14 Cara Mudah Move On dari Mantan Terindah

Gagal move on, adalah suatu frasa yang seringkali dilontarkan oleh para remaja di zaman ini. Istilah tersebut sama artinya dengan kegagalan untuk pindah ke lain hati.

Kebanyakan dari Mereka yang mengalami kegagalan pindah ke lain hati dikarenakan lamanya hubungan romantis yang dijalin bersama. Hasilnya adalah terbentuk kenangan-kenangan indah bersama.

Sayangnya, kenangan-kenangan indah itu kini hanya tinggal angan-angan belaka. Saat seseorang gagal mencapai ekspektasinya maka di sanalah timbul masalah.  Rasa gundah gulana mulai menghampiri dan jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan depresi.

Ingat, ditinggal kekasih bukanlah akhir dari dunia ini. Jadi yuk Kita sama-sama berusaha untuk move on dan menjalani hidup yang penuh dengan kebahagiaan.

Tips Cara Mudah dan Gampang Move On dari Mantan Terindah  dengan Elegan

Perlu diakui jika move on itu tidak mudah, apalagi Kita tinggal di Benua Asia yang umumnya mempunyai afeksi yang tinggi saat menjalin asmara. Hal ini berbeda dengan hubungan percintaan di Benua Amerika sana yang kebanyakan mempunyai tujuan logis saat menjalin suatu hubungan.

Jadi, wajar bila Kita cukup sulit untuk beranjak ke lain hati. Namun, bukan berarti Kita tidak bisa melalui masa-masa sulit ini.

Berikut ini adalah 14 Cara Mudah Move On dari Mantan Terindah, Semoga bisa membantu para pejuang move on sekalian.

Jangan Pernah Mencoba untuk Melupakan Dia yang Pernah Singgah

Cara Mudah Move On dari Mantan Terindah yang pertama adalah jangan pernah melupakan. Dia yang pernah singgah mungkin indah, namun kini telah enyah. Kamu sebagai peran utama di hidupmu harus bisa menerima hal ini.

Penerimaan ini bisa Kamu lakukan dengan cara berhenti untuk melupakannya. Biarkan pikiranmu mengalir tenang, respon saja pikiran-pikiran tentang Dia dengan cara yang santai.

Misalnya, tiba-tiba saja terlintas pikiran yang mengatakan “Eh, Kamu tuh bego banget sih, kenapa Kamu nggak bisa bagi waktu saat pacaran dulu.” Nah, Kamu sebenarnya hanya perlu merespon dengan santai saja, nih contohnya ah, “udah berlalu juga ngapain dipikirin.” Sebenarnya pikiran-pikiran yang terlintas di dalam kepalamu itu hanya perlu direspon saja dengan cara sederhana.

Ibarat menulis di komputer, usaha melupakan sama halnya dengan memencet icon bold sehingga tulisan itu semakin tebal dan jelas. Itulah kenapa Kamu yang ingin move on dengan cepat jangan pernah mencoba untuk melupakan dia. Cukup respon saja pikiranmu, hanya itu. Kamu harus bisa mengendalikan diri pada tahap ini.

Lakukan Meditasi Secara Teratur, Cukup 10 Menit Setiap Hari

Cara Mudah Move On dari Mantan Terindah selanjutnya adalah ketenangan. Meditasi bisa membantu Kamu untuk lebih tenang dalam menghadapi hidup. Bahkan, dengan meditasi Kamu kembali merenungkan sebenarnya apa hikmah dibalik berakhirnya hubungan Kamu dan Dia. Ketenangan saat meditasi akan membuat Kamu lebih mudah untuk mengikhlaskan daripada menyimpan dendam kesumat yang justru merugikan.

Baca Juga: 25 Tips Sederhana Cara Hidup Bahagia & Bermakna

Saat meditasi Kamu juga bisa membayangkan sedang berada dihadapannya. Coba bayangkan, dan rasakan kehadiran Dia, lalu Kamu katakan permintaan maafmu yang setulus-tulusnya kepadanya. Setelah itu Kamu bayangkan Dia tersenyum dan berkata bahwa Dia sudah memaafkanmu lalu Dia juga meminta maaf kepadamu. Praktekan hal ini khususnya saat pagi hari setelah bangun.

Kamu yang melakukannya dengan sungguh-sungguh akan merasa plong dalam hati. Hal itu bagus dan menandakan ada kemajuan dalam proses move on Kamu.

Jauhkan Barang-Barang yang Berkaitan dengan Si Dia yang Sudah Pergi

Salah satu penyebab gagal move on adalah adanya kenangan indah yang terjalin selama pacaran. Kehadiran barang-barang pemberiannya pasti akan memberikan kenangan yang membekas tentang Dia. Inilah kenapa Kamu harus tegas untuk menjauhkan barang-barang tersebut dari jangkauan penglihatanmu. Cara ini bisa mengurangi Kamu untuk kembali memikirkan masa lalu.

Ikuti Berbagai Kegiatan Pengembangan Diri Sesuai Minatmu

ove on berarti berpindah dari sesuatu, jadi saat Kamu berusaha move on maka Kamu juga harus bisa berpindah. Namun, mentang-mentang berpindah Kamu juga harus memperhatikan apakah perpindahan yang Kamu lakukan akan merugikan Kamu atau tidak. Aktivitas pengembangan diri yang sesuai minat bisa menjadi pilihan Kamu untuk mendistrak pikiran tentang Dia.

Kamu bisa mengikuti kegiatan bela diri misalnya, atau Kamu suka memelihara hewan bisa bergabung di situ. Semua hal positif yang bisa membuat Kamu lebih berharga harus terus dilakukan.

Berinteraksi dengan Si Dia Secukupnya Saja, Jangan Terlalu Intens

Cara Mudah Move On dari Mantan Terindah selanjutnya adalah interaksi secukupnya. Ada tipikal orang yang lebih bisa tetap berhubungan dengan mantannya bahkan Mereka bersahabat. Tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang karena semua tergantung dari pasangan masing-masing yang memutuskan untuk berpisah. Kamu yang ingin cepat merasakan bebasnya move on maka Kamu harus mengendalikan diri dalam berinteraksi.

Interaksi dengan mantan tentu boleh saja, namun Kamu harus tetap membatasi topik dan waktunya. Jangan terlalu intens dan untuk Kamu yang baru saja putus lebih baik tidak berhubungan terlebih dahulu. Ini bertujuan untuk tidak membangkitkan amarah satu sama lain. Selain itu juga memberikan waktu jeda kepada Kamu agar lebih bisa move on dari Dia.

Tumpahkan Ceritamu Kepada Orang-orang yang Bisa Kamu Percaya

Cara Mudah Move On dari Mantan Terindah selanjutnya adalah curhat. Patah hati akibat ditinggalkan oleh orang tersayang memang menyakitkan. Pada saat inilah kehadiran sahabat diperlukan dalam hidupmu.

Sesi curhat adalah tahapan yang penting bagi para pejuang move on ini. Sebab dengan cerita kepada sahabat yang Kamu percaya bisa melegakan dirimu sendiri setelah selesai berbicara. Curhat bisa mengurangi dampak depresi, namun Kamu harus pastikan temanmu bisa dipercaya atau tidak. Jangan sampai Kamu justru menuai masalah baru lagi setelah selesai bercerita.

Maafkan Si Dia dengan Setulus Tulusnya

Cara Mudah Move On dari Mantan Terindah selanjutnya adalah maaf. Saat Kamu memberikan maaf yang tulus maka Kamu akan merasakan ada hal yang berbeda di dalam diri Kamu. Rasanya ada sesuatu yang membuat Kamu mempunyai power untuk melakukan aktivitas secara positif. Bahkan, pandanganmu selama ini bisa berubah menjadi lebih positif lagi.

Ingat tidak memaafkan sama artinya dengan Kita meminum racun namun berharap orang lain yang mati. Maafkanlah Dia, karena Dia berhak untuk pergi dan memilih pilihannya sendiri meskipun itu bukan Kamu.

Jangan Pernah Merasa Berhutang Janji Apapun

Cara Mudah Move On dari Mantan Terindah selanjutnya adalah jangan merasa berhutang apapun. Setelah hubungan Kamu usai, semua janji yang Kamu ucapkan sudah tidak berlaku lagi. Jadi, jangan sampai Kamu justru terjebak dengan janji-janji yang sejatinya sudah harus Kamu tinggalkan. Dia yang telah memilih meninggalkanmu juga telah mengingkari janjinya, jadi Kamu tidak perlu lagi merasa berhutang apapun padanya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapat Kecantikan Jiwa Islami?

Ingatan terhadap janji-janji akan menyebabkan keinginan untuk memenuhi hal tersebut. Ujung dari pemenuhan keinginan tersebut adalah pemikiran-pemikiran yang justru akan menjerumuskan Kamu ke lubang yang lebih dalam. Usahamu untuk move on akan menjadi sia-sia. Jika Kamu tidak mau bernasib demikian, maka saatnya untuk merdeka dari janji-janji tersebut.

Hindari untuk Mempertanyakan Kembali Bagaimana Perasaannya Kepadamu

Cara Mudah Move On dari Mantan Terindah selanjutnya adalah jangan baper. Jangan mempertanyakan kepada diri sendiri tentang perasaannya kepadamu. Cobalah untuk mengurangi andai-andaimu itu. Lebih baik waktumu Kamu gunakan untuk aktivitas-aktivitas yang lebih bermanfaat lainnya. Bahkan, Kamu bisa memilih aktivitas-aktivitas yang bisa menghasilkan uang, lumayan buat tambahan uang jajan.

Kamu tidak akan pernah memperoleh jawabannya karena Kamu hanya akan mengira-ngira saja. Hal ini juga kegiatan yang sia-sia. Yuk berhenti buang waktu berhargamu.

Jangan Mengurung Diri Terlalu Lama, Keluarlah dan Lihat Indahnya Dunia

Cara Mudah Move On dari Mantan Terindah selanjutnya adalah lihat dunia kembali. Kamu yang baru saja berpisah dengan Dia yang Kamu sayangi mungkin membutuhkan waktu untuk sendiri. Tapi ingat jangan terlalu lama mengurung diri karena ada banyak hal indah yang harus Kamu coba di dunia ini. Kamu bisa mencicipi berbagai jenis makanan enak lain, kamu juga bisa menjajal objek wisata baru yang seru dan menyenangkan, dan masih banyak lagi.

Ayolah jangan sia-siakan hidupmu untuk sesuatu yang sudah pergi. Dia adalah bagian dari masa lalumu yang sudah menjadi sejarah yang tidak perlu ditangisi. Cukup sudah masa pengurunganmu itu ya. Kamu harus bangkit dari keterpurukan itu, waktumu masih panjang. Masih akan ada pertemuan-pertemuan yang harus Kamu lewati juga.

Jangan Mencoba untuk Membuktikan Kepada Dia

Cara Mudah Move On dari Mantan Terindah selanjutnya adalah jangan membuktikan apapun kepada dia. Kamu tidak perlu membuktikan dirimu kepada Dia yang sudah meninggalkanmu. Jika Kamu ingin melakukan hal-hal hebat maka Kamu harus melakukannya karena Kamu ingin melakukan hal tersebut.

Jangan karena ingin membuat Dia menyesal karena sudah meninggalkanmu. Hal itu tidak ada gunanya sama sekali, sekalipun Dia kecewa karena telah meninggalkanmu.

Berubahlah untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Bukan karena ingin membuat orang lain menyesal telah meninggalkanmu. Ingat kelebihanmu berasal dari Tuhan, jadi sudah seharusnya Kamu menggunakannya untuk sesuatu yang positif.

Rencanakan Hal-Hal Hebat di Hidup Kamu

Cara Mudah Move On dari Mantan Terindah selanjutnya adalah mulai lagi hidupmu dengan normal. Kamu bisa merencanakan bagaimana cara untuk menggapai mimpi Kamu yang tertunda saat bersama dengan Dia.

Kini Kamu sudah bisa lepas dan mulai fokus untuk meraih kesuksesan tersebut. Rencanakan hal-hal hebat tersebut dengan sungguh-sungguh namun tetap realistis ya. Misalnya, Kamu ingin menjadi seorang pilot sehingga Kamu mulai belajar dari sekarang.

Baca Juga: Tips Mempertahankan LDR Agar Langgeng dan Awet

Jika perlu rinci rencana Kamu itu dengan seksama. Setelah Kamu menyusun rencana tersebut lakukan dengan sungguh-sunggu rencana yang sudah Kamu susun itu. Keberhasilan yang Kamu peroleh selama proses ini akan menumbuhkan rasa percaya diri Kamu lagi sehingga Kamu sadar bahwa Kamu berharga.

Tulislah Hal-hal Positif Apa yang Kamu Peroleh Selama Kamu Berusaha Move On

Cara Mudah Move On dari Mantan Terindah selanjutnya adalah ingat hal-hal positif dalam hidupmu. Setelah mengikuti berbagai tips di atas pasti Kamu akan memperoleh banyak hal yang positif.

Bahkan akan ada perubahan yang lebih baik dalam diri Kamu. Coba tuliskan semua itu dan lihatlah kembali bahwa sebenarnya Kamu juga bisa bahagia kok.

Jadi Kamu sendiri bisa menyimpulkan bahwa kebahagiaanmu itu sangat bergantung pada dirimu sendiri. Kamu bertanggung jawab membahagiakan dirimu sendiri. Kekecewaan itu justru datang saat Kita berekspektasi kepada orang lain terlalu tinggi.

Cukup Kendalikan Segala Sesuatu yang Bisa Kamu Kendalikan

Hal yang paling bisa Kamu kendalikan adalah diri Kamu sendiri sehingga Kamu harus mengenali dirimu sendiri. Lalu hal yang paling penting Kamu harus mencintai dirimu sendiri sebelum mulai membuka hati untuk orang baru. Jangan gantungkan keinginanmu kepada orang lain.

Keempat belas “Cara Mudah Move On dari Mantan Terindah” tersebut akan membantu Kamu selama proses move on yang tidak mudah itu.

Kamu harus mulai bergerak dari sekarang, waktu tidak akan banyak membantu. Semua itu harus dimulai dari diri sendiri, karena hidupmu adalah tanggung jawabmu sendiri.

Oleh: Y. Anugrahanto

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*