OZOBOT: Robot Kecil Edukatif untuk Pembelajaran STEM

Robot Pintar Ozobot

Bicara masalah robot mengingatkan kita pada film kartun yang hingga sekarang masih aktif menghiasi layar kaca di setiap akhir pekan.

Doraemon. Masih ingat dengan robot masa depan satu ini, kan? Robot yang mampu mengeluarkan alat – alat unik yang bisa membuat teman – temannya selalu tertarik menggunakannya.

Namun, Doraemon bukanlah salah satu robot pintar. Justru sebaliknya dia adalah seorang robot paling payah dan ceroboh.

Banyak orang – orang berlomba menciptakan inovasi – inovasi baru yang mencengangkan halayak ramai.

Robot Pintar Ozobot

Salah satunya saja robot canggih nan pintar yang telah diluncurkan beberapa minggu ini. Robot ini juga dinobatkan menjadi robot paling pintar di dunia.

Pencipta Robot

Evollve Inc, Perusahaan ini resmi berdiri pada tahun 2012 pada musim semi. Perusahaan ini juga untuk pertama kalinya menggabungkan antara interaksi sosial dengan aplikasi digital lho. Yang juga menyatukan berfikir kreatif dan disiplin, serta menemukan cara yang berbeda dalam bermain, belajar, interaksi sosial dalam dunia digital yang sudah semakin berkembang.

Ide yang mereka peroleh pun dapat berawal dari pencairannya tentang robot – robot dan evolusinya melalui waktu. Beberapa tahun kemudian barulah ide mereka tercipta yang hingga sekarang menjadi robot terpintar nomor satu di dunia.

Ozobot

Banyak metode belajar yang diajari oleh para guru di kelas. Namun, ada yang berbeda dari terlahirnya robot yang bernama Ozobot ini.

Dinobatkan menjadi robot paling kecil di dunia ternyata mempunyai destinasi tersendiri.

Sengaja didesain untuk mengajari anak – anak bagaimana memprogram dengan bahasa intuitif, membaca berdasarkan warna – warna, berdasarkan bahasa pemprograman.

Baca Juga: Robot Reptil: Dari Alam untuk Alam

Performa

Tampilannya mungkin mengingatkan kamu pada benda yang selalu dikenakan pada saat mengendarai kendaraan roda dua. Ya, helm.

Bedanya jika helm dengan ukurannya yang besar, sedangkan Ozobot memiliki ukuran sangat kecil. Tidak seperti robot lainnya, Ozobot memiliki penampilan yang unik. Ada beberapa helm pengganti jika kamu ingin tampilan berbeda dari biasanya.

Dalam satu kemasan kotak terdapat dua pengganti helm yang dikenakannya, yaitu casing yang terbuat dari bahan karet sehingga gampang ditekuk. Lalu casing kaca bening.

Untuk tampilan aslinya sendiri Ozobot memiliki helm yang transparan. Dimana saat menghidupkannya kamu akan langsung melihat isi dari otak Ozobot tersebut.

Ya, tampilan aslinya transparan. Jadi ketika Ozobot beraksi akan terlihat jelas pusat dari robot kecil ini yang kedip – kedip.

Warna lampu yang berkedip – kedip itu menyesuaikan warna garis yang ada di permukaan. Jika garis berwarna hijau, maka lampunya berwarna hijau.

Namun, ketika garis itu terputus maka secara otomatis Ozobot akan berhenti bergerak dan akan menampilkan lampu kedap – kedip itu berwarna merah.

Robot Edukatif

Mungkin kata yang paling tepat untuk mewakili dari robot ini adalah kecil – kecil cabe rawit.

Terbukti dengan keunikan yang ditawarkan oleh Ozobot ternyata bertujuan untuk mengajarkan anak – anak belajar dan bermain.

Ozobot untuk Pembelajaran STEM

Dengan penggunaan robot ini anak – anak dapat mempelajari kode – kode dari berbagai warna yang ditampilkan.

Dari kode – kode tersebutlah anak – anak secara tidak langsung dapat memperluas pengetahuan serta mendapatkan jawabannya saat itu juga.

Pada pembelajaran STEM dan pemrograman, anak – anak akan mempelajari hal dasar seperti konsep pemprograman, logika dan penalaran deduktif menggunakan kode berdasarkan warna – warna intuitif dan sangat mudah untuk dipahami lho.

Sementara untuk anak – anak yang lebih dewasa akan dapat mempelajari pemprograman dengan kemampuan yang lebih maju untuk mengakses Ozobot lebih lanjut berdasarkan Blockly Google.

Baca Juga: Laptop Tiga  Layar dari Razer

Dikendalikan dengan Smartphone

Rasanya kurang menarik jika kamu hanya bisa melihat – lihat saja. Oleh sebab itu, Ozobot sengaja dirancang dapat dikendalikan menggunakan smartphone kamu lho.

Cocok untuk perangkat mobile seperti iOS dan Android. Hanya menggunakan smartphone andalan kamu sudah bisa mengendalikannya dari jarak jauh. Berputar, berjalan lurus mengikut garis hitam atau menari.

Tapi ingat, sebelumnya kamu harus mengunduh aplikasi Ozobot yang sudah tersedia di playstore atau Google Play.

Setelah semuanya terpenuhi maka robot siap diperintah. Ingin melakukan putaran dan berjalan lurus? Tinggal atur semuanya di smartphone kamu. Ozobot akan langsung meluncur dengan kecepatan 3,5 inci / detik. Kamu bisa meletakkannya di permukaan kertas, papan mainan, tablet bahkan smartphone lho. Asalkan di atas permukaan itu terdapat garis warna – warna yang sudah diaplikasikan.

Cukup Pakai USB

Jangan khawatir jika kehabisan daya baterai. Robot yang memiliki diameter 2,5 cm ini juga dilengkapi kabel charger pendek yang siap jika tiba – tiba urgent. Semuanya lengkap.

Ozobot juga bisa membaca warna yang berbeda – beda di garis yang sudah disesuaikan. Misalnya saja dapat menambah kecepatan, membaca arah tujuan, dan menemukan jalan.

Casing

Seperti penjelasan sebelumnya Ozobot memang dilengkapi dengan casing yang berbeda di kemasannya. Jadi ketika kamu merasa bosan akan tampilannya maka kamu bisa menggantinya dengan yang lain.

Namun jika kamu ingin menggunakan karakter kesukaan di robot ini, seperti tokoh The Avangers, maka sudah tersedia.

Keponakan, adik atau anak – anak kamu akan lebih semangat lagi menggunakannya sambil belajar dan bermain. Apalagi karakter yang disediakan sangat lah keren.

Baterai

Pertama kali memiliki Ozobot mungkin akan membuat kamu sedikit lupa mengisi daya baterainya, karena robot ini sangat lah asik untuk dimainkan hingga sayang untuk berpaling ke kegiatan lainnya.

Dilengkapi dengan LiPoly baterai yang mampu mengisi dayanya hingga 100 persen. Juga dapat bertahan hingga 40 menit ke depan.

Untuk mengisi daya baterai kamu hanya cukup menyambungkan kabel USB yang sudah tersedia di kemasan kotaknya ke laptop, maka robot kamu sudah terisi daya baterai.

Aplikasi Ozobot

Jika kamu sudah mengunduh aplikasi di smartphone, android dan tablet, kamu bisa membuat garis sesuai kehendak. Karena cara kerja Ozobot sendiri dapat bergerak dengan membaca garis yang digambarkan di kertas, tab dan permukaan lainnya.

Di dalam aplikasi tersebut kamu juga bisa menggambar garis panjang dengan warna yang berbeda sesuai petunjuk lho. Bahkan ada pilihan lain seperti ozogroove yang bisa kamu pilih untuk membuat robot kecilmu bergoyang.

Seperti manusia, robot juga dapat bergoyang dengan tarian chacha yang terkenal itu lho. Cukup letakkan di tempat yang sudah disediakan maka Ozobot akan mengikuti semua instruksi seperti menari cepat dan lainnya. Menyenangkan, bukan?

Baca Juga: Lofree: Mesin Ketik Masa Kini

Harganya?

Sebagian orang sudah berbondong – bondong memilkinya. Jadi tunggu apa lagi jika kamu ingin memiliki robot paling pintar di dunia ini. Pada saat diluncurkan harganya sebesar USD 49.99 atau kurang lebih 666 rupiah lebih.

Harga ini akan selalu naik mengingat banyaknya pasar yang membutuhkan. Apalagi robot edukatif ini sangat cocok dimainkan untuk anak – anak. Selain belajar juga bisa sambil bermain lho. Dan setelah saya cek di beberapa marketplace di Indonesia sudaha da yang menjualnya dengan kisaran harga 2 jutaan.

Ayo miliki robot ini dan hadiahkan untuk adik, anak, keponakan dan teman – teman kamu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*