Jenis Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori

Jenis Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori: Banyak hal yang bisa dilakukan agar mendapatkan tubuh yang ideal. Salah satunya dengan diet dan olahraga.

Diet dan olahraga merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Setelah kita mengatur dan menjaga pola makan, kita juga disarankan untuk melakukan berbagai aktivitas fisik, salah satunya berolahraga. Selain menyehatkan, olahraga memiliki banyak sekali manfaat.

Namun sayangnya, ketika kita ingin melakukan penurunan berat badan, sebagian orang mengeluh bahwa transformasi itu susah. Iya tentu saja, karena jika transformasi itu mudah, semua orang akan memiliki badan yang bagus. Sudah dan mudah itu relatif.

Seringkali masalahnya bukan susah sebenarnya, tapi karena kita kurang bersabar menjalaninya. Kita sangat membutuhkan sabar dan konsistensi, menambah pengetahuan dan level diri. Bayangkan saja kita menimbun lemak ditubuh tidak hanya sehari dua hari, bisa berbulan – bulan bahkan bertahun tahun.

Baca Juga: Ulasan Apple Watch: Berolahraga dengan Gaya

Maka untuk menurunkannya pun kita memerlukan waktu yang tidak singkat, itulah mengapa sabar dan konsistensi sangat penting. Setiap sesuatu punya harga yang harus dibayarkan. Dan transformasi tubuh punya harga yang tidak sembarangan.

Sebab harga yang dibayarkan sama dengan yang didapatkan. Mulailah bangun kebiasaan baik satu per satu, mulai dari cukup air, olahraga 5 menit lalu naikan durasi level olahragamu ke level selanjutnya.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran serta kesehatan adalah berolahraga. Cara ini juga dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan tubuh yang ideal.

Pilihlah jenis olahraga yang bisa menunjang tujuan yang hendak dicapai oleh seseorang. Hampir semua olahraga yang dilakukan bisa berdampak terhadap terbakarnya kalori di dalam tubuh yang tentunya dapat membantu proses penurunan berat badan.

Hanya saja beberapa olahraga tertentu memiliki dampak yang lebih besar dalam membakar kalori sehingga berdampak pada turunnya berat badan. Berikut beberapa olahraga yang bisa membakar kalori dengan cepat dan efektif (Jenis Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori ):

Fitness

Fitness dalam Bahasa Inggris berarti “kebugaran”, suatu aktivitas yang mampu membuat orang menjadi lebih bugar dangan olahraga latihan angkat beban. Biasanya orang melakukan fitness di tempat Gym. Tempat Gym sekarang sudah menjamur di berbagai daerah, baik di kota – kota besar maupun kota kecil.

Fitness bukan lagi sekedar lifestyle namun suatu hobi bahkan kebutuhan tersendiri untuk tubuh. Ketika kita ingin melakuakn angkat beban, sering sekali kita di doktrin untuk melakukan olahraga cardio saja. Bahkan banyak orang beranggapan bahwa olahraga angkat beban bisa membuat tubuhmu semakin besar.

Baca Juga: Mitos-mitos Seputar Menurunkan Berat Badan (Diet)

Cardio atau latihan beban sama – sama bagusnya, tergantung target kamu apa. Kalau targetnya ingin meningkatkan kemampuan cardiovascular atau ikut event running, maka fokusnya ke cardio baru strength training.

Tapi kalua targetnya adalah meningkatkan kekuatan, fat loss, muscle gain maka fokus nya ke latihan beban dulu baru cardio. Oleh sebab itu jika kamu ingin menurunkan berat badan, maka fitness adalah olahraga yang tepat.

Namun ada perbedaan disini antara fat loss dan weight loss. Fat loss adalah kehilangan massa lemak sembil mempertahankan massa otot, sedangkan weight loss atau turun berat bedan adalah turunnya komponen tubuh kita, bisa air, lemak tubuh dan massa otot. Dalam studi yang dilakukan Wake Forest University, meneliti 249 orang dewasa overweight selama 18 bulan. Lalu mereka dibagi menjadi 3 grup anatra cardio, latihan beban dan diet saja.

Tentunya semua dalam kalori defisit. Latihan beban banyak menurunkan lemak tubuh serta akan sedikit kehilangan massa otot. Tentunya ini prinsip dasar fat loss.

Yang paling penting disini adalah bagaimana kamu mengatur dietmu dalam kondisi kalori defisit, menemukan program latiahn yang pass dan tentunya dilakukan secara konsisten. Olahraga angkat beban tidak hanya baik untuk fat loss, masih banyak manfaat dari angkat beban, yaitu:

Memiliki umur lebih panjang

Menurut penelitian universitas Tufs, ada korelasi positif antara masa otot dengan harapan hifup.. Selain itu juga bisa mencegah sarcopenia (kehilangan otot karena usia tua) yang bisa hilang sampai 50% mulai usia 20 tahun sampai 50 tahun.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Dalam jurnal Wescott mengemukakan bahwa semakin banyak otot yang kamu miliki, semakin tinggi harapan hidup seseorang.

Meningkatkan sensitivitas insilun

Studi dari Van Der Heijden dalam Medical Science Sport Exercise mengemukakan bahwa ketika massa otot naik, maka sensitivitas hepatic insulin meningkat. Ini berarti juga bisa mengurangi resiko diabetes.

Lebih keren

Tentu saja ketika kamu memiliki otot, kamu akan kelihatan lebih keren. Karena yang membuat badan terlihat kencang itu ya otot. Yang punya lekuk tubuh juga otot. Makannya, jika ada yang ingin punya badan kencang kelihatan bentuknya tapi takut memiliki otot itu seperti lapar tapi takut makan.

Membakar Kalori dengan Crossfit

Crossfit menggabujng latihan anaerobik dan aerobik (senam, angkat beban dan latihan lainnya). Dalam metode crossfit, gerakan – gerakan yang dilakukan bersifat fungsional dan dilakukan dengan intensitas tinggi.

Tujuannya adalah meningkatkan kekuatan otot, jantung dan fleksibilitas tubuh. Sekilas olahraga ini mirip dengan fitness, karena sama – sama mengangkat beban. Numun ternyata crossfit berbeda dengan fitness.

Gerakan pada crossfit lebih fungsional, yaitu gerakan yang sering dilakukan sehari – hari sepert squat, tarik, dorong, lari, lempar. Sedangkan pada fitness gerakannya lebih pada pembentukan tubuh seperti punggung, kaki dan perut.

Jenis latihan olahraga crossfit ini dianggap rentan menyebabkan cidera. Disarankan bagi para penggiat olahraga ini untuk lebih memperhatikan kondisi tubuh dan belajar teknik gerakan dengan lebih baik agar terhindar dari cidera.

Membakar Kalori dengan Lari

Olahraga lari merupakan olahraga yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Jika kamu tidak memiliki waktu pergi ke pusat kebugaraan, olahraga lari dapat menjadi alternatif untuk berolahraga.

Lari dengan tempo yang cepat menjadi salah satu solusi untuk kamu yang memiliki berat badan berlebihan (obesitas). Olahraga lari memiliki sugadang manfaat, seperti:

Menurunkan berat badan

Olahraga dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan berlari tubuh akan membakar kalori di dalam tubuh. Lari juga dapat memperkuat otot dan sendi bagian kaki. Lari berdampak positif pada tubuh karena dapat menurunkan kolesterol dan memperbaiki metabolisme tubuh. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada pengurangan berat badan.

BacaJuga: Alasan Kenapa Diet Selalu Gagal? (Penyebab Orang Gagal Diet)

Menjaga kesehatan jantung

Ketika kamu berlari, detak jantung akan berdegup lebih kencang dari biasanya. Hal ini merupakan tanda bahwa jantung sedang dilatih agar lebih kuat. Sebuah studi mengungkapkan bahwa berlari dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang tentunya akan menyehatkan jantung.

Meredakan stress dan memperbaiki mood

Jika kamu terbiasa lari di atas treadmil, cobalah untuk lari di tempat terbuka seperti lapangan, taman atau pinggiran jalan pada pagi hari. Dengan berlari pada tempat terbuka akan membuat pikiranmu segar kembali, tentu saja ini dapat meredakan stress dan memperbaiki mood. Sebuah hormone bernama endorfin berpengaruh pada tingkat mood/sress. Hormon endorfin memiliki efek mengurangi rasa sakit, termasuk stress dan depresi dan memicu perasaan senang dan bahagia.

Membakar Kalori dengan HIIT

HIIT (High Intensity Interval Training) adalah salah satu olahraga cardio dengan intensitas tinggi yang dilakukan dalam waktu singkat, yaitu sekitar 10 – 20 menit. HiT dipercaya sebagai salah satu metode yang paling efektif. Bagi kamu yang tidak memiliki waktu banyak pergi ke tempat kebugaran atau melakukan olahraga lari dengan intensitas yang lama, kamu perlu mencoba olahraga ini.

Membakar Kalori dengan Boxing

Latihan tinju melibatkan semua anggota tubuh seperti lengan, bahu, tangan, kaki dan pinggang. Itulah mengapa olaharga tinju ini sangat bagus untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, karena saat kamu melakukan olahraga ini seluruh badan ikut bergerak yang tentunya bermanfaat dalam pembakaran lemak yang lebih efisien.

Membakar Kalori dengan Bersepeda

Bersepeda adalah sebuah rekreasi atau olahraga yang menggunakan fungsi kaki untuk mengayuh sepeda. Sepeda adalah olahraga yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak – anak hingga orang dewasa.

Selain itu bersepeda adalah olahraga yang menyehatkan, menyenangkan dan bagus untuk lingkungan karena tidak mencemari lingkungan. Adapun manfaat dari bersepeda adalah:

Menurunkan berat badan

Bersepeda sangat bermanfaat dalam membantu penurunan berat badan. Lakukanlah olahraga bersepeda minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi waktu yang cukup lama, minimal 1 jam setiap kali bersepeda. Jika kamu melakukannya secara rutin dan menjaga pola makan, maka tubuh yang ideal bukan lagi mimpi.

Mengencangkan otot

Ketika kita melakukan olahraga bersepeda, kita melibatkan otot kaki saat mengayuh. Dari kegiatan tersebut, otomatis memperkuat otot – otot kaki. Selain itu tidak, bersepeda juga membantu mengencangkan seluruh otot.

Menjaga kesehatan jantung

Bersepeda lah minimal 20 menit setiap hari untuk mengontrol detak jantung, mencegah risiko mudah lelah dan mencegah obesitas.

Baca Juga: Mitos-mitos Seputar Menurunkan Berat Badan (Diet)

Membakar Kalori dengan Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yeng efektif membakar kalori dengan tujuan menurunkan berat badan. Olahraga ini juga akan menjaga kadar gula darah tetap terkontrol, sebab berenang meningkatkan sensitivitas insulin.

Membakar Kalori dengan Aerobik

Aerobik merupakan salah satu olahraga cardio, yaitu olahraga yang membutuhkan oksigen untuk dikirim ke bagian otot yang bekerja. Aerobik mampu membantu proros penurunan berat badan dengan membakar kalori yang berlebih di dalam tubuh.

Membakar Kalori dengan Zumba

Zumba adalah latihan kebugaran asal Kolombia yang gerakannya memadukan aerobik dengan gerakan tarian lain seperti samba, salsa dan hip hop yang diiringi paduan musik Latin. Gerakan pada zumba menyeluruh dari atas sampai bawah bagian tubuh sehingga latihan kebugaran yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Membakar Kalori dengan Yoga

Yoga mungkin bisa disebut sebagai olahraga karena menyangkut oleh tubuh (pernapasan, fleksibilitas, dan kekuatan tubuh) dan pikiran (mental). Pembakaran kalori dari yoga mungkin masih dibawah olahraga jenis lain, tapi yoga memiliki konsep berbeda.

Tak hanya melalui pembakaran kalori dalam setiap gerakannya, yoga juga dapat mendorong seseorang untuk lebih sadar dan fokus dalam menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Yoga dapat membantu menekan nafsu makan, mengatasi stress, serta membuat tidur lebih nyenyak.

Demikian “Jenis Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori ” semoga bermanfaat. Salam.

Oleh: Arinda DS.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*