Kain Batik Murah di Pasar Klewer

Berburu Kain Batik Murah di Pasar Klewer Solo

Kota Solo sejak jaman dahulu sudah dikenal dengan sebutan sebagai Kota Batik bersama dengan Jogjakarta dan juga Pekalongan. Maka banyak anggapan pula yang mengatakan bahwa tak lengkap rasanya melancong ke kota Solo tanpa membawa oleh-oleh batik. Selain kuliner, kreasi batik Solo menjadi daya tarik sendiri bagi kota yang memilik sebutan kota bengawan ini.

Jika berkunjung ke Solo, Banyak titik yang bisa dituju untuk bisa mendapatkan batik, mulai dari kain ataupun yang sudah jadi. Salah satu yang paling terkenal dan dianggap menjadi pusat batik di Kota Solo adalah kawasan Pasar Klewer.

Seputar Pasar Klewer

Pasar Klewer adalah pasar tekstil di Kota Solo yang terletak berdampingan dengan Kraton Kasunanan Surakarta. Nama Klewer sendiri diberikan karena pada awal mula pasar ini ada, kain batik yang dijual diletakkan menjuntai atau dalam bahasa jawa artinya kleweran.

Namun setelah kebakaran hebat yang pernah melanda pasar ini, maka setelah itu kain-kain yang dipajang tidak lagi menjuntai, melainkan di display layaknya pasar-pasar modern.


 

Berbagai model kain batik dengan beragam motif bisa pengunjung temukan disini. suasana ramah pun terjalin karena penjual yang ada di Pasar Klewer ini terkenal sangatlah ramah kepada setiap calon pembeli yang datang.

Selain itu di pasar klewer juga menyediakan berbagai tingkatan kualitas kain batik, sehingga pengunjung bisa memilih kain sesuai kebutuhan dan menyesuaikan dengan isi kantong.

Pasar yang total mempunyai 1.944 daan terbagi dalam tiga lantai ini tidak pernah sepi dari kunjungan para pelancong setiap harinya. Apalagi ketika masuk akhir pekan atau hari libur, Pasar ini akan nampak semakin sibuk dan ramai.

Selain karena koleksinya yang sangat lengkap, harga yang ditawarkan pun juga sangat murah. Untuk satu kain batik permeternya bisa dijual mulai dari harga 25.000 rupiah. Sedangkan untuk baju yang sudah jadi, dijual mulai dari 25.000-30.000 untuk kualitas paling rendah.

Ada Apa saja di Pasar Klewer

Sebagai salah satu pusat pasar tekstil di kota Solo, Pasar Klewer tak hanya menyediakan koleksi kain batik saja. Berbagai kebutuhan fashion mulai dari atas sampai bawah tersedia di sini, dan tentu saja dengan harga grosir. Maka dari itu tak heran di pasar Klewer ini banyak pembeli dari berbagai kota sekitar yang membeli dalam jumlah banyak untuk nantinya dijual kembali.

Letaknya yang masih berada di sekitar lingkungan keraton, membuat pengunjung bisa sekaligus berwisata ke Keraton Solo dan mampir ke Masjid Agung Solo. Tempatnya yang memiliki nilai historis tinggi bisa digunakan pengunjung untuk sedikit belajar tentang sejarah Keraton Solo dan benda-benda peninggalannya yang masih tersimpan rapi.

Berkuliner di Pasar Klewer

Di lantai 3 Pasar Klewer terdapat semacam foodcourt yang menjajakan berbagai menu makanan. Uniknya, kebanyakan makanan yang dijual adalah jajanan tradisional khas solo. Disini pengunjung bisa mencoba lezatnya timlo solo, menyeruput kesegaran dawet telasih ataupun ngemil jajanan-jajanan pasar tradisional seperti gethuk, onde-onde, apem, serabi dan masih banyak lagi.

Selain di dalam pasar, aneka jajanan lain pun bisa juga ditemukan di area luar sekitar Pasar Klewer. Jajanan kaki lima dengan rasa yang menggugah selera siap disantap setelah lelah keliling berbelanja.

  Lokasi Pasar Klewer dan Jam Operasional

Pasar Klewer berlokasi di jalan Dr. Radjiman, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. Letaknya mudah sekali ditemukan, karena berada di pusat kota. Pasar Klewer buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

oleh: Lutfi Tw


 

You May Also Like

About the Author: Insfira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *