10 Cara Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Halo para pembaca sekalian, pada kesempatan ini Kita akan kembali mengulik tentang kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Kebiasaan menunda pekerjaan akan sangat mengganggu kualitas hidupmu.

Loh, apa kaitannya menunda pekerjaan dengan kualitas hidup seseorang ? Tentu saja ada dong, jadi begini jika Kamu menunda pekerjaan maka Kamu akan memakai waktu di luar kerja untuk urusan pekerjaan.

Kebiasaan menunda membuat Kamu merasa tidak tenang dan akan selalu dihantui kecemasan. Sedangkan, pekerjaan terus saja bertambah dari hari ke hari.

Jika dibiarkan Kamu tidak akan pernah bisa menyelesaikan pekerjaan dan tugas-tugas yang telah dipercayakan kepadamu nantinya. Sudah saatnya Kamu yang suka menunda-nunda pekerjaan, menyetop total kebiasaan buruk tersebut.

Semoga artikel “Cara Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan” ini bia bermanfat.

Apa Sih Akibat dari Kebiasaan Menunda-nunda Pekerjaan ?

Tahu gak sih, menunda-nunda pekerjaan juga akan mempengaruhi kondisi psikologismu sendiri. Ya, buktinya Kamu jadi tidak tenang saat menjalani hari-hari, selalu saja penuh kecemasan.

Tidak jarang karena menunda pekerjaan, Kamu juga bisa memiliki kepercayaan diri yang rendah. Hal ini sangat masuk akal karena Kamu akan banyak menyesal setelah menunda-nunda pekerjaan.

Penyesalan yang Kamu rasakan itu akan membuat Kamu mempunyai konsep diri yang kurang baik terhadap diri sendiri. Bahkan, kebiasaan ini bisa menyebabkan seseorang menjadi depresi  dan kehilangan pekerjaannya.

Jadi, bisa Kita simpulkan sendiri kebiasaan ini benar-benar memberikan efek negatif dalam kehidupan.

Tips Cerdik Mengubah Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kamu sudah sadar jika menunda sebuah pekerjaan memiliki konsekuensi yang besar juga, sehingga Kamu yang saat ini masih bergelut dengan kebiasaan ini, yuk Kita sama-sama berusaha untuk berubah.

Usaha untuk berubah juga tidak boleh ditunda-tunda lagi, supaya Kamu tetap bisa bertahan di profesi Kamu saat ini dan yang terpenting adalah kesehatan psikologismu.

Baca Juga: 25 Tips Sederhana Cara Hidup Bahagia & Bermakna

Nah, untuk membantu Kamu berubah menjadi pribadi yang lebih baik tentu saja tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan. Kamu harus tahu apa saja yang harus dilakukan secara terarah. Ini dia tips yang bisa membantu Kamu untuk mengubah kebiasaan menunda pekerjaan.

Kamu Harus Menyadari Tugas dan Pekerjaan Tersebut Adalah Tanggung Jawabmu

Adanya tugas dan pekerjaan yang diberikan kepadamu adalah bukti kepercayaan perusahaan kepadamu. Kamu harus sadari benar-benar jika semua itu harus dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Jangan sia-siakan kepercayaan itu dan menyesal kemudian. Tunjukan betapa Kamu benar-benar serius dengan profesi yang tengah Kamu jalani.

Cara Kamu menyelesaikan sebuah pekerjaan akan menunjukan seberapa pantasnya Kamu untuk mengemban tanggung jawab yang sudah dipercayakan kepadamu.

Sadarilah bahwa pekerjaan ini sangat berharga untukmu. Kamu rela melewati berbagai macam tes untuk bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut. Sekali lagi jangan sia-siakan hal itu, kepercayaan mahal harganya.

Jangan Menyalahkan Diri Sendiri dan Terlarut dalam Penyesalan Terlalu Lama

Setelah Kamu menyadari kebiasaan menunda sangat merugikan untuk dirimu, jangan malah menyalahkan diri sendiri. Kamu memang salah, tapi cobalah untuk berpikir secara dewasa.

Tidak perlu Kamu meratapi semua kesalahan yang sudah Kamu lakukan. Cukup sadari dan lanjutkan hidupmu dengan strategi yang lebih cerdik untuk mengubah diri menjadi lebih baik lagi.

Justru jika Kamu menyesal terlalu lama, sama saja Kamu telah membuang waktu yang harusnya bisa Kamu gunakan untuk memulai mengerjakan pekerjaanmu.

Tentu ini akan menambah kerugian bagi Kamu. Cukup, jangan salahkan dirimu, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan tapi Kamu juga harus berusaha untuk tidak jatuh pada kesalahan yang sama.

Buat Target Tugas dan Pekerjaan Harian, Mingguan dan Bulanan

Tentukan rencana tenggat waktu penyelesaian tugas Kamu, paling tidak lebih cepat dari tenggat waktu yang diberikan oleh perusahaan tempat Kamu bekerja.  Tujuannya untuk memberikan luang waktu untuk kembali mengoreksi pekerjaan tersebut sehingga kualitas pekerjaan yang Kamu buat adalah yang terbaik yang bisa Kamu berikan.

Selain menentukan tenggat waktu, Kamu juga harus membuat rencana pengerjaan tugas harian, mingguan, dan bulanan. Rencana pengerjaan tugas ini akan membuat Kamu semakin tahu mana pekerjaan yang harus segera diselesaikan dan mana yang bisa dan perlu diselesaikan dalam jangka waktu yang lebih lama. Tentu saja penyusunan rencana ini perlu sedikit berpikir cerdik.

Hal terpenting setelah Kamu selesai menyusun target dan perencanaan pengerjaan itu adalah pelaksanaannya. Jangan sampai rencana yang sudah dibuat hanya sekedar jadi wacana yang tertulis secara rapi.

Kamu harus mengeksekusi rencana tersebut dengan baik. Hormati dirimu sendiri dengan cara melaksanakan apa yang sudah Kamu rencanakan sebelumnya.

Jauhi Hal-hal yang Berpotensi Besar Menyebabkan Distraksi Saat Mengerjakan Tugas

Seringkali pengerjaan tugas bisa terganggu dengan kehadiran barang-barang yang bisa memecah konsentrasi dan fokus seseorang. Cara paling efektif untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menjauhkan diri untuk sementara waktu dari benda-benda tersebut. Benda yang saat ini menjadi pemecah konsentrasi adalah smartphone dengan media sosialnya yang selalu aktif.

Baca Juga: 13 Tips Rahasia Membangun Bisnis Sampai Sukses

Kamu harus tahu, jika media sosial itu dirancang oleh para pemiliknya sedemikian rupa untuk membuat penggunanya ketagihan menggunakan platform tersebut.

Dengan tahu atau sadar akan hal tersebut harusnya membuat kamu dapat mengeremnya. Jadi, nonaktifkan dulu media sosialmu agar pekerjaanmu cepat selesai.

Selain smartphone, ada juga pikiran-pikiran liar yang membuat Kita tidak fokus. Terkadang pikiran Kita sangat sulit untuk dikendalikan. Bahayanya adalah pikiran-pikiran tersebut bisa mempengaruhi suasana hati seseorang. Apabila suasana hati yang cenderung negatif maka akan sangat berdampak negatif juga terhadap apa yang sedang Kamu kerjakan.

Bertemanlah Dengan Ketidaknyamanan Saat Mengerjakan Tugas dan Pekerjaan

Setiap orang tentu memiliki alasan kenapa Mereka cenderung menunda pekerjaan. Salah satunya karena ketidaknyamanan yang akan dirasakan ketika mengerjakan suatu hal. Akibatnya, Mereka lebih memilih untuk melakukan aktivitas lainnya yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Sayangnya ini justru akan menjadi efek domino yang membuat penundaan semakin lama.

Satu-satunya cara untuk orang-orang semacam ini adalah dengan berteman dengan ketidaknyamanan tersebut. Kamu harus ingat lagi segala resiko pekerjaan yang harus Kamu terima. Bahkan, jika Kamu mengerjakan sesuatu yang Kamu senangi juga terdapat konsekuensi di sana. Jadi, nikmatilah pekerjaan yang ada padamu saat ini. Anggap pekerjaan tersebut sebagai bentuk penghargaan untukmu.

Tidak mudah memang untuk menghadapi ketidaknyamanan tersebut. Namun, Kamu harus berusaha untuk bisa melewatinya, mungkin Kamu bisa nih mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik. Tujuannya untuk mengurangi rasa ketidaknyamananmu. Satu lagi jangan pernah merasa tidak layak untuk pekerjaan yang dipercayakan kepadamu.

Ingatlah Rasanya Bisa Menyelesaikan Tugas dan Pekerjaan Tepat Waktu

Tugas yang tidak bisa diselesaikan tepat waktu akan berimbas negatif pada orang yang mengerjakannya. Sebaliknya, saat seseorang berhasil mengerjakan tugas tepat waktu maka Dia akan merasakan rasa puas dan lega karena telah melakukan tugas dengan usaha terbaiknya. Kamu pasti juga pernah merasakan hal semacam ini.

Jika Kamu sudah pernah merasakan kepuasan yang diperoleh saat mengerjakan tugas dengan tepat waktu maka saatnya Kamu jadikan itu sebagai motivasi Kamu. Cobalah untuk merasakan kepuasan tersebut sehingga Kamu akan lebih bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh atasan Kamu. Jadikan ini sebagai salah satu alasanmu untuk tidak menunda lagi.

Kurangi Mengeluh dengan Tugas dan Pekerjaan yang Diberikan Kepadamu

Keluhan tidak akan membuat tugas Kamu cepat selesai dengan sendirinya. Justru dengan mengeluh pekerjaan akan terasa semakin berat saja. Sebagai manusia, tentu saja Kita tidak bisa menghindar dengan yang namanya aktivitas mengeluh. Namun, Kamu bisa kok mengurangi kebiasaan ini dengan secara sadar melihat apa yang ada pada Kita.

Kamu harus sadar, banyak orang ingin berada pada posisimu saat ini. Banyak orang di luar sana yang masih berusaha mencari pekerjaan dan belum tentu bisa makan untuk hari ini. Ingat juga bahwa Kamu juga punya kesehatan sehingga bisa produktif mengerjakan segala tugas yang ada. Kesehatan itu bukan sesuatu hal yang murah untuk diusahakan, ingat itu.

Cobalah untuk Menunda Semua Kesenangan Sementara Waktu

Kesenangan yang Kamu peroleh dalam jangka pendek seringkali akan mengganggu Kamu berkonsentrasi mengerjakan hal yang mendesak dan harus segera diselesaikan. Ingatlah, kesenangan-kesenangan tersebut tidak akan membuat Kamu kehilangan pekerjaan jika tidak dikerjakan. Sebaliknya, jika Kamu tidak mengerjakan tugas ini resiko terbesarnya adalah kehilangan pekerjaan.

Jika biasanya Kamu menunda pekerjaan, sekarang Kamu harus menunda semua kesenanganmu untuk sementara waktu. Fokuslah terhadap apa yang menjadi prioritas Kamu. Jadilah dewasa dalam bertindak untuk masa depan kariermu sendiri.

Tunda dulu bermain media sosial, memutar video, lihat televisi, dan sebagainya. Banyak hal yang bisa Kita lakukan kapan saja, namun Kita harus sadar waktu yang dimiliki sangat terbatas. Itulah yang menyebabkan Kita harus jeli dan bijak dalam mengerjakan sesuatu.

Jangan Menunggu Segala Sesuatunya Sempurna Baru Kamu Mulai Bergerak

Kebiasaan menunngu momen yang sempurna untuk memulai suatu pekerjaan justru akan memakan waktu yang lebih lama. Jelas sekali hal ini akan membuang banyak waktu berhargamu. Hati-hati ada banyak bentuk penundaan pekerjaan, salah satunya adalah model seperti ini. Bukannya memperoleh waktu yang pas, Kamu justru kehabisan waktu.

Solusinya, buatlah kondisi saat Kamu mengerjakan tugas sesuai jadwal yang telah dirancang adalah momen yang sempurna untuk Kamu. Tidak perlu menunggu suasana hati dan segala kondisi seperti yang Kamu mau. Jika dipikir-pikir momen yang sempurna itu tidak akan pernah Kamu peroleh. Jadi, mulai sekarang cukup siapkan diri dan mulai bekerja lagi.

Pasang Foto Orang-orang Terkasih di Meja Kerja Kamu

Kamu tentu bekerja demi keluarga yang membutuhkan biaya hidup. Jika Kamu terus menunda-nunda pekerjaan, tidak hanya Kamu saja yang rugi, tapi juga keluarga Kamu pasti akan rugi juga. Coba pasang foto orang-orang yang terkasih di meja kerjamu, untuk mengingat-ingat sebenarnya Kamu bekerja untuk siapa. Tidak perlu terlalu besar cukup ukuran kecil atau sedang.

Cara ini sangat efektif untuk mengingatkan Kita saat mulai lupa dengan tujuan awal mencari pekerjaan tersebut. Tentu Kamu tidak ingin mengecewakan orang-orang yang Kamu cintai karena itu akan sangat menyakitkan bagi Mereka.

Penundaan pekerjaan tidak bisa memberikan sesuatu hal yang baik kepada Kita. Semoga Cara Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan yang sudah dipaparkan di atas bisa membuat Kamu semakin mengerti pentingnya disiplin dan beranjak dari kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Berubahlah mulai hari ini juga dan terus berjuang teman.

Oleh: Y.D. Anugrahanto

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*