Fitur-Fitur Instagram yang Perlu Kamu Ketahui 

Fitur shoppable Hastag IG

Instagram adalah salah satu digital startup yang paling populer saat ini. Sejak kemunculan perdananya pada tahun 2010, aplikasi ini semakin berkembang dan berkembang.

Aplikasi untuk berbagi berbagai macam foto dan video ini semakin digemari dari hari ke hari. Terbukti, dari catatan statistik pertumbuhan penggunanya, di Indonesia saja diketahui bahwa Instagram telah memiliki pengguna aktif 64 juta orang. Sebuah angka yang sangat fantastis untuk sebuah aplikasi yang baru akan memasuki usianya belum lama dibandingkan dengan lainnya.

Penggunaannya yang simpel dan difokuskan untuk berbagi (sharing) foto dan video para penggunanya ini telah memiliki pengguna yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Hal tersebut juga terlihat dari opsi bahasa yang ditawarkan oleh aplikasi rancangan Kevin Systrom dan Mike Krienger ini yang hingga kini setidaknya telah tersaji dalam 25 bahasa berbeda, termasuk bahasa Indonesia.

Fitur shoppable Hastag IG / Nancy Badillo

Sebagai bentuk strategi untuk menjaga agar aplikasi ini tetap menarik bagi para penggunanya, beberapa fitur mulai dikembangkan, dan perbaikan terus-menerus dilakukan. Hal tersebut, khususnya Anda pengguna aktif Instagram, tentu juga Anda rasakan.

Perubahan yang cukup berani dan sempat menimbulkan pro dan kontra adalah perubahan logo. Meskipun logo baru tersebut banyak dikritik karena “nampak lebih buruk dibandingkan logo sebelumnya”, namum hal tersebut menjadi salah satu bentuk usaha dari Instagram untuk selalu up to date dengan perkembangan zaman.

Dari sisi layanan, instagram mengalami beberapa kali perubahan, yang tentunya semakin membuat Instagram menjadi lebih menarik. Beberapa tahun yang lalu misalnya, Instagram membuat terobosan dengan instagram story dan live video nya. Kemudian ada pula strategi bisnis dengan mulai menampilkan beberapa ads atau iklan pada postingannya.

Pembaruan-pembaruan apalagi yang akan dilakukan oleh Instagram.  saat ini, terdapat beberapa opsi baru yang sudah ada pada apilkasi Instagram. Mungkin dari sekian pembaharuan ini ada yang belum kamu tahu. Apa sajakah itu?

Membuka Lebih Dari Satu Akun

Beberapa orang memiliki akun Instagram lebih dari satu, entah itu untuk keperluan bisnis ataupun yang lain.

Sebelumnya, untuk melakukan hal tersebut Anda mungkin perlu menginstall aplikasi lain pada gadget Anda, untuk membuka dua akun sekaligus dalam satu perangkat.

Tentu hal tersebut cukup merepotkan. Versi Instagram terbaru akan memudahkan Anda untuk dapat membuka lebih dari satu akun pada satu gadget secara bersamaan.

Baca Juga: Akankah Facebook Tetap Bertahan di Singgasana Raja Sosmed?

Post Dapat Disimpan

Beberapa dari mungkin seringkali kebingungan ketika menemukan sebuah postingan menarik yang ada di beranda Instagram Anda dan berniat untuk menyimpannya, tetapi tidak tahu bagaimana cara melakukannya.

Ya, pada versi yang lawas, memang Instagram tidak menyediakan opsi tersebut. Berbeda dengan Facebook misalnya, di mana pada aplikasi tersebut, kita akan dengan mudah menyimpan foto atau gambar-gambar yang disukai karena disediakan opsi penyimpanan.

Untuk mengakali hal tersebut, biasanya pengguna menggunakan aplikasi screenshoot yang tentu tidak terlalu praktis. Tapi saat ini, Anda tidak perlu kebingungan lagi Pihak Instagram akan segera menyediakan opsi penyimpanan post pada aplikasinya.

Hal ini tentu akan mempermudah Anda untuk menyimpan foto atau video menarik yang Anda jumpai pada beranda Instagram Anda.

Hands-Free Video

Opsi ini dimaksudkan untuk memudahkan para pengguna dalam membuat Instagram Story miliknya. Mungkin beberapa pengguna ada yang memiliki sedikit masalah saat mencoba untuk merekam videonya untuk membuat story, karena harus tetap menekan dan menahan tombol saat merekam.

Fitur ini akan membebaskan Anda dari hal tersebut. Sekarang, Anda dapat tetap merekam video Anda tanpa perlu harus menekan dan menahan tombol. Hands-free video akan memudahkan Anda untuk mengeksplorasi berbagai macam gaya.

Text Enhancemet

Hal baru ini akan memberikan kebebasan yang lebih bagi Anda untuk menuliskan kalimat atau deskripsi yang menarik pada foto dan video Anda.

Pada versi lawas, banyaknya tulisan pada foto atau video di Instagram ini memang dibatasi. Dengan dikuranginya pembatasan-pembatasan tersebut, akan membuat Anda semakin bebas dalam berekspresi.

Tampilan post baru

Hal ini biasanya dilakuakn secara periodik dalam kurun waktu tertentu. Perubahan pada tampilan menjadi salah satu hal yang membuat para penggunanya menjadi tidak cepat bosan. Walaupun perubahan tersebut tentu saja tetap harus dilakukan secara tepat. Jangan sampai perubahan yang dilakukan justru malah tidak disukai oleh pengguna, dan malah membuat penggunanya pergi.

Instagram mencoba untuk mempercantik interface-nya. Dengan beberapa perubahan untuk mengatur seperti letak deskripsi, tag bersponsor, dan tampilan lain, Instagram berupaya untuk tetap menjaga penampilannya agar tetap estetis.

Beberapa tombol pun diatur sedemikian rupa, sehingga memudahkan Anda untuk melakukan share ke teman ataupun media sosial yang lainnya. Perubahan ini diharapkan dapat lebih memudahkan pengguna untuk membagikan postingan yang dianggap cukup menarik.

Baca Juga: Mouse Mahal: Bikin Geleng-geleng Kepala

Menyimpan Business Stories

Penambahan ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang memang menggunakan Instagram sebagai alat untuk mengembangkan bisnis Anda. Beberapa pebinis memanfaatkan fitur instagram stores untuk menarik minat para calon pelanggannya.

Masalahnya, fitur ini dapat dengan segera menghilang dan sulit untuk dibagi ke media sosial yang lain.

Hal tersebut nampaknya mulai diperhatikan oleh Instagram. Selain menawarkan pembaruan dengan dapat menyimpan postingan, Instagram juga memberikan opsi bagi para penggunanya untuk dapat menyimpan bussines stories yang dibuatnya.

Shoppable Post

Penambahan fitur shoppable post ini juga memiliki tujuan untuk memudahkan para pebisnis untuk memasarkan produknya. Instagram adalah aplikasi yang cukup potensial untuk dipakai dalam mengembangkan bisnis.

Jumlah pengguna yang banyak serta kontennya yang menarik menjadi alasan utamanya. Namun seringkali banyak pula yang menganggap bahwa Instagram tidak terlalu “ramah” bagi para pebisnis, karena keterbatasan opsi yang ditawarkan dalam kaitannya dengan aktivitas bisnis.

Saat ini Instargram tengah mengembangkan fitur shoppable post, di mana Anda yang melakukan bisnis, dapat memberikan semacam tanda atau tag pada postingan yang Anda buat. Tag tersebut nanti akan memudahkan bagi para calon pembeli untuk mengetahui dengan lebih jelas terkait produk yang ditawarkan pada postingan tersebut.

Dengan adanya shoppable post ini, informasi mengenai nama dan harga produk misalnya, akan muncul secara otomatis ketika foto produk tersebut disentuh. Opsi tersebut apabila dapat segera direalisasikan, tentu akan sangat bermanfaat bagi para pebisnis online yang ada di aplikasi Instagram.

Insights Stories

Kembali lagi, Instagram mencoba untuk memanjakan para pebisnis dengan fitur ini. Seperti halnya sebuah bisnis, yang membutuhkan data statistik yang akurat untuk menetapkan startegi bisnisnya, Instagram menyediakan data-data tersebut.

Data dan statistik penting seperti jumlah tayangan, umur, jenis post seperti apa yang paling menarik perhatian, jam tayang mana yang paling efektif, dan hal-hal lainnya akan disajikan Instagram dengan lebih detail.

Kondisi ini akan memudahkan para pengguna, khususnya pengguna yang memiliki akun bisnis, untuk lebih mengetahui kondisi yang dihadapi. Fitur ini akan menampilkan data statistik dari story yang telah dibuat. Tentu hal ini  sekali lagi akan disambut dengan sangat baik oleh para penggunanya.

Ads to stories

Seperti yang sudah diketahui, Instagram mulai mencoba untuk memaksimalkan potensi iklan yang ada di aplikasi tersebut. Iklan ini dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu penggunanya, serta secara estetika tetap terlihat menarik.

Fitur ini akan membuat iklan yang diklik oleh pengguna, kemudian akan tampil dengan ukuran full pada screen. Hal ini dimaksudkan supaya pengguna yang melihat ikln tersebut benar-benar terfokus pada iklan tersebut. Iklan dibuat dengan menarik, seperti video singkat, sehingga akan tetap menarik untuk disimak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*