Nikmati Kesejukan Udara di Bukit Gundaling Sumatera Utara  

Perjalanan Kita masih ada di Provinsi Sumatera Utara yang kaya akan wisata alam. Provinsi yang ada di sebelah utara Pulau Sumatera ini sangat tepat dikunjungi untuk Kamu yang menggemari jenis wisata alam. Pasalnya, memang banyak wisata alam yang bisa Kamu pilih di sini.

Kini, Kita mampir dulu ke Bukit Gundaling yang sejuk dan asri. Bukit yang terletak di Kabupaten Karo ini sangat megah dan menampilkan pemandangan Gunung Sibayak yang begitu indahnya. Tidak heran jika para wisatawan selalu mengusahakan untuk singgah di objek wisata di Kota Berastagi ini.

Selain menampilkan panorama Gunung Sibayak, Bukit Gundaling juga memperlihatkan keindahan Gunung Sinabung. Gunung Sinabung merupakan gunung aktif yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Namun, dari objek wisata ini bukan bahayanya yang nampak, tapi justru gambaran sebuah surga yang diperlihatkan, sangat indah.

Objek wisata Bukit Gundaling adalah surga bagi para penikmat alam Sumatera Utara. Suasana udaranya, panoramanya, dan masih banyak lagi keistimweaan yang akan Kamu temukan saat mengunjungi objek wisata yang satu ini. Jangan menunggu terlalu lama, ayo segera buktikan sendiri jika masih penasaran seperti apa itu Bukit Gundaling.

Asal Usul Bukit Gundaling

Berdasarkan penuturan masyarakat yang menyebar dari mulut ke mulut, bukit Gundaling memiliki sebuah kisah yang menyedihkan. Kisah sedih ini menggambarkan sebuah kisah cinta yang memilukan antara pemuda dan pemudi yang saling mencintai satu sama lain.

Oke Kita mulai ceritanya, dahulu ada seorang pemuda dari Eropa yang menjalankan misi penyebaran agama di daerah sekitar bukit. Pada suatu ketika pemuda ini bertemu dengan seorang gadis yang elok paras dan perilakunya.

Pemuda itu jatuh cinta kepada sang gadis dan memberanikan diri untuk menyapanya meski masih terlihat kaku awalnya. Waktu berselang, keduanya semakin dekat dan saling jatuh cinta satu sama lain.

Mereka biasa menghabiskan waktu bersama di bukit tersebut berduaan sambil menikmati keindahan pemandangannya bahkan terkadang mereka lupa waktu. Sampai akhirnya keduanya sepakat untuk menjadi sepasang kekasih yang saling mencintai.

Pada akhirnya hubungan mereka berdua diketahui oleh keluarga sang gadis. Namun, sayang keluarga perempuan itu sama sekali tidak menyetujui hubungan mereka berdua. Gadis itu justru dinikahkan dengan sepupunya sendiri meski tanpa persetujuan dari sang gadis. Pernikahan ini terpaksa dilakukan sang gadis.

Pemuda yang mengetahui hal tersebut memutuskan untuk meninggalkan daerah tersebut dan pergi dengan hati yang sesak. Sebelum kepergiannya, sang pemuda mengatakan “good bye darling” yang artinya selamat tinggal sayang. Dia mengatakannya sambil melangkah pergi.

Penduduk sekitar yang tidak mengerti perkataan tersebut justru mendengarnya sebagai gundaling. Nama gundaling pun dipakai sampai hari ini untuk bukit tempat pertemuan antara pemuda dan pemuditersebut.

Ada juga versi lain asal usul Bukit Gundaling ini yang menceritakan adanya seorang tentara yang kehilangan senjatanya. Tentara tersebut sangat menyayangi senjatanya karena telah berulang kali menyelamatkan hidupnya.

Tentara tersebut tidak bisa menemukan senjatanya dan akhirnya mengatakan “Gun Darling”. Masyarakat setempat yang sulit menucapkan kata yang sama, akhirnya menyebutnya Gundaling. Itulah asal usul bukit Gundaling yang dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Keistimewaan Bukit Gundaling

Objek wisata alam ini sangat menarik untuk dikunjungi dan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Sudah banyak para wisatawan yang telah membuktikan sendiri indahnya alam di Bukit Gundaling ini. Sekarang saatnya Kamu yang harus membuktikannya sendiri. Sebelum ke sana coba lihat dulu, berikut ini adalah keistimewaan yang dimiliki oleh salah satu objek wisata yang ada di sebuah kota di Kabupaten Karo ini.

Pemandangan Indah dari Puncak Bukit Paling Tinggi

Puncak bukit tertinggi di objek wisata ini menampilkan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Seperti yang telah dipaparkan diawal tadi, ada dua pemandangan khas yang menjadi andalan Bukit Gundala yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.

Kedua gunung tersebut akan memanjakan kedua matamu ketika tiba di puncak tertinggi Gundaling. Pemandangan indah disertai dengan udara yang sejuk akan menambah momen liburanmu semakin spesial. Jangan lupa untuk mengambil gambar setelah sampai di puncak bukit tertinggi.

Butuh perjuangan untuk sampai di puncak bukit. Kamu harus mempunyai fisik yang sehat agar bisa sampai di sana dan menikmati pemandangan di atas. Namun, jika Kamu pergi bersama keluarga yang di antaranya sudah lanjut usia sangat disarankan untuk tidak mendaki. Kamu bisa menyewa tempat persinggahan lengkap dengan tikarnya.

Naik Delman di Bukit Gundaling

Keistimewaan yang bisa Kamu temukan di Bukit Gundaling selanjutnya adalah naik delman di Bukit Gundala. Kamu bisa berkeliling bukit dengan menggunakan delman tanpa takut merasa lelah. Tenang  tidak perlu takut tersesat saat berkeliling bukit, Kamu akan didampingi dengan orang yang sudah berpengalaman mengendalikan kuda dan tahu jalur di Bukit Gundala.

Cara ini bisa Kamu pilih untuk berkeliling melihat keindahan Bukit Gundaling. Pemandangan Kota Berastagi juga begitu mengagumkan dilihat sembari menaiki kuda. Bisa dibilang berkeliling dengan menggunakan kuda menjadi andalan wisata Bukit Gundaling dan salah satu cara yang cukup banyak diminati wisatawan untuk berkeliling bukit.

Buat Kamu yang tidak suka berlelah-lelah bisa mencoba berkeliling dengan menggunakan kuda. Kapan lagi coba bisa menaiki kuda di suasana asri dan sejuk seperti di Gundaling ini.

Banyak Terdapat Bunga yang Indah dipandang Mata

Bunga-bunga ini ditanam di sebuah pot dan terawat dengan baik. Pengelola wisata memanfaatkan tanaman-tanaman hias tersebut untuk mempercantik lokasi spot-spot foto untuk para wisatawan. Penataannya juga tidak sembarangan sehingga terlihat menarik dan pastinya banyak pengunjung yang ingin berfoto di sana.

Perlu diketahui juga bahwa Kota Berastagi juga sedang dikembangkan menjadi kota bunga. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan kota ini merupakan penghasil bunga-bunga yang sangat indah dan varietasnya juga beragam. Bunga-bunga ini juga dimanfaatkan untuk keperluan wisata juga termasuk untuk menghias beberapa bagian lokasi wisata seperti yang dilakukan di Gundaling.

Gunakan spot foto tersebut sebaik-baiknya, jangan sampai Kamu tidak berfoto di sana. Dijamin foto yang dihasilkan akan sangat mempesona dengan latar belakang bunga-bunga yang indah dipandang mata.

Patung Manusia Berpakaian Adat Suku Batak Karo yang Ikonik

Ada beberapa situs yang bisa dilihat di Bukit Gundaling ini. Ada gereja tua dan beberapa tugu yang dapat ditemukan di sana. Salah satu situs yang erat kaitannya dengan objek wisata ini adalah patung orang yang menyambut para wisatawan di bagian depan objek wisata Bukit Gundaling.

Situs ini menjadi sebuah ikon utama dan ciri khas Bukit Gundaling. Patung ini menggambarkan seorang yang mengenakan pakaian adat Batak Karo. Manfaatkan momen di sana dengan berfoto di dekat patung ini. Rasanya kurang jika belum berfoto dengan patung yang sangat ikonik di Bukit Gundaling ini.

Taman Bermain Alami yang Indah

Bukit ini bagaikan taman bermain yang alami, banyak terdapat tanaman yang berwarna-warni. Selain itu juga dihiasi dengan pemandangannya yang mempesona. Anak-anak pasti akan sangat senang diajak berwisata di Bukit Gundaling.

Banyak sekali tanaman-tanaman yang bisa diperkenalkan ke anak-anak. Wisata ini bisa dikemas menjadi sebuah edukasi yang menyenangkan kepada anak-anak tentang jenis tanaman. Selain itu juga bagaimana perbedaan suasana udara di sana dengan di rumah.

Orang tua bisa menggunakan momen wisata ini sebagai cara untuk mengedukasi anak dengan cara yang menarik sambil mendekatkan diri kepada sang buah hati. Harapannya anak-anak bisa bermain dan mendapat pengetahuan baru lagi sepulang berwisata di bukit terindah di Berastagi.

Apa Saja yang Bisa dilakukan di Bukit Gundaling ?

Banyak aktivitas yang bisa Kita lakukan selama berwisata di sana. Kamu hanya tinggal memilih mana yang paling cocok untuk Kamu lakukan bersama dengan orang terkasih misalnya berkuda mengelilingi bukit, atau duduk santai di bawah tenda dengan beralaskan tikar sambil membicarakan banyak hal. Bagi Kamu yang suka dengan petualangan bisa mendaki ke puncak bukit tertinggi, jangan lupa bawa minum.

Ada juga pilihan untuk memburu foto-foto indah di sekitar bukit. Kamu bisa memburu foto dengan berbagai tema, mulai dari tema panorama sampai pada tema situs-situs bukit yang ikonik. Jangan lupa juga coba berfoto dengan latar belakang bunga-bunga indah yang tertata dengan rapi di dalam pot tanaman. Warna-warni bunga akan semakin membuat fotomu terlihat bagus dan instagramable.

Mungkin juga bisa menghabiskan waktu bersama anak-anak bermain di taman melakukan aktivitas yang menyenangkan. Kamu bisa mengajari Mereka tentang nama-nama tanaman di sana atau mungkin mengajak Mereka untuk berkeliling taman sambil memperlihatkan pemandangan yang indah. Aktivitas yang dilakukan bersama dengan buah hati dan orang yang tersayang pasti akan sangat asyik.

Fasilitas Objek Wisata Bukit Gundaling

Objek wisata yang memadai didukung oleh adanya fasilitas yang memadai pula. Beberapa fasilitas objek wisata berikut bisa Kamu nikmati di Bukit Gundaling.

Tenda dan Penyewaan Tikar

Banyak yang menawarkan sewa tenda dan tikar agar pengunjung bisa menikmati suasana bukit sambil bersantai. Harganya berkisar Rp 50.000,00 – Rp 75.000,00 tergantung ukuran yang diinginkan pengunjung.

Tempat Berbelanja

Bagi para ibu-ibu, berwisata tanpa berbelanja pasti akan terasa kurang. Nah, di objek wisata Bukit Gundaling ini terdapat beberapa tempat berbelanja yang bisa dipilih. Barang-barang yang dijajakan bermacam-macam salah satunya ada pakaian yang bisa digunakan sebagai buah tangan.

Andong

Biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan andong ini adalah Rp 50.000,00. Sedangkan, jika menaiki kuda hanya Rp 25.000,00 saja. Kamu akan diajak berkeliling Bukit Gundaling yang cukup luas itu.

Rumah Makan

Kamu yang tidak membawa bekal saat akan ke Bukit Gundaling tidak perlu risau, di sana sudah ada rumah makan yang menyediakan berbagai menu makanan yang lezat. Pilihlah, makanan khas dari daerah Berastagi agar lebih mengenal masakan khas nusantara.

Spot Foto

Banyak terdapat spot foto yang bisa Kamu jelajahi di sana. Ada spot yang memperlihatkan panorama indah Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak. Ada juga spot berupa tanaman-tanaman indah serta spot foto berupa ikon patung selamat datang.

Itulah ulasan mengenai Bukit Gundaling yang menjadi andalan Kota Berastagi. Semoga Kamu bisa segera ke sana ya dan menjadi saksi keindahan destinasi wisata yang tidak akan pernah terlupa ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*