Jenis Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Panting - sumber: fahrudin parigi

Alat musik tradisional, merupakan bagian dari cirikhas/identitas dari suatu daerah setiap provinsi di Indonesia.

Musik tradisional biasanya digunakan untuk mengiringi kesenian daerah atau ritual masyarakat setiap daerahnya di Indonesia.

Kalimantan Selatan, memiliki berbagai macam alat musik tradisional yang beraneka ragam dan unik-unik.

Mau tahu seperti apa jenis-jenis musik tradisional yang ada di Kalimantan Selatan? Ayo disimak baik-baik dalam artikel ini.

Panting

Alat musik ini berbentuk menyerupai gambus dan biasanya dimainkan dengan cara dipetik.

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan Panting – sumber: fahrudin parigi

Awal mulanya alat musik ini dimainkan secara solo/perorangan, namun seiring perkembangan zaman alat musik ini dimainkan bersama instrumen lainnya, seperti biola, babun, gong, suling, dan sebagainya.

Alat musik panting digunakan untuk mengiringi berbagai macam tarian, seperti Tari Japin dan resepsi pernikahan adat Banjar.

Gamelan Banjar

Gamelan Banjar adalah seni musik tradisional berupa karawitan dengan seperangkat gamelan. Di Kalimantan Selatan, alat musik gamelan banjar terbagi menjadi 2 (dua) macam, yaitu versi keraton dan versi rakyatan.

Gamelan Banjar versi keraton sudah sangat langka sekali sedangkan versi rakyatan masih eksis sampai saat ini. Instrumen Gamelan Banjar biasanya dipakai untuk mengiringi berbagai macam tarian, seperti Tari Baksa Kembang, Tari Kuda Gepang, Wayang Gung, Wayang Kulit Banjar, dan sebagai pengiring upacara adat masyarakat suku Dayak Balangan.

Kalampat

Alat musik Kalampat menyerupai seperti gendang berkepala tunggal, dimainkan dengan cara dipukul dengan pemukul yang terbuat dari rotan. Biasanya alat musik ini dipakai sebagai pengiring berbagai macam upacara masyarakat adat Dayak Meratus, seperti upacara Aruh Bawanang (panen padi), Babalian (Pengobatan), dan upacara lainnya.

Kurung-Kurung

Alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang satu ini tergolong unik, karena cara membunyikannya hanya dengan menghentakkan terlebih dahulu ke tanah dan menghasilkan suara yang berbeda satu dengan yang lainnya. Biasanya alat musik ini dimainkan secara berkelompok dan digunakan sebagai alat musik untuk mengiringi kegiatan upacara adat dan menyambut tamu/pejabat penting.

Terbang Madihin

Tahukah anda dengan almarhum John Tralala? Pasti kalian belum ada yang tahu kan, beliau adalah salah satu pemain Madihin (seni berpuisi/berpantun khas Banjar) yang begitu terkenal di Kalimantan Selatan. Tetapi sudah ada yang tahu belum apa nama musik pengiring madihin? jawabannya yaitu Terbang Madihin.

Terbang Madihin memiliki badan yang berbentuk mengerucut ke bawah, dibuat dari kulit kambing yang sudah dikeringkan. Kulit kambing kemudian diberi kerangka kayu dengan garis tengah +30 cm dan bagian bawahnya berukuran +25 cm dengan jenis kayu yang dipakai dipilih dari jenis kayu yang cukup liat/keras.

Serunai Banjar

Serunai Banjar biasanya dimainkan sebagai musik pengiring acara Bakuntau atau yang lebih dikenal dengan seni bela diri khas Banjar.

Kuriding

“Ampat si ampat lima kaka ay, kuriding patah,

Patah sabilah, patah sabilah dihiga lawang”

Pasti banyak sobat yang belum tahu arti dari kuriding pada kutipan lirik salah satu lagu daerah Kalimantan Selatan.

Kuriding merupakan sebuah alat musik khas Banjar yang cara memainkannya mirip dengan Genggong karena dimainkan dengan ditempelkan ke bibir sambil menarik gagang tali getar agar menghasilkan bunyi, saat ini keberadaan alat musik Kuriding sudah sangat langka di Kalimantan Selatan karena semakin sedikit peminat yang ingin belajar dan menguasai alat musik tradisional ini.

Kintung

Alat musik ini terbuat dari paring (bambu) dan terdiri dari 7 ruas bambu yang memiliki ukuran masing-masing sebagai penentu nada tinggi dan rendah.

Bentuk alat musik ini menyerupai angklung dan berasal dari daerah Sungai Alat, Astambul dan Bincau (Martapura) Kabupaten Banjar.

Sebenarnya sih masih banyak lagi alat-alat musik tradisional Banjar yang keberadaannya saat ini sangat jarang kita temukan, namun sepertinya gak cukup waktunya kalau kita bahas lebih lanjut, jadi sampai disini dulu artikel tentang jenis-jenis alat musik tradisional di Kalimantan Selatan.

Semoga menambah wawasan bagi sobat semuanya.

oleh: halimnegara

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*