Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Traveling ke Luar Negeri

Traveling atau jalan – jalan, rekreasi, piknik bukan lagi hal asing. Ditengah padatnya aktifitas sehari – hari setiap orang membutuhkan traveling untuk melepaskan penatnya. Selain itu traveling bukan lagi hal yang mewah tapi sudah menjadi lifestyle bagian sebagian orang. Ada banyak orang yang menjadikan traveling sebagai hobi, agenda tahunan berlibur bersama keluarga, program wajib bagi komunitas bahkan sebuah pekerjaan.

Nah untuk pilihan tempat traveling, bisa wisata lokal atau  mancanegara. Tentu, negara kita tidak kalah bagus dengan negara lain bahkan turis mancanegara yang datang ke Indonesia sangat banyak. Menurut data BPS pada bulan januari 2020 saja ada 1.272.083 wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia. Namun, jika kamu sudah familiar dengan destinasi wisata lokal, pilihan mancanegara juga sangat bagus.

Ketika kita merencanakan traveling, baik solo traveling maupun bersama teman – teman, kita rela menabung berbulan – bulan agar dapat mewujudkannya. Lebih dari sekedar gaya hidup, sesungguhnya traveling juga memiliki segudang manfaat yang tentunya sangat baik untuk kesehatan. Adapun manfaat dari traveling adalah sebagai berikut:

Baik untuk kesehatan mental dan fisik

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa orang yang sering melakukan traveling jauh lebih sehat daripada yang tidak. Selama traveling, orang akan banyak berjalan, menaiki tangga dan menggerakan tubuh sehingga kesehatan jantung, otot dan sendinya lebih terjaga. Dampak psikologis dari traveling bahkan lebih bagus dari mendapatkan barang kesukaan lho!  Dengan traveling kamu dapat terhindar dari stress karena kinerja otak meningkat.

Memberikan pengalaman baru

Saat traveling kita akan mengunjungi banyak tempat baru. Dalam proses menjelajahi dan mengenali tempat baru tersebut kita bisa melakukan banyak hal baru seperti mencoba berbagai kuliner khas, bertemu dan berinteraksi dengan masyarakat setempat yang tentunya memiliki tradisi dan kebudayaan yang berbeda. Semua pengalaman baru tersebut tentunya membuat mental seseorang menjadi lebih positif karena dapat lebih memaknai hidup.

Baca Juga: Tempat-tempat Wisata Indonesia yang Mendunia

Menjadi sosok yang lebih mandiri

Saat kita melakukan traveling kita akan menjadi orang yang lebih mandiri karena kita akan dituntut untuk berfikir tentang hal – hal yang harus kita persiapkan sebelum keberangkatan, selama ditempat tujuan dan kepulangan kita ke tempat asal.

Kita dituntut bagaimana caranya me manage dan mendahulukan hal yang lebih penting. Contohnya sebelum kita merencanakan liburan, kita pasti akan berfikir tentang biaya yang diperlukan, bagaiamana cara mendapatkan dan mengatur keuangan, kemudian apa – apa saja yang perlu atau tidak perlu kita beli selama liburan. Lalu saat kita berada di negara tujuan, misal kita harus bisa menggunakan bahasa Inggris, maka kita dituntut untuk bisa sedikit berbahasa Inggris sebagai bekal saat diperjalanan.

Tentu saja semua hal ini memerlukan pembelajaran, pertimbangan yang membuat kita semakin lebih mandiri dalam membuat pengaturan.

Meningkatkan keterampilan sosial

Manfaat traveling selanjutnya adalah dapat meningkatkan keterampilan sosial.Tentu saja, karena saat traveling kita bertemu dengan orang baru dan tempat baru, dan kita berinteraksi dengan merekaf.

Ditempat yang baru tersebut kita akan belajar bersosialisasi tentang adat istiadat mereka, bagaimana cara mereka berpakaian, bagaiamana cara mereka berbicara. Tentunya dari hal – hal baik yang kita pelajari itu akan membuat kita lebih bisa membawa diri ke dalam lingkungan sosial. Karena bertemu orang baru merupakan manfaat besar yang kita terima.

Memiliki hubungan yang lebih baik

Banyak orang yang merasa memiliki hubungan lebih baik setelah melakukan traveling. Kita dapat mencoba traveling dengan pasangan, dimana itu akan dapat memperbaiki hubungan jauh lebih baik dari sebelumnya. Hal itu dikarenakan ketika kita melakukan traveling, tubuh dan pikiran kita menjadi lebih rileks dan happy.

Kamu dan pasangan merasa terbebas dari segala beban hidup yang akhirnya membuat fokus dan lebih terarah pada hubungan. Kebahagiaan itu akan terpancar dan memberikan kedamaian dan berpengaruh pada suatu hubungan.

Kita telah melihat apa saja manfaat traveling. Lalu bagaimana jika kita ingin melakukan traveling? Terlebih jika traveling yang kita lakukan adalah traveling ke luar negeri. Karena ketika kita melakukan traveling ke dalam negeri dan luar negeri tentu saja sangat berbeda.

Liburan ke luar negeri memiliki tantangan dan keberaniaan yang juga lebih. Berikut “Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Traveling ke Luar Negeri” bagi kamu yang pertama kali.

Persiapkan dokumen (KTP, Paspor, Visa)

Traveling ke luar negeri tidak cukup bermodalkan uang dan identitas seperti KTP saja. Saat kita melakukan traveling ke luar negeri, kita memerlukan beberapa dokumen untuk dapat memasuki suatu negara seperti KTP, paspor dan visa. Tanpa paspor dan visa kita tidak dapat traveling ke luar negeri meskipun persiapan lainnya sudah sangat matang.

Lalu apa itu paspor dan visa? Dan apa perbedaannya? Berikut penjelasannya:

Paspor

Paspor adalah dokumen perjalanan yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM, perwakilan Indonesia di luar negeri yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Paspor dibagi menjadi 2 jenis, yaitu paspor reguler dan paspor elektronik atau e – paspor. Sekilas kedua paspor ini terlihat sama.

Namun jika kita lihat dengan lebih teliti, pada sampul e – paspor terdapat chip kecil, sedangkan pada paspor reguler tidak ada. Paspor tersedia dalam pilihan 24 halaman dan 48 halaman. Biasanya paspor 24 halaman digunakan untuk para TKI bekerja ke luar negeri, maka jika kamu berencana traveling ke luar negeri buatlah paspor dengan 48 halaman.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Kekinian di Kabupaten Banyumas

Visa

Visa adalah sebuah dokumen yang memberikan izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh di kedutaan dimana negara tersebut mempunyai Konsulat Jenderal atau Kedutaan Asing. Visa adalah penanda resmi kita selama beberapa lamanya kita dinegara tujuan tersebut. Untuk tujuan berlibur, terdapat 2 jenis visa, yaitu Visa pre Arrival dan Visa on Arrival (VoA). Penetapan visa tersebut sangat bergantung pada kerjasama antar negara. Berikut penjelasan apa itu Visa pre Arrival dan Visa On Arrival (VoA):

  • Visa pre Arrival merupakan visa yang harus kamu ajukan sebelum waktu keberangkatan, yaitu ke kantor kedutaan besar negara terkait. Misalnya, kamu akan pergi ke Nigeria, maka kamu harus datang ke kantor kedutaan besar Nigeria di Jakarta, Indonesia untuk membuat visa.
  • Visa on Arrival (VoA) merupakan visa yang bisa diurus setibanya kamu di bandara atau pelabuhan internasional negara tujuan. Beberapa negara yang memberlakukan visa on arrival bagi WNI adalah Malaysia, Singapore, Thailand, Vietnam dan lain – lain.

Pilih waktu yang pas

Pemilihan waktu yang tepat sangat berpengaruh pada kualitas liburan kamu. Oleh karena itu cermatlah dalam memilih waktu liburan. Hindarilah liburan saat Peak Season dan High Season. Peak Season biasanya pada akhir tahun dan juga berbarengan dengan libur natal. Sedangkan High Season biasanya saat libur sekolah, lebaran dan weekend.

Karena pada dua momen tersebut hampir semua orang ingin menikmati waktunya di berbagai destinasi wisata. Jika kamu memiliki cuti berapa kali setiap tahun dari perusahaan kamu, maka kamu bisa menggunakan jatah cutimu untuk melakukan traveling. Sehingga kamu dapat menentukan kapan waktu yang pas untuk liburan.

Booking tiket pesawat & hotel lebih awal

Saat kamu ingin bepergian ke luar negeri, pastikan kamu sudah memesan tiket pesawat dan hotel jauh – jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Karena jika kamu memesan tiket dekat dengan hari keberangkatan, biasanya harga tiket menjadi lebih mahal.

Jika kamu beruntung, kamu juga bisa mendapatkan tiket promo yang lebih murah atau mendapatkan tiket pesawat + hotel, karena jika kamu memesan paket tiket pesawat + hotel biasanya kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan kamu memasan pesawat dan hotel secara terpisah.

Buatlah itinerary (rencana perjalanan)

Itinerary atau rencana perjalanan menentukan kesuksesan liburan kita. Manfaat membuat renacana perjalanan agar kita bisa menggunakan waktu liburan dengan efisien sesuai dengan budget yang sudah kita siapkan.

Tukarkan uangmu

Dimana bisa menukarkan mata uang? Carilah bank, money changer, atau juga penukaran uang dibandara. Salain itu di ATM negara tujuan juga bisa. Melakukan penukaran uang adalah hal penting agar liburanmu berjalan lancar dan nyaman. Sebelumnya pastikan dahulu nilai tukar yang berlaku saat itu,jangan sampai tertipu dan selalu teliti.

Beberapa waktu yang lalu ada money changer curang di Bali yang viral, lantaran menipu seorang bule. Hal tersebut bisa saja terjadi paa anda. Jadi selalu teliti ya! Disarankan kamu memperhatikan berapa jumlah uang yang akan dibawa dan tukarlah uang negara tujuan saat kamu masih berada di negara asalmu.

Buat daftar barang bawaan

Dengan membuat daftar barang bawaan apa saja yang ingin kamu bawa, maka kamu tidak akan membawa barang secara berlebihan. Sebab ini berpengaruh pada kapasitas maksimum bagasi dan kabin pesawat.

Setiap maskapai penerbanagan memiliki batas maksimum untuk bagasi dan kabin pesawat, jika kita membawa barang terlalu banyak melebehi kapasistas yang sudah ditentukan setiap maskapai, maka kita akan dikenakan biaya tambahan untuk bagasi. Maka bawalah barang secukupnya, mengingat saat berada di negara tujuan pasti kita akan melakukan shoping yang tentunya akan menambah berat barang bawaan kita saat kita pulang ke nagara asal kita.

BacaJuga: 9 Pantai Jogja Terbaik untuk Liburan Bersama Keluarga

Bisa berbahasa Inggris?

Bahasa inggris adalah bahasa universal yang paling banyak dipakai. Namun tidak semua orang di negara kita bisa berbahasa Inggris, mengingat bahasa ibu kita adalah bahasa Indonesia. Namun jika kamu berencana pergi ke luar negeri pastikan kamu bisa sedikit berbicara bahasa Inggris.

Tidak perlu sangat lancar, yang terpenting kamu sedikit mengerti tentang bahasa Inggris. Sebab ini sangat penting. Jika kamu ingin bertanya arah atau jika kamu tersesat sedangkan kamu tidak bisa bahasa Inggris lalu bagaimana kamu mencari jalan keluar atas permasalahanmu?

Mulailah dari sekarang berlatih bahasa Inggris sedikit demi sedikit sebagai bekal untuk traveling ke luar negeri. Misal kamu baru pertama kali ke luar negeri, kamu bisa memilih Malaysia sebagai negara tujuanmu. Sebeb bahasa kita dan bahasa Malaysia masih mirip, sehingga masih mudah untuk dipahami.

Kenali negara tujuan

Mengenali negara tujuan sebelum liburan ke luar negeri sangat diperlukan. Seperti kita mengetahui musim apa yang sedang terjadi, bagaimana cara mereka berpakaian dan lain – lain.

Misal kita akan pergi ke Jepang, di Jepang sedang musim dingin tapi karena kita tidak tahu di jepang sedang musim apa, yang terjadi kita membawa pakaian musim panas. Atau kita akan pergi ke Mesir, kita tahu bahwa Mesir merupakan salah satu negera Islam, jika kita tidak tahu akan hal itu, bisa saja kita salah membawa pakaian dan berpakaian yang tidak sopan. Itulah mengapa mengenali negara tujuan sangat diperlukan sebelum liburan.

Datang ke bandara lebih awal

Saat kamu akan bepergian mengguankan pesawat, datanglah lebih awal ke bandara sekitar 2 – 3 jam sebelum waktu keberangkatan. Perkirakan pula jarak tempuh dari rumah kamu ke bandara dan kemungkinan – kemungkinan tidak terduga yang terjadi saat berada di perjalanan seperti mobil mogok, macet dan lain – lain. Belum lagi sekelumit proses di bandara, seperti antrian panjang pada check in counter, pemeriksaan barang bawaan dan lainnya.

Jangan bawa barang palsu!

Saat kita bepergian keluar negeri hindarilah membawa barang palsu seperti tas jika tidak ingin tas kita dirobek oleh pihak bandara. Tentunya hal ini hal yang tidak di inginkan, oleh sebeb itu berhati – hatilah dengan barang apa yang kita bawa.

Ingat aturan zat cair 100 ml

Jangan lupa bahwa ada aturan yang mengatur benda cair maksimal saat berada di pesawat. Benda cair yang dimaksud adalah semua benda berbahasan cair atau liquid seperti parfum, sabun, lotion, obat cair, atau cairan lainnya. Ketentuan yang mengatur secara umumadalah 100ml. Artinya anda boleh membawanya ke kabin asal tidak lebih dari 100 ml.

Cari tahu apakah perlu melakukan vaksin atau tidak

Mencari tahu apakah negara tujuan kamu memerlukan vaksin atau tidak sangatlah penting. Memang tidak semua negara memberlakukan vaksin, hanya negara – negara tertentu saja. Kamu bisa bertanya dan mendapatkan informasi mengenai vaksin ini saat membuat visa di kedutaan besar negara tujuan di Indonesia.

Pengalaman pribadi saya sendiri ketika melakukan traveling ke Nigeria, saya datang ke kedutaan besar Nigeria di Jakarta untuk membuat visa, lalu dari pihak kedutaan akan memberitahu bahwa saya juga harus melakukan vaksin 2 minggu sebelum tanggal keberangkatan. Vaksin dilakukan di rumah sakit tertentu. Setelah vaksin, saya mendaptakan buku kuning yang pada saat saya sampai di Nigeria buku kuning itu akan diperkisa oleh Imigrasi Nigeria. Jadi boleh dibilang, vaksin merupakan salah satu syarat juga untuk dapat memasuki Nigeria.

Baca Juga: Tempat Wisata Recomended Sekitar Kota Bandung

Aktifkan nomor ponsel selalu

Sangat penting sekali mengaktifkan ponsel kita saat sedang liburan. Kita dapat memberi kabar kepada keluarga kita tentang keadaan kita. Namun jika kita mengaktifkan nomor Indonesia di luar negeri pastinya sangat mahal. Oleh sebab itu, kamu dapat membeli nomor setempat dan mengaktifkannya untuk sementara, hingga kamu selesai liburan, cara ini lebih murah ketimabang cara sebelumnya.

Bawalah tas kosong untuk cadangan

Membawa tas kosong untuk cadangan berguna untuk membawa barang belanjaan yang tidak muat lagi diletakkan dalam tas utama atau jika tiba – tiba tas utama kamu rusak atau hilang, kamu dapat menggunakan tas cadangan tersebut.

Bawa obat – obatan

Bawalah obat – obatan pribadi saat packing untuk liburan. Kita tidak tahu apayang akan terjadi saat dijalan atau saat tengah liburan. Kondisi tubuh kadang bisa berubah tiba-tiba, Oleh sebab itu bawalah obat – obatan yang sering kamu pakai untuk jaga – jaga, barangkali di tempat yang kita datangi belum tentu obat – obatan yang kita butuhkan tersedia.

Siapkan salinan dokumen

Salinan dokumen adalah hal penting yang sering terlupa, padahal hal ini sangat penting! Apa saja dokumen yang perlu disalin? Tentu saja yang paling utama adalah Paspor, selain itu tiket pesawat/hotel juga sangat penting, printlah dokumen tersebut. Jika dalam perjalanan liburan kita kehilangan salah satunya, misal paspor. Kita memiliki salinannya dan dapat melaporkan kehilangan paspor tersebut di kedutaan besar Indonesia di negara tersebut.

Demikian tips “Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Traveling ke Luar Negeri”. Semoga bermanfaat dan membantumu. Salam.

Oleh: Arinda DS.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*