Kebun Teh Kaligua (wisata agro) Pandansari

Agro Wisata Kaligua: Tempat Mengenang Sejarah Sambil Menikmati Keindahan Alam Kebun Teh

Satu lagi dari Brebes, ialah Agro wisata Kaligua, ada yang pernah ke sini? Wisata ini sering di kunjungi oleh banyak orang, baik dari warga sekitar, ataupun dari luar daerah.

Agro wisata Kaligua, merupakan salah satu tempat obyek wisata yang menggabungkan antara gua Jepang, di mana tempat tersebut dijadikan sebagai salah satu penjara untuk bangsa Indonesia dari jajahan Jepang, dan juga di sebelahnya adalah kebun the asli,

Agro wisata ini terletak di Desan Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes Jawa tengah. Agrowisata ini memiliki beberapa fasilitas, di antaranya ada taman bermain untuk anak, lalu ada Tuk bening, di mana air di sana berasal dari mata air yang jernih bersumber dari lereng gunung Slamet.

Kalian juga bisa menjelajah Gua Jepang yang menjadi salah satu daya tarik tempat ini. Meski sudah ada beberapa yang di renovasi, nyatanya tempat ini masih banyak di kunjungi hanya sekedar untuk menambah ilmu pengetahuan tentang sejarah Indonesia, dan sebagainya.


 

Kebun teh yang ada di tempat ini, memiliki lahan sampai dengan 600 hektar, dan ketinggian dari tempat ini sekitar lebih dari 2000 mdpl dengan suhu sampai dengan 20 derajat celcius, tapi akan berbeda jika kalian ke tempat ini di musim hujan seperti ini. Biasanya suhu dari tempat tersebut akan semakin turun hingga sampai 4 derajat celcius.

Untuk spot-spot fotonya sendiri, kalian bisa memanfaatkan kebun teh sebagai background dari foto kalian, atau tuk bening yang bisa menjadi obyek background foto kalian. Untuk Goa Jepangnya sendiri, dulu boleh memfoto beberapa bagian tempat di dalamnya, namun untuk sekarang mungkin sudah tidak diperbolehkan.

Selain itu, di tempat Agro wisata tersebut juga memiliki warung kopi yang bisa menetralkan kalian dari suhu dinging di sana, apalagi jika kalian pergi ke tempat ini disaat musim hujan. Kalian bisa sambil menikmati kopi yang ditemani gorengan hangat dengan harga yang cukup terjangkau.

Oiya, untuk ke tempat ini sebenarnya kalian boleh ke sini saat hujan, namun karena medan yang cukup sulit dan membutuhkan kehati-hatian yang cukup ekstra, makanya disarankan untuk pikir kembali jika kalian ingin ke tempat ini saat musim hujan.

Untuk harga tiket masuknya, mereka mematok sampai dengan 15 ribu untuk satu orangnya, itu belum termasuk dengan harga tiket parkir untuk kendaraan yang kamu bawa untuk ke sana. Biasanya mereka mematok harga tiket parkir sekitar 5000 sampai dengan 10.000 untuk satu kendaraan pribadi, entah itu kendaraan roda empat maupun roda dua.

Untuk ke tempat ini, jika kalian dari luar kota, kalian harus menggunakan transportasi kereta api untuk sampai ke daerah Bumiayu. Lalu jika sudah, kalian bisa menggunakan angkot untuk sampai ke tempat tujuan. Cukup mengatakan tujuan ke Agro wisata Kaligua, maka sopir-sopir angkot tersebut akan mengantarkan kalian ke tempat tersebut, meski hanya di depannya saja.

Atau jika kalian ingin menggunakan kendaraan pribadi, kalian bisa menggunakan rute dari Purwokerto, lalu ikuti jalan menuju Bumiayu. Rata-rata untuk sampai ke Bumiayu jika dari Purwokerto hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30-1 jam perjalanan.

Atau jika kalian bingung, kalian bisa menggunakan google maps untuk rute perjalanannya. Semoga menjadi referensi kalian untuk next destinasi wisata selanjutnya.

oleh: A. Maesaroh


 

You May Also Like

About the Author: Insfira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *