Kulineran di Semarang yang Endolita Banget

Para pelancong hadir ke tempat wisata dengan berbagai tema. Ada yang staycation alias cuma rebahan, ada yang wisata edukatif, wisata alam, sampai wisata kuliner yang juga tidak kalah menarik.

Semarang selain dikenal sebagai situs wisata bersejarah ternyata juga memiliki daya tarik kuliner yang luar biasa.

Berikut ini beberapa tempat – tempat dan kuliner paling endeus dan sayang tidak dicoba kalau ke Semarang.

Tahu Gimbal

Sulit rasanya untuk tidak mencicipi Tahu Gimbal kalo sedang ke Semarang. Di tempat – tempat wisata biasanya makanan ini paling sering ditawarkan. Paduan didalamnya seperti pecel tapi ada rasa khas tahu, lontong, kerupuk dan telurnya.

Tahu Gimbal disajikan dengan kuah pecel yang sedikit encer dan tak mantap jika tidak pedas.

Banyak tempat – tempat tahu gimbal enak di Semarang, seperti di depan Masjid Agung Jawa Tengah, Tahu Gimbal Pak Edi, Pak Polo, Pak Man, dan Pak Sentot. Masing – masing punya ciri khas, ada yang kuah pecelnya tumpah – tumpah, tahunya endolita, kremesnya banyak, sajian kerupuk, hingga aroma bawang putih yang kental.

Kampung Pecinaan Semarang

Para pencari wisata kuliner belum mantap kalo belum mengunjungi tempat wisata kuliner terkenal di Semarang, Kampung Pecinaan. Kamu bisa datang di malam hari untuk mendapatkan suasana yang lebih asik dan seru.

Ada sekitar 50-an pedagang yang ada di tempat wisata kuliner ini. Kuliner yang ditawarkan juga sangat variatif. Mulai dari minuman, snack, fast food, tradisional, hingga makanan berat bahkan seafood.

Kamu tinggal pilih mulai dari ujung ke ujung. Disarankan untuk pergi bareng temen – temen dan pesan berbagai jenis untuk dimakan bareng – bareng. Biar kamu bisa makin banyak nyoba.

Soto Bangkong Semarang

Satu lagi makanan legendaris selain Tahu Gimbal yakni Soto Bangkong Semarang. Soto Bangkong adalah soto ayam khas Semarang. Keunikan dari Soto Bangkong salah satunya hadir dari kecap yang diproduksi sendiri.

Selain itu, daging yang digunakan juga bukan daging ayam biasa melainkan ayam kampung yang sudah pasti gurih dan lebih enak. Selain itu, soto ini juga dicampur dengan bihun, toge, tomat, bawang merah, dan bawang putih.

Selain Soto Bangkong yang menjadi highlight utama, kamu juga bisa menikmati makanan ini bersama sate ati, telur, kerang, telur puyuh berkuah semur. Kemudian kamu juga bisa tambahkan tempe dan tahu, atau perkedel.

Bandeng Presto

 Rasanya tidak lengkap jika belum mencicipi dan membawa pulang paket Bandeng Presto dari Semarang. Kalau bicara bandeng Presto, kamu mungkin bisa menemukan puluhan bahkan ratusan toko di sekitar kota Semarang.

Tidak sulit mencari yang enak karena kebanyakan memang sudah endes – endes. Beberapa toko atau warung Bandeng Presto yang enak adalah Bandeng Bonafide, Bandeng Juwana Elrina, Hj, Jum, dan masih banyak lagi.

Jika berkunjung ke kota Semarang, pastikan kamu mencicipi dan mengunjungi tempat – tempat wisata ikonik khusus kuliner disana.

Memanjakan lidah dengan berbagai masakan tradisional dengan harga terjangkau dan view kota Semarang yang indah dan kental dengan sejarah.

Oleh: Gina A.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*