukup unik, layaknya surga yang tersembunyi karena anda harus menuruni tebing, namun sudah beraspal untuk bisa sampai di lokasi pantai. Pemandangan yang menakjubkan bukan?

Pantai biasanya ramai jika memasuki waktu liburan atau akhir pekan. Sehingga jika anda ingin suasana yang tenang dan lebih privat, maka sebaiknya mengunjungi pantai selain diwaktu musim liburan tiba.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Pantai Klayar 

Hanya dengan biaya masuk 10.000/orang untuk dewasa, 5000/anak anda sudah bisa menikmati berbagai pemandangan yang disajikan oleh alam. Fasilitas untuk pengunjung juga beraneka ragam, disana tersedia Mushola, gazebo, tempat parkir yang luas, penginapan, hingga toko-toko berjajar yang menjual baju-baju atau pernak-pernik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Sedangkan parkir kendaraan roda dua 2000 rupiah dan 5000 rupiah  untuk roda empat.

Wisata yang disajikan Pantai Klayar

Jika anda malas atau lelah berjalan jauh di antara hamparan pasir putih, anda bisa menyewa sejenis kendaraan roda dua khusus pantai yang ada dilokasi dengan harga cukup terjangkau. Namun jika memilih menikmati pasir putih tanpa terburu-buru, maka jalan kaki adalah kegiatan yang menyenangkan.

Seruling Samudra Pantai Klayar

Selanjutnya, jika anda ingin melihat pesona seruling samudra di areal pantai, anda hanya tinggal memanjat bukit kecil dan memandangnya dari atas tebing lalu menunggu air mencuat ke udara seperti semburan ikan paus.

Ikon Seruling samudra di Pantai Klayar merupakan ciri khas yang belum tentu ditemukan di pantai lain. Dinamakan seruling samudra karena setiap celah lubang lempeng karang tersebut menyemburkan air setinggi tujuh meter selalu diiringi dengan suara mirip seruling.

Namun jika anda hendak bermain ke bebatuan karang atau tebing disekitar pantai, sebaiknya lebih hati-hati karena bebatuan cukup licin. Beberapa bebatuan karang juga sengaja dipasang pembatas agar pengunjung lebih berhati-hati saat berwisata.

Batu Sphinx van Java Pantai Klayar

Umumnya, patung Sphinx terletak diantara piramid-piramid yang ada di kawasan timur tengah, khususnya di Mesir. Namun siapa sangka jika di Pantai Klayar ada tebing yang berbentuk mirip patung Sphinx hingga mendapat julukan Sphinx van Java.

Karena bentuknya yang mengundang perhatian pengunjung, maka tak jarang pengunjung mengabadikan momen tebing tersebut baik dari jarak jauh atau jarak dekat. Namun jika dari jarak dekat, pastikan anda bersama dengan pihak pemandu. Karena kawasan tebing cukup curam dan licin. Sehingga berbahaya jika tanpa pemandu.

Bukit Cinta

Selanjutnya adalah bukit kecil yang biasanya digunakan pengunjung untuk menyaksikan panorama pantai serta semburan seruling samudra. Jika anda ingin suasana lebih privat dan tenang, pastikan tidak berkunjung saat musim libur tiba.

Pemandangan yang indah akan membuat anda bersyukur betapa alam sudah menyediakan keindahan. Sehingga kita wajib menjaganya dari kerusakan.

oleh: Anasuhanda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*