Menjalin Hubungan dengan Pria yang Salah?

Jangan Salah Memilih Pasangan
Jangan Salah Memilih Pasangan / Ronberg Pixabay

Bila memikirkan memiliki pasangan hidup memang menyenangkan, apalagi bila pria tersebut adalah pria idaman kita.

Angan-angan kita akan membawa kita kepada bayangan berupa kehidupan selanjutnya bersama pasangan di sebuah rumah yang nyaman, penuh canda dan tawa setiap harinya.

Apakah anda termasuk salah satu orang tersebut? Jika iya sebaiknya anda tidak kecewa di kemudian hari karena hanya sedikit persentase orang yang menjalin hubungan dengan pria idamannya bisa hidup bahagia penuh suka cita. Perfect person doesn’t exist! Selalu ingat fakta ini sebelum anda jatuh terjerembab dari angan-angan.

Jangan Salah Memilih Pasangan
Jangan Salah Memilih Pasangan / Ronberg Pixabay

Sebelum anda lebih jauh membayangkan masa depan hubungan antara dua makhluk ciptaan Tuhan berbeda jenis kelamin, ada baiknya anda kembali ke bumi dan berpikir dengan rasional.

Dari berbagai wawancara yang saya lakukan dengan teman dan kolega saya, hanya 3 dari 10 orang yang menikahi pacar mereka.

Pacar ini kita anggap sudah masuk atau mendekati kategori pria idaman. Selebihnya mereka menikah dengan pria yang sama sekali bukan kriteria idaman mereka. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum mengapprove sebuah relationship dengan seorang pria, jangan sampai Menjalin Hubungan dengan Pria yang Salah.

Berkaca

Tips agar kita tidak Menjalin Hubungan dengan Pria yang Salah yang pertama adalah berkaca. Cari kaca ukuran besar di rumah anda, siapkan secarik kertas dan pena. Letakkan kertas dan pena di meja atau apapun asalkan di depan cermin anda.

Selanjutnya anda hanya perlu menghapus make up, gunakan pakaian senyaman mungkin. Banyak yang mengatakan bahwa saat mandi adalah waktu yang sangat produktif untuk berpikir.

Anda bisa melakukan tips pertama ini sambil mandi, tapi tidak perlu membawa kertas dan alat tulis. Toh anda akan basah-basahan jadi tidak perlu membawa alat tulis segala.

Baca Juga: 7 Tips Sederhana Menghadapi Pengidap Gangguan Kesehatan Mental

Kemudian tatap cermin, perhatikan bayangan anda. Tatap mata anda dengan intens. Melihat bayangan anda sendiri akan membuat anda mengenali bentuk wajah dan tubuh anda. Explore tubuh anda sendiri. Catat segala bentuk kekurangan atau kelebihan anda pada kertas yang anda siapkan. Sebenarnya apa tujuannya, kan di awal membahas agar tidak terjebak dengan pria yang salah, kenapa menjadi memerhatikan fisik? Saya ingin anda betul-betul merasa nyaman dalam wadah anda yaitu tubuh anda sendiri.

Tidak semua orang terlahir dengan wajah cantik seperti Luna Maya dan tubuh seksi seperti Ariel Tatum. Anda harus tahu dan dengan lapang dada menerima kenyataan bahwa persentase pria memandang wanita dari fisiknya masih cukup tinggi. Begitupun sebaliknya.

Kenali kekurangan dan kelebihan fisik anda sendiri. Harapan saya adalah anda mencintai diri anda just the way you are. Ibu saya selalu mengatakan, mengapa saya mengharap ada pria setampan pebalap motor Marc Marquez kalau wajah saya pas-pasan? Karena hal ini saya menjadi berpikir, betul juga.

Hidup selalu diciptakan selaras. Pasangan hidup kita akan memiliki kemiripan dengan kita dalam segi fisik. Berarti tidak ada harapan perbaikan keturunan dong menikah dengan yang ganteng-ganteng? Ladies, Tuhan lebih tahu kebutuhan kita daripada nafsu kita! Belajarlah untuk menerima fakta ini.

Hal ini saya bahas di awal karena saya tidak ingin ada pembaca wanita artikel ini merasa dirinya begitu buruk rupa hingga melakukan hal-hal yang berpotensi disesali di kemudian hari. Operasi plastik yang gagal atau tidak sesuai ekspektasi misalnya. Bila operasi plastik berhasil pun, anda harus menyadari kenapa anda sampai melakukannya. Kalau hanya demi lelaki, anda akan kecewa.

Pria yang benar-benar mencintai anda akan mencintai anda apa adanya, tapi bila anda terlanjur terjebak dengan pria yang salah, dia akan menuntut lebih banyak lagi dari anda sampai anda tidak memiliki apapun lagi untuk diberikan. Bukan tidak mungkin dia akan mencampakkan anda.

Orang-orang yang mencintai dirinya apa adanya dan menerima kelebihan dan kekurangannya akan memancarkan aura yang berbeda. Mereka akan mengeluarkan aura positif. Percayalah, wanita yang tampak positif akan menarik banyak pria baik. Ini adalah salah satu dari langkah awal untuk menyaring pria-pria yang salah untuk mendekati anda.

Upgrade Lingkup Pertemanan

Tips agar kita tidak Menjalin Hubungan dengan Pria yang kedua adalah upgrade lingkup pertemanan. Orang-orang selalu mengatakan anda bisa saja mengikuti arus yang salah bila anda membiarkannya. Pertama-tama anda harus menyadari bahwa orang yang anda kenal sebagai teman belum tentu memiliki tingkah laku seperti penampilannya.

Do not judge a book by it’s cover. Seseorang yang terlihat gahar, memiliki tato dan bernada kasar belum tentu hatinya buruk, sebaliknya seseorang yang terlihat alim, baik hati, ramah, menjunjung tinggi wanita, belum tentu di balik itu memiliki kelakuan baik. Hati manusia tidak bisa diukur oleh manusia lain. Kenali teman anda sebaik mungkin karena pergaulan dengan teman sangat mudah menulari anda.

Bisa saja dulunya anda seseorang yang tidak suka nongkrong tidak jelas sampai dini hari, minum minuman keras, clubbing setiap hari, lalu ketika teman-teman anda melakukan hal tersebut, anda merasa penasaran dan ikut-ikutan.

Bila anda bergaul dengan orang yang salah, bukan tidak mungkin anda akan ikut terbawa. Lalu apa hubungannya dengan pria idaman? Ada dan sangat erat. Jangan harap pria baik akan tertarik dengan wanita yang suka hiburan malam, minum alkohol, merokok, dan sebagainya.

Mereka akan melihat wanita seperti ini menyenangkan untuk dipermainkan kemudian mereka akan mencari wanita baik-baik untuk menjadi pasangan hidupnya.

Anda kan tidak mengharap mendapatkan pria yang rajin sholat lima waktu dan mengaji di tempat hiburan malam? Sebaliknya, bila anda mendekatkan diri dengan orang-orang yang juga positif, maka orang-orang baik juga yang akan mendekati anda. Pria-pria yang salah akan segan untuk sekedar coba-coba bermain dengan anda.

Jadi baik-baiklah dalam memilah dan memilih lingkup pertemanan anda. Bukannya ingin mendeklarasikan diri sombong, tapi ini adalah salah satu bentuk pertahanan diri anda juga. Selain membawa anda di arus yang salah, bisa saja teman yang salah membuat anda menjadi tidak akur dengan orang-orang yang anda sayangi. Prinsipnya adalah untuk apa memiliki banyak teman bila lebih banyak yang membawa anda pada kuburukan? Tidak apa memiliki sedikit teman, asalkan mereka setia dan mampu mempengaruhi anda secara positif.

Baca Juga: Tips Jitu Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Tempat Anda Nongkrong mempengaruhi Pria Macam Apa yang Mendekati Anda

Tips agar kita tidak Menjalin Hubungan dengan Pria yang ketiga adalah tempat anda nongkrong.  Hal ini cukup mirip dengan lingkung pertemanan. Bahkan menurut saya hal ini sedikit banyak mempengaruhi penilaian seseorang terhadap karakter anda.

Seseorang akan menilai anda sebagai wanita alim karena melihat anda suka menghadiri siraman rohani, pengajian, atau kegiatan agamis lainnya. Contoh lain, orang akan menganggap anda sebagai wanita nakal bila hampir tiap hari pulang dini hari dengan pakaian modis dan beraroma asap rokok. Anda bisa menduga arah mana yang akan menarik pria baik untuk mendekati anda.

Pada tips ini saya tidak banyak memberikan jabaran karena anda pasti bisa membayangkan dan berpikir mengenai hal ini. Agak kontroversial memang, tapi begitulah kenyataannya. Saya pernah membaca bahwa manusia memiliki tiga wajah. Topeng pertama adalah topeng sehari-hari yang digunakan untuk menghadapi masyarakat umum. Wajah kedua adalah wajah yang ditunjukkan pada lingkup keluarga sendiri, dan wajah terakhir adalah wajah asli anda dimana tidak ada orang lain yang tahu selain anda.

Bisa anda lihat seseorang memiliki berlapis topeng, tentu saja wajah asli pria yang ditunjukkan pada anda akan sangat berbeda dari first impression ketika awal mula bertemu dengan anda. Ibarat anda adalah sebuah obor yang menyala dalam kegelapan, tergantung jenis api apa yang anda pancarkan yang akan membuat pria tertarik.

Teman dan tempat nongkrong memang tidak melulu berpengaruh pada hasil akhir, tapi kedua hal tersebut merupakan katalis atau agen pemercepat dari suatu reaksi dari pertemuan laki-laki dan perempuan. Seperti istilah you are what you eat. Apa yang anda makan akan membentuk diri anda menjadi seperti apa, sehat atau penuh penyakit.

Perbanyak Bersosialisasi

Tips agar kita tidak Menjalin Hubungan dengan Pria yang selanjutnya adalah banyak bersosialisasi. Nah sebelum saya dihujat karena melarang untuk tidak memiliki banyak teman kemudian menyarankan untuk banyak bersosialisasi, sebaiknya baca dengan hati-hati yang saya sampaikan berikut ini. Istilah sosialisasi yang saya maksud adalah mengikuti berbagai kegiatan entah untuk hobi, seminar, arisan atau lain sebagainya. Untuk apa? Anda itu adalah manusia.

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Anda kan tidak mungkin menggelinding sendiri ke liang lahat ketika wafat? Anda harus bersosialisasi minimal dengan tetangga agar saat terjadi sesuatu pada anda, tetangga anda tanggap.

Peraturan ini juga berlaku bila anda ingin mencari pria idaman. Darimana pria tahu anda menjadi bagian dari makhluk bumi bila anda tidak menunjukkan eksistensi anda? Bersosialisasi merupakan salah satu bentuk dari promosi diri sendiri, tapi sekali lagi anda harus melihat tempat dan situasinya.

Anda jelas tidak seputus asa itu untuk mengumumkan bahwa anda adalah seorang jomblo yang sedang mencari pria yang serius menggunakan toa masjid saat pengajian? Cukup rutin hadir dalam kegiatan sosialisasi, maka dengan sendirinya akan ada jalan bagi anda untuk bertemu dengan pria baik idaman anda.

Sekarang teknologi juga sudah canggih, beberapa media sosial bahkan aplikasi mak comblang bisa membantu anda menemukan pria idaman anda. Hanya saja anda harus tetap waspada, bisa saja orangnya sendiri tidak mirip dengan foto yang dipajang dalam promosinya. Anda tidak boleh terlalu polos bila berkenalan dengan seseorang melalui media sosial atau teknologi pencari jodoh.

Saya anjurkan anda untuk menjadi detektif dadakan, bahkan mulailah untuk mempelajari karakter seseorang berdasarkan postingan yang dia buat. Untuk hal ini anda memerlukan jam terbang. Saya memaksa anda untuk menguasai hal ini karena paling tidak anda mengetahui bahwa orang yang mengajak anda berkenalan bukanlah kriminal. Hanya saja anda harus ingat, anda tidak dibenarkan menggunakan informasi pribadi apapun yang anda dapatkan untuk kepentingan pribadi yang bersifat merugikan salah satu pihak.

Saya teringat ketika saya tertarik pada seorang pria, saya kepo dengan isi media sosialnya. Bahkan saya bisa menyimpulkan apakah pria tersebut introvert atau ekstrovert, hobinya, warna kesukaannya, bahkan bila saya beruntung, potensi kelemahannya. Bila anda kreatif dan anda betul-betul tertarik dengan pria tersebut, anda bisa menggunakan informasi tersebut untuk membuat dia penasaran.

Saya tidak terlalu memahami lelaki selain fakta bahwa fisik memegang peran penting, tapi wanita yang bermain menggunakan otak jelas lebih membuat penasaran daripada yang hanya sekedar bermain polos. Tunggu, jangan hajar saya dulu! Semua ini tetap kembali pada selera masing-masing pria.

Jadi intinya, dengan banyak bersosialisasi anda akan memiliki banyak keberagaman kenalan. Bila anda memahami strategi marketing, anda bisa membuat kenalan-kenalan anda tersebut untuk ikut “mempromosikan” anda. Dari sekian banyak hubungan yang anda bangun, pasti ada yang akan memberikan jalan bagi anda untuk bertemu seorang pria.

Berkaca Lagi untuk Memahami Apa yang Anda Mau!

Tips agar kita tidak Menjalin Hubungan dengan Pria yang selanjutnya adalah “apa yang kamu mau”.Saya memahami beberapa orang tidak akan langsung peka terhadap tujuan dari seorang pria mendekati mereka. Bila hal ini anda sadari, berkonsultasilah pada sahabat atau keluarga terdekat anda agar tidak salah membaca sinyal.

Terkadang kita sudah memfilter lingkup pertemanan, relasi, dan tempat nongkrong kita tapi tetap ada pria-pria kurang baik yang mendekati kita. Ingat apa tantangan terbesar lelaki ketika sudah sukses, yaitu harta, tahta dan wanita. Seorang pria mapan bukan tidak mungkin merupakan serial womanizer. Hal-hal seperti ini harus anda waspadai! Anda harus pintar mendeteksi maksud-maksud terselubung dari seorang pria.

Bila anda diam-diam ingin sedikit “bermain nakal” dengan pria seperti itu, maka saya selesaikan saja disini. Pesan saya hanyalah jangan pernah melibatkan perasaan bila anda menyadari tujuan pria tersebut mendekati anda adalah untuk kepuasan seksual semata.

Saya lebih dari paham bahwa wanita suka sekali mengalami kejadian yang disebut baper. Hal ini lumrah terjadi karena katanya, wanita 70% menggunakan perasaan dan sisanya menggunakan otak. Sebaliknya, pria 70% menggunakan otak dan sisanya perasaan. Saya perlu melakukan riset lebih jauh untuk memastikan persentase ini, tapi tidak bisa dipungkiri ada benarnya juga. Wanita mana yang tidak luluh diperlakukan dengan gentle oleh seorang pria apalagi pria tersebut termasuk dalam kategori idaman bagi si wanita?

Sekali lagi saya ingatkan, manusia memiliki tiga wajah. Pria akan menunjukkan wajah terbaiknya versi idaman anda sampai tujuan aslinya tercapai. Terus terang saja, saya lebih memberikan respect pada pria yang dengan lugas mengatakan bahwa dirinya hanya ingin kepuasan seksual, tidak lebih.

Mereka akan cenderung bermain aman tanpa melibatkan hal-hal yang berpotensi membuat seorang wanita baper. Pada awalnya memang mereka akan melakukan hal itu walaupun tidak ditunjukkan dengan signifikan atau sekedar ramah tamah, tapi biasanya mereka akan langsung ceplas ceplos dengan niat mereka. Kalau sudah bertemu dengan pria macam ini, ya sudah. Tinggal anda berminat atau tidak yang jelas dia akan langsung menghilang setelah hajat tersampaikan. Bila dia menghilang, jangan menangis meraung-raung menyesali kepergiannya. Bukankah sedari awal dia sudah mengatakan dengan lugas bahwa tidak akan ada perasaan yang terlibat?

Ada juga pria yang sengaja membuat seorang wanita baper, begitu wanita tersebut takluk setakluk-takluknya sampai bertekuk lutut, barulah mereka melancarkan modus asli mereka. Kadang mereka tidak hanya mengincar kenikmatan duniawi, tapi bisa jadi juga mereka mengincar harta atau kepintaran dari si wanita. Memanfaatkan, begitulah istilahnya.

Untuk pria-pria seperti ini bagi saya jauh lebih parah daripada tipe pria pertama. Paling tidak tipe pria pertama mengakui bahwa dirinya brengsek dan resiko permainan ditanggung oleh masing-masing pemain. Sedangkan tipe pria kedua benar-benar akan menghancurkan anda sampai tidak lagi bersisa.

Nah, tipe pria kedua inilah yang saya ingin anda betul-betul waspadai. Jangan sampai karena anda saking jatuh cintanya, atau bahasa gaulnya bucin, anda mematikan seluruh sensor peringatan anda terhadap pria. Pria juga manusia yang bisa dikendalikan oleh nafsu. Anda saja bisa tergoda melihat roti sobek atlet terkenal, laki-laki tentu jusa bisa merasakan hal yang sama terhadap lawan jenis.

Baca Juga: 9 Tips Menaklukkan Wanita Alfa (Dominan) Idamanmu

Terkadang saya mendengar istilah pria tidak akan bertindak bila dipancing. Nah untuk bagian ini sebaiknya kita menelaah satu persatu dari kedua sisi. Berhubung saya wanita, sebetulnya saya perlu seorang pria untuk hal ini. Karena kekasih hati sedang dalam kondisi tidak sadar setelah bekerja, saya sampaikan saja hasil riset dari beberapa teman pria saya yang baik hati mau membicarakan hal seperti ini.

Kita harus melihat sebenarnya hal memancing dan dipancing ini seperti apa? Apakah dari penampilan? Ternyata seorang wanita yang bergaya busana sangat tertutup pun bisa memancing pria tidak benar. Lantas dari apanya? Menurut beberapa pria, seorang wanita bisa memancing libido lelaki dari pembicaraan dan tingkah laku.

Pernah tidak ketika anda saking asyiknya berbicara atau chatting dengan lawan jenis jadi semakin lama semakin membicarakan hal-hal yang agak sedikit menjerumus? Menjerumus dalam artian yah, anda paham maksud saya, padahal maksudnya hanya bercanda. Kita tidak pernah tahu apakah pria yang kita ajak ngobrol berkarakter easy going atau libidonya agak tinggi.

Sebetulnya saya agak kesulitan berusaha menjelaskan hal ini. Perbedaannya, pria yang memang menyenangkan untuk diajak bicara dan tidak mengutamakan libidonya, akan menganggap candaan menjerumus anda adalah sekedar bahan candaan. Terus terang saja siapa di dunia ini yang belum pernah melihat pornografi. Dia akan berpikiran bahwa anda orangnya tidak terlalu menganggap tabu hal-hal seperti itu dalam batasan tertentu.

Kebalikannya, bila lawan bicara anda agak lebih mengutamakan libidonya, dia akan menganggap candaan ini adalah sinyal bahwa anda adalah wanita nakal yang berpotensi untuk diajak bermain. Kalau kebetulan lawan bicara anda adalah orang seperti ini, maka sudahi saja bila dia mulai menyiratkan niat aslinya. Jangan seperti menambahkan minyak pada api yang membara.

Semakin anda menanggapi isyarat-isyarat darinya, lawan bicara anda akan semakin menggebu-gebu menuntaskan niatnya. Sekali lagi silakan saja bila memang anda ingin bermain-main, yang penting jangan libatkan perasaan! Jangan sampai anda yang memancing, anda yang hancur ketika dia pergi setelah hajat tersampaikan. Jangan bermain api bila tidak ingin terbakar!

Selanjutnya yang berpotensi mengundang pria-pria yang salah adalah tingkah laku. Tingkah laku ini tidak harus yang dengan gamblang menunjukkan bahwa anda menggoda pria. Begini contohnya, anda sedang dibonceng oleh seorang pria yang berpotensi menjadi pasangan anda. Maksud anda adalah agar tidak jatuh, anda memegang pinggangnya dari belakang. Hal ini masih anda anggap tidak masalah, dan pasangan anda menganggap bahwa anda tidak memiliki masalah dengan kontak fisik dengan lawan jenis.

Di kemudian hari, ketika sedang jalan berdua, anda berpegangan tangan atau berangkulan dengan pasangan anda. Sekali lagi sinyal tidak ada masalah dalam kontak fisik. Di kesempatan berikutnya, ketika sedang kencan di tempat yang agak sepi atau bioskop yang gelap gulita, tangannya akan mulai menyentuh anda di tempat yang awalnya masih bisa anda toleransi kemudian semakin lama semakin jauh ke tempat lain. Tolaklah kontak fisik yang tidak perlu jauh sebelum pasangan anda menyentuh anda lebih dari berpegangan tangan.

Semakin anda biarkan, seorang pria akan merasa bahwa tidak ada salahnya menyentuh anda lebih jauh karena anda bahkan tidak menegurnya ketika dia terang-terangan menggoda anda. Tingkat kekecewaannya akan menunjukkan jati dirinya yang sebenarnya. Anda tidak perlu menangisi kepergian pasangan anda bila hal ini terjadi. Hal itu menunjukkan bahwa Tuhan menyayangi kita dengan menghancurkan hati kita untuk tidak semakin jatuh kepada orang yang salah.

Saya sungguh berharap, setelah membaca artikel ini anda akan lebih berhati-hati dalam memilih calon pasangan. Jangan sekali-kali anda bermain dengan api kalau anda bahkan tidak bisa mengontrol emosi anda. Bila anda belum mengenal dekat pria yang berpotensi menjadi pasangan anda, jangan pernah sekalipun melibatkan emosional.

Jangan mudah baper. Berhubunganlah dengan pria menggunakan akal sehat. Hanya itu harapan saya walaupun saya tahu, ketika seseorang sudah jatuh cinta, dia akan kehilangan akal sehat. Dan semoga Tuhan melindungi kita dari orang-orang yang salah! Amin.

Terima kasih telah membaca Tips agar tidak “Menjalin Hubungan dengan Pria yang Salah” dari kami, jangan lupa membaca artikel berisi Tips dan Tricks dari kami yang lainnya karena anda tidak tahu bahwa anda akan membutuhkannya sampai anda membaca artikel kami!

Oleh: Virginiay

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*