Cara Hidup Bahagia dan Bermakna

Membuat Hidup Bermakna (4)

Pernahkah kamu menjalani hari tanpa semangat dan gairah? Sering bad mood? Pernahkah hanya karena satu hal remeh, sepanjang harimu menjadi berantakan enggak karuan?

Tenang, karena kamu enggak sendiri. Kita semua pernah mengalaminya. Karena hal yang sangat wajar dan manusiawi bagi kita merasakan sedih dan kecewa.

Membuat Hidup Bermakna (4)

Nah, yang salah adalah ketika kamu enggak bisa melewati masa-masa itu, dan terus menerus terlarut dalam suasana hati yang negatif. Bisa jadi justru ada kebiasaanmu yang harus diubah.

Kalau iya, yuk kita saling berbagi 25 tips sederhana supaya bisa membuat harimu yang tadinya kelam seperti tanpa tujuan, menjadi indah, bahagia, dan penuh makna.
Ayo, ubah dirimu!

1. Istirahat yang Cukup

Tips Cara Hidup Bahagia dan Bermakna yang pertama adalah istirahat cukup. Mengawali hari dengan istirahat yang cukup menjadi amat penting. Banyak orang memulai harinya dengan kurang bergairah karena masih merasa lesu dan letih. Akhirnya, apa yang dijalani juga menjadi tidak fokus.

Aktivitasnya berantakan karena energi yang harusnya dia miliki dan gunakan tidak optimal. Tidak cuma sampai di situ, karena kurang tidur juga bisa mempengaruhi suasana hati menjadi negatif.

Banyak ahli berpendapat kalau tidur yang berkualitas bagi orang dewasa itu antara 7 hingga 8 jam per hari. Tapi tidak hanya soal durasi, karena beberapa pakar lain juga mengatakan kalau kedalaman atau tingkat kenyenyakan tidur seseorang juga mempengaruhi kualitas tidur.

Baca Juga: Tips Mempertahankan LDR Agar Langgeng dan Awet

Namun yang pasti, pada saat tidur, sel-sel tubuh kita secara otomatis akan memperbaiki diri sehingga pada esoknya, kita sudah siap menjalani aktivitas dengan energi dan semanagat yang baru.

2. Bangun Pagi

Tips Cara Hidup Bahagia dan Bermakna selanjutnya adalah bangun pagi. Kalau tidur sudah cukup dan berkualitas, langkah selanjutnya adalah membiasakan bangun di pagi hari. Tak sedikit yang mengatakan jika bangun pagi adalah ciri-ciri orang sukses.

Di antara kita, pasti sudah sering mendengar kata-kata yang satu ini:
“Eh, kalau bangun siang, nanti rezeki keburu dipatok ayam!”

Ya, kata-kata ini memang tak salah. Karena terlambat bangun pagi biasanya memang menunjukkan sifat seorang pemalas. Ingat, waktu adalah uang, jadi jangan sia-siakan waktumu dengan terus-terusan tidur di kasur dan cuma berharap pada mimpi-mimpi indah.

Nah, di samping itu, kebiasaan bangun pagi ternyata juga bisa meningkatkan suasana hati, lho. Tentu saja ini berlaku ketika kita sudah tidur dengan cukup di malam harinya, sehingga bisa bangun dalam kondisi yang segar bugar.

3. Olahraga

Tips Cara Hidup Bahagia dan Bermakna selanjutnya adalah olahraga. Setelah bangun pagi, kamu tentu harus melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi tubuh. Jangan udah bangun pagi-pagi, eh waktunya malah kebuang percuma karena mantengin sosial media (sosmed). Padahal, terlalu sering berselancar di sosmed justru bisa mempengaruhi kesehatan mental, lho.

Membuat Hidup Bermakna (2)

Di sisi lain, olahraga secara teratur ternyata tidak cuma bisa membuat tubuh menjadi sehat. Aktivitas yang satu ini katanya juga bisa meningkatkan hormon bahagia. Wah, kok bisa?

Jadi, beberapa hormon yang dimiliki oleh tubuh seperti dopamin, oksitosin, serotonin, estrogen, dan progesteron bisa mempengaruhi mood seseorang. Artinya, kekurangan hormon tersebut bisa membuat kita menjadi murung. Nah, dengan berolahraga, kita bisa kembali meningkatkan hormon tersebut. Wah, mudah sekali ya.

Siapa coba yang enggak mau bahagia? Makanya, yuk rajin olaharaga!

4. Sarapan

Tips Cara Hidup Bahagia dan Bermakna selanjutnya adalah sarapan. Memulai aktivitas di luar, apalagi dengan jadwal yang padat dan sibuk, tentu memerlukan energi yang juga tidak sedikit. Nah, jangan sampai kamu melaluinya dengan perut yang tak terisi alias kosong, ya. Sarapan yang bergizi tentunya juga akan mencukupi kebutuhan nutrisi sehingga kita bisa berpikir dengan lebih baik dan lebih fokus.

Selain itu, rasa lapar juga bisa mempengaruhi mood seseorang. Biasanya orang yang lapar akan menjadi mudah marah-marah. Jadi bukan cuma wanita yang sedang mengalami PMS saja yang bisa marah-marah.

Nah, agar kamu lebih bersemangat dalam memulai aktivitas, usahakan juga memiliki menu sarapan yang variatif. Bahkan ini juga tidak hanya terbatas pada menu yang kamu pilih, tapi juga bagaimana bisa menyajikannya menjadi semenarik mungkin!

Intinya, jangan sampai kamu malah mudah bosan dengan sarapan yang itu-itu saja.
Oh, iya, jangan lupa seimbangkan sarapanmu dengan minum air putih yang cukup, ya.

5. Nikmati Secangkir Teh Hangat

Tips Cara Hidup Bahagia dan Bermakna selanjutnya adalah nikmati secangkir teh. Sejenak, kamu mungkin perlu menenangkan diri lebih dulu. Sambil menghirup udara pagi, secangkir teh hangat akan membuat kamu lebih rileks. Apalagi kalau kamu bisa meluangkan waktu ini bersama orang tersayang, entah itu pasangan, saudara, atau orang tua.

Selain memberikan efek ketenangan, teh juga memiliki kandungan L-Theanine yang membuat mood penikmatnya menjadi bahagia. Bagi sebagian orang, menikmati secangkir teh hangat juga menjadi cara yang ideal untuk memulai komunikasi dengan orang lain, atau sekadar ngobrol-ngobrol santai.

Baca Juga: 24 Tips Sederhana Agar Kita Terhindar dari Virus Corona

6. Sempatkan Ngobrol dengan Orang Tua

Tips Cara Hidup Bahagia dan Bermakna selanjutnya adalah sempatkan mengobrol. Nah, jika kamu masih tinggal serumah dengan orang tua, maka jangan lewatkan waktumu untuk ngeteh bareng bersama mereka, walau cuma sebentar.

Sharing tentang segala hal dengan kedua orang tuamu sudah pasti bisa meringankan beban dan pikiran. Kalau perlu mintalah nasehat, karena mereka yang paling mengerti dirimu.

Jadikan orang tua sebagai penyemangat aktivitasmu hari ini. Tak ada salahnya sejenak menjadi seperti anak kecil kembali, yang selalu butuh ciuman, pelukan, dan dekapan hangat mereka setiap sebelum berangkat sekolah. Karena itulah ‘energi’ terbesar yang bisa membuat kita semangat dan bahagia menjalani aktivitas hari ini.

Kalau kamu sudah tidak tinggal dengan orang tuamu, sudah berkeluarga, atau karena pendidikan kamu harus nge-kos dan tinggal jauh dengan mereka, maka sempatkan lah diri untuk menelepon, atau melakukan video call hanya untuk sekadar menyapa dan melihat wajahnya.

Percayalah, koneksi batin antara anak dan orang tua tak akan pernah berdusta.

Siapa sih yang tak ingin melihat kedua orang tuanya bahagia? Nah, tahukah kamu apa hal yang paling bisa membuat orang tuamu bahagia?

Jawabannya sederhana: ketika mereka melihatmu bahagia.

7. Buat Targetmu

Tips Cara Hidup Bahagia dan Bermakna selanjutnya adalah target. Mulailah harimu dengan terencana. Apa tujuanmu hari itu? Adakah target yang ingin dicapai? Pekerjaan apa yang harus diselesaikan? Yang lebih penting dari itu semua, untuk apa kamu melakukannya?

Setiap orang pasti punya harapan dan cita-cita. Kamu tidak akan bergerak saat ini untuk hari ini saja, tapi juga esok hari, untuk masa depanmu. Jadi, tanamkanlah di pikiranmu, bahwa apa yang kamu akan lewati hari ini adalah untuk itu, untuk menggapai cita-cita dan masa depan yang selama ini kamu impikan.

Dari situ, kamu akan siap menghadapi setiap tantangan di depan. Kamu akan bekerja dengan sepenuh hati, penuh semangat, optimisme, tanpa takut gagal, dan pantang menyerah. Karena bagi kamu sebuah kegagalan hanyalah proses yang pasti harus dilalui sebelum menuju sukses.

Jadi ingat, tak ada yang instan. Semua butuh proses, selangkah demi selangkah. Dan mulailah untuk menikmati semua prosesnya.

8. Percaya Kemampuamu

Tips Cara Hidup Bahagia dan Bermakna selanjutnya adalah percaya diri. Kunci kebahagiaan yang selanjutnya adalah dengan percaya pada kemampuan diri sendiri. Kalau kamu sudah merasa inferior sebelum mulai beraktivitas dan ‘bertanding’, maka kamu sudah bisa dinyatakan kalah atau gugur sebelum berperang.

Ingat, tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan. Banyak orang mengatakan bahwa lari dari masalah tak akan pernah menyelesaikan masalah. Tapi lebih dari itu, dia justru bisa menimbulkan masalah baru yang jauh lebih runyam.

Jadi, apa yang harus kamu lakukan? Percaya pada kemampuanmu. Karena semua tergantung pada mindset. Kalau kamu menganggap masalah itu kecil, dia akan menjadi kecil. Kalau besar, maka dia akan menghantam dirimu.

Mulailah dengan mengapresiasi dirimu sendiri. Lihatlah bahwa kamu telah melakukan hal-hal yang sebelumnya tak pernah terbayangkan akan kamu lakukan. Lihatlah bahwa kamu telah berhasil memulainya, sekarang tinggal bagaimana caranya agar kamu bisa sampai ke garis finish.

Oh iya, tapi harus tetap diingat, percaya diri di sini bukan berarti menjadi overconfident, ya. Karena itu malah bisa menjatuhkanmu.

Tanamkan bahwa kamu ingin bisa menularkan rasa percaya diri itu untuk kebahagiaan orang lain juga, bukan untuk menyakiti mereka.

9. Selalu Berpikiran Positif

Ini tips yang cukup penting. Karena apa yang kamu lakukan, tergantung dari apa yang kamu pikirkan. Orang yang selalu berpikiran negatif pasti tak akan luput dari rasa khawatir, cemas belebih, takut, mudah panik, dan pesimistis. Sebaliknya berpikiran positif akan membawa kita pada optimisme.

Orang-orang yang berpikiran positif akan mudah bahagia, karena mereka akan melalui hari-harinya dengan ringan dan tanpa beban. Hal tersebut juga berpengaruh pada kesehatan jiwa seseorang.

Sebaliknya, orang yang berpikiran negatif akan mudah terkena stres. Akibatnya tidak hanya berpengaruh pada mood seseorang, tapi secara psikologis juga bisa berdampak pada kesehatan mental mereka.

Faktanya, banyak orang yang mengalami stres lalu pelariannya ke hal-hal yang tidak diperbolehkan, seperti misalnya menggunakan obat-obatan terlarang. Tidak sedikit juga orang yang sampai nekat mengakhiri hidup hanya karena pikirannya dirasuki hal-hal negatif. Waduh, ngeri sekali yah.

Jadi, harus selalu positive thinking, ya!

10. Jaga Penampilanmu

Agar kamu bisa percaya diri menghadapi aktivitasmu hari ini, tentu kamu juga harus menjaga penampilan. Dengan berpenampilan baik, suasana hati pastinya akan menjadi nyaman dan bahagia.

Sekarang ini, apalagi bagi generasi milenial, penampilan merupakan hal yang cukup penting. Salah-salah pakai ‘kostum’, malah kita bisa kena cibir. Alhasil itu pasti akan merusak mood kita sepanjang hari.

Kalau sudah begitu, ngapa-ngapain pun juga udah enggak percaya diri. Akhirnya hanya karena penampilan, semua yang sudah kita rencanakan sejak awal jadi berantakan. Presentasi ke klien belepotan, ngobrol ke gebetan gelagapan. Ya udah, mending pura-pura aja lupa ingatan.

11. Tersenyumlah!

Hai, jangan lupa tersenyum. Kami juga menuliskan tips ini untuk kamu sembari tersenyum, lho. Percayalah, itu bisa membuat kita bahagia serta menularkannya ke orang lain.

Tidak seperti menjaga penampilan yang harus kamu dapatkan dengan mengeluarkan biaya, tersenyum adalah cara paling sederhana yang bisa membuat perasaan hatimu positif dan bisa kamu lakukan secara gratis!

Dengan tersenyum, timbal balik yang kita rasakan juga akan langsung terasa. Orang yang kita senyumi otomatis juga akan membalas senyum kita. Keramahan yang dibalas hal serupa.

Nah, bayangkan saja jika semua orang di dunia ini selalu tersenyum. Begitu banyak energi positif yang akan kita dapatkan. Begitu indahnya dunia.

12. Ayo Bersosialisasi!

Bisa jadi selama ini kamu mengalami kesedihan yang berlarut-larut karena harus memendamnya seorang diri. Padahal, banyak orang di luar sana yang bersedia menjadi pendengar yang baik untukmu. Menjadi tempat untuk curhat. Inilah pentingnya bersosialiasi.

Di dunia ini kamu tidak hidup sendiri, kan? Ya, jadi jangan pernah berpikir bahwa kamu tak punya siapa-siapa lagi. Itu kesalahan besar.

Sebaliknya, mungkin suatu saat nanti kamu juga bisa menjadi pendengar yang baik buat orang lain. Bisa menenangkan hati mereka karena kamu ternyata punya pengalaman yang sama. Tak ada yang tahu, kan?

Jadi, jangan disimpen semuanya sendirian, ya.

Baca Juga: 7 Tips Sederhana Menghadapi Pengidap Gangguan Kesehatan Mental

13. Buat Orang Tertawa Karenamu

Percayalah, bahwa salah satu cara agar kita bisa bahagia adalah dengan membahagiakan orang lain juga. Jika kamu adalah orang yang suka menghibur orang lain, mudah membuat orang tertawa, lakukanlah. Dengan begitu, kamu bahkan bisa menjadi pusat perhatian dan banyak disukai.

Di sela-sela padatnya aktivitasmu, bercanda dengan teman-teman pada jam istirahat bisa menjadi pilihan menyenangkan untuk mengembalikan mood kamu yang mungkin sedikit menurun. Jadi, jangan malah kau habiskan waktu istirahatmu dengan menyendiri tanpa teman.

Sebagian orang malah merasa mood-nya bisa berantakan kalau tidak dilalui dengan bercanda dan tertawa. Serius memang perlu, tapi tetap ada porsinya. Sisakan yang lain untuk menghibur diri yang mungkin sudah mulai terasa jenuh, ya.

14. Buat Karyamu!

Kadang kamu mungkin merasa tidak dihargai. Kamu merasa apa yang kamu lakukan selalu salah di mata teman, rekan kerja, atau atasan.

Nah, kalau ini membuat mood kamu berantakan, buatlah sesuatu di luar aktivitas atau pekerjaanmu sehari-hari yang memang sesuai dengan passion-mu.

Buat karyamu sendiri. Misalnya mulai menjadi seorang penulis seperti kegemaran masa kecilmu, atau yang kekinian seperti mencoba menjadi seorang vlogger.

Mungkin dengan begitu, kamu justru akan menemukan jati dirimu yang sesungguhnya. Jika berhasil, kamu juga akan banyak dikenal dan dihargai orang karena karyamu.

Jadi, jangan takut mencoba, ya.

15. Jadi Diri Sendiri

Mungkin terkadang kamu lupa, bahwa selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan membuat kamu semakin iri dan terkekang.

Ya, kamu tak bisa jadi diri sendiri. Padahal kamu akan merasakan bahagia yang sesungguhnya kalau kamu bisa menjadi diri kamu sendiri, bukan berusaha mencoba menjadi orang lain.

Kebahagiaan itu akan datang kalau kamu merasa nyaman, senang melakukannya, dan memang seperti kamu apa adanya. Sebaliknya, berpura-pura menjadi seperti orang lain supaya terlihat keren hanya akan mebuat kamu semakin terbebani.

Bagaimana pun, rumput tetangga akan selalu terlihat lebih hijau, kan?
Ingat, kamu bisa keren karena bisa jadi kamu, bukan orang lain.

16. Mulailah Cintai Dirimu

Nah, sampai pada tahap ini, berarti kamu juga harus terbiasa untuk mulai mencintai diri sendiri. Yap, menerima segala kekurangan yang kamu punya adalah salah satu cara kamu untuk berdamai dengan keadaan, dan membuat hati merasa tenang.

 

Meski begitu, kamu harus tetap ingat, bahwa di setiap kekurangan seseorang, pasti ada kelebihan yang menyertainya.

Dengan mencitai diri sendiri, kamu juga pasti tak akan mau kalau diri kamu terus menerus larut dalam kesedihan. Apalagi sampai menyerah dengan keadaan dan tak mau bangkit dari keterpurukan.

Jadi, jangan biarkan dirimu sampai sakit karena tak dijaga dengan baik. Apalagi malah sampai melukai diri sendiri. Bagaimana kamu bisa mengatakan akan mencintai orang lain dengan sepenuh hati kalau dirimu sendiri saja kamu abaikan?

17. Lihat Sekelilingmu

Untuk bisa bahagia, ini adalah bagian yang paling sederhana tapi justru banyak dilupakan orang: lihat sekelilingmu. Kamu boleh melihat ke atas agar bisa termotivasi, namun ketika masalah dan cobaan sedang datang, mood berantakan enggak karuan, kesedihan dan kegalauan melanda, cobalah melihat ke bawah.

Ya, banyak orang-orang di sekitarmu yang mungkin tidak seberuntung kamu saat ini. Banyak yang memiliki kondisi lebih memprihatinkan, dan tidak merasakan kebahagiaan yang kamu rasakan.

Maka cobalah untuk selalu bersyukur. Karena dari situlah kamu akan merasakan kebahagiaan dan menemukan makna hidup yang sesungguhnya.

18. Berbagi dengan Sesama

Nah, ketika kamu sudah melihat sekelilingmu, maka tak ada salahnya kamu berbagi dengan sesama. Membantu meringankan kesedihan mereka.

Memberikan makanan bagi yang belum makan, memberikan pakaian bagi yang bajunya sudah terlihat usang.

Kalau sudah melakukannya, jangan lupa beritahu kami bagaimana rasanya ya!

Biasanya, ada rasa ‘plong’ di dada. Kebahagiaan dan kepuasan tersendiri yang sulit dideskripsikan. Ya, mungkin itulah indahnya berbagi. Karena kebahagiaan yang tak ternilai adalah ketika kamu bisa memberi dan membawa manfaat untuk orang lain.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tidak Menjalin Hubungan dengan Pria yang Salah

19. Lakukan Apa yang Kamu Suka

Mungkin selama ini mood kamu tidak bagus karena kamu tidak melakukan apa yang kamu suka. Nah, setelah menjalani aktivitas yang melelahkan, dan mungkin saja cenderung membosankan, maka melakukan hal-hal yang memang menjadi kegemaran kamu adalah langkah jitu mengembalikan mood.

Kalau kamu suka bermain sepak bola, maka kamu bisa ikut bersama teman-teman yang satu hobi denganmu untuk menghabiskan waktu di lapangan bola. Kalau kamu suka main game, maka tak ada salahnya kamu meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas tersebut sejenak sebagai pelepas penat.

Jadi, kunci bahagia sebenarnya tak serumit yang kita bayangkan, kan?

20. Mencoba Hal Baru

Bisa jadi kamu merasa tidak bahagia karena jenuh dan bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja. Kalau iya, maka kamu harus mencoba sesuatu yang berbeda. Lakukanlah mulai dari hal-hal yang sederhana.

Misalnya saja selama ini, rutinitas olahraga yang kamu lakukan setiap hari adalah lari pagi di sekitar kompleks rumah. Nah, sekali-kali kamu mungkin bisa mencoba lari pagi di Gelora Bung Karno saat hari libur. Atau mungkin yang lebih beda, kamu bisa mencoba olahraga yang lain seperti berenang atau main basket.

Kalau selama ini kamu sering mengisi waktu kosongmu dengan menonton film, mungkin sekali-kali kamu bisa mencoba main game mobile legend, asal tidak lupa waktu, ya.
Intinya, cobalah lakukan sesuatu yang baru agar kamu tidak mudah bosan.

21. Jalan-jalan!

Yap, satu lagi aktivitas yang bisa menghilangkan rasa bosan, yaitu dengan traveling. Bagi yang hobi aktivitas ini, jalan-jalan pasti sudah jadi hal yang wajib guna mengisi waktu libur.

Bagi yang mood-nya lagi sedih dan butuh hiburan, mungkin bisa traveling ke tempat wisata yang ramai. Tapi bagi yang butuh waktu untuk menyendiri dan menyembuhkan perih di hati, bisa juga memilih ke tempat yang tenang. Karena terkadang, kita memang membutuhkan sejenak ketenangan untuk menghadapi pikiran yang sedang tidak tenang.

Sekali-kali, tak ada salahnya juga untuk mengambil jatah cuti, lalu traveling supaya bisa melepas penat, kan.

22. Tuliskan Kisahmu Hari itu

Yap, tak terasa kita sudah hampir tiba di bagian penghujung. Tapi agar apa yang sudah kita lakukan tak terlupakan begitu saja, cobalah mulai tuliskan kisahmu hari ini dalam sebuah lembaran kertas. Coba lakukan ini secara rutin setiap hari.

Apa saja aktivitas yang kamu lewati, kebahagiaan yang kamu rasakan, serta kesedihan yang mungkin datang tanpa pernah diundang.

Tulis saja siapa orang yang sudah membuatmu jengkel. Atau siapa yang tiba-tiba datang lantas mengisi harimu. Tapi bagian yang paling penting dalam kisahmu hari itu adalah: Apa yang bisa membuatmu galau, sedih, dan kecewa?

Dari catatan kecil itu, kamu bisa belajar. Agar esok hari ketika kamu bangun, kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan agar hal serupa tak terulang. Atau minimal, kamu sudah siap jika hal yang sama menimpa kamu lagi.

Di samping itu, menulis juga termasuk media untuk menuangkan isi hati, lho. Dengan menulis, semoga hati kamu akan terasa lebih ringan.

23. Ikhlaskan yang Sudah Terjadi

Nah, ini dia bagian yang tak kalah penting dari yang lain. Seberapa berat pun harimu saat itu, maka cobalah untuk kamu ikhlaskan. Karena memikirkannya berlarut-larut hanya akan menambah beban pikiran.

Jika kamu hari ini mendapat perlakuan kasar, kata-kata yang tidak sepatutnya kamu terima, menjadi korban bully, diomeli atasan, atau apa pun itu, biarkan semua itu menghilang bersama udara yang pergi jauh entah ke mana.

Masih kah kau pegang lembaran kertas berisi nama-nama orang yang membuatmu jengkel di atas? Robek kertas itu, sekarang. Buang ke tempat sampah. Cobalah untuk bisa memaafkan.

Ikhlaskan saja. Jadikan sebagai pembelajaran. Mungkin kamu memang perlu melakukan introspeksi. Mungkin ada yang salah dari dirimu. Agar ke depan, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih kuat. Percayalah, dengan begitu hatimu bisa lebih tenang.

24. Jangan Begadang, ya..

Karena kamu sudah melakukan aktivitas yang begitu berat hari ini, maka biasakanlah tidur lebih awal. Ingat, jangan begadang untuk suatu hal yang tak perlu. Ingat tips nomor satu dan dua, kamu harus memiliki waktu istirahat yang cukup, dan kamu juga harus bangun pagi!

Agar cepat terlelap, mungkin kamu bisa mencoba mandi dengan air hangat satu jam sebelum tidur agar tubuh menjadi rileks. Setelah itu, kamu juga bisa minum secangkir susu hangat.
Semoga kamu mimpi indah.

25. Jangan Lupa Berdoa

Eits, tunggu dulu. Sebelum tidur, jangan lupa berdoa. Berterima kasih lah kepada Yang Maha Kuasa atas kelancaran aktivitasmu hari ini. Dan memohonlah kelancaran untuk aktivitasmu esok hari. Percayalah, dengan bersandar penuh kepada Sang Pencipta, kamu akan merasa tentram.

Yap, demikian sedikit tips sederhana Hidup Bahagia dan Bermakna. Ingat, tak ada yang memiliki kehidupan sempurna di dunia ini. Tak ada orang yang selalu merasakan bahagia tanpa pernah sedih. Sebaliknya, kesedihan dan kekecewaan suatu saat nanti pasti akan berganti senyuman. Semua datang silih berganti.

Tapi yang paling penting, bagaimana kita bisa menyikapi semua itu, lalu mengambil hikmah dan memetik pelajaran dari semua yang sudah kita lalui.

Semoga ke depan kita bisa menjadi orang yang lebih baik.

Selamat bahagia!

Oleh: Umair Shiddiq Yahsy

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*