Kunjungan Wisata ke Bukit Cinta Dijamin Seru dan Romantis

Sudah barang tentu, jika aktivitas wisata menjadi hal yang sangat dinanti-nanti oleh kebanyakan orang. Bagaimana tidak, kegiatan inilah yang bisa menyelamatkan orang dari stres yang seringkali melanda.

Wisata Bukit Cinta bisa menjadi salah satu objek wisata yang bisa Kamu jelajahi kali ini. Destinasi wisata ini mengemas wisata alam menjadi sebuah objek wisata keluarga yang terjangkau tapi juga berkualitas.

Rawa terbesar di Semarang ini tentu sudah menjadi buah bibir dikalangan masyarakat baik itu tentang mitosnya, sejarahnya, dan objek wisatanya. Banyak yang penasaran ingin mengunjungi keelokan objek wisata alam ini. Ada berbagai keindahan yang turut disajikan di destinasi wisata ini.

Saat ini objek wisata Bukit Cinta banyak mengalami perubahan. Pemerintah secara besar-besaran memoles objek wisata ini agar semakin menarik bagi para wisatawan lokal maupun manca negara.

Semua kalangan bisa menyambangi wisata alam berupa hamparan luas perairan Rawa Pening yang indah ini. Pemandangan indahnya bisa Kamu lihat saat matahari terbit dan terbenam. Saat itulah Kamu bisa mengambil gambar instagramable di objek wisata ini. Lalu apa saja aktivitas yang bisa Kamu lakukan selama di Bukit Cinta ini ? Berikut ini ulasannya.

Bercengkerama Santai di Gazebo yang Sudah Disediakan

Objek wisata ini menyajikan berbagai jenis tempat duduk yang bisa Kamu pilih. Ada yang berbentuk gazebo ada juga yang berbentuk tempat duduk sederhana di sekitar taman. Kamu bisa bercengkerama ria bersama dengan orang-orang terkasih di sana.

Pilihlah tempat yang rimbun agar bisa lebih nyaman menikmati keindahan Rawa Pening. Suasana hangat akan semakin terasa jika ditambah dengan makanan yang telah dibawa dari rumah. Sambil mnikmati makanan Kamu dan keluarga bisa ngobrol tentang apa saja.

Tenang pihak pengelola tidak melarang pengunjung untuk membawa makanan dari rumah. Namun, setelah makan jangan tinggalkan sampah ya, agar objek wisata bisa terjaga kebersihannya.

Jika tidak kebagian gasebo, ada banyak tempat duduk yang disediakan juga. Tenang di sana banyak terdapat pohon-pohon pinus yang akan menaungi Kamu selama di sana sehingga Kamu tidak perlu takut kepanasan ya.

Berfoto Dengan Latar Belakang yang Instagramable

Saat sampai di Bukit Cinta akan ada banyak spot-spot menarik yang bisa Kamu jepret. Kamu bisa pilih latar belakang pemandangan rawa pening yang indah sekali. Lalu ada juga ucapan selamat datang di Bukit Cinta Rawa Pening yang terletak di depan objek wisata.

Berfoto di ayunan juga bisa menjadi pilihanmu dengan berbagai pose lucu. Selain itu di sana juga terdapat latar belakang hati yang bisa digunakan sebagai spot foto juga. Background tersebut sangat pas untuk Kamu yang datang bersama pasangan. Ambil foto di sana dan abadikan momen romantis tersebut.

Tepat di taman yang ada di objek wisata ini ada sebuah bangunan yang berbentuk ular, di sana juga bisa dijadikan sebagai spot foto unik Kamu. Ada juga spot baru diawal tahun 2020 ini ada jembatan di Pening yang menampilkan pemandangan yang instagramable dan akan sangat disayangkan jika tidak Kamu coba.

Cukup banyak latar belakang foto yang bisa Kamu ambil di sini. Selanjutnya Kamu bisa mengeksplore sendiri apa lagi yang bisa digunakan sebagai objek foto Kamu.

Menikmati Sajian Masakan Khas Ambarawa

Aktivitas lainnya yang bisa Kamu lakukan di sana adalah mencicipi masakan khas di Ambarawa. Banyak sekali olahan ikan produk dari Rawa Pening yang bisa Kamu nikmati di sini. Ada banyak jenis ikan yang digoreng garing dan sangat renyah untuk dinikmati bersama sembari asyik bercengkerama ria di sana.

Kamu bisa membeli produk tersebut di sekitar objek wisata tepatnya di dekat tempat parkirnya. Ada banyak pilihan ikan yang bisa Kamu jajal, dan dijamin semuanya enak dan menggugah selera.

Naik Perahu Menyusuri Rawa Pening

Berkunjung ke Bukit Cinta rasanya akan kurang pas jika belum mencoba menyusuri Rawa Pening yang sangat luas ini. Kamu bisa menyewa perahu-perahu yang sudah siap mengantarkan Kamu berkeliling Rawa Pening. Biaya yang dibanderol hanya Rp 30.000, 00 untuk waktu setengah jam.

Ajak juga keluarga untuk bersama-sama menikmati pemandanga Rawa Pening dari dekat. Minimal jumlah penumpang perahu adalah 16 orang. Kamu harus sabar jika penumpangnya belum mencapai 16 orang.

Saat Kamu berkeliling, Kamu akan diajak membelah enceng gondok yang bagaikan permadani di objek wisata ini. Jangan takut ya, pengemudi perahu sudah ahli dalam melakukan tugasnya jadi semua akan baik-baik saja. Selain itu juga sudah ada fasilitas pelambung yang ada di perahu.

Bermain Ayunan yang ada di Sana

Bagi Kamu yang juga mengajak serta keluarga bisa juga nih bermain ayunan di sana. Fasilitas ramah anak ini memang sengaja dibuat oleh pengelola wisata agar objek wisata ini juga bisa dikunjungi oleh keluarga.

Coba pilih salah satu ayunan yang ada di sana dan mainkan dengan gembira bersama anak dan orang-orang terkasih lainnya. Jangan sampai yang ini terlewat ya. Selain ayunan, di sana juga terdapat jungkat jungkit yang akan membuat liburan keluargamu di sana sangat menyenangkan.

Membeli Souvenir untuk Kenang-kenangan

Objek wisata ini juga menyediakan toko souvenir khusus untuk Kamu yang ingin membeli beberapa buah tangan. Toko ini terletak di dalam bangunan yang dibentuk ular besar. Kamu tinggal masuk saja ke bangunan itu dan memilih berbagai cindera mata yang ada di sana.

Mengunjungi Museum Ikan Khas Rawa Pening

Pengelola wisata juga sedang mengembangkan museum ikan di objek wisata ini. Pada museum ini bisa ditemukan banyak jenis ikan dari Rawa Pening. Jenis ikan tersebut antara lain gurame, karper, dan bawal. Aneka ikan ini juga dijual untuk dibawa pulang oleh pengunjung.

Rute Menuju Destinasi Wisata Bukit Cinta

Bukit Cinta bisa ditempuh melalui Kecamatan Banyubiru yang berjarak sekitar 5 kilometer dari lokasi wisata. Kamu hanya perlu mengikuti jalan tersebut, sambil memanfaatkan google maps. Tenang lokasinya ada di jalan kecamatan sehingga mudah untuk ditemukan.

Moda tranportasi yang digunakan bisa kendaraan pribadi dan juga tranportasi umum. Jika Kamu menggunakan transportasi umum, maka Kamu bisa naik bus dari Kota Semarang menuju ke Ambarawa. Biasanya bus ke arah Solo atau Jogja bisa Kamu gunakan untuk sampai di Ambarawa. Selanjutnya Kamu naik angkutan desa menuju ke wisata Bukit Cinta. Kamu akan langsung diantarkan sampai tujuan.

Kondisi jalan menuju ke objek wisata sudah berupa aspal sehingga sangat memungkinkan kendaraan untuk melintas di sana. Kamu yang menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir ya, shock bekker Kamu aman kok.

Biaya Masuk ke Objek Wisata

Biaya tiket yang harus Kamu bayar untuk masuk ke Bukit Cinta ini hanya sebesar Rp 10.000, 00 pada hari biasa dan Rp 15.000,00 pada akhir pekan. Ada juga biaya parkir sebesar Rp 2.000,00 per motornya dan Rp 5.000,00 per mobilnya. Biaya ini tidak terlalu mahal, apalagi ada banyak wahana yang bisa dinikmati di destinasi ini.

Legenda di Objek Wisata Bukit Cinta

Menurut legenda Bukit Cinta ini dulunya adalah sebuah daratan luas. Sampai akhirnya ada seorang anak yang menemukan lidi yang tertancap di tanah. Segera Dia mencabut lidi tersebut yang mengakibatkan naiklah air melalui lubang bekas tancapan lidi tersebut.

Air semakin lama semakin naik sampai akhirnya terbentuklah Rawa Pening ini. Rawa ini merendam perkampungan warga. Masyarakat menduga bahwa anak tersebut adalah titisan sang ular naga yang menyebabkan desa tenggelam karena Rawa Pening ini.

Selain cerita tersebut, Bukit Cinta ini juga memiliki mitos yang masih bertahan sampai hari ini. Mitos ini seolah-olah memperingatkan Kita untuk tidak ke sana bersama dengan pasangan yang belum sah. Hal ini untuk menghindari perpisahan yang terjadi sesudah berkunjung ke Bukit Cinta. Tentu saja semua itu tergantung dari Kamu mau percaya atau tidak.

Banyak juga pasangan yang telah mengunjungi objek wisata Bukit Cinta namun bisa berlanjut sampai ke pernikahan. Jadi semua itu tergantung perspektif Kamu ya.

Fasilitas yang Tersedia di Objek Wisata

Fasilitas yang disediakan pengelola wisata cukup baik. Ada toilet yang bisa Kamu gunakan di sini. Kebersihan toilet juga dijaga dengan baik oleh petugasnya. Ada juga lahan parkir yang cukup luas untuk motor, mobil, dan bus pariwisata. Sedangkan, untuk fasilitas penginapan, coba carilah di daerah Bandungan dan di Ambarawa.

Warung makan di objek wisata juga sangat beragam dengan dominasi menu makanan olahan ikannya. Kamu hanya tinggal memilih mana menu makanan favorit Kamu di sana. Jangan lupa untuk mencopa keripik belutnya ya. Ada juga fasilitas tempat ibadah yang bisa Kamu gunakan saat berada di objek wisata ini.

Tambahan informasi, jika objek wisata Bukit Cinta ini buka pada pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 18.00. Kamu yang berencana berlibur ke sana pastkan mengunjungi pada jam-jam tersebut ya agar bisa menikmati objek wisata sepuasnya.

Aktivitas Penduduk di Rawa Pening

Saat di objek wisata ini Kamu akan melihat banyak nelayan yang sedang mencari ikan di rawa yang luas tersebut. Sebagian besar masyarakat di sana memang berprofesi sebagai nelayan. Mereka menggantungkan hidupnya pada sektor perikanan. Ada banyak jenis ikan yang hidup di Rawa ini yang termasuk jenis ikan air tawar.

Pemerintah daerah juga memberdayakan hasil tangkapan nelayan di Rawa Pening untuk menu makanan di beberapa objek wisata di Ambarawa. Selain Bukit Cinta, ada juga wisata Kampung Rawa, di sana pengunjung akan menikmati sajian ikan hasil tangkapan dari para nelayan.

Selain menjadi nelayan, ada juga yang bekerja mengurus objek wisata Bukit Cinta ini. Mereka menyewakan perahunya kepada pengunjung-pengunjung yang berminat untuk berkeliling Rawa Pening. Jika Kamu lihat dari pinggir rawa terdapat banyak perahu yang sedang berjajar menunggu giliran ditumpangi.

Pada zaman dahulu, Rawa Pening adalah sebuah pusat penelitian enceng gondok. Penjajah Belanda melakukan penelitian terhadap tanaman ini. Hal ini juga terus berlanjut ketika Indonesia sudah merdeka. Pemerintah terus mengupayakan penelitian mengenai enceng gondok ini.

Nah, penasaran dengan objek wisata Bukit Cinta yang baru. Cobalah mengunjunginya dan nikmati keindahannya yang tidak akan pernah membuat Kamu bosan. Cukup sekian ulasan mengenai objek wisata Bukit Cintanya. Semoga harimu menyenangkan teman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*