Berburu Kuliner Khas Cipanas Cianjur

Pesona puncak memang selalu menghadirkan kenangan yang tidak bisa di lupakan.

Panorama alamnya yang indah serta udarnya yang segar seakan selalu mengajak kita untuk kembali mendatanginya.

Berwisata di Puncak terutama di wilayah Cipanas selalu menjadi destinasi wisata pilihan bagi masyarakat yang berada di sekitar wilayah puncak.

Rata-rata para wisatawan yang menghabiskan liburannya di puncak Cipanas berasal dari Bogor atau wilayah sekitarnya yang memang hanya ingin merefresh suasana dengan waktu yang tidak begitu panjang.

Maka tak heran apabila libur panjang atau libur weekend tiba suasana di sekitar Puncak Cipanas begitu ramai dengan para wisatawan yang berasal dari luar kota.

Selain menikmati suasana dan pemandangan serta area wisata di sekitar puncak Cipanas. Mereka juga biasanya menyempatkan untuk berburu kuliner khas Cipanas.

Salah satu yang selalu menjadi tujuan adalah Rumah Makan Alam Sunda yang memang terkenal dengan suguhan sambelnya yang sangat pedas, makanya sambel tersebut disebut dengan sambel dower, karena akan membuat dower yang memakannya.

Bukan hanya sambelnya yang cukup pedas tetapi sajian menu yang lainnya pun menjadi favorit pilihan pengunjung.

Setelah berkeliling menikmati area wisata yang terdapat di wilayah puncak Cipanas. Rasa laparpun menghantui akibat lelah mengitari area wisata yang dituju. Tentu saja tempat makanlah yang dicari.

Selain Rumah Makan Alam Sunda yang sudah terkenal di wilayah Cipanas. Ada juga tempat makan lainnya yang bisa menjadi alternatif pilihan makan. Apabila Anda menyukai dengan yang berbau-bau lemak maka pilihan tentulah tertuju pada sate maranggi.

Sate maranggi ini menjadi tujuan utama apabila Anda singgah dan menghabiskan waktu di puncak Cipanas. Karena di waktu libur panjang ataupun weekend tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Jadi tak lengkap rasanya apabila Anda berwisata di Puncak Cipanas tidak mampir ke tempat sate maranggi yang terkenal lezat ini, apalagi di santap selagi maaih hangat, wah makin menambah rasa nikmatnya.

Selain dua tempat tersebut masih banyak tempat kuliner lainnya yang bisa menjadi pilihan. Seperti rumah makan sate Shinta yang memiliki rasa yang khas dan tidak ada tandingnya.

Tentu saja sate Shinta berbeda dengan sate maranggi. Sate Shinta lebih mirip sate Madura yang di bakar dan disajikan dengan kuah kacang. Sedangkan sate maranggi tidak ditambahkan dengan Kuah kacang hanya diberi bumbu rahasia selama pembakaran.

Satu yang selalu menjadi pilihan yaitu bubur khas Cianjurnya. Bubur ini tidak berbeda dengan bubur pada umumnya hanya saja diberi tambahan tumisan atau kuah daun bawang, dan ini memberikan cita rasa yang berbeda dan memberikan rasa nikmat apalagi di santap di pagi hari.

Meskipun pada umumnya bubur dijual di pagi hari tapi di wilayah Cipanas bubur tersebut bisa didapati hingga malam hari. Jadi tak aneh apabila Anda sempat berlibur dan menikmati malam hari di wilayah Puncak Cipanas banyak yang menjajakan bubur ayam.

Jadi selamat berburu kuliner di Puncak Cipanas. Yang pasti Anda tidak akan kekurangan makanan dan tempat untuk mengisi perut dari pagi hari hingga malam hari. Tinggal selera Anda menginginkannya ke mana.

oleh: ali suwarno

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*