Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi

7 Tempat Wisata di Jawa Tengah - Bagian 1 Bila kamu ingin mencoba menikmatinya datang saja ke Dusun Semilir yang terletak di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang yang letaknya tak jauh dari exit tol Bawen – Semarang. Jika ingin mencoba mengunjunginya, datang saja ke Dusun Semilir yang terletak di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, dekat pintu keluar Bawen – Semarang. Pada kenyataannya saat ini di kawasan Kabupaten Sragen banyak memiliki aneka ragam aset wisata sejarah yang disuguhkan untuk menarik wisatawan sebagai pemasukan devisa bagi negara dan pemasukan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Sragen itu sendiri. Penulis berharap tugas akhir yang berbentuk guide book ini dapat membantu para wisatawan ataupun mahasiswa pariwisata yang akan berkunjung ke Kabupaten Kebumen untuk menikmati pesona alamnya. Terdapat 4 masjid dalam buku “Guide Book of Semarang Tourism” yang dibuat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Semarang yaitu Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Menara Layur dan Masjid Besar Kauman. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, masjid yang memiliki karakteristik sebagai objek wisata religi di Kota Semarang hanya Masjid Agung Jawa Tengah karena sudah memiliki pengelolaan yang sangat baik dan mengembangkan objek daya tarik wisata dan fasilitas penunjang didalamnya.

Penulisan penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripftif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dari Observasi selama 2 (dua) minggu, wawancara dengan beberapa pihak yang bersangkutan dan perolehan bahan dokumen, diperoleh basil bahwa pengelolaan aset wisata museum Sangiran meliputi pelestarian, perlindungan, pemanfaatan dan pengembangan kawasan, dimana sedapat mungkin tidak mengubah bentang alam dan budaya di kawasan Sangiran serta mengharapkan interaksi dari masyarakat sekitar. Data dalam penulisan ini diambil melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Namun tahun ini hanya sekali perjalanan saja. Anda bisa berenang di bibir pantai yang tenang, atau hanya bermain air saja. Salah satu daya tarik wisata yang cukup banyak dikembangkan adalah wisata religi atau keagamaan. Salah satu kota yang memiliki objek wisata religi adalah Kota Semarang dengan adanya objek wisata islami berupa masjid yang cukup beragam. Menparekraf Sandiaga Uno sendiri sudah mengucapkan banyak janji manis untuk memajukan desa wisata Indonesia. Berbagai promosi dan publikasi pun sudah dilakukan oleb pihak pemerintah dan pengeIola untuk memperkenalkan dan mencari investor baik nasional maupun internasional.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menemukan karakteristik objek wisata masjid sebagai destinasi wisata religi yang ada di Kota Semarang melalui metode penelitian Metode Deduktif Kualitatif Rasionalistik yang menggali 2 parameter yaitu parameter pengelolaan dan parameter pariwisata. Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini, sejauh mana Upaya Pemerintah Kabupaten Sragen dalam mengelola aset wisata yang ada dan kendala-kendala apa saja yang di hadapi dalam pengelolaan di situs Sangiran. Pantai Marina yang dimaksud bukanlan Pantai Marina yang ada di Batam, melainkan Pantai Marina yang ada di Semarang. Kawasan pantai ini terbentuk seperti laguna yang terjepit bukit – bukit hijau. Konon, di tempat inilah Susuhan melakukan semedi dan bertemu dengan penguasa pantai selatan yang melegenda, Nyi Roro Kidul. Seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke kawasan selatan Jawa Tengah, maka tugas akhir ini menjelaskan tentang pesona wisata alam di daerah Kabupaten Kebumen secara faktual, potensial, minat-khusus dan memberikan informasi dari segi akomodasi, aksesibilitas, sarana dan prasarananya. Kota ini memiliki udara yang sejuk dan banyak menawarkan beragam kuliner lezat serta legendaris. Barang yang dijual di pasar ini kebanyakan berupa benda-benda kerajinan, batik, oleh-oleh khas Solo, hingga aneka kuliner Solo yang enak dan maknyus.

Penulis mengambil judul “Jelajah Wisata Alam di Kabupaten Kebumen” dengan tujuan untuk memperkenalkan potensi wisata alam dari wilayah Indonesia lainnya yang tidak kalah menarik dengan ciri khas daerah Kabupaten Kebumen. Selain itu juga masih jarang melakukan penelitian di daerah gunung api kuarter. Tidak hanya sekedar wisata belajar saja, di desa kampung wayang ini menawarkan paket kegiatan, penginapan (homestay), dan juga konsumsi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis verifikatif, komparatif dan empiris. Hasil dari penulisan ini adalah tersusunnya strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan destinasi di Ketep Pass meliputi 1). Pengembangan atraksi yaitu wisata agro dan outbond 2). Pengembangan amenitas pariwisata berupa homestay , souvenir shop, dan pusat informasi pariwisata 3). Penambahan fasilitas pendukung berupa klinik kesehatan, pos keamanan pariwisata, money changer, ATM 4). Pengembangan aksesibilitas jalan, transportasi, petunjuk arah. DESTINE F. W, DESTINE F. W (2016) PENGELOLAAN OBJEK WISATA MASJID SEBAGAI DESTINASI WISATA RELIGI ISLAMI DI KOTA SEMARANG. Teddy Aprido Burhansyah (2005) PENGELOLAAN ASET WISATA SEJARAH MUSEUM SANGIRAN “STUDI DISKRIPTIF UPAYA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN DALAM MENGELOLA ASET WISATA SEJARAH MUSEUM DI KOMPLEK SANGIRAN KABUPATEN SRAGEN”. Keberadaan obyek museum yang pembenahannya kian pesat seiring melajunya waktu, keindahan wisata alam dan wisata sejarahnya menghiasi keberadaan obyek wisata museum purbakalanya yang menarik untuk dikunjungi dan dipelajari keberadaannya karena situs Sangiran banyak menyimpan misteri yang harus diungkap dibalik kondisi yang gersang dan panas menyimpan suatu cerita kehidupan yang sangat menakjubkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*