Ketep Pass Merupakan Kawasan Wisata

Ketep Pass, Merupakan Kawasan Wisata yang ada di Gunung Merapi, Magelang, Jawa Tengah

Gunung Merapi. Siapa yang tak kenal nama gunung ini, gunung yang selalu menjadi perbincangan publik karena sering aktif dalam kurun waktu beberapa tahun sekali. Selain itu sejarah, misteri dan cerita-cerita yang menyelimuti Gunung Merapi selalu menjadi pembahasan menarik.

Berkunjung ke kaki Merapi di perbatasan Boyolali-Magelang, wisatawan bisa lebih mengetahui seputar kegunung apian, tepatnya di obyek wisata Ketep Pass. Ketep Pass adalah tempat wisata alam sekaligus wisata edukasi yang mengedepankan fasilitas-fasilitas untuk mempelajari kegunung apian, khususnya gunung merapi.

Obyek wisata yang diresmikan pada 17 Oktober 2002 ini menawarkan sebuah pengalaman melihat panorama Merapi dari dekat sekaligus mempelajari segala seluk beluk dari Gunung Merapi.

Lokasi Ketep Pass

Berada di ketinggian kurang lebih 1200 meter, secara administratif obyek wisata Ketep Pass berlokasi di Desa Sawangan, Magelang. Udara sejuk ala daerah pegunungan langsung terasa jika berkunjung ke tempat ini.


 

Letaknya yang di ketinggian, memungkinkan pengunjung untuk melihat hijaunya pemandangan alam nan elok di kaki gunung Merapi. Spesialnya lagi Jika sedang cerah, 4 Gunung Besar dan barisan gunung-gunung kecil di Jawa Tengah akan terlihat.

Pesona gunung Merbabu, Merapi, Sumbing, Sindoro, Slamet, Prau, Andong dan Telomoyo akan terlihat sangat megah dan mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Kegiatan di Ketep Pass

Bagi yang datang ke Ketep Pass untuk menikmati pemandangan alam atau sekedar bersantai. Area gardu pandang di Ketep Pass bisa menjadi pilihan tepat bagi pengunjung. Di area tersebut selain tersedia bangunan tinggi untuk mengamati Gunung Merapi, tersedia juga fasilitas penunjang seperti teropong ataupun meja dan kursi untuk bersantai.

Bagi yang ingin menggunakan teropong harus menggunakan koin yang bisa dibeli di loket yang tersedia. Untuk dapat melihat Gunung Merapi secara maksimal, waktu yang tepat adalah saat cuaca cerah dan gunung sedang tidak tertutup kabut.

Sedangkan bagi yang ingin belajar banyak seputar Gunung Merapi, pengunjung bisa masuk ke lokasi Museum Vulkanologi dan Volcano theater. Berbagai hal seputar Gunung Merapi dipamerkan di museum ini. Baru masuk pengunjung akan disuguhi diorama Gunung Merapi secara mendetail, lengkap dengan daerah-daerah di kaki gunungnya.

Selain itu benda-benda yang dikeluarkan Gunung Merapi saat terjadi letusan pun juga dipamerkan di Museum Vulkanologi. Di bagian tengah museum, kumpulan foto Gunung Merapi dari masa ke masa di susun rapi dalam sebuah bingkai. Di sini pengunjung bisa melihat perubahan yang terjadi dari Gunung Merapi akibat berbagai letusan yang sudah terjadi di masa lalu.

Selesai berkeliling museum, pengunjung bisa melanjutkan eksplorasi menuju ke Volcano Theatre. Dengan tiket masuk Rp. 8.000, pengunjung akan diputarkan film atau rekaman dari Letusan Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 2010.

Guguran Lahar, kepanikan penduduk, mencekamnya saat situasi letusan terjadi dan mengerikannya asap “Wedhus Gembel” yang dikeluarkan oleh Gunung Merapi tergambar jelas dalam film yang berdurasi kurang lebih setengah jam ini.

 Berkuliner di Ketep Pass

Barisan Kuliner khas ala pegunungan juga bisa ditemukan di area komplek wisata Ketep Pass. Yang spesial di tempat ini adalah Jagung bakar manisnya yagng hampir tersedia di setiap warung yang ada. Selain itu berbagai menu lainnya juga ada, mulai dari mie rebus atau goreng, ayam goreng, nasi goreng gorengan dan berbagai minuman hangat.

Bersantai menikmati pemandangan khas pegunungan sambil menyantap berbagai kuliner lezat bersama orang-orang tersayang akan menjadi momen indah yang tak terlupakan.

oleh: lutfi tw


 

You May Also Like

About the Author: Insfira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *