Fakta Menarik Masjid Kubah Emas Depok

Mengenai spot wisata di Kota Depok, pastinya yang tidak boleh ketinggalan adalah Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri ya.

Masjid ini tidak hanya dikenal oleh warga Depok dan sekitarnya saja, tetapi sudah dikenal juga di seluruh Indonesia. Hal tersebut dikarenakan di dunia ini hanya ada 7 kubah emas, dan salah satunya berada di Indonesia.

Jadi sudah tidak heran kalau Masjid Kubah Emas sangat terkenal. Apalagi kalau saat musim-musim liburan datang, ada banyak sekali masyarakat yang mengunjungi masjid ini hingga menggunakan bus pariwisata.

Di dirikan oleh pengusaha sukses bernama Dian Al-Mahri yang telah membangun lebih dari 1.000 masjid. Masjid-masjid tersebut tersebar di seluruh Indonesia.

Bukan hal yang mengherankan karena Dian Al-Mahri mendirikan berbagai usahanya di beberapa negara Asia.

Ia juga dikenal sebagai seorang dermawan karena gemar membantu anak-anak yatim. Dan membangun masjid merupakan salah satu bentuk ibadahnya kepada Allah SWT.

Ciri Khas Masjid Kubah Emas

 Menurut Dian masjid yang indah dan megah akan mengingatkan kita kepada kebesaran Tuhan, menggetarkan jiwa, mengantarkan perasaan, meningkatkan keimanan dan juga ketaqwaan.

Dian berpendapat untuk bisa mendirikan masjid yang bersimbol keagungan agama Islam maka arsitekturnya pun haruslah mencirikan Islam. Karena asal kelahiran Islam adalah Timur Tengah, maka Dian merujuk pada desain masjid Timur Tengah.

Untuk masjid Timur Tengah memang memiliki ciri khasnya tersendiri seperti terdapat halaman depan, kubah, penggunaan detail yang lebih berbentuk geometris.

Masjid Kubah Emas sendiri bukan hanya kubahnya yang berwarna emas, tetapi memang terdapat lima kubah dengan lapisan emas asli! Pemasangan emasnya pun tidak boleh sembarangan, bahkan dilakukan dengan tiga teknik khusus.

Mengapa Lokasinya di Depok?

 Bukan tanpa alasan pemilihan lokasi masjid ini di Depok. Selain Dian berkediaman di Depok, ia juga menganggap bahwa Depok aksesnya lebih mudah untuk ke Jakarta. Selain itu ia juga menilai bahwa lahan untuk membangun masjid harus besar, sehingga Depok terpilih menjadi lokasinya.

Fakta Menarik Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri

Selain informasi diatas, ada juga beberapa fakta menarik dari Masjid Kubah Emas ini. Apa saja ya faktanya? Mari kita bahas.

  1. Destinasi Religi Favorit

Desain yang megah, luas dan kubahnya yang dilapisi emas membuat masjid ini menjadi destinasi religi yang paling favorit di Kota Depok.

Bahkan turis asing juga sering berdatangan sekedar melihat keindahan arsitektur masjid ini. Di hari-hari biasa ada sekitar 7.000 ribu orang yang mengunjungi masjid. Apalagi pada saat hari libur, jumlah pengunjung naik berkali-kali lipat.

  1. Terdapat Tempat Makan, Vila, dan Toko Souvenir

Di Masjid Kubah Emas terdapat tempat makan, sehingga Anda tidak perlu jauh-jauh mencari makan. Atau saat Anda ingin menginap, disini juga terdapat vila dan toko souvenir untuk membeli kenang-kenangan.

  1. Ada Makna di Setiap Struktur Bangunan

Dibalik keindahan dan kemegahannya, ternyata ada makna di setiap struktur bangunan. Masjid ini memiliki enam menara sehingga melambangkan rukun iman. Dan lima kubah utama yang berlapis emas yang melambangkan rukun Islam.

Saat memasuki bagian dalam masjid, Anda akan dibuat kagum dengan awan-awan yang ada di langit-langit masjid. Interiornya yang menakjubkan juga akan membuat siapa saja terpesona. Untuk aksesnya sendiri pun mudah, bisa menggunakan angkutan umum, bus pariwisata dan lainnya.

Alamat: Jl. Raya Meruyung, Meruyung, Kec. Limo, kota, Jawa Barat 16515

oleh: Marcyella

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*