Melancong ke Kedung Kayang, di Kaki Gunung Merapi

Boyolali yang dikenal menjadi daerah penghasil susu sapi murni ternyata juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Keindahan alam dan kesejukan kotanya menjadikan siapa saja bisa betah berlama-lama di Boyolali.

Salah satu daerah di Kabupaten Boyolali yang cukup terkenal sering dijadikan destinasi wisata oleh para pengunjung baik dari dalam maupun luar kota adalah kawasan wisata Selo.

Kawasan Wisata Selo adalah sebuah pedesaan yang berada di kaki Gunung Merbabu dan menyimpan banyak sekali keindahan alam yang menarik.

Jalan berliku, barisan perbukitan dan perkebunan di sisi kanan kiri menjadi pemandangan yang bisa kamu temukan di sepanjang jalan kawasan wisata selo. Selain itu Pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu juga akan nampak sangat dekat.

Berkendara terus menuju ke ujung utara Kawasan Wisata Selo yang berbatasan dengan Magelang, kamu bisa menemukan satu surga tersembunyi yang masih belum banyak dikenal luas.

Namanya adalah Air Terjun Kedung Kayang yang berlokasi di Kecamatan Wonolelo.

Tentang Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang adalah air terjun yang berada diantara kaki gunung Merbabu dan Merapi yang memiliki keindahan yang luar biasa dan masih sangat alami.

Bagi kamu yang mancari spot mencari ketenangan dan melepas lelah dari rutinitas harian, Berkunjung ke air terjun ini bisa menjadi pilihan.

Suara air yang jatuh dari ketingggian berpadu dengan kicauan burung dan suara dedaunan yang diterpa angin bisa menjadi obat untuk mengembalikan mood dan semangat.

Yang menarik lagi dari Air terjun Kedung Kayang adalah pesonanya yang bisa dinikmati dari atas atau bawah air terjun. Jika ingin menyaksikan Pesona Air Terjun Kedung Kayang dari atas, kamu bisa melewati anak tangga yang tersedia.

Jika cuaca sedang cerah, Gunung Merapi akan terlihat sangat jelas menampakkan kegagahannya.

Sedangkan jika ingin menikmati Air Terjun Kedung Kayang dari bawah, kamu terlebihd dahulu akan melewati sungai dengan air yang begitu jernih dan segar. Menikmati air terjun dari bawah akan sangat cocok bagi yang ini basah-basahan bermain air.

Namun terkadang pengunjung tidak bisa menikmati Air Terjun dari bawah karena apabila hujan atau setelah hujan Sungai akan banjir dan tidak bisa dilewati.

Fasilitas di Air Terjun Kedung Kayang

Walaupun masih dalam tahap berkembang dan belum banyak diketahui oleh masyarakat secara luas, namun kawasan wisata Air Terjun Kedung Kayang memilik fasilitas yang bisa dibilang sudah cukup lengkap.

Tak perlu takut lapar atau haus jika sedang berada di Kedung Kayang. Letaknya yang berada dekat dengan pemukiman, menjadikan banyak warga memanfaatkan adanya wisata Air Terjun Kedung kayang ini untuk membuka warung makan di depan rumah.

Berbagai sajian makanan ringan hingga berat bisa kamu temukan disini dan tentu saja dengan harga yang sangat ramah dikantong.

Selain itu tersedia pula mushola dan juga beberapa kamar mandi yang sangat terjaga kebersihannya. Sedangkan untuk tempat parkir, kawasan wisata Air Terjun Kedung Kayang memiliki lahan parkir yang tidak terlalu besar dan tidak bisa menampung kendaraan dalam jumlah yang terlalu banyak. Untuk biaya parirnya sendiri adalah 2.000 rupiah untuk motor dan 5.000 rupiah untuk mobil.

Rute Menuju Air Terjun Kedung Kayang

Berlokasi di kaki gunung, menjadikan rute untuk menuju ke air terjun ini didominasi oleh jalanan berliku dan naik turun. Namun perjalanan tidak akan terasa membosankan, karena pemandangan alam di sepanjang kanan kiri jalan sangat menyejukkan mata.

Untuk masuk ke Kawasan Wisata Air Terjun Kedung Kayang yang berada di dusun Nagrong akses satu-satunya adalah jalan desa yang tidak terlalu luas. Maka untuk menuju ke Air Terjun Kedung Kayang hanya bisa dilewati menggunakan motor atau mobil pribadi.

Oleh: lutfitw

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*