Bukit di Sekitar Waduk Riam Kanan

Kawasan Waduk Riam Kanan Kalimantan Selatan merupakan bagian dari kaki pegunungan Meratus.

Terletak di kawasan kecamatan Aranio dan Karang Intan Kabupaten Banjar, banyak sekali objek wisata bukit yang dapat memanjakan mata dan pikiran dengan keindahan alamnya.

Kawasan perbukitan ini memang biasanya ramai oleh para pendaki dan para pejalan yang ingin merasakan nikmatnya alam bebas dan melepas penat dan stress dari hiruk pikuk perkotaan.

Kawasan perbukitan di kawasan Waduk Riam Kanan memang banyak sekali kita temukan, tetapi kita belum tahu apa saja nama bukitnya, semuanya akan kita kupas dalam artikel ini.

Biar gak penasaran, ini adalah beberapa nama bukit yang bisa kita kunjungi di kawasan waduk Riam Kanan:

Bukit Batas

Terletak di desa Bukit Batas, Kabupaten Banjar bukit ini memiliki berbagai keindahan yang bisa anda nikmati bagi para backpacker, karena dari atas bukit ini kita bisa melihat Raja Ampatnya Kalimantan Selatan dalam berupa gugusan pulau-pulau kecil di tengah waduk Riam Kanan.

Bukit Matang Kaladan

Bukit ini terletak di desa Tiwingan Lama, kecamatan Aranio, kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Seperti halnya Bukit Batas, bukit ini juga menyajikan pemandangan indah karena terletak di tengah-tengah bukit barisan yang menyerupai gugusan pulau di Raja Ampat Papua.

Karena keindahannya, bukit ini sempat viral di media sosial pada tahun 2015 sehingga banyak sekali para pelancong atau backpacker yang berkunjung ke bukit ini.

Keistimewaan dari bukit ini adalah memiliki beberapa miniatur yang bisa anda jadikan sebagai spot foto, seperti perahu (jukung) dan menara pohon.

Bukit Pahiyangan

Terletak di desa Rantau Balai, kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, bukit unik yang merupakan objek wisata baru yang belum dikenal banyak orang ini memiliki beberapa keunikan yaitu telaga di atas bukit.

Di atas bukit ini, kita bisa memancing ikan di telaga ini. Menurut mitos kepercayaan masyarakat adat Banjar, bukit ini merupakan tempat pertapaan naga berkepala delapan sehingga bukit ini berbentuk delapan.

Bukit Atawang

Sekilas tidak ada yang istimewa dari bukit ini, hanya saja dengan mengunjungi bukit yang satu ini maka anda bisa melihat bukit-bukit yang lainnya, seperti bukit Pahiyangan, bukit Batu, Bukit Matang Kaladan, dan sebagainya karena posisi bukit ini persis berada di tengah-tengah waduk Riam Kanan.

Bukit Patra Bulu

Terletak di desa Awang Bangkal, kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar bukit ini memiliki berbagai spot keindahan berupa hamparan rumput nan hijau yang bisa memanjakan mata dan pikiran.

Ketika berada di atas puncak bukit ini, maka pemandangan kota Banjarbaru dan Martapura dari kejauhan bisa anda lihat, bahkan pada malam hari anda bisa melihat kerlap kerlip lampu dari perkotaan dan rumah-rumah penduduk.

Pada pagi harinya, anda bisa merasakan udara sejuk dan cantiknya sunrise dari bukit ini. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan apabila anda berkunjung dan bermalam di bukit Patra Bulu.

Bukit Batu

Keistimewaan dari Bukit Batu yaitu padang sabana di sekitar bukit karena banyaknya rumput ilalang di sekitar bukit ini dan saat musim kemarau tiba rumput ilalang bisa berwarna kuning kecoklatan, sekilas suasana pemandangan Bukit Batu persis sekali dengan di dataran Afrika.

Karena cirikhasnya yang demikian, bukit ini sangat recommended banget bagi para backpacker yang ingin menginap, berjalan-jalan dan berfoto ria. Konon, bukit ini dinamakan bukit Batu karena terdapat batu di bawah rumput ilalang, jadi para backpacker juga harus berhati-hati ketika berkunjung ke bukit ini.

Bukit Arta

Destinasi wisata perbukitan di kawasan Waduk Riam Kanan, Kalimantan Selatan juga bisa menjadi spot favorit bagi para backpacker atau wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan anda. \

Berlokasi di desa Tambela dan Tiwingan, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar. Sayangnya bukit Arta belum ada hal yang menjadi istimewa/cirikhas karena masih tergolong baru dan penambahan fasilitas yang masih berlangsung.

Bukit Teletubbies Aranio

Kalimantan Selatan juga memiliki sebuah bukit yang gundukannya menyerupai bukit di kartun Teletubbies, salah satunya yaitu Bukit Teletubbies yang kita kenal dengan nama bukit Rimpi di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Tetapi, jutaan orang tak menyadari kalau bukit Teletubbies tidak hanya di Pelaihari saja lhoo, ada juga di dekat Waduk Riam Kanan, tepatnya di desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

Bukit ini masih satu kawasan dengan bukit Matang Kaladan, tetapi hanya memiliki ketinggian 200 mdpl, tetapi bukit ini dengan hamparan rumput hijaunya dapat memanjakan mata dan pikiran para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Bukit Guling

Satu objek wisata perbukitan yang baru dikenal orang saat ini yaitu Bukit Guling. Bukit ini terletak di Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

Seperti halnya bukit-bukit yang lainnya, bukit ini juga menyajikan panorama waduk Riam Kanan yang begitu indah dan rerumputan yang begitu hijau.

Bukit Pelawangan

Satu lagi yang akan kita bahas, yaitu Bukit Pelawangan. Bukit ini terletak di desa Awang Bangkal, kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Keunikan dari bukit yang satu ini yaitu saat anda menaiki bukit ini maka anda akan berasa seperti berada di negeri atas awan karena saat pagi harinya disuguhkan panorama awan yang sangat bagus.

Mau ke bukit-bukit yang sudah disebutkan di atas? Tunggu dulu karena saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir, kita berdoa saja agar pandemi cepat berlalu supaya nanti bisa jalan-jalan ya. Demikian artikel ini semoga bermanfaat bagi kita semuanya.

oleh: Halimnegara

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*