Berkunjung ke Goa Sunyaragi Cirebon

Jika kalian sedang berkunjung di Kota Cirebon, sempatkan untuk singgah di wisata Goa Sunyaragi. Tempat wisata ini terkenal dengan sejarah dan struktur bangunan terbuat dari susunan bebatuan alam yang indah.

Goa Sunyaragi Cirebon salah satu cagar budaya yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan non lokal. Dominasi sport foto dilatarbelakangi batu alam yang sangat unik dan kesan terpancarkan dari Goa Sunyaragi natural dan tenang.

Sejarah Goa Sunyaragi Cirebon sangat menarik terutama bagi kalangan traveller mencari tempat berlibur sekalian pengetahuan. Yuk simak ulasan lebih jelasnya dibawah ini:

Sejarah Goa Sunyaragi Cirebon

Dalam pembuatan Goa Sunyaragi diprakarsai oleh Pangeran Emas Zaenul Arifin atau Panembahan Ratu Pertama. Prosesnya membutuhkan tiga periode pada awal abad ke-18.

Konon tempat ini digunakan oleh Sultan Cirebon berserta keluarganya untuk mencari ketenangan. Ada juga yang mengatakan Goa Sunyaragi digunakan sebagai tempat penggemblengan tentara kesultanan Cirebon.

Pada tahun 1852, taman ini sempat direnovasi karena mengalami kerusakan akibat perang di tahun 1787. Pada masa itu, Goa Sunyaragi digunakan sebagai benteng pertahanan.

Pemugaran terakhir dilakukan oleh pemerintah RI secara keseluruhan dari tahun 1976-1984. Sejak itu tak ada lagi aktivitas pemeliharaan besar untuk di kawasan ini.

Lokasi Goa Sunyaragi Cirebon

Berlokasi di Jalan Brigjend AR Dharsono, Kelurahan Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon. Untuk menuju lokasi wisata Goa Sunyaragi bisa menggunakan kendaraan motor, mobil atau kendaraan umum.

Lokasi wisata ini hanya berjarak 1.5 km dari terminal Harjamukti Cirebon, dan berjarak 5 km dari stasiun kereta api Cirebon.

Informasi Tiket Wisata Goa Sunyaragi

Hari Jam Buka Harga Parkir Pemandu
Senin – Jumat 08.00 – 17.00 10.000  2.000 (motor) 50.000
Sabtu – Minggu 08.00 – 18.00 5.000 (mobil)

Pengelola juga menyediakan jasa pemandu wisata bagi para traveller yang ingin mengenal lebih dalam sejarah dari Goa Sunyaragi Cirebon. Biasanya akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 50.000.

Worth it untuk menambah pengetahuan dari tempat wisata ini. Fasilitasnya sangat memadai terdapat: area parkir, mushola, MCK, penginapan dan warung makan.

Daya Tarik Goa Sunyaragi Cirebon

Struktur bangunan yang unik menyerupai gua-gua berbentuk gunung-gunung dan terdapat terowongan penghubung bawah tanah dan saluran air.

Arsitektur bangunan dari Goa Sunyaragi merupakan hasil dari perpaduan ragam kebudayaan mulai dari gaya klasik atau hindu, tiongkok kuno, gaya timur tengah dan gaya eropa. Terlihat dari detail corak, motif, pola pada setiap bangunan yang ada di Goa Sunyaragi tersebut.

Perpaduan kebudayaan yang sangat kental bisa kalian lihat sendiri ketika sedang berkunjung di tempat wisata ini. Bangunan Goa Sunyaragi didominasi gaya klasik dan hindu. Setiap bangunan yang ada di tempat wisata ini memiliki filosofi tersendiri.

Di sini juga tersedia wahana bagi para pengunjung seperti: sepeda terbang, balon terbang, ayunan terbang dan panahan. View indah yang ada di Goa Sunyaragi kerap kali digunakan untuk berfoto dan sangat instagramable.

Latarbelakang foto dengan struktur bangunan yang unik, natural sering dijadikan sebagai foto pre-wedding bagi pasangan-pasangan hendak menikah. Disarankan bila mengunjungi tempat wisata ini akan lebih baik sore hari.

Wisata di Goa Sunyaragi cocok untuk semua kalangan, berlibur sambil menambah ilmu pasti mengasyikan. Ditambah lagi beragam wahana yang disediakan pihak pengelola untuk para pengunjung dijamin makin seru.

Di sini juga terdapat banyak warung makan dan souvenir yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak-saudara di rumah. Aja klalen ya mampir ning wisata Goa Sunyaragi Cirebon.

oleh: Sofiyani

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*