Macam-Macam Kebudayaan Indonesia Beserta Contohnya

Indonesia, negeri tercinta kita ini memang terkenal sangat populer dengan bermacam-macam Kebudayaan, Indonesia sangat kaya akan budaya yang mungkin tidak dimiliki oleh negara lainnya.

Memang sebuah keuntungan karena sejak awal, nenek moyang kita yang terdahulu selalu melestarikan citra budaya milik bangsa sehingga kini kita sebagai penerusnya selalu merasa  perlu mengupayakan pelestarian bermacam-macam Kebudayaan Indonesia tersebut .

Ya, memang sudah turun-temurun kita menjaga kelestarian budaya bangsa Indonesia agar tidak  luput tergerus oleh zaman. Selain itu, bangsa kita ini memang mengakui adanya perbedaan dalam segala sisi. Apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan, dimana tersebar banyak sekali berbagai daerah dengan cirikhas dan kebudayaannya masing-maasing. Indonesia terdiri atas 34 provinsi dengan lebih dari 3000 kekayaan budaya dari setiap daerah tersebut.

Baca Juga: Motif Batik Indonesia Beserta Daerah Asalnya, Lengkap!

Memang luar biasa apabila ditilik, negara lain mungkin tidak seperti negara Indonesia yang tercakup akan beragam daerah dengan keunikan tersendiri. Hebatnya lagi adalah mengenai cara setiap masyarakat untuk saling bertoleransi dan berupaya dalam menjaga serta melestarikan apa yang menjadi kebanggaan daerah mereka.

Nah, mungkin ada baiknya juga bagi kita penerus bangsa ini untuk mengenal lebih lagi mengenai “Macam-Macam Kebudayaan Indonesia” yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita. Budaya-budaya Indonesia yang dimaksudkan tersebut melingkupi bahasa daerah, upacara daerah, tarian daerah, pakaian daerah, lagu daerah, senjata daerah, rumah adat, dan alat musik daerah.

Untuk itulah pada artikel kali ini akan dibahas secara lebih meluas lagi mengenai macam-macam kebudayaan kepunyaan bangsa Indonesia dan contohnya yang perlu kamu tahu. Berikut ini adalah poin beserta penjelasan lengkap “Macam-Macam Kebudayaan Indonesia Beserta Contohnya” :

Bahasa Daerah

Di poin yang pertama ini adalah kekayaan Indonesia di aspek bahasa. Ya, kita sebagai warga negara Indonesia pastinya sudah paham akan hal ini, bahwa bangsa kita ini dilingkupi oleh keberagaman bahasa di penjuru pulau, mulai dari Pulau Sabang sampai ke Pulau Merauke.

Seperti yang ada pada dasar hakikat sebuah negara yang mengatakan bahwa bahasa merupakan suatu mode atau alat pemersatu bangsa. Ya, jelas memang begitu kenyataannya di dalam kehidupan manusia. Kita sebagai manusia yang hidup berdampingan satu sama lain dengan melakukan kegiatan semacam komunikasi. Nah, komunikasi itu menggunakan bahasa pastinya.

Masyarakat Indonesia sendiri kaya akan keberagaman bahasa di setiap daerah masing-masing. Indonesi terdiri akan 34 provinsi, dimana setiap daerah di masing-masing provinsi tersebut memiliki yang namanya bahasa daerah mereka. Bahasa daerah di Indonesia telah tercatat mencapai ribuan dan tersebar sangat luas, yang artinya bahasa tersebut sudah banyak digunakan di berbagai daerah lainnya di wilayah Indonesia.

Berikut adalah contoh budaya bahasa daerah menurut jumlah dari para penuturnya. Bahasa daerah yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah sebagai berikut :

  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Jawa
  • Bahasa Sunda
  • Bahasa Madura
  • Bahasa Bugis
  • Bahasa Minangkabau
  • Bahasa Aceh
  • Rumpun Bahasa Batak

Upacara Adat

Selanjutnya adalah mengenai upacara adat yang tersebar di penjuru negri ini. Seperti bahasan sebelumnya yang telah menjelaskan bahwa negri Indonesia ini kaya akan keberagaman kebudayaan yang sangat istimewa.

Upacara adat memang cukup khas sekali karena bukan hanya sekedar menjadi tradisi ataupun adat di daerah tersendiri, tetapi upacara adat yang dilakukan di suatu daerah di Indonesia ini telah menjadi cerminan bangsa kita sebagai bangsa yang taat akan nilai kebersamaan dan dalam upaya pelestarian kepunyaan bangsa yang telah dipertahankan oleh nenek moyang kita terdahulu. Maka dari itu, tak jarang juga upacara adat mampu menarik turis asing atau wisatawan suatu daerah untuk ikut memperdalami dan mempelajari asal-usul upacara adat suatu daerah di Indonesia.

Baca Juga: 9 Seniman Indonesia yang Karyanya Mendunia

Bangsa Indonesia yang terbagi menjadi beberapa gugusan pulau yang dimulai dari Pulau Sabang sampai ke Pulau Merauke ini juga dilingkupi oleh berbagai adat dari 34 provinsi. Setiap daerah memiliki upacara adat yang dimaksudkan untuk tujuan tertentu. Upacara adat di setiap daerah di Indonesia juga tak lepas dari unsur nilai dan norma yang kuat, maka dari itulah upacara adat ini diupayakan untuk bisa terus lestari agar nilai-nilai positif yang terkandung bisa terus memberi dampak bagi anak bangsa kedepannya.

Berikut adalah contoh budaya Indonesia berupa upacara adat yang tersebar di penjuru bangsa Indonesia :

  • Upacara Adat Ngaben di Bali
  • Upacara Adat Peusijuk di Aceh
  • Upacara Adat Mekikuwa di Sulawesi Utara
  • Upacara Adat Kasada di Jawa Timur
  • Upacara Pesta Bakar Batu di Papua
  • Upacara Ngebabali di Lampung
  • Upacara Adat Dahau di Kalimantan Timur

Tarian Daerah

Setelah bahasa daerah dan upacara adat daerah, kita akan menilik kekayaan dari budaya bangsa Indonesia di bidang tarian daerah. Ya, setiap daerah di Indonesia memang memiliki ciri khas serta sisi keistimewaannya masing-masing. Tarian daerah di Indonesia juga dipercaya bukan sekedar gerakan atau lenggokan badan biasa, melainkan tarian-tarian itu semua dikatakan memiliki nilai dan simbolis tersendiri yang sengaja diciptakan.

Bangsa Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi ini memiliki banyak sekali daftar tarian tradisional yang harus diakui tak pernah akan luntur oleh waktu dan zaman. Karena memang sampai saat ini, tarian daerah masih sering di pakai dalam berbagai jenis event, baik modern maupun kedaerahan. Tari tradisional Indonesia juga bukan hanya populer di dalam negri saja karena ada beberapa jenis tari tradisional yang pernah dipakai di pegelaran international.

Berikut adalah contoh budaya Indonesia berupa beberapa jenis tarian daerah dari berbagai provinsi di negara Indonesia :

  • Tari Piring Dari Sumatera Barat
  • Tari Serimpi Dari Yogyakarta
  • Tari Saman Dari Aceh
  • Tari Tor-Tor Dari Sumatera Utara
  • Tari Kecak Dari Bali
  • Tari Gambyong Dari Jawa Tengah
  • Tari Sekapur Sirih Dari Jambi
  • Tari Yapong Dari Jakarta

Pakaian Daerah

Pakaian daerah di berbagai provinsi di Indonesia juga tak kalah keren dari beragam kebudayaan yang bangsa ini miliki. Ya, pakaian adat memang mutlak dimiliki oleh setiap provinsi di Indonesia. Pakaian adat sendiri juga dianggap sebagai suatu ciri khas yang begitu nyata dalam menjelaskan gambaran suatu daerah provinsi. Dari zaman dahulu pun, pakaian adat setiap daerah di Indonesia selalu diusahakan untuk bisa terus lestari dan dijaga agar bisa berkembang sampai kapanpun.

Di zaman sekarang, eksistensi dari pakaian daerah pun tak pernah luput. Kita masih sering melihat pegelaran kebanggaan (nasional) yang dengan bangga memamerkan pakaian daerah provinsi masing-masing. Itu semua secara langsung telah menunjukkan suatu bentuk apresiasi terhadap eksistensi dari pakaian daerah yang dimiliki. Pakaian daerah provinsi di Indonesia memang cukup unik, istimewa, dan sangat beragam. Tak jarang orang luar negri berdecak kagun melihat kekayaan budaya Indonesia melakui sudut pandang pakaian daerah ini.

Berikut adalah contoh budaya Indonesia berupa beberapa daftar pakaian daerah yang dimiliki oleh provinsi di Indonesia :

  • Pakaian Aesan Gede Dari Sumatera Selatan
  • Pakaian Melayu Dari Riau
  • Pakaian Belanga Dari Kepulauan Riau
  • Pakaian Melayu Dari Jambi
  • Pakaian Ulos Dari Sumatera Utara
  • Pakaian Ulee Balang Dari Nanggroe Aceh Darussalam
  • Pakaian Paksian Dari Bangka Belitung
  • Pakaian Bundo Kanduang Dari Sumatera Barat

Alat Musik Daerah

Di poin yang kelima ini giliran kita untuk menilik tentang kekayaan kebudayaan Indonesia di bidang kepemilikan beragam alat musik daerah. Setiap provinsi di Indonesia memiliki sisi keistimewaan dan ciri khas masing-masing dan alat musik daerah ini mencakup kesemuanya itu.

Kita bisa merasakan eksistensi dari alat musik Indonesia di berbagai provinsi. Alat musik daerah di Indonesia cukup berbeda karena bernilai tradisional dan pastinya tidak untuk pasaran karena itu semua adalah abdi bangsa ini.

Baca Juga: Macam-macam Bahasa Daerah di Indonesia (10 Suku)

Alat musik daerah provinsi Indonesia sangatlah unik karena notabene dibuat dari bahan-bahan sederhana namun menjadi suatu instrumen alat musik yang sangat bernilai. Meskipun terkesan sangat tradisional dan melekat dengan nilai kedaerahan, akan tetapi beberapa alat musik daerah Indonesia tak kalah saing dengan alat musik modern. Beberapa dari antaranya pun telah sempat juga dimanfaatkan untuk berbagai acara bertemakan internasional.

Berikut ini adalah beberapa jenis alat musik daerah yang tersebar di penjuru bangsa Indonesia :

  • Angklung, angklung merupakan salah satu jenis alat musik tradisional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang berasal dari provinsi Jawa Barat. Alat musik angklung sendiri cukup unik karena terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan setiap pegangan sisinya. Selain daripada itu, alat musik ini sangatlah populer karena faktanya Alat musik tradisional angklung ini sudah mendunia dengan berhasil memukau penonton di Perancis dan juga Amerika Serikat. Ditambah lagi satu kenyataan bahwa angklung juga telah diakui sebagai warisan Indonesia oleh UNESCO.
  • Sasando, Sasando adalah jenis alat musik tradisional khas daerah tanah Rote di Nusa Tenggara Timur. Alat musik tradisional ini unik karena bahannya yang terbuat dari daun lontar. Alat musik sasando secara deskripsi berbentuk seperti harpa dan dimainkan dengan cara dipetik layaknya alat musik modern, yaitu gitar. Sasando juga sudah cukup terkenal semenjak diadakannya sebuah konser bertajub WOW 2013 yang diselenggarakan oleh Wonderful Indonesia.
  • Gamelan, gamelan adalah jenis alat musik tradisional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang berasal dari tanah jawa. Alat musik gamelan ini didalam faktanya diungkapkan bahwa ternyata juga digemari oleh para musisi dunia. Ya, gamelan juga ternyata telah secara luas diajarkan dan masuk dalam kurikulum di beberapa sekolah di Amerika Serikat dan New Zealand.
  • Kendang, kendang adalah jenis alat musik tradisional milik bangsa Indonesia yang berasal dari Sunda namun ada juga beberapa orang yang mengatakan bahwa asal-usul penciptaan alat musik ini adalah dari Jawa Timur. Alat musik tradisional kendang ini seringkali kita jumpai untuk digunakan sebagai pengiring tarian-tarian tradisional, musik jazz, dan juga kontemporer. Selain itu perlu untuk diketahui juga bahwa sudah cukup banyak musisi Amerika Serikat yang menggunakan alat musik tradisional kendang ini sebagai alat musik pengiring mereka.
  • Tifa, tifa merupakan jenis alat musik tradisional khas Maluku dan Papua. Alat musik tifa ini sekilas berbentuk seperti kendang namun cenderung lebih berbentuk tube atau tabung. Alat musik tradisional Tifa dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini memiliki ciri tersendiri yaitu seringkali dihiasi oleh ukiran-ukiran khas Papua dan Maluku. Perlu diketahui bahwa alat musik tifa ini pertama kali mulai dikenal semenjak banyaknya turis yang datang ke Maluku dan Papua dengan membawa pulang Tifa sebagai oleh-oleh mereka.

Lagu Daerah

Selanjutnya adalah lagu daerah Indonesia yang dikatakan dan dirasa teramat menjadi identitas bangsa ini. Ya, Indonesia sendiri juga telah dikenal memiliki cukup banyak lagu kebangsaan sangat elok yang faktanya juga diciptakan oleh para pahlawan bangsa ini terdahulu. Tidak berbeda dengan lagu kebangsaan, lagu daerah yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ini juga tak kalah. Indonesia dikepung oleh 34 provinsi, dimana setiap daerah di masing-masing provinsi tersebut memiliki khas mereka tersendiri. Untuk menunjukkan kekhasannya itu, mereka menyatakan juga lewat sebuah lagu daerah.

Lagu daerah di Indonesia sangat banyak dan berasal dari beragam daerah yang tersebar di penjuru negri ini. Sehingga Macam-macam lagu daerah sangat beragam. Bukan sekedar lagu yang dinyanyikan saja, karena lirik yang tertanam dalam setiap lagu daerah Indonesia memiliki nilai dan makna tersendiri yang sangat dalam jika dihayati dengan sungguh-sungguh.

Berikut adalah contoh budaya Indonesia berupa lagu daerah khas setiap provinsi di negara Indonesia :

  • Ampar-Ampar Pisang Dari Kalimantan Selatan
  • Anak Kambing Saya Dari NTT
  • Ayo Mama Dari Maluku
  • Ayam Dan Lapeh Dari Sumatera Barat
  • Cublak-Cublak Suweng Dari Jawa Tengah
  • Bungong Jeumpa Dari Aceh
  • Apuse Dari Papua

Rumah Adat

Sebagai suatu bangsa yang memiliki bermacam-macam budaya yang khas, Indonesia memiliki bermacam-macam rumah adat diseluruh nusantara. Ya, rumah adat pun bisa dibilang sebagai suatu pondasi dan ciri khas yang begitu menonjol dalam segala hal yang tentunya berkaitan erat dengan nilai budaya.

Indonesia terdiri dari 34 provinsi yang masing-masing provinsi tersebut memiliki jenis rumah adat mereka masing-maisng. Nama dari rumah adat setiap daerah juga tak lepas dari identitas bahasa daerah mereka yang dimiliki sejak zaman nenek moyang.

Berikut adalah contoh budaya Indonesia berupa rumah adat yang provinsi di Indonesia miliki :

  • Rumah Adat Khas Sumatera Utara “Bolon”
  • Rumah Adat Khas Sumatera Barat “Gadang”
  • Rumah Adat Khas Aceh “Krong Bade”
  • Rumah Adat Khas Bangka Belitung “Rakit Limas”
  • Rumah Adat Khas Jambi “Panggung Kajang Leko”
  • Rumah Adat Khas Bengkulu “Rakyat”
  • Rumah Adat Khas Sumatra Selatan “Limas”
  • Rumah Adat Khas Lampung “Nowou Sesat”

Senjata Daerah

Di poin yang terakhir ini adalah tentang kebudayaan dan kekayaan kepunyaan bangsa Indonesia yang melingkupi senjata daerah. Ya, mungkin memang belum semuanya pasti tau akan eksistensi dari senjata daerah yang dimiliki oleh setiap daerah di provinsi di Indonesia ini, namun harus diakui bahwa poin ini juga cukup membangun. Pengenalan akan kebudayaan Indonesia bisa kita asah dan tingkatkan dengan mengetahui sedikit tentang beragam senjata daerah yang dimiliki oleh provinsi di Indonesia.

Baca Juga: 21 Makanan Tradisional Khas Betawi Tempo Dulu

Nah, Berikut adalah contoh budaya Indonesia berupa senjata tradisional daerah Indonesia :

  • Keris Dari Jawa
  • Celurit Dari Jawa
  • Kujang Dari Sunda
  • Golok Dari Betawi
  • Rencong Dari Aceh
  • Klewang Dari Sumatera Selatan
  • Kuramblak Dari Sumatera Barat
  • Badik Dari Sulawesi

Dari berbagai penjelasan diatas, kita telah pahami bahwa negri tercinta kita ini memang cukup kaya dan padat akan keberagaman budaya. Dimana beragam kepunyaan bangsa tersebut perlu untuk terus kita pertahankan agar tak pernah larut dibawa waktu dan jaman. Dan selain daripada itu, yang terpenting adalah bahwa kita harus selalu berikan rasa toleransi terbaik untuk bisa saling menghargai dan menghormati segala perbedaan yang ada.

Oleh: Meilisia HS.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*