Bukit Mongkrang dimana?

Pesona Bukit Mongkrang, Tempat Menarik Bagi Para Pendaki Pemula

Daerah lereng Gunung Lawu sudah sejak lama dikenal memiliki banyak sekali obyek wisata yang menarik. Dari tahun ke tahun, selalu bermunculan wisata-wisata baru yang menarik perhatian.

Baik itu wisata alam ataupun taman buatan dengan tetap mengandalkan panorama alam khas Gunung Lawu, semuanya selalu ramai akan kunjungan wisatawan.

Bagi yang menyukai wisata petualangan, ada satu tempat wisata yang bisa dibilang masih baru dan juga sedang viral. Nama tempat wisata ini adalah Bukit Mongkrang yang berlokasi dekat dengan basecamp pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang.

 Seputar Bukit Mongkrang

Terletak di Desa Gondosuli Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Bukit Mongkrang adalah sebuah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 2194 mdpl.


 

Bukit Mongkrang ini termasuk sebagai wisata pendakian, karena untuk bisa mencapai puncaknya diperlukan perjalanan selama kurang lebih 1 jam. maka tak heran wisata obyek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh penggemar pendakian, terutama saat akhir pekan atau hari libur.

Tingginya yang tidak terlalu menjulang dan perjalanannya yang tidak memakan waktu terlalu lama, membuat Bukit Mongkrang ini juga sangatlah cocok bagi para pemula yang ingin mencoba merasakan pengalaman sebuah pendakian.

Selain itu jalur menuju ke puncak bukit pun terbilang relatif muda karena tidak telalu menanjak curam. Jalan setapak yang cukup lebar akan menjadikan pendakian lebih mudah dan tidak perlu khawatir tersesat.

Pesona di Bukit Mongkrang

Dari Bukit Mongkrang, pendaki akan melihat dengan jelas kegagahan Gunung Lawu yang berdiri tepat di sebelah utara bukit. Selain itu jika kondisi cuaca sedang cerah akan terlihat pula kepulan asap yang dihasilkan dari Kawah Candradimuka dari Gunung Lawu.

Ketika musim hujan, pesona lain dari Bukit Mongkrang akan terlihat dengan tumbuhnya rumput-rumput ilalang di sebuah padang yang luas. Padang ilalang inilah salah satu spot yang paling sering digunakan oleh para pendaki untuk berswafoto.

Namun di musim kemarau pun juga tak kalah menarik, karena saat pagi di musim kemarau, puncak dari Bukit Mongkrang akan nampak sangat cerah dan tidak tertutup kabut. Dari puncak inilah barisan gunung-gunung yang ada di jawa tengah akan terlihat sangat jelas, mulai dari Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing hingga Gunung Prau.

Pilihan kegiatan di Bukit Mongkrang

Karena waktu tempuh menuju ke puncak yang hanya sekitar 1 jam, banyak pilihan cara untuk mengeksplor Bukit Mongkrang ini. ada yang berkemah dan bermalam di puncak Bukit Mongkrang, ada pula yang naik kemudian turun lagi, atau yang dalam istilah pendakian disebut tektok.

Jika ingin berkemah, Pendaki bisa mendirikan tenda di camp area yang terletak di puncak Bukit Mongkrang. Camp area di Bukit Mongkrang ini cukup luas, sehingga bisa menampung cukup banyak tenda. Bermalam di puncak Bukit Mongkrang akan memberikan ketenangan tersendiri bagi pikiran dan sejenak melarikan diri dari kepenatan rutinitas harian.

Sedangkan bagi yang ingin mendaki tektok, biasanya ada dua waktu favorit yang sering digunakan oleh para pendaki. Yang pertama adalah waktu subuh sekitar jam 4 pagi ataupun sore hari sekitar jam 4. Waktu-waktu ini biasa digunakan oleh para pemburu sunrise atau sunset yang tidak punya banyak waktu, sehingga setelah puas menikmati pemandangan di puncak akan langsung turun kembali.

Info Tiket dan Waktu Operasional

Bukit Mongkrang ini dibuka selama 24 jam dan bisa didatangi kapan saja oleh para pengunjung. Untuk tiket masuknya sendiri sangat murah, setiap pengunjung dikenai biaya sebesar Rp. 10.000, sedangkan bagi yang ingin berkemah akan dikenai biaya tambahan Rp. 5000.

oleh: lutfi tw


 

You May Also Like

About the Author: Insfira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *