Mengenal Lebih Dekat Tangkuban Perahu di Lembang

Tangkuban Perahu

Siapa yang tidak ingin ke Lembang?

Lembang merupakan daerah di Jawa Barat, yang menyediakan tempat wisata menarik.

Salah satu tempat wisata menarik di Lembang adalah Tangkuban Perahu, dan tempat wisata ini menyajikan pemandangan indah.

Tangkuban Perahu

Bagaimana Tangkuban Perahu ini bisa terbentuk? Dan apa yang menarik di Tangkuban Perahu? Berikut adalah informasinya.

Mengenal Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu merupakan sebuah gunung api di daerah Jawa Barat, dan gunung ini masih aktif sampai saat ini.  Ribuan tahun yang lalu, Tangkuban Perahu mengalami letusan yang dahsyat. Letusan dahsyat tersebut, membuat Tangkuban Perahu memiliki banyak kawah.

Kawah di Tangkuban Perahu ada Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. Kawah tersebut menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk berkunjung, karena kawah tersebut memiliki pemandangan indah   Berfoto adalah hal yang wajib dilakukan, saat berada di kawah Tangkuban Perahu.

Legenda Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu juga memiliki sebuah legenda, yang sangat terkenal di masyarakat.  Ada seorang bernama Sangkurang , dan suatu kali ia bertemu dengan seorang wanita. Wanita tersebut adalah Dayang Sumbi, dan Sangkuriang sangat mencintai wanita tersebut.

Sangkuriang berniat untuk menikahi Dayang Sumbi, yang sebenarnya adalah ibu kandungnya. Dayang Sumbi memberi syarat bagi Sangkuriang,jika ingin menikahinya. Syarat tersebut adalah untuk membuat sampan waktu dalam satu malam, dan Sangkuriang menyanggupi hal tersebut.

Dayang Sumbi membuat cara agar Sangkuriang gagal, dan akhirnya Sangkuriang pun gagal membuat sampan yang diminta Dayang Sumbi.  Sangkuriang menendang sampan tersebut, hingga sampan itu terbalik.   Itulah cikal bakal dari Tangkuban Perahu, yang bentuk gunungnya terbalik.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Tangkuban Perahu

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Tangkuban Perahu, yaitu:

Berfoto dengan latar Belakang Kawah

Saat anda berkunjung ke Tangkuban Perahu, jangan lupa untuk berfoto dengan latar belakang kawah .  Kawah di Tangkuban Perahu sangat indah pemandangannya, dan kalian wajib untuk berfoto disini.

 Mencicipi Kuliner dan Membeli Souvenir

Berbagai macam kuliner dijajakan di Tangkuban Perahu, dan kuliner tersebut membuat anda tidak kelaparan setelah bekeliling Tangkuban Perahu.  Tidak hanya kuliner saja yang dijajakan, tapi souvenir juga dijajakan di Tangkuban Perahu. Berbagai macam souvenir tersedia di Tangkuban Perahu, dan anda bisa membeli souvenir untuk keluarga anda.

Berkuda

Aktivitas Berkuda juga tersedia di Tangkuban Perahu, jika anda ingin berkeliling Tangkuban Perahu dengan mudah. Sewa Kuda di Tangkuban Perahu sangat terjangkau harganya, dan anda akan puas berkeliling Tangkuban Perahu.

Tips Aman Berkunjung ke Tangkuban Perahu

Gunakan Masker Saat Berada di Kawah

Masker wajib digunakan,  saat anda berkunjung ke Tangkuban Perahu. Banyak kandungan belerang di Tangkuban Perahu, sehingga anda wajib untuk menggunakan masker agar terhindar dari aroma belerang.

Pakai Sunblock Sebelum Berkeliling

Cuaca di Tangkuban Perahu sangat panas, dan anda diwajibkan menggunakan sunblock sebelum berkeliling. Sunblock ini sangat berguna, untuk mengurangi resiko paparan sinar matahari.

 Akses Menuju Tangkuban Perahu

Akses untuk menuju Tangkuban Perahu sangat mudah, dan Tangkuban Perahu bisa dijangkau oleh kendaraan pribadi atau bus.  Tempat parkir di Tangkuban Perahu juga sangat luas , sehingga bus atau mobil pribadi bisa masuk.

 Demikianlah informasi mengenai Tangkuban Perahu.  Jika anda ingin berlibur ke Lembang, anda wajib berkunjung ke Tangkuban Perahu.

oleh: hln

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*