Bagaimana Cara Agar Tidak Tertular Virus Corona?

Cara Agar Kita Tidak Tertular Virus Corona

Hai sobat baca, baru-baru ini Kita sedang diributkan dengan virus corona yang kini sudah menjadi pandemi dunia. Tidak salah lagi virus yang juga disebut sebagai SARS-COV-2 ini telah menjangkit di banyak negara. Bahkan sudah ada beberapa negara yang menerapkan lock down, salah satunya Italia.

Persebaran virus ini tergolong cepat dan gejalanya baru bisa terdeteksi dalam kurun waktu dua sampai empat belas hari. Untuk itulah perlu kesadaran bagi masyarakat untuk tetap tinggal di dalam rumah selama empat belas hari. Hal ini bertujuan untuk memutus rantai penularan covid 19 dan mempermudah penanganannya juga.

Cara Agar Kita Tidak Tertular Virus Corona

Saat ini bangsa Kita sedang berperang melawan covid 19, oleh karena itulah Kita harus ikut mendukung pemerintah dengan cara sederhana yang Kita bisa. Jangan sampai virus ini memporak-porandakan Indonesia, sekarang saatnya Kita bersatu melawan corona.

Bagaimana Cara Agar Tidak Tertular Virus Corona

Sampai hari ini para peneliti sedang bekerja keras untuk menemukan obat dari penyakit yang satu ini. Kamu tidak perlu khawatir sejatinya virus corona bisa kok dicegah dengan menerapkan beberapa tips berikut ini. Simak dan praktekan tips jitu ini agar terhindar dari serangan virus corona.

Baca Juga: 24 Tips Sederhana Agar Kita Terhindar dari Virus Corona

Berolah Raga Secara Teratur di Rumah

Bagaimana Cara Agar Tidak Tertular Virus Corona yang pertama adalah olahraga. Olah raga akan membuat tubuh Kamu menjadi lebih sehat. Saat tubuh Kita sehat maka secara otomatis imunitas tubuh juga meningkat sehingga tubuh lebih kecil kemungkinannya terkena virus. Pilihlah jenis olah raga yang bisa dilakukan di dalam rumah.

Mungkin Kamu bisa mencoba melakukan gerakan-gerakan push up, back up, dan squat. Gerakan ini tidak memerlukan ruang yang luas. Bagi Kamu yang penasaran dengan yoga juga bisa menjajalnya. Ada banyak jenis gerakan yoga yang akan lebih membuat Kamu rileks.

Selain sehat, Kamu juga bisa memanfaatkan ini sebagai kesempatan untuk menurunkan berat badan loh. Olah raga secara rutin bisa menurunkan berat badan, untuk Kamu yang mengidam-idamkan berat badan ideal. Nah, sekarang ini saatnya Kamu memperjuangkannya.

Makan Buah dan Sayur Serta Minum Air Putih Secukupnya

Cara Agar Tidak Tertular Virus Corona yang kedua adalah makan buah dan sayur. Makan buah dan sayur setiap hari sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Jangan salah, kandungan yang terdapat di dalam buah dan sayur bisa meningkatkan imunitas tubuhmu sehingga terhindar dari virus corona. Buah dan sayur banyak mengandung vitamin dan zat penting lainnya.

Coba pilih buah-buahan seperti jeruk, jeruk nipis, lemon, pepaya, jambu biji dan buah lainnya yang kaya akan vitamin. Vitamin C yang terkandung dalam buah tersebut akan membuat tubuhmu memiliki sistem imun yang kuat.

Selain meningkatkan sistem imun tubuh, buah-buahan yang Kamu konsumsi secara rutin mampu mempercepat produksi leukosit. Leukosit adalah sel darah putih yang bisa membunuh berbagai penyakit di tubuhmu. Bisa Kamu bayangkan dahsyatnya manfaat dari konsumsi buah tersebut.

Tidak lupa Kamu juga harus mengonsumsi sayuran. Banyak sayuran-sayuran yang bisa Kamu pilih dalam rangka pencegahan serangan virus corona ini. Kamu bisa pilih sayuran seperti brokoli, bawang putih, dan bayam. Ketiga sayuran ini ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh.

BacaJuga: Bagaimana Cara Mengatur Pola Hidup Yang Sehat? Ini Tipsnya

Pastikan Kamu mengonsumsi sayur yang sudah dimasak. Hal ini untuk menghindari adanya bakteri ataupun virus yang menempel pada sayuran yang Kamu konsumsi. Begitu juga dengan buah, Kamu harus memastikan kebersihannya terlebih dahulu.

Konsumsi juga air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Kecukupan cairan tubuh akan memperkecil kerentanan tubuh sehingga bisa mengurangi resiko terjangkit covid 19.

Jangan Mudah Panik Saat Memperoleh Informasi

Cara Agar Tidak Tertular Virus Corona yang kedua adalah jangan mudah panik. Waspada boleh tapi panik jangan, itu pernyataan yang seringkali Kita dengar dari media-media pemberitaan tanah air terkait corona. Hal ini sangat benar karena kepanikan tidak akan membantu meredakan penularan. Justru kepanikan malah memperbesar resiko seseorang terkena virus.

Kepanikan akan membuat orang rentan terhadap stress. Nah, disaat stress sistem imun Kita rentan terhadap serangan virus dan hal ini berbahaya terutama saat merebaknya virus corona saat ini. Jangan mudah panik, serap informasi sebagai pengetahuan dan juga untuk meningkatkan kewaspadaan.

Jika pemberitaan justru membuat panik, paling tidak kelola sendiri waktu yang tepat untuk mengakses berita tersebut. Hal ini setidaknya bisa mengurangi kepanikan Kamu. Usahakan untuk tetap tenang dalam segala kondisi.

Tetap di Rumah dan Lakukan Jaga Jarak Aman

Cara Agar Tidak Tertular Virus Corona selanjutnya adalah tetap di rumah dan lakukan jaga jarak (social distancing) secara disiplin. Penularan virus dari manusia ke manusia sangat mungkin terjadi di mana saja sehingga tinggal di rumah adalah cara yang tepat untuk mencegah penularan virus.

Jika Kamu ke luar rumah untuk membeli makanan atau keperluan lainnya, lakukan jaga jarak minimal satu meter dari orang lain. Perlu diakui, ini memang tidak mudah mengingat budaya sosial Kita yang tinggi, namun hal ini harus dilakukan demi memutus rantai penularan covid 19 di Indonesia.

Tidak keluar rumah akan membuat Kita tahu apakah Kita sudah terjangkit atau belum. Selain itu selama di rumah sistem imun Kita akan bekerja keras melumpuhkan virus dan penyakit yang menyerang tubuh. Itulah kenapa orang dalam pantauan (ODP) disarankan untuk melakukan isolasi mandiri.

Jangan Berjabat Tangan untuk Sementara Waktu

Kita semua tentu tidak tahu kondisi kesehatan orang yang ada di sekitar Kita. Bisa saja orang tersebut sudah terjangkit virus corona tingkat ringan sehingga ciri-cirinya tidak terlihat. Kontak langsung seperti jabat tangan akan memperbesar resiko penularan penyakit covid 19.

Tangan seringkali digunakan untuk menutup mulut ketika seseorang batuk ataupun bersin. Selain itu tangan merupakan bagian tubuh yang seringkali menyentuh benda-benda yang bisa saja sudah terpapar virus, seperti pegangan pintu, tombol lift dan sebagainya.

Alangkah lebih baik jika Kita tidak berjabat tangan dahulu sebelum pandemi ini benar-benar usai. Hal ini demi kebaikan bersama, bukan berarti menjadi anti sosial atau tidak beretika. Saat-saat seperti ini kesehatan harus menjadi prioritas utama.

Biasakan untuk Mencuci Tangan dengan Benar

Cara Agar Tidak Tertular Virus Corona yang utama adalah mencuci tangan. Jika ditelisik kembali, virus corona ini membuat Kita semakin sadar akan kebersihan diri. Salah satunya kesadaran mencuci tangan dengan benar yang harus dilakukan sesering mungkin.

Bagi Kamu yang selama ini malas mencuci tangan, kini saatnya untuk berbenah. Kini hanya dengan mencuci tanganmu Kamu sudah menyelamatkan nyawamu dan juga nyawa orang lain.

Cara mencuci tangan yang benar adalah dengan membasahi tangan dengan air mengalir. Lalu gunakan sabun untuk membersihkan seluruh bagian telapak tangan. Silahkan mulai dari bagian telapak tangan dengan cara menggosok dengan menggunakan telapak tangan yang lain.

Setelah itu Kita juga harus membersihkan punggung tangan beserta sela-sela jari dengan cara saling menggosokan keduanya. Kemudian bisa lanjut ke bagian punggung jari dengan cara menautkannya. Setelah itu Kamu bisa membersihkan bagian ibu jari dan akhirnya membilas tangan dengan air mengalir. Jangan lupa keringkan tangan dengan tisu atau kain kering.

Cuci tangan harus dilakukan sebelum makan, sesudah buang air, juga sebelum tanganmu menyentuh anggota tubuh, dan setelah berada di luar rumah. Para peneliti sudah berhasil membuktikan jika sabun dapat membunuh virus corona. Virus corona sangat rentan terhadap sabun.

Untuk menangkal resiko penularan virus corona, cuci tangan bisa dilakukan sesering mungkin selama minimal dua puluh detik. Jangan ragu untuk melakukan kebiasaan positif ini ya.

Selingi Aktivitas di Rumah dengan Hiburan Menyenangkan

Cara Agar Tidak Tertular Virus Corona selanjutnya adalah bahagia. Sembari menghela nafas setelah menyelesaikan beberapa tugas atau pekerjaan ada baiknya Kamu mencari cara untuk menghibur diri. Mungkin saja setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda untuk menghibur diri. Kamu bisa pilih mana yang paling pas untuk dirimu sendiri.

Ada orang yang senang menonton tayangan video lucu lewat streaming, atau menonton televisi. Semua itu bisa menjadi pilihan menarik untuk Kamu.

Terlalu lama mengerjakan tugas di rumah ditambah pemberitaan mengenai covid 19 bisa membuat pikiranmu semakin tidak karuan. Sudah ada banyak orang yang sebenarnya tidak terserang covid 19 tapi tubuhnya seolah mengalami gejala covid 19, ini disebut psikosomatik.

Hiburan menjadi hal yang sangat penting terutama untuk kesehatan psikis. Carilah hiburan yang positif agar pikiranmu tetap fresh sehingga Kamu bisa terhindar dari stres. Setiap orang harus memiliki me timenya sendiri, paling tidak untuk memulihkan diri sendiri dari hiruk pikuk.

Intensifkan Waktu Bersama Keluarga di Rumah

Cara Agar Tidak Tertular Virus Corona selanjutnya adalah intensifkan waktu dengan keluarga. Pandemi corona saat ini membuat banyak orang harus tetap bekerja di rumah. Nah, seharusnya kesempatan ini justru bisa digunakan untuk saling mendekatkan diri satu sama lainnya. Kamu bisa membuat suatu game di rumah yang bisa membuat suasana semakin seru.

Jika bukan game, Kamu juga bisa membuat sebuah proyek sederhana seperti memasak bersama misalnya. Cobalah untuk memasak sesuatu yang baru dan disukai oleh semua anggota keluarga. Pastinya hal ini akan sangat seru dan Kamu akan terhindar dari kebosanan selama di rumah.

Saat Kamu terhindar dari rasa bosan maka Kamu tidak akan mudah mengalami stres. Pengendalian stres bisa membuat Kamu memiliki antibodi yang kuat sehingga mengurangi resiko tertular virus corona.

Manajemen Waktu Saat Mengakses Informasi Covid 19

Cara Agar Tidak Tertular Virus Corona manajemen waktu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, jangan terlalu banyak dan intens mengonsumsi informasi mengenai covid 19. Tujuannya untuk mengurangi dampak psikologis akibat kecemasan karena terlalu banyak mendengar berita covid 19.

Cobalah untuk mengatur waktu yang tepat saat mengakses informasi covid 19. Paling tidak selama 2 sampai 3 jam sekali atau lebih lama lagi. Kecemasan ini akan mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang, bahkan bisa memberikan dampak psikosomatis juga.

Atur Tenggat Waktu Penyelesaian Tugas

Meskipun bekerja di rumah, tugas yang dikerjakan harus memiliki tenggat waktu. Target Kamu tentukan akan membuat Kamu lebih disiplin dalam menyelesaikan tugas. Tujuannya agar pekerjaan tidak menumpuk dan justru membuat beban pikiran semakin berat.

Gunakan alarm di smartphone sebagai pengingat dateline agar Kamu selalu ingat dan menyelesaikan tugas sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan. Paling tidak Kamu bisa membuat tenggat waktu lebih cepat satu hari dari tenggat waktu yang diberikan oleh atasan Kamu.

Nah, sekarang Kamu sudah semakin tahu nih, apa saja tips untuk terhindar dari virus corona. Saatnya Kita menerapkan tips-tips ini dengan disiplin dan komitmen tinggi agar terhindar dari covid 19. Tetap di rumah, terus jaga kesehatan serta selalu produktif dan semangat menjalani hari.

Demikian “Cara Agar Tidak Tertular Virus Corona” Semoga bermanfaat dan kita sehat selalu.

Oleh: Y. Anugrahanto

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*