Other Thesis, UPN Veteran Yogyakarta

azores, danau, Portugal, pulau, liburan, samudra, pemandangan, Atlantik, gunung berapi - Pikist Metode penelitian yang digunakan di daerah penelitian adalah pemetaan geologi permukaan yang didukung dengan analisis laboratorium berupa analisis petrografi, analisis mikropaleontologi, dan analisis penilaian objek geowisata menggunakan skoring Kubalikova (2013) yang disertai analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis kondisi geologi yang meliputi geomorfologi, stratigrafi, struktur geologi, serta potensi geowisata yang disertai dengan analisa Kubalikova dan SWOT. Dari hasil analisa skoring Kubalikova didapatkan nilai kelayakan bernilai 50% hingga 80%. Disertai dengan penliaian kelebihan dan kekurangan dari tempat geowisata dengan analisa SWOT dan disertai Peta geowisata yang meliputi peta lokasi serta akses jalan menuju lokasi geowisata. Jawa Timur merupakan salah satu tempat yang boleh dikatakan memiliki banyak peninggalan candi. Purwoleksono, Denny (1998) Usaha pengembangan bendungan sebagai salah satu objek wisata di Kotamadya Semarang. Permasalahannya adalah karena Pemerintah Daerah tidak atau belum mengembangkan daerah-daerah tempat tujuan wisata dengan baik Salah satu objek yang sudah cukup bagus tetapi tidak dikembangkan adalah Bandungan. Sebagai salah satu wilayah yang ada di Provinsi Jawa Tengah, Kendal adalah salah satu Kabupaten yang juga dikenal dengan kota santri, Kabupaten Kendal memiliki beraneka ragam tempat wisata dengan bergbagai keunikan seni budaya ,kuliner dan kerafian lokal masyarakat, dari berbagai macam wisata tersebut terdapat beberapa tempat wisata yang masih tersembunyi yang artinya akses menuju tempat – tempat wisata tersebut masih ada yang belum mengetahui, oleh karena itu di perlukan Peta Sebaran Wisata Kabupaten Kendal Berbasis Sistem Informasi Geografis yang bertujuan memudahkan masyarakat untuk mengetahui lokasi tempat wisata di Kabupaten Kendal.

Dataran Tinggi Dieng menjadi salah satu tempat favorit wisatawan. Dataran Tinggi Dieng dinamakan juga Dieng Plateu. Kabupaten Boyolali juga memiliki Bandara Internasional yaitu Bandara Adi Sumarmo yang berjarak 25 km dari Kota Budaya Surakarta (Solo) yang merupakan koridor jalur wisata Solo – Selo – Borobudur (SSB). Pariwisata Kabupaten Boyolali sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu wisata alam, wisata air dan wisata ziarah.Dari berbagai pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwasannya Boyolali merupakan sentra penghasil susu terbesar di Indonesia khususnya di Jawa Tengah. Salah satunya berupa air terjun yang dinamai dengan Curug Sijeglong. Pantai yang terkenal akan kebersihan dan keindahannya yang satu ini mungkin bisa Anda pilih sebagai salah satu tempat wisata di kabupaten Batang. Kota Lama Semarang ini juga dijuluki sebagai The Little Netherland (Belanda Kecil), sebab konsep dan tata kelola tempat di sini sangat mirip dengan salah satu sudut kota yang ada di Belanda. Candi merupakan salah satu peninggalan budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita, dan tersebar di Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera, Kalimantan, dan Bali. Penelitian ini dilakukan di taman wisata Grojogan Sewu, Kabupaten Karanganyar, mengingat obyek wisata ini merupakan saiali satu daerah tujuan pariwisata utama di Jawa Tengah yang sedang berada daJani taraf pengembangan.

Meskipun terletak di kecamatan Ayah, pantai Logending lebih sering disebut berada dekat atau satu wilayah dengan Gombong yang merupakan suatu kecamatan di kabupaten kebumen. Kontribusi pariwisata terhadap PDRB tidak signifikan atau sangat kecil hal ini tampak dari hasil persentase pariwisata terhadap PDRB, sehingga dampak yang diberikan pariwisata terhadap pembangunan ekonomi tidak signifikan. Untuk pemancingan, sebut Sugeng, masih diijinkan tetapi hanya diberikan lahan sekitar 1,5 hektare. Untuk menekan dampak negatif dan meningkatkan dampak positif tersebut tentu saja memerlukan pengelolaan yang tepat agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan. Pengembangan sektor pariwisata di propinsi Jawa Tengah juga diharapkan dapat memberikan andil kepada pendapatan daerah, serta meningkatkan pendapatan masyarakat. Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, diharapkan Bandungan dapat menarik minat wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Dewi, Ida Bagus Kartika (1998) Usaha pengembangan obyek wisata candi di Jawa Timur dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan domestik. Kedua candi ini merupakan destinasi populer yang sering dikunjungi wisatawan asing maupun domestik. Objek wisata di Jawa Tengah ini sangat populer beberapa tahun belakangan dan pengunjungnya didominasi oleh kalangan anak muda. 518/23546 Tahun 2011 Tentang Pengembangan Produk Unggulan Daerah Perdesaan Melalui Pendekatan One Village One Product (OVOP) Berbasis Koperasi di Jawa Tengah.

MAESA ADIANTO, RAGA (2019) GEOLOGI DAN STUDI GEOWISATA DAERAH TLOGOGUWO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN KALIGESING, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH. Daerah penelitian secara administrative terletak di Daerah Tlogoguwo dan sekitarnya, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Sejarah berdirinya Pemerintahan Kota Tasikmalaya sebagai daerah Otonom tidak terlepas dari sejarah berdirinya Kabupaten Tasikmalaya sebagai Daerah Kabupaten induknya. Diperkirakan Candi Plaosan didirikan pada pertengahan abad ke 9M namun jumlah pengunjungnya terbilang masih sedikit dan belum memenuhi target sehingga banyak pengunjung kurang memiliki brand awareness mengenai wisata sejarah Candi plaosan ditambah pula dengan promosi yang telah dilakukan kurang tepat. Akan tetapi Banyak kalangan masyarakat yang belum mengetahui keberadaan serta sejarah tempat wisata religi tersebut dikarenakan minimnya media publikasi, sehingga sangat disayangkan ketika banyak tempat yang memiliki keunggulan dalan nilai religi dan sejarah yang sangat berharga tidak diketahui oleh masyarakat. Dan juga untuk memberikan informasi yang didapat dari instansi pemerintah terhadap lokasi tempat wisata yang didapat dari observasi di lapangan dari lokasi tempat wisata yang ada sehingga dapat diakses oleh khalayak umum. Berdasarkan angket ini pula, penulis juga memberikan usulan atau masukan kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan pengelolaan candi, agar candi-candi di Jawa Timur benar-benar dapat dikenal dan pengunjungnya meningkat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*