Inilah Sejarah dan Juga Keunikan Dari Lawang Sewu

Berbicara tentang Kota Semarang, pasti identik dengan Lawang Sewu.

Lawang Sewu merupakan bangunan dengan gaya Eropa, dan tempat wisata satu ini sangat terkenal di Semarang.

Apa itu Lawang Sewu? Dan apa uniknya Lawang Sewu? Berikut informasinya.

Lawang Sewu dan Sejarahnya

Lawang Sewu merupakan sebuah kata yang diambil dari bahasa Jawa, yakni Seribu Pintu. Walaupun pintu disini  tidak sampai seribu buah, masyarakat di Semarang menyebut Lawang Sewu karena pintu disini sangat banyak. Jendela dan juga ornamen khas Eropa, tersaji di Lawang Sewu.

Lawang Sewu sendiri sudah ada sejak tahun 1907, dan dahulu tempat ini merupakan kantor Nederlands Indische Spporweg Maatschappij (NIS) . NIS ini adalah cikal bakal PT Kereta Api Indonesia, dan NIS telah membangun beberapa stasiun dan rel kereta di Semarang.

Setelah Belanda tidak lagi menjajah Indonesia, Gedung NIS atau Lawang Sewu sebagai tempat pertempuran dengan Jepang.  Kini Lawang Sewu menjadi sebuah bangunan sejarah, dan menjadi tempat wisata favorit di Semarang.

Hal Yang Bisa Anda Lakukan di Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan tempat wisata menarik di Semarang, dan beberapa hal bisa anda lakukan di Lawang Sewu. Apa saja itu?  Berikut adalah informasinya.

Melihat Museum Kereta Api

PT Kereta Api Indonesia (KAI) merestorasi Lawang Sewu pada tahun 2009, dan pada tahun 2011 baru Museum Kereta Api Lawang Sewu beroperasi.  Sejarah mengenai transportasi kereta api di Indonesia, bisa anda dapatkan di museum ini.

Anda bisa melihat visual dan sejarah kereta api , serta lokomotif kereta api dengan warna hitam di Museum Kereta Api ini. Beberapa spot foto di Museum Kereta Api tersedia, jika anda ingin berfoto .

Bersantai di Taman Yang Tersedia

Taman yang luas juga tersedia , di Lawang Sewu. Taman di Lawang Sewu memiliki pohon rindang, dan anda bisa melepas penat di taman setelah berkeliling Lawang Sewu. Anda juga bisa berfoto foto di taman ini, dengan latar belakang Lawang Sewu.

Foto Prewedding

Bagi anda yang ingin melakukan foto prewedding, anda bisa melakukan foto prewedding di Lawang Sewu.  Dengan latar belakang bangunan khas Eropa, membuat hasil foto preweeding menjadi bagus.

Melakukan Uji Nyali

Lawang Sewu memiliki spot atau tempat yang dikenal angker , yakni di ruang bawah tanahnya. Konon ruang bawah tanah  menjadi tempat pembuangan mayat, dan arwah mereka sering muncul disini.  Jika anda pemberani dan ingin uji nyali, Ruang Bawah Tanah di Lawang Sewu wajib anda kunjungi.

Akses dan Harga Tiket Masuk Lawang Sewu

Akses

Lawang Sewu dekat dengan jalan raya, dan  tempat ini mudah dijangkau kendaraan pribadi atau kendaraan umum.  Anda tidak perlu bingung untuk mencari Lawang Sewu, karena tempatnya sangat mudah untuk diakses dan dijangkau.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Lawang Sewu juga terjangkau, yani Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak anak. Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, anda bisa mendapat informasi tentang kereta api Indonesia serta berfoto disini.

Demikianlah informasi mengenai Lawang Sewu. Jika anda ingin mengenal kereta api, anda bisa berkunjung ke Lawang Sewu.

oleh: hln

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*