Panorama Memukau Danau Toba dari Sudut Pandang Sipinsur  

Provinsi Sumatera Utara benar-benar tidak pernah habis memberikan kejutan keindahan alam untuk Indonesia dan dunia. Daerah ini memiliki kenampakan alam yang legendaris, apalagi kalau bukan Danau Toba dengan segala keindahannya. Namun, kali ini Kita tidak akan secara khusus membahas mengenai danau vulkanik terbesar ini. Sekarang Kita akan mencoba melihat pemandangan Danau Toba dari Geopark Sipinsur.

Waktu paling tepat untuk datang ke geopark ini adalah saat pagi hari tepatnya pada pukul 06.00 – 07.00 WIB. Kamu akan melihat pemandangan Danau Toba dari ketinggian dengan kesan private serasa sedang berada di depan halaman rumah sendiri.

Wajar saja, pada jam-jam tersebut belum banyak pengunjung yang datang ke objek wisata ini. Pada jam-jam tersebut kabut masih belum banyak juga sehingga Kamu bisa dengan jelas menikmati keindahan Danau Toba yang sangat luas itu. Kamu bisa duduk santai di tempat yang sudah tersedia sambil menikmati udara dan pemandangan yang tersaji di depan mata ditemani beberapa camilan hangat.

Jika Kamu tidak terlalu suka dengan keramaian jam-jam tersebut merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi Sipinsur dan melihat cantiknya pemandangan  Danau Toba dari bagian pesisir selatannya. Objek wisata ini berada di Desa Paerung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara.

Seperti objek wisata pada umumnya, Geosite Sipinsur ini selalu ramai diakhir pekan dan liburan hari besar lainnya. Kamu yang kurang menyukai suasana wisata yang ramai, juga bisa mengunjungi destinasi wisata ini pada hari-hari biasa sehingga bisa merasakan ketenangan di sini.

Udara di objek wisata ini sangat tenang dan cocok untuk tempat refreshing. Tidak jarang kabut juga ikut menemani langkah para wisatawan saat berkeliling di Sipinsur. Nama Sipinsur diperoleh karena ketinggian tempat objek wisata yang berada di Provinsi Sumatera Utara ini cukup tinggi sehingga kerapkali menjadi jalur perlintasan angin yang berhembus.

Aktivitas Trekking di Perbukitan Sipinsur

Ada beberapa bukit yang bisa Kamu coba untuk daki bersama. Pendakian ini cukup menantang bagi Kamu yang suka olah ranga ekstrim. Medan yang dilalui menanjak sehingga Kamu memerlukan cukup energi untuk bisa sampai di puncak bukit.

Sesampai di puncak bukit akan ada hadiah yang akan menghapus semua lelah. Kamu akan diperlihatkan panorama Danau Toba yang indah dan luas tampak tidak ada batasnya. Persiapkan segala logistik yang diperlukan selama pendakian terutama kebutuhan air putih.

Jangan sampai Kamu mengalami dehidrasi selama perjalanan karena ini akan mengganggu perjalanan. Bagi Kamu yang masih pertama kali mendaki cobalah untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari cidera. Pastikan juga tubuhmu fit sebelum melakukan pendakian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ada beberapa bukit di sini yang bisa Kamu daki. Bagi Kamu yang kuat bisa nih mencoba mendaki semua bukitnya. Namun jangan memaksakan diri ya, cukup pilih salah satu bukit yang ingin didaki dulu. Mungkin kesempatan lain waktu bisa Kamu gunakan untuk mendaki bukit yang lainnya. Aktivitas trekking juga bisa dilakukan di hutan pinus sambil menikmati udara segar yang dihasilkan dari pepohonan pinus ini.

Camping Ground di Hutan Pinus yang Asri  

Setelah lelah menyusuri perbukitan yang cukup menantang, Kamu bisa bersantai mendirikan tenda di camping  ground yang letaknya di dalam hutan pinus. Objek wisata ini menyajikan tempat camping yang sangat asri dengan udara yang segar. Ya, Kamu bisa berlama-lama di Geosite Sipinsur dengan melakukan aktivitas camping bersama keluarga maupun teman-teman. Kamu tidak perlu susah-susah mencari penginapan saat mengunjungi objek wisata ini, tempat penginapanmu sangat dekat dengan alam.

Pemandangan camping ground di Geopark Sipinsur ini diliputi oleh hutan pinus yang menambah suasana nyaman dan asri di sana. Kamu akan disambut dengan alam yang ramah bersamaan kicauan burung-burung yang menyapamu dipagi hari setelah bangun tidur. Nikmati suasana yang tidak biasa ini hanya di Sipinsur.

Tidak heran camping ground dan seluruh lingkungan geopark ini sangat terjaga udaranya, karena kendaraan memang tidak diperbolehkan memasuki objek wisata. Dahulu kendaraan bisa masuk sampai ke tepian danau, namun sekarang sudah tidak diperbolehkan lagi.

Keuntungan yang Kamu peroleh saat camping di sini adalah Kamu bisa melihat pemandangan matahari terbit dan terbenam. Pemandangan matahari terbit di geopark ini sangat memukau terlebih letak Sipinsur yang ada di atas ketinggian lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut.

Bagi pengunjung yang tidak mempunyai perlengkapan camping, tenang pihak pengelola sudah menyediakan perlengkapannya. Kamu hanya perlu menyewa perlengkapan camping tersebut untuk satu malam. Area camping di geopark ini juga cukup luas sehingga tidak perlu khawatir akan kehabisan tempat kecuali pada momen-momen tertentu seperti tahun baru misalnya.

Aktivitas Fotografi Memburu Panorama Danau Toba

 Banyak penggemar fotografi jauh-jauh datang ke Sipinsur untuk memburu gambar keindahan panorama Danau Toba yang tidak akan pernah terlupakan. Ada banyak spot menarik untuk mengabadikannya, salah satunya di perbukitan yang ada di sekitar geopark.

Perbukitan tersebut menjadi tempat yang pas untuk mengambil gambar Danau Toba lengkap dengan awan beserta berbagai kenampakan alam lain yang ikut menghiasi Danau itu. Tidak masalah Kamu menggunakan berbagai model kamera baik itu kamera smartphone maupun kamera profesional.

Panorama Danau Toba dilihat dari Sipinsur ini akan semakin memukau saat matahari terbenam. Bayangkan saja betapa indahnya sang surya tenggelam di antara perbukitan dan seolah menembus danau terbesar di Asia Tenggara itu. Inilah yang menjadi sebab para pencinta fotografi semakin betah untuk berlama-lama di objek wisata yang sedang dikembangkan oleh pemerintah daerah ini.

Bahkan tidak sedikit juga yang menggunakan Sipinsur sebagai lokasi untuk melakukan sesi foto prewedding. Ini membuktikan bahwa keindahannya sudah sangat teruji. Objek wisata ini benar-benar mempunyai daya tarik panorama Danau Toba yang tidak perlu diragukan lagi.

Selain panorama Danau Toba, memburu foto di kawasan hutan pinus juga seringkali menjadi pilihan para pencinta fotografi. Mereka tidak mau menyia-nyiakan keindahan hutan pinus yang masih alami ini. Banyak juga yang memanfaatkan keindahan hutan ini sebagai latar belakang fotonya.

Taman Bermain di Geopark Sipinsur

Geopark Sipinsur juga dilengkapi dengan taman bermain anak. Bagi Kamu yang sudah berkeluarga geopark ini merupakan tempat yang tepat untuk disambangi. Pasalnya ada taman bermain di Geopark Sipinsur ini.

Fasilitas taman bermain di sini cukup lengkap. Kamu bisa mengajak anak-anak untuk bermain di taman bermain ini. Anak-anak bisa bermain sepuasnya di taman bermain ini. Pastikan Kamu juga mengabadikan momen ini bersama keluarga.

Pemandangan Pulau Sibandang yang Mempesona

Jika di pesisir utara Danau Toba Kita bisa menikmati pemandangan Pulau Samosir yang menawan maka di pesisir selatannya Kita akan melihat indahnya Pulau Sibandang yang nampak jelas dari ketinggian di Geopark Sipinsur ini. Kamu yang ingin mengunjungi pulau ini juga sangat diperbolehkan loh jaraknya cukup dekat kok dari geopark, hanya butuh waktu setengah jam untuk sampai ke sana.

Rasakan Jogging Ria di Geopark Sipinsur

Geopark ini dilengkapi dengan fasilitas jogging track yang bisa digunakan oleh wisatawan. Bagi Kamu yang suka melakukan olah raga lari, bisa nih mencoba jogging di sini. Tentu saja sensasi jogging di sini akan sangat berbeda dengan tempat-tempat lain. Kamu akan merasakan udara yang sejuk khas pegunungan Humbang Hasundutan. Ajak juga teman-teman untuk merasakan sensasi berbeda jogging di sini ya.

Jogging bersama teman-teman akan terasa lebih mengasyikan di sini. Namun, untuk Kamu yang tidak terbiasa berlari, cukup dengan jalan santai saja menyusuri jogging track ini juga diperbolehkan kok. Jalan santai sambil bercengkerama dengan teman bisa menjadi pilihan yang asyik di jogging track ini.

Masakan Lokal yang Nikmat

Setelah puas menikmati keindahan Danau Toba dari dataran tinggi Sipinsur. Kamu harus mencoba masakan-masakan lokal khas dari Sipinsur yang sudah terkenal kenikmatan dan cita rasanya. Ada mie gomak yang merupakan masakan lokal yang tidak boleh terlewat. Makanan ini terdiri atas berbagai berbagai macam bahan yang akan mengenyangkan Kamu dan sangat cocok untuk menu sarapan.

Masakan-masakan lokal ini bisa Kamu temukan di warung-warung makan yang ada di sekitar geopark. Kamu hanya tinggal pilih mana restoran yang sesuai dengan keinginan.

Biaya Masuk Objek Wisata

Kamu yang sudah mulai tertarik dengan objek wisata ini tidak perlu khawatir, biaya masuk yang diperlukan hanya Rp 0 saja alias gratis. Tidak perlu Kamu mengeluarkan uang untuk menikmati keindahan Danau Toba tanpa batas dari sudut yang berbeda. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 07.00-23.00. Pastikan untuk Kamu yang ingin mengunjungi Sipinsur bisa memperhatikan jam buka tersebut ya.

Keren ya, berkunjung ke objek wisata seindah ini, Kamu tidak membayar sepeser pun. Tentunya ini bisa menjadi wisata keluarga yang murah meriah dan wajib untuk dicoba.

Akses Menuju ke Geopark

Akses menuju ke kawasan geopark sangat mudah dijangkau. Kamu bisa naik pesawat menuju ke Bandara Silangit dan menuju ke Geopark Sipinsur dalam waktu setengah jam saja. Tidak hanya itu saja, jika Kamu ingin menuju ke sini dari Kota Medan maka Kamu hanya perlu menghabiskan waktu selama kurang dari 8 jam.

Sepanjang perjalan menunju ke Sipinsur akan ada banyak sekali pemandangan khas dari Suku Batak Toba. Kamu bisa melihat pemakaman khas suku Batak Toba yang unik. Selain itu Kamu juga akan disuguhi pemandangan perkebunan kopi khas Lintongnihuta. Daerah tersebut merupakan salah satu daerah penghasil kopi di Sumatera Utara. Jangan kaget jika menghirup aroma kopi di sana.

Pengembangan Objek Wisata Sipinsur

Pemerintah daerah masih berusaha melakukan pembangunan pada objek wisata ini. Ada rencana untuk membangun gardu pandang agar para pengunjung bisa lebih leluasa menikmati pemandangan. Selain itu juga akan dibangun sebuah panggung hiburan untuk menampilkan live music di sana. Potensi objek wisata ini cukup besar, buktinya pada akhir pekan pengunjung bisa mencapai lebih dari 4.000 orang.

Nah, itulah tadi ulasan singkat mengenai Geopark Sipinsur yang mempunyai andalah pemandangan Danau Toba dari sudut pandang yang berbeda. Kamu bisa mendatangi objek wisata alam ini kapan saja karena buka setiap hari. Persiapkan juga fisikmu jika tertarik untuk melakukan trekking. Semoga liburanmu menyenangkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*