Maenpo, Silat Cianjur yang Perlu Dilestarikan

Maenpo - sumber: cakra badewa

Banyaknya tradisi atau budaya Indonesia menjadi suatu kewajiban bagi kita untuk melestarikannya, jangan sampai tradisi dan budaya kita di klaim oleh negara lain akibat kita tidak mengenal dan melestarikannya.

Kita pernah mendengar bahwa beberapa budaya atau tradisi dari negara kita diklaim oleh negara lain sampai-sampai mereka mau mempatenkannya.

Hal-hal tersebut jangan sampai terulang kembali mengingat tradisi dan budaya bangsa kita sangat begitu beragam.

Tradisi dan budaya yang merupakan warisan dari leluhur menjadi sesuatu yang sangat berharga dan bisa menjadi warisan untuk keturunan-keturunan kita nantinya.

Seperti halnya yang satu ini. Tradisi yang menjadi salah satu pilar budaya di Kabupaten Cianjur ini yakni Maenpo.

Maenpo – sumber: cakra badewa

Barangkali ada sebagian dari masyarakat kita belum mengenal apa itu Maenpo atau bahkan masyarakat Cianjur sendiri belum mengetahui apa itu Maenpo.

Sebetulnya Maenpo itu sendiri merupakan istilah yang dipergunakan khusus di daerah Cianjur. Tetapi sebetulnya apabila diartikan pastilah masyarakat mengetahui dan mengenalnya.

Maenpo terdiri dari dua kata yakni maen dan po. Maen artinya bermain atau melakukan sesuatu sedangkan po berasal dari istilah Tiongkok yang berarti memukul jadi Maenpo bisa diartikan melakukan sesuatu dengan cara memukul atau lebih dikenal dengan seni pencak silat.

Jadi istilah Maenpo tersebut lebih dikenal dengan pencak silat.

Maenpo ini di wilayah Kabupaten Cianjur di kenal kan serta diciptakan oleh tokoh Cianjur yang bernama R. Djadjaperbata atau lebih dikenal dengan nama R. H. Ibrahim yang mempunyai aliran dalam seni pencak silat ini yakni kepekaan ketika saling bersentuhan antar anggota badan ketika berhadapan dengan lawan.

Dua gerakan yang dikenal di Maenpo ini yaitu liliwatan atau penginderaan serta peupeuhan atau pukulan. Du istilah inilah yang dipergunakan dalam seni budaya Maenpo.

Apabila dilihat dua aliran gerakan yang dikenal di Maenpo sama dengan gerakan pada pencak silat. Makanya Maenpo itu dasar gerakannya menyerupai Pencak silat.

Makanya tidak salah banyak yang mengistilahkan bahwa Maenpo itu adalah pencak silat.

Pencak silat itu sendiri merupakan seni budaya khas negara kita yang merupakan warisan dari leluhur kita dan sudah menjadi olahraga yang dikenal di mancanegara bahkan menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan di regional Asean.

Meskipun di ajang Olimpiade cabang olahraga Pencak silat masih menjadi cabang eksibisi, tetapi dengan di tetapkannya cabang olahraga tersebut di ajang Olimpiade menjadi suatu kebanggaan bagi kita bahwa ternyata pencak silat dapat diakui dunia.

Maenpo merupakan salah satu budaya Cianjur yang masih harus di lestarikan di tengah maraknya budaya asing masuk ke negara kita. Makanya untuk itu diperlukan koordinasi semua pihak di tingkat pemerintahan kabupaten untuk terus menghidupkan seni Maenpo ini.

Hal ini perlu perhatian cukup serius dan harus menjadikan budaya ini sebagai salah satu fokus perhatian jangan sampai lama kelamaan menjadi punah akibat para pemuda atau pemudi nya lebih memilih budaya asing.

Tentu saja suatu kebanggaan apabila seni budaya Maenpo ini dapat tetap bertahan dan terus dapat dilestarikan bukan hanya sebagai budaya warisan tetapi juga sebagai seni budaya yang dapat membawa prestasi bukan hanya prestasi lokal tetapi prestasi dunia.

Sehingga Maenpo yang berasal dari tatar Cianjur dapat dikenal keseluruh dunia.

oleh: Ali Suwarno

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*