Cara Mengatur Pola Hidup yang Sehat?

Semua orang tentunya ingin menempuh kehidupan yang berbobot, dalam hal ini adalah bobot dalam konteks kesehatan dan juga daya tahan tubuh. Ya, kesehatan adalah yang paling utama dan penting dalam kehidupan.

Kesehatan memang sangat cukup menunjang segala aktivitas yang kita lakukan maka dari itulah penting sekali bagi kita untuk bisa menjaga dan mengatur pola hidup kita.

Mungkin tak mudah karena imun dan sistem daya tahan tubuh setiap individu manusia berbeda-beda. Namun itu semua bisa tetap dilakukan dengan tahapan yang signifikan.

Tahapan yang dimaksudkan disini adalah seperti pengaturan pola hidup. Kita sebagai masing-masing individu pastilah mengenal keadaan tubuh kita.

Kita yang pasti paling tahu dan mengerti apa yang terjadi pada tubuh kita, maka perlu dilakukan observasi dan pemeriksaan yang segera mungkin apabila terjadi sesuatu yang salah atau tidak benar pada kondisi tubuh kita.

Baca Juga: 25 Tips Sederhana Cara Hidup Bahagia & Bermakna

Keputusan untuk mulai mengatur pola hidup yang sehat memang adalah hal dasar yang sangat tepat dan baik juga menunjang. Seperti yang telah kita tahu dan bisa lihat bahwa dewasa ini banyak sekali penyakit yang melanda dunia ini dan bisa menyerang setiap individu manusia yang mana memiliki sistem imun yang lemah.

Penyakit yang ditimbulkan baik dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal) memang sangat banyak dan bisa saja mencederai manusia yang tidak siap tubuhnya dalam artian sedang tidak fit.

Maka dari itulah sekali lagi di ingatkan bahwa sangatlah penting bagi kita semua untuk bisa selalu mengatur pola hidup kita agar bisa merasakan kesehatan dan terhindarkan dari segala macam penyakit.

Untuk memudahkan kalian dalam memahami hal itu, maka dibawah ini akan dipaparkan beberapa poin beserta penjelasan lengkapnya mengenai tips Cara Mengatur Pola Hidup yang Sehat :

Mengatur Pola Makan

Berdasarkan penelitian Fumiaki I. (Univ. Cambridge) pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan, dari hasil penelitian bahwa pola makan berkorelasi terhadap pengurangan neneam penyakit tidak menular mencapai 75% pada 2020.

Tidak heran lagi jika faktor makanan adalah pemacu terutama dalam setiap hal yang berkaitan dengan kesehatan tubuh setiap kita. Makanan sendiri bila dalam perumpamaan bisa diibaratkan seperti hubungan antara bensin dengan kendaraan bermotor.

Ya, dari situ kita bisa menyimpulkan bahwa makanan adalah sumber tenaga manusia. Itu memang jelas adanya, pada kenyataannya saja kita pasti tidak akan mampu melewati keseharian hidup tanpa makan. Makan sudah menjadi kewajiban, hak, serta kebutuhan yang paling penting untuk bisa dipenuhi setiap harinya.

Namun begitu, tatkala kita sering keluar dari batas aman. Semua makanan kita akan anggap baik sehingga bisa saja kesemuanya itu kita konsumsi dengan mudah. Padahal perlu dipahami bahwa tidak semua jenis makanan itu baik bagi tubuh kita, apalagi jika kita terdapat alergi terhadap makanan tertentu, hal itupun pastinya akan menjadi sebuah pantangan.

Dalam hal makanan, kita diharuskan untuk pilih-pilih. Pilih-pilih yang dimaksudkan disini adalah bahwa agar kita bisa mengatur pola makan kita dengan baik. Selain mengenai alergi yang merupakan faktor internal, penting juga kita memahami takaran ataupun kandungan yang ada dalam makanan tertentu.

Nah, maka dalam konteks untuk mengatur pola makan yang sehat kita perlu berpacu pada slogan makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain daripada itu jangan lupa sertai dengan makanan lain yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik bagi perkembangan dan pertumbuhan organ dalam tubuh kita.

Berikut adalah daftar makanan yang teruji baik apabila seseorang konsumsi secara rutin dalam setiap kesempatan.
• Telur mata sapi
• Tahu dan Tempe
• Sayur-Sayuran hijau
• Kacang-kacangan
• Daging
• Susu dan Teh
• Buah-Buahan kaya vitamin

Baca Juga: 24 Tips Sederhana Agar Kita Terhindar dari Virus Corona

Itu dia sekiranya daftar makanan yang dikatakan tercakup dalam slogan makanan 4 sehat 5 sempurna. Nasi untuk orang Indonesia sendiri merupakan bahan makanan yang pokok namun mengapa itu tidak tercakup disana? Hal itu karena nasi sendiri dikatakan tidak terlalu baik apabila dikonsumsi terlalu banyak atau keseringan.

Nasi sudah mengandung banyak karbohidrat, tubuh manusia sendiri memiliki takaran untuk bisa menampung banyaknya jumlah karbohidrat yang masuk. Maka kesimpulannya adalah nasi hanya baik dimakan sesuai dengan kebutuhan saja, jangan berlebihan.

Untuk jenis makanan yang lainnya tetap baik untuk dikonsumsi setiap hari guna memenuhi asupan gizi. Seperti dalam pelajaran biologi, tubuh manusia setiap harinya harus terpenuhi nutrisi secara cukup, selain itu juga memerlukan komponen penting lainnya seperti vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak.

Jangan lupa banyak-banyak minum air mineral karena faktor cairan juga sangatlah penting bagi tubuh seseorang. 80% komponen tubuh manusia terdiri atas cairan makanya itu jangan biarkan tubuh kekurangan cairan. Cairan dalam tubuh pun bukan hanya bisa didapatkan dari konsumsi air mineral saja, kita juga bisa melengkapi kebutuhan cairan tubuh dengan memakan banyak jenis buah-buahan bervitamin yang segar. Misalnya seperti buah jeruk, pepaya, mangga, apel, dan pisang.

Dari penjelasan diatas mengenai pengaturan pola makan yang sehat memang terlihat cukup banyak pantangan yang harus diperhatikan. Namun apabila kita memulainya dengan langkah dan niat yang baik maka kedepannya akan menjadi kebiasaan baik yang mampu memberikan dampak positif bagi tubuh kita masing-masing.

Mulailah mengatur pola makan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Mengatur Pola Tidur

Cara Mengatur Pola Hidup yang Sehat selanjutnya adalah dengan Tidur yang cukup. Tidur adalah kebutuhan setiap manusia yang harus terpenuhi dengan baik.

Tidur merupakan keadaan yang bisa membuat jiwa dan raga kita menjadi lebih rileks dan mampu melepaskan segala lelah seharian. Maka jelas kalau tidur adalah kebutuhan yang penting dan terutama, sama seperti kebutuhan kita akan makanan. Dikatakan penting disini juga karena aktivitas tidur masih berkaitan erat dengan dampak psikis kita serta fisik kita pula.

Tidur harus sesuai, tidak kurang tidak berlebih juga. Namun pada saat ini kebanyakan orang memiliki pola tidur yang tidak ideal,  di Amarika sebagai contoh negara maju dengan mobilitas manusia yang tinggi bahwa orang dewasa tidak cukup tidur (kurang dari 7 jam). Hasil penelitiaa pada 2014 itu proporsi orang kurang tidur diatas 35%.

Orang yang kekurangan tidur atau sekedar beristirahat biasanya akan menjadi stress dan bisa sakit. Untuk itulah dikatakan disini bahwa untuk bisa merealisasikan pola hidup yang sehat bisa dimulai dengan mengatur pola tidur yang baik dan teratur juga.

Tidur pada normalnya harus terpenuhi dengan takaran waktu 7-8 jam perhari. Bagi anak-anak, kebutuhan akan tidur menjadi sangat penting dibandingkan orang dewasa. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tidur merupakan cara tubuh dalam memproses segala yang terjadi pada organ tubuh tertentu, khususnya otak dan hati.

Ya, otak tidak beristirahat saat tidur, justru otak menjadi sangat aktif karena melakukan yang namanya proses regenerasi yang menentukan jaringan saraf pada organ itu sendiri. Sedangkan hati bekerja total pada saat kita tidur, hati membuang semua racun pada tubuh pada saat kita terlelap. Maka apabila kita kurang tidur kedua organ penting ini tidak mampu melakukan aktivitasnya dengan baik dan akan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Tips Sederhana Menghadapi Pengidap Gangguan Kesehatan Mental

Untuk itu baiknya pola tidur bisa dilakukan setiap harinya secara teratur sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai kita menjadi kelelahan padahal sudah tidur, karena tubuh sudah beraktivitas cukup banyak seharian sehingga perlu masa tertentu untuk membiarkannya melakukan aktivitas yang memfokuskan pada perkembangan organ dalam tubuh.

Tidur yang baik adalah tidur yang dilakukan dalam rentang waktu 7-8 jam dan usahakan untuk tidur jangan terlalu larut malam dan bangun jangan terlalu siang. Dengan begitu maka pola hidup yang sehat akan bisa terwujud hanya dengan memenuhi kebutuhan akan tidur.

Mengatur Aktivitas (Olahraga)

Cara Mengatur Pola Hidup yang Sehat selanjutnya tentu saja dengan olahraga teratur. Bukan hal yang mengherankan lagi jika dikatakan bahwa aktivitas semacam olahraga merupakan hal yang atau kegiatan yang teramat penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Ya, olahraga juga termasuk dalam kebutuhan tubuh yang harus terpenuhi setiap harinya.

Kita sebagai manusia yang berniat untuk memulai pola hidup yang sehat dianjurkan untuk melakukan aktivitas yang membangun segala sisi dalam tubuh kita, caranya adalah dengan melakukan olahrag tersebut.

Olahraga sendiri bisa dilakukan dengan banyak bentuk seperti jalan pagi atau lari maraton, senam, atau olahraga yang lebih tinggi tingkatannya seperti yang dilakukan dalam gym, misalnya push up, angkat beban, pull up, sitt up, back up, dan lain sebagainya.

Olahraga memang sangat penting untuk dilakukan karena aktivitas semacam olahraga ini bisa menunjang kekuatan tubuh kita. Bisa dikatakan lagi lebih tepatnya bahwa olahraga adalah sebagai pelengkap dan pengisi apabila kita mau memulai pola hidup yang sehat setelah memenuhi kebutuhan akan makan dan juga tidur maka komponen olahraga juga sangat perlu untuk diperhatikan disini.

Olahraga membuat tubuh menjadi lebih terbentuk daya tahannya, sistem imun dalam tubuh seseorang juga bisa ditingkatkan dengan olahraga. Olahraga bisa membakar kalori yang tidak diperlukan tubuh dalam jumlah besar, selain itu juga mampu membakar dan menghilangkan lemak untuk seseorang yang sedang dalam program diet.

Intinya adalah bahwa olahraga itu penting dan cukup menunjang kesehatan seseorang secara garis besarnya. Olahrag pun bisa dikatakan sebagai kebutuhan dari tubuh seseorang sendiri karena apabila sudah dibiasakan melakukan olahraga secara rutin maka tubuh akan selalu meminta untuk dilatih ototnya agar bisa senantiasa berkembang dan kuat.

Faktanya juga mengatakan bahwa dengan olahraga maka tubuh mampu menangkal segala penyakit yang menyerang tubuh dari faktor eksternal atau luar.

Untuk itu marilah memulai olahraga secara rutin agar bisa juga merasakan kehidupan sehari-hari yang sehat dengan segala komponen tubuh yang tercukupi dengan sempurna dan baik.

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Cara Mengatur Pola Hidup yang Sehat selanjutnya mengenai kebersihan. Poin yang terakhir ini juga tak kalah pentingnya untuk kita perhatikan. Ya, faktor kebersihan memang bukan hal yang bisa terlepas dari pribadi setiap kita. Apabila kita ingin mewujudkan pola hidup yang sehat, maka perlu lah juga setiap kita menyadari untuk selalu memperhatikan dan menjaga kebersihan diri kita serta kebersihan lingkungan di sekitar kita.

Menjaga kebersihan bisa kita lakukan dengan banyak wujudnya, karena itulah ini dikatakan hal yang cukup sederhana namun karena orang-orang tidak cukup terbiasa mengaplikasikannya dalam keseharian, maka menjaga kebersihan diri kian menjadi suatu hal yang amat sulit untuk bisa dicamkan dalam setiap sisi kegiatan keseharian tersebut.

Menjaga kebersihan diri bisa kita realisasikan dengan melakukan beberapa poin-poin dibawah ini :
• Tidak lupa mencuci tangan kapanpun setelah berakrivitas. Baiknya kegiatan cuci tangan ini dilakukan sebelum hendak makan dan sesudah makan
• Mandi secara teratur dan dengan bersih. Kegiatan mandi memang merupakan kebutuhan tubuh kita masing-masing untuk bisa membersihkan diri kita dari segala kekotoran lingkungan luar yang telah berkontak dengan diri kita. Baiknya mandi menggunakan sabun yang bersih dan memiliki disinfektan kuman agar bisa juga menjaminkan setelah mandi, tubuh menjadi bersih dan benar-benar terlepas dari kuman yang melekat dari luar lingkungan
Selain daripada menjaga kebersihan diri kita masing-masing, kita juga bisa melakukan kontrol terhadap kebersihan lingkungan di sekitar kita, berikut adalah poin-poin dalam merealisasikan kebersihan lingkungan :
• Rajin membersihkan rumah atau tempat tinggal masing-masing. Kegiatan bersih-besih ini baik dilakukan setiap sebulan 2 kali atau minimal sebulan 1 kali
• Bisa melakukan gotong royong sekalian dengan warga di lingkungan sekitar. Kebersihan lingkungan sekitar itu bisa dilakukan bersama-sama dengan cara membersihkan selokan, kali, menyapu halaman, atau dengan melakukan penanaman pohon/

Dari poin penjelasan diatas memang penting untuk bisa kita semua camkan karena itulah dia langkah utama untuk bisa mewujudkan kebersihan diri dan lingkungan sekitar kita. Kita bisa memulainya dengan cara yang lebih sederhana lagi yaitu dengan tidak melakukan hal-hal yang berdampak mengotori diri kita, baik secara internal maupun eksternal.

Eksternal yang dimaksudkan disini adalah dengan mengontrol setiap sisi kebersihan yang asalnya dari luar lingkungan kita. Lalu internal yang dimaksudkan disini adalah dengan menjaga kebersihan dalam diri kita masing-masing. Kebersihan dalam diri itu bisa kita lakukan dengan menghindari segala kegiatan atau hal yang mencermarkan.

Misalnya dengan jangan merokok karena kegiatan semacam merokok itu akan tumbuh menjadi kebiasaan yang cukup buruk. Kebiasaan merokok apabila sudah merasuki diri seseorang dan menjadi kebiasaan maka akan sangat sulit untuk melepaskannya. Lalu dengan begitu orang tersebut tidak akan bisa mewujudkan pola hidup yang sehat.

Merokok jelas mencemarkan diri secara internal maupun eksternal sebenarnya. Dengan merokok, seseorang bisa terkena segala penyakit dalam yang berkaitan dengan pernapasan khususnya. Orang yang merokok biasanya bisa terkenan penyakit yang namanya kanker mulut, kanker paru-paru, dan gangguan pernapasan akut. Itu sungguh tidak baik jika dibiarkan secara terus-menerus dilakukan dan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Selain daripada itu, seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa kegiatan kebiasaan merokok juga bisa sangat berdampak pada kebersihan lingkungan di sekitar orang tersebut. Seseorang yang sudah kebiasaan merokok bisa juga mencermarkan kebersihan lingkungan di sekitarnya. Asap rokok sangat beresiko bagi kesehatan orang disekitarnya juga, selain itu polusi juga bisa semakin bertambah buruk keadaannya apabila asap rokok terus merajai udara.

Dalam ilmu biologi sendiri dikatakan sebuah fakta bahwa perokok pasif lebih beresiko terkena dampak dari asap rokok itu daripada perokok aktif itu sendiri. Perokok pasif Yang dimaksudkan adalah orang sekitar yang menghirup asap dari perokok aktif yang adalah orang yang merokok itu. Maka kesimpulannya adalah bahwa segala faktor yang berkaitan dengan kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar kita amatlah menunjang untuk bisa mewujudkan pola hidup yang sehat.

Itulah dia beragam poin penting beserta penjelasan lengkapnya yang menuturkan tentang perilaku pola hidup yang sehat dalam keseharian. Itu mencakup pola makan yang teratur, pola tidur yang teratur, olahraga yang cukup, serta dengan menjaga kebersihan diri kita dan juga lingkungan.

Maka dari itu, mulailah pola hidup yang sehat dengan cara yang sederhana namun mampu menunjang kebutuhan tubuh dengan baik dan sempurna setiap harinya. Demikian Cara Mengatur Pola Hidup yang Sehat, semoga bermanfaat.

Oleh: Meylisia H.S.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*