5 Kisah Orang Kaya yang Menginspirasi

Sebagai manusia kita tentunya telah terlahir dengan keunikan dan bakat masing-masing. Ya, tidak semuanya sama karena setiap orang pastilah memiliki beragam kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Sebagai bawaan dari sifat manusia, kita juga pasti memiliki ambisi untuk selalu menjadi yang tebaik walau dengan kekurangan apapun yang melekat pada diri kita masing-masing.

Kita akan selalu berupaya untuk bisa menyenangkan orang lain terutama orang terdekat kita dengan segala apapun yang bisa kita lakukan atau yang kita miliki.

Meskipun demikian, untuk menjadi sempurna tidaklah mesti memaksakan diri kita. Kita bisa meningkatkan potensi dalam diri secara perlahan atau signifikan namun pasti.

Namanya bakat dan talenta itu sendiri pun mustahil untuk bisa tercurahkan apabila tak pernah dikembangkan dan jarang diasah selama hidup. Maka dari itu, disini yang terpenting bukanlah untuk menjadi yang terbaik untuk bisa membuat orang lain terpukau, akan tetapi untuk selalu bisa mengembangkan talenta dan bakat yang kita miliki dalam diri kita supaya hal itu juga bisa membawa dampak yang baik dan cukup besar bagi banyak orang di sekitar kita.

Baca Juga: 13 Tips Rahasia Membangun Bisnis Sampai Sukses

Nah, pada artikel kali ini akan mengangkat banyak kisah orang berhasil di dunia yang sangat menginspiratif banyak orang. Orang-orang tersebut mungkin memiliki sisi kehidupan tersendiri yang sebenarnya jarang orang lain atau publik ketahui.

Memang yang lebih menonjol dari diri mereka adalah segala usaha dan hasil penciptaan mereka akan sesuatu dimana itu sudah sangat berpengaruh bagi dunia dan kehidupan banyak orang hingga kini.

Untuk itulah kini akan dibahas dan dikupas habis segala sisi kehidupan orang berhasil tersebut yang bisa kita jadikan pelajaran untuk kedepannya agar kita pun sebagai manusia yang masih belajar mampu mengikuti jejak keberhasilan orang-orang ini. Berikut Kisah Orang Kaya yang Menginspirasi:

1. Chairul Tanjung

Kisah Orang Kaya yang Menginspirasi pertama adalah dari chairul tanjung. Ya, mungkin sudah cukup banyak yang mengenal beliau ini, dialah Chairul Tanjung. Chairul Tanjung adalah seorang pengusaha sukses di tanah air yang berhasil menggaet banyak pengusaha bermodal lainnya dari seluruh jajaran negri.

Chairul Tanjung sendiri membawa kesuksesannya bukan serta merta karena spontanitas dan cara instan, melainkan dengan segala perjuangan dan usaha jerih payahnya selama ini, khususnya semasa ia masih muda. Berikut adalah penuturan mengenai kisah dari Chairul Tanjung yang cukup menginspirasi dan baik untuk diselami.

Chairul Tanjung lahir dan tumbuh besar di sebuah keluarga yang cukup sederhana sekali. Ya, bahkan saking sederhana dan tidak mampunya, Ia sampai dijuluki dengan julukkan si ‘Anak Singkong’. Itu bukan karena ayah atau ibunya yang berprofesi dan bekerja sebagai tukang singkong akan tetapi pada zaman itu memang orang yang kurang mampu dalam hal material ekonomi akan diberi julukan yang seperti demikian.

Dalam sehari-harinya kegiatan Chairul melingkupi hal yang itu-itu saja. Ia bersekolah di pagi hari lalu ketika pulang Ia langsung membantu ibunya berjualan kayu serta sesekali juga menbantu ayahnya yang bekerja di ladang orang sebagai seorang petani harian. Ya, itu dilakukan Chairul sampai ia sudah beranjak remaja. Saat memasuki dunia pendidikan yang lebih tinggi, yaitu di tingkat SMA, Chairul semakin termotivasi untuk mengejar cita-citanya agar bisa menjadi orang sukses yang memiliki banyak usaha dan memberikan dampak untuk bangsa lewat usaha yang didirikannya.

Baca Juga: Pertimbangan Sebelum Resign, Baca 4 Hal Penting ini!

Karena semakin termotivasinya ia, Chairul pun kemudian membuat konsep ‘iseng’ tentang pembangunan sebuah media dimana memang basic dirinya adalah bidang pertelevisian atau media komunikasi. Pada saat itu Chairul bermimpi agar bisa membangun dan menangani stasiun televisi miliknya sendiri. Singkat cerita, saat mulai beranjak dewasa tepatnya di usia 25 tahun Ia bertolak ke kota Jakarta untuk memulai karirnya di kota besar nan metropolitan itu.

Chairul mungkin amat beruntung karena telah memiliki seorang partner kerja yang cukup bisa ia andalkan dalam mulai membangun bisnisnya. Dari situlah perjalanan karir cemerlang Chairul Tanjung dimulai. Ia secara signifikan mengembangkan konsep stasiun televisi yang pernah ia rancangkan dahulu, lalu kemudian itu di inisiasikan dengan metode bisnis milik partnernya tersebut. Pada akhirnya mereka pun sepakat untuk mulai membangun perusahaan TV Swasta nasional yang bernama Transcorp Media.

Hingga kini pun Transcorp Media sudah semakin berkembang pesat, perusahaan itu juga telah dibagi dua cabang yaitu TransTV Dan Trans7. Memasuki tahun 2010, nama perusahaan milik Chairul Tanjung diubah menjadi Transmedia saja. Kini perusahaan itu sudah banyak mengembangkan inovasinya di pasaran, seperti transmart dan trans studio Bandung.

Berkat kesuksesannya itu dalam membangun usaha TV Swasta, Chairul Tanjung mulai dikenal banyak orang bahkan sampai pada kalangan penting di negri ini. Kisah perjuangan dari kesuksesan Chairul Tanjung dinilai amat berharga dan sangat menginspiratif. Bahkan kisah itu sampai direalisasikan dalam sebuah tulisan dibuku yang di beri judul ‘Chairul Tanjung si Anak Singkong’.

2. Bill Gates

Kisah Orang Kaya yang Menginspirasi selanjutnya berasal dari amerika serikat. Siapa yang tidak mengenal sosok bernama Bill Gates? Ya, jelas memang semua orang di penjuru dunia ini pastilah mengenal Bill Gates. Bill Gates merupakan seorang yang paling berpengaruh bagi dunia ini terutama dalam bidang teknologi digital. Ya, bahkan mungkin banyak yang mengenal Bill Gates sebagai orang paling kaya di dunia.

Namun begitu, kesuksesan yang telah diraihnya ini bukanlah kesuksesan yang instan atau spontan. Sama seperti kisah dari Chairul Tanjung tadi, kisah Bill Gates tak berbeda. Ia memulai usaha besarnya ini dengan perjuangan dan segala jerih payah yang bukan main hebatnya. Berikut adalah penuturan mengenai kisah dari Bill Gates yang cukup menginspirasi dunia dan baik untuk ditilik.

Bill Gates merupakan pria kelahiran Amerika Serikat, Ia lahir dan tumbuh besar disana. Bill Gates memang merupakan seorang pribadi yang handal dan sangat menghargai pendidikan. Ia menempuh pendidikan sampai ke tingkat yang paling tinggi, yaitu kuliah. Ia kuliah dan mengambil jurusan IT atau teknologi handling.

Pada masa mudanya, Bill Gates ini memang cukup sangat berambisi pada penciptaan teknologi atau minimal program komputer. Ia senang melakukan praktek terhadap komputer dan segala perangkatnya. Bill Gates bahkan memang pernah bermimpi untuk bisa membuat program komputer sendiri yang bisa sangat bermanfaat untuk digunakan oleh orang banyak sampai masa depan nanti.

Singkat cerita, dengan segala kemampuan dan bakat pengetahuan yang dikantonginya, Bill Gates ini memulai uji praktek untuk membuat penciptaan program komputer yang dicanangkannya. Ia kemudian berhasil menciptakan sebuah sampel program operasi yang kemudian ia namakan sebagai ‘Microsoft’.

Microsoft itu sendiri diambil dari kata micro yang berarti kecil dan software yang berarti perangkat lunak komputer. Bill Gates mengembangkan sistem perangkat pada Microsoft penciptaannya itu dengan segala teori pengembangan komputer yang telah ia rajai. Setelah semua dirasa sempurna dan bisa beroperasi dengan baik, Bill Gates langsung mengambil langkah pasti untuk segera merilis penciptaannya tersebut.

Hingga kini, Microsoft sudah banyak mengeluarkan beragam inovasi yang memukau. Microsoft telah terdiri dari banyak jenis yang bergantung pada kepentingan penggunaannya. Contohnya adalah seperti Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, dan Mcrosoft Office PowerPoint.

Penemuan Bill Gates tersebut sangat berpengaruh bagi dunia teknologi bahkan sampai sekarang ini. Tak heran bila nama Bill Gates sendiri tercantum dalam daftar orang paling berpengaruh dan orang paling kaya nomor 1 di dunia. Semua keberhasilan yang diraih oleh Bill Gates tersebut memang sangat mengesankan, namun begitu apa yang terpenting adalah bahwa sosok Bill Gates itu sendiri tetap rendah hati dan selalu menanamkan nilai positif terhadap banyak orang.

Ada sebuah kata mutiara yang selalu Bill Gates utarakan dalam setiap kesempatan yaitu ‘Saya lebih suka mencoba dan gagal daripada saya tidak pernah mencoba sama sekali’.

3. Mark Zuckerberg

Di poin yang ketiga Kisah Orang Kaya yang Menginspirasi ada Mark Zuckerberg. Tidak jauh berbeda dari kisah milik Bill Gates, Mark ini juga menapaki karir kesuksesannya dibidang teknologi komputer. Mark adalah seorang pemuda di Amerika Serikat pada saat itu.

Sebagai seorang pemuda atau remaja sekolah, Mark sangat suka bereksperimen dan iseng-iseng membuat suatu konsep terhadap media tertentu, dan disini adalah khususnya dalam bidang komputer dan peramban web. Singkat cerita, Mark Zuckerberg ini mengisahkan bahwa Facebook yang dikembangkannya adalah sebuah buntut dari obrolan santai dirinya dengan teman-teman kuliahnya.

Ia mengatakan bahwa saat itu ia masih sangat muda, sekitar usia 20an, Ia makan santai bersama teman satu gengnya di sebuah resto pizza. Sambil makan, Mark dan teman-temannya itu berbicara mengenai sebuah inovasi untuk menciptakan suatu program web pada komputer yang berguna bagi sosial.

Menariknya dari kisah Mark Zuckerberg ini adalah bahwa sebenarnya ia tak pernah berniat sama sekali untuk membangun sebuah platform media sosial bernama Facebook. Namun diakuinya sesaat setelah percakapan itu berakhir, Ia langsung pulang ke rumahnya dan membuat konsep terkait ide pengembangan program web Facebook yang tadi dibicarakan.

Seiringan dengan segala usaha dan jalan yang telah ia tapaki, Mark Zuckerberg pun berhasil merilis Facebook yang mana pada saat itu sudah amat digilai oleh penduduk dunia. Nama Facebook sendiri dipilih Mark karena memiliki arti sebuah buku yang berisi segala informasi dan identitas seseorang (face) dalam bentuk sebuah akun media sosial.

Sampai sekarang ini Facebook tetap diakui kejayaannya, Mark Zuckerberg sendiri pun masuk dalam daftar orang paling kaya di dunia. Karena keberhasilan dan kesuksesan yang telah Ia raih itu, Mark cukup banyak dikenal dunia karena sejatinya pengguna Facebook memang sudah melingkupi hampir seperempat jiwa di dunia ini.

Meskipun demikian, Mark sebagai pengusaha yang sukses juga telah merangkap sebagai sebuah motivator karena dalam berbagai kesempatan, Mark seringkali diundang untuk memberikan inspirasi bagi anak muda dunia untuk mengembangkan teknologi yang semakin maju di era globalisasi ini.

4. Jack Ma

Kisah Orang Kaya yang Menginspirasi selanjutnya dari negara Tiongkok. Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita sebagai kaum milenial terhadap sosok pengusaha sukses bernama Jack Ma. Ya, Jack Ma merupakan orang berhasil, kaya, dan paling dikenal dan disegani di negara kelahirannya yaitu Tiongkok.

Namun bukan hanya di Tiongkok karena di dunia pun nama Jack Ma sudah cukup populer karena beragam inspirasi dan motivasi yang bersumber dari keberhasilannya selama ini sangat menyita perhatian dunia.

Ya, Jack Ma memang dikenal sebagai pengusaha kaya dan sukses yang teramat sejahtera namun dibalik itu semua ada serpihan kisah hidup yang tak kalah penting untuk diketahui oleh banyak orang. Berikut adalah penuturan mengenai kisah kehidupan dari Jack Ma yang sangat menginspiratif yang layak untuk diselami.

BacaJuga: Ingin memulai Bisnis Startup? Mulai dari Hal berikut

Jack Ma adalah seorang berkewarganegaraan China atau Tiongkok yang merintis karirnya dengan cukup pelik karena di setiap perjalanan yang ia sempat tekuni, banyai sekali penolakan. Ya, pada setiap kesempatan Jack Ma pasti bercerita mengenai kisahnya sebelum mencicipi kesuksesannya kini.

Ia mengatakan bahwa dalam masa perjuangannya itu, Ia sering sekali disangkal dan ditolak karena tidak dipercaya. Misalnya saja pada saat Ia hendak melamar pekerjaan seusai ia menyelesaikan studinya. Banyak perusahaan-perusahaan atau hanya sekedar lapak toko yang ia datangi untuk melamar kerja yang menolaknya. Jack Ma bahkan sampai memperhitungkan bahwa ada hampir 22 perusahaan yang menolaknya untuk bekerja.

Karena pengalaman itulah kemudian karakter dan tekad Jack Ma untuk memulai bisnis atau usahanya sendiri. Pada saat itu ia merasa bahwa dirinya tidak bisa terus-menerus mengharapkan orang lain untuk membangun jalannya kedepan.

Jack Ma termotivasi untuk membangun sendiri usaha dengan segala modal yang ia miliki. Singkat cerita, ketertarikan serta keseriusan seorang Jack Ma pada suatu hal yang mengarah pada saham dan bisnis membuat Jack Ma kemudian mantap meniti karirnya sebagai pengusaha yang memiliki bayak cabang. Perusahaan yang ia handle saat ini bernama ‘Alibaba’. Perusahaan milik Jack Ma itu memegang saham tertinggi di dunia dengan basis yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Perusahaan Alibaba itu juga sudah banyak menggaet dan menggandeng beberapa perusahaan terkait di dunia. Yang lucunya adalah bahwa ternyata perusahaan yang dulunya pernah menolak Jack Ma untuk bekerja termasuk dalam jajaran bawahannya untuk pengendalian saham yang mana sangat bergantung pada eksistensi Alibaba milik Jack Ma itu sendiri.

Meskipun demikian, Jack Ma tetaplah Jack Ma yang dulu yaitu Jack Ma yang rendah hati dan pekerja keras. Motivasi begitu besar dan tekadnya bulat untuk menjadi orang berhasil serta sukses dalam karir. Bagi dunia perekonimian, sosok Jack Ma dengan usaha andalannya ‘Alibaba’ adalah puncak paling penting dan utama. Sungguh luar biasa, bukan? Ya, jelas saja.

Jack Ma kini bahkan bukan hanya seorang pengusaha sukses di dunia, karena Ia juga aktif dalam beberapa organisasi yang melibatkan hubungan antar negara. Tak jarang apabila ada beberapa event ataupun bencana global, Jack Ma ikut mendonasikan harta kekayaannya. Jack Ma dikenal juga sebagai seorang inspirator dan motivator yang memiliki segudang kata mutiara.

5. JK Rowling

Kisah Orang Kaya yang Menginspirasi yang terakhir adalah penulis terkenal. Ketika mendengar buku fiksi bergenre fantasi yang berjudul ‘Harry Potter’ pasti pikiran kita akan tertuju pada penulisnya, yaitu JK Rowling. Ya, JK Rowling merupakan seorang penulis asal Amerika Serikat yang melahirkan buku berjudul ‘Harry Potter’ yang sangat populer sepanjang era ini.

Akan tetapi sama seperti poin-poin diatas, kisah kesuksesan dari sosok JK Rowling ini juga sempat mengalami fase jatuh bangun yang cukup pelik. Berikut adalah penuturan mengenai kisah perjuangan kesuksesan dari JK Rowling yang sangat menginspiratif dan layak untuk ditelusuri.

Persis seperti Jack Ma, JK Rowling dalam menempuh karirnya juga cukup banyak mengalami penolakan. Namun mungkin yang membuat perbedaan disini adalah bahwa penolakan yang dialami oleh JK Rowling adalah memacu pada hasil karya yang telah dibuatnya.

Ya, JK Rowling pada masa mudanya adalah seorang penulis yang cukup giat menghasilkan ciptaan yang mentah-mentah berdasarkan imajinasinya sendiri. Namun sayang, sejak awal selesai menuliskan buku pertamanya, tulisan JK Rowling selalu ditolak oleh berbagai perusahaan penerbit. Oleh karenanya, JK Rowling mengakui sempat mengalami depresi dan stress yang teramat dalam.

Bertepatan pada masa-masa ketika ia baru menikah pun Ia harus menelan pil pahit ketika ibu tercintanya meninggal. Tidak berselang lama, JK Rowling semakin dibuat frustasi karena terjadinya perceraian antara dirinya dengan sang suami. Di usia 23 tahun, JK Rowling bahkan mengaku pernah hampir mencoba untuk melakukan aksi bunuh diri. Namun niat itu dikurungkannya karena Ia memiliki motivasi untuk kembali menulis. Sejak saat itu, JK Rowling mulai menulis lagi dengan menuangkan segala perenungan dan semua imajinasi yang ada dikepalanya.

Beberapa tahun kemudian setelah selesai dengan karir menulisnya, JK Rowling mencoba menawarkan tulisannya yang sudah dibukukkan yang ia beri judul ‘Harry Potter’. Siapa sangka, tulisan fantasi gilanya itu diterima oleh perusahaan penerbit impiannya selama ini. Setelah buku itu mulai dipasarkan, itu menjadi sangat populer dan langsung dicetak dalam setiap terjemahan bahasa.

Bahkan hingga waktu perilisannya, buku berjudul ‘Harry Potter’ itu sudah terjual hampir 38 juta kopi. JK Rowling sungguh mendapatkan keuntungan yang luar biasa, selain itu namanya juga mulai populer dan dikenal sebagai penulis paling berjaya pada masanya.

Harry Potter ciptaan JK Rowling itu semakin populer dan meledak ketika buku itu dijadikan film dengan judul yang sama dan season atau part yang semakin meningkat. Ya, sungguh perjalanan karir yang luar biasa dari sosok JK Rowling. Ia sampai kini masih aktif menulis, baginya dengan menulis is bisa kembali menemukan hidupnya. JK Rowling saat ini juga menjadi motivator wanita paling berpengaruh di dunia.

Itu dia 5 kisah orang kaya yang paling menginspiratif. Intinya adalah bahwa segala kesuksesan yang telah mereka rasakan kini adalah bentuk tuaian dari apa yang telah mereka tabur sebelumnya.

Sejatinya, kesuksesan pun tak akan pernah menemukan jalannnya apabila tidak melalui kegagalan dan jatuh bangun. Semoga bermanfaat.

Oleh: Meylisia H.S.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*