Bagaimana Cara Mempertahankan Hubungan LDR?

Hubungan LDR Awet

Hai para pejuang LDR, apa kabar nih? Semoga selalu sehat dan bahagia menjalani hubungan yang sudah Kamu jalin ya. Terus bertahan dan jangan menyerah, ingat komitmenmu untuk selalu menemani saat suka dan duka.

Bagi Kamu yang masih menimbang-nimbang untuk menjalani LDR, artikel ini merupakan artikel yang tepat untuk Kamu.

Banyak hal yang harus Kamu pertimbangkan sebelum menjalani hubungan LDR yang penuh dengan tantangan ini.

Tapi sebelum beranjak lebih jauh yuk Kita bahas dulu definisi dari LDR itu sendiri. Paling tidak Kita tahu lebih banyak mengenai apa itu LDR.

Apa Itu LDR ?

Long Distance Relationship (LDR) adalah sebuah hubungan percintaan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan dari jarak jauh.

Nama lain dari LDR yaitu hubungan jarak jauh. Menjalani Long Distance Relationship (LDR) tidaklah mudah karena harus ada rasa saling percaya antara pasangan, meskipun sekarang ini teknologi sudah berkembang.

Teknologi bukan menjadi satu-satunya jalan untuk mempertahankan hubungan LDR Masih ada banyak aspek yang harus diperhatikan agar dua insan yang terpisah jarak dan waktu ini bisa bertahan menghadapi konflik batin. Tidak bisa dipungkiri hubungan jarak jauh memang rentan bubar, tapi hal itu juga tergantung dari masing-masing individu yang menjalaninya.

Saat menjalani sebuah hubungan cemburu merupakan hal yang wajar dalam menjalani sebuah hubungan, asal tidak terlalu berlebihan saja. Jika kecemburuan antar pasangan berlebihan, bisa dipastikan hubungan jarak jauh tidak akan bertahan lama karena ada rasa terkekang di antara salah satu pasangan. Oke, yuk Kita lihat tips mempertahankan hubungan LDR jauh yang sudah dirangkum khusus untuk Kamu.

Masalah yang Seringkali Melanda Pasangan LDR

Tidak bisa dipungkiri jika pejuang LDR harus menghadapi banyak ujian saat memperjuangkan hubungannya. Semua ujian itu harus dihadapi dengan bijak agar hubungan bisa terus berlanjut. Kedewasaan diri menjadi faktor kunci agar sebuah hubungan bisa bertahan.

Saat kita membahas mengenai bagaimana cara mempertahankan hubungan ldr maka kita harus membahas masalah yang seringkali melanda pasangan LDR. Pahami dahulu apakah kamu memiliki masalah-masalah ini:

1. Takut Jika Pasangan Selingkuh

Ketakutan ini seringkali menyerang pasangan-pasangan LDR. Hal ini wajar karena intensitas pertemuan yang sangat terbatas. Namun, jangan sampai rasa takutmu ini justru membuat Kamu berpikir hubungan harus segera diakhiri ya. Cobalah untuk membicarakan ini dengan pasanganmu secara baik-baik. Pasti nanti akan ada solusinya kok.

Tips LDR agar awet

Jangan sampai rasa takut ini menghantui pikiranmu. Toh apa yang Kamu pikirkan belum tentu benar lo. Bisa jadi ini hanya ketakutanmu karena menjalani hubungan jarak jauh atau mungkin saja karena ada salah satu teman dekatmu yang mengalaminya bukan berarti Kamu juga akan mengalaminya juga.

2. Rasa Rindu yang Begitu Berat

Tentu saja pasangan LDR akan mengalami fase rindu yang menggebu-gebu tapi tidak bisa bertemu. Hal ini akan sedikit menyesakkan, namun Kamu masih bisa kok menghubunginya via telepon atau media sosial yang lain. Tenang, masih banyak jalan menuju ke Roma.

Jaman sekarang ini teknologi sudah mengalami kemajuan sehingga Kamu bisa memanfaatkan media yang ada untuk saling berkomunikasi. Jangan sampai Kamu terjebak dengan rasa rindumu itu. Justru Kamu harus fokus dengan apa yang bisa Kamu lakukan saat itu juga agar saat bertemu nanti akan menjadi momen yang spesial antara Kamu dan Dia.

3. Cemburu Buta

Rasa cemburu juga tidak bisa dihindari oleh pejuang hubungan LDR. Ingat cemburu yang tidak mendasar hanya akan membuat Kamu semakin terpuruk dan bisa mempengaruhi produktivitasmu. Akhirnya malah membuat hubunganmu dengan Dia semakin renggang. Cobalah untuk terbuka kepada pasanganmu.

Buang rasa cemburumu itu dan terus lakukan hal-hal yang positif. Percayalah Dia sedang bekerja keras juga mempersiapkan masa depan bersama dengan Kamu. Jadi daripada cemburu mending kasih semangat ke Dia, pasti akan jauh lebih mempererat hubunganmu.

4. Melanggar Komitmen

Tidak jarang komitmen yang sudah dibangun dilanggar begitu saja oleh salah satu pasangan karena berbagai alasan. Kamu harus bisa mengerti jika komitmen adalah sesuatu yang penting dalam sebuah hubungan. Hal ini harus dijaga dengan baik karena bisa membuat keretakan sebuah hubungan.

Jika salah satu melanggar sebuah komitmen, cobalah untuk membicarakannya baik-baik. Bisa saja Dia memiliki alasan yang masuk akal. Jangan sampai karena salah paham hubunganmu berakhir begitu saja. Cobalah untuk bersikap dewasa dan jika memang hubunganmu dengan Dia harus berakhir Kamu harus ikhlas melepasnya.

5. Perjuangan Hanya dilakukan Oleh Satu Pihak

Jika Kamu merasa berjuang sendirian dalam mempertahankan hubungan LDR ini. Hal itu perlu dipertanyakan kembali. Sebab sebuah hubungan membutuhkan keseimbangan, tidak bisa hanya satu pihak yang berjuang untuk mempertahankan namun harus dilakukan oleh dua pihak. Kenyataan ini memang pahit dirasakan.

Hubungan LDR

Cobalah untuk saling terbuka satu sama lain, mungkin ada yang salah dengan Kamu sehingga membuat Dia acuh. Tanyakan dengan baik kepadanya, buka kembali komunikasi. Jika memang memberikan penjelasan dan Kamu siap memperbaiki semuanya katakan dengan sungguh-sungguh. Berjanjilah untuk menepati janji yang telah Kamu ungkapkan tersebut.

Jika si Dia tidak bisa melanjutkan hubungan dengan Kamu karena suatu hal. Relakan Dia dan lepaskan dengan lapang dada, beri kesempatan untuk orang lain masuk ke hatimu dan jadikan hubunganmu yang telah berlalu sebagai pelajaran yang berharga.

6. Godaan untuk Selingkuh

Kekasih yang berada pada jarak yang sangat jauh memungkinkan Kamu melakukan banyak hal dengan bebas. Terkadang godaan untuk mendua selalu ada. Banyak yang lebih cantik, lebih ganteng dari pasanganmu saat ini. Namun, Kamu harus ingat terhadap komitmen yang sudah Kamu bangun dengan susah payah.

Ingat juga dampak dari selingkuh yang bisa saja akan merusak kehidupanmu kelak. Selingkuh hanya indah diawal-awal saja selanjutnya hanya menyisakan penyesalan. Hukum karma selalu berjalan dan akan menimpa orang yang melakukan keburukan kepada orang lain.

7. Jenuh dengan Hubungan LDR

Setiap pasangan pasti akan merasakan kejenuhan dalam melangsungkan hubungan LDR. Kamu bisa mengakalinya dengan melakukan hal-hal yang kreatif seperti memberikan perhatian dengan cara yang berbeda. Jika biasanya Kamu hanya menelepon, Kamu bisa mengganti dengan video call misalnya.

8. Hubungan Jadi Semacam Kewajiban

Hubungan dilakukan atas dasar cinta. Jika hubungan dilakukan karena kewajiban maka akan terasa hambar. Misalnya Kamu menghubungi kekasihmu karena ini adalah kewajibanmu sebagai pacar tanpa ada rasa getir-getir cinta di dalamnya. Hal itu tidak akan nyaman dilakukan. Coba ingat-ingat lagi bagaimana perasaan Kamu ketika pertama bertemu dengan Dia.

Perasaan itulah yang seharusnya terus ada dalam hatimu. Istilahnya jatuh cinta tidak hanya cukup sekali tapi harus berkali-kali dan setiap hari. Perasaan inilah yang akan membuat Kamu bertahan lama dan menantikan momen bersama sesederhana menelepon di akhir pekan. Momen itu akan sangat berharga jika hubunganmu didasari dengan cinta.

Kamu dan Dia berhasil menjalani hubungan sejauh ini. Hal itu tidak mungkin terjadi jika tidak ada cinta yang tumbuh di antara Kamu dan Dia.

9. Tiba-Tiba Menutup Diri

Jika pasanganmu tiba-tiba menutup diri mungkin ada sesuatu yang salah dengan dirimu. Sebelum membicarakan ini kepada sang kekasih coba instropeksi diri terlebih dahulu. Mungkin saja Kamu salah karena membalas chatnya terlalu lama maupun sebab lainnya. Cobalah untuk membicarakan hal ini kepadanya.

Minta maaflah dengan tulus terlebih dahulu dan biarkan Dia bercerita tentang kegelisahannya. Dengarkan dengan baik dan saat Dia mengungkapkan kesalahanmu jangan mencoba untuk membela diri, tapi berusahalah untu mengerti dan memperbaiki diri.

Sembilan hal ini seringkali menjadi masalah bagi pasangan LDR. Tenang saja meskipun banyak masalahnya LDR bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan. Banyak kok orang yang menjalani hubungan LDR dan berhasil ke jenjang pernikahan. Ini menunjukan jika LDR itu bergantung pada setiap orang yang menjalaninya.

Keuntungan Menjalani LDR

bagaimana cara mempertahankan hubungan ldr? pahami bahwa sebenarnya LDR tidak selamanya negatif. Buat pikiranmu positif terlebihd ahulu. Long Distance Relationship tidak selamanya akan memberikan mimpi buruk bagi para pelakunya. Justru hubungan jarak jauh mempunyai sejumlah keuntungan bagi siapa saja yang menjalaninya. Kamu bisa jadi lebih mengenal dirimu sendiri dan pasanganmu.

Selain itu Kamu bisa banyak belajar dari hubungan jarak jauh. Ini sangat penting bagi Kamu yang sekarang ini sedang bertahan menjalani LDR. Inilah beberapa keuntungan dari hubungan jarak jauh yang bisa Kamu petik hikmahnya. Semoga bisa lebih menguatkan Kamu untuk tetap bertahan dalam menjalani hubungan jarak jauh ya.

1. Cinta yang Kalian Miliki Jauh Lebih Kuat

Ujian yang dihadapi pasangan jarak jauh memang lebih berat dibandingkan kebanyakan pasangan, hal ini harus diakui dan disadari. Namun, ada hikmah dibalik semua ujian yang melanda Kamu dan Dia, sebab Kamu terbukti mempunyai cinta yang kuat.

Jarak tidak bisa mematahkan arangmu untuk selalu bersama dan berjuang dengan Dia. Ini adalah bukti bahwa cinta yang Kamu miliki bukan hanya sekedar kata-kata yang manis di mulut. Namun cinta yang berbuah melalui perbuatan nyata yang sedang Kamu perjuangkan sampai saat ini. Selamat untuk Kamu para pejuang LDR.

2. Momen Kebersamaan Jadi Lebih Berharga

Pasangan LDR yang jarang ketemu akan menghargai pentingnya sebuah pertemuan. Ya, Kamu dan Dia akan lebih mengerti jika pertemuan adalah waktu yang berkualitas sehingga Kamu tidak akan menyia-nyiakan momen berharga ini sedikit pun. Selain itu hubunganmu akan jauh lebih intim saat menghabiskan waktu bersama.

3. Memiliki Komitmen yang Jauh Lebih Kuat

Hubungan jarak jauh sebenarnya adalah sebuah pembelajaran berharga yang Kamu dan Dia sedang usahakan. Ya, banyaknya ujian yang berhasil Kamu lewati selama masa pacaran jarak jauh ini membuktikan kuatnya komitmen yang Kamu miliki. Tidak semua orang bisa menjaga komitmen karena hal itu tidaklah mudah untuk dilakukan.

Kamu yang bisa menjaga perasaan pasanganmu meskipun dalam jarak jauh memperlihatkan keseriusanmu dengan Dia. Ini adalah hal yang penting dalam sebuah hubungan.

4. Lebih Mandiri Menghadapi Masalah

Hubungan jarak jauh membantu Kamu lebih mandiri lagi dari sebelumnya. Kamu jadi tidak selalu bergantung pada pasanganmu sehingga mengasah karakter Kamu juga. Hal ini penting bagi Kamu yang memiliki kebiasaan bergantung dengan pasangan.

5. Kesehatan Lebih Terjaga

Mereka yang menjalani hubungan jarak jauh akan termotivasi untuk selalu menjaga kesehatan baik kesehatan jasmani maupun rohani. Tujuannya untuk bisa bertemu dengan pasangan pada waktu yang tepat. Waktu yang Mereka miliki akan digunakan sebaik-baiknya untuk mengembangkan diri sendiri agar bisa banyak bercerita nantinya saat bertemu.

6. Menyadari Pentingnya Waktu

Waktu adalah hal yang sangat berharga, sayangnya banyak yang justru membuang waktu Mereka dengan sia-sia. Kamu yang menjalani hubungan jarak jauh pasti jauh lebih mengerti betapa berharganya waktu. Ya, Kamu akan menanti-nanti saat bersama dengan sabar dan menjalani hari-hari dengan penuh kesadaran bahwa waktu tidak bisa terulang kembali.

Tentunya Kamu ingin bertemu dengan pasanganmu dan menceritakan hal-hal berharga saat tidak bersama dengan Dia. Kamu akan menggunakan setiap waktu yang Kamu punya untuk hal-hal yang benar-benar penting sehingga saat pertemuan itu terjadi Kamu bisa dengan bebas menceritakan semua pencapaianmu kepadanya dan begitu pula sebaliknya.

7. Belajar untuk Bersabar dalam Sebuah Penantian

Ada yang bilang sabar ada batasnya, namun ada yang bilang sebaliknya. Terlepas dari definisi sabar tersebut suatu hubungan jarak jauh akan melatihmu menjadi orang yang lebih sabar. Penantian yang panjang akan membuatmu mengerti bahwa sabar sangat diperlukan agar hubungan jarak jauh bisa terus berlanjut.

Sabar tidak hanya dalam bentuk penantian, tapi juga saat Kamu harusnya bisa mengobrol namun Dia tidak bisa karena sangat lelah dengan pekerjaan. Kamu jadi lebih pengertian dengan si Dia dan malah bisa memberikan kata-kata untuk menyemangati Dia. Tentu ini hal yang manis bukan.

8. Kamu Bisa Menjadi Pendengar sekaligus Pencerita yang Baik

Pasangan jarak jauh bisa membuat Kamu semakin mengerti kebutuhan pasanganmu. Ketika Dia sedang butuh didengarkan Kamu akan dengan senang hati memberikan waktu untuk Dia. Saat inilah Kamu bisa menjadi seorang pendengar yang baik. Dengarkan pasanganmu yang sedang lelah dengan masalah yang sedang dihadapinya.

Selain menjadi pendengar yang baik mau tidak mau Kamu akan menjadi seorang pencerita yang baik pula. Bercerita dengan cara yang seru akan membuat pasanganmu juga semakin antusias mendengarkan Kamu.

9. Meraih Mimpi yang Kamu Miliki

Hubungan jarak jauh akan membuat Kamu semakin fokus pada pencapaian diri sendiri. Pencapaian yang sedang Kamu usahakan bisa dilakukan dengan lebih maksimal. Selain itu pasanganmu juga akan memberikan dukungan kepadamu untuk terus meraih mimpi tersebut sehingga Kamu akan lebih termotivasi lagi dan peluang mencapai mimpi semakin terbuka lebar.

Sebuah fokus akan lebih membuat Kamu bisa meraih mimpi. Ini bisa dilakukan jika Kamu bisa mengelola pikiran dan hatimu untuk benar-benar fokus pada tujuan hidup yaitu meraih mimpi tersebut. Pencapaian hidup yang Kamu miliki akan menjadi cerita yang menarik saat bertemu dengan pasanganmu. Jadi manfaatkan waktu yang Kamu miliki dengan baik.

10. Belajar untuk Menghilangkan Rasa Curiga

Modal yang kuat untuk kelanggengan sebuah hubungan jarak jauh adalah saling percaya satu dengan yang lain. Seringkali rasa curiga itu bisa saja datang, namun Kamu jadi lebih bisa mengontrol diri untuk berpikir positif kepada pasanganmu bahwa Dia tidak akan mengkhianati komitmen yang telah dibangun bersama.

11. Belajar Menghilangkan Ego

Setiap orang pasti memiliki ego masing-masing yang harus dikikis sedikit demi sedikit agar hubungan bisa terus berjalan dengan baik. Ego bisa menyebabkan keretakan sebuah hubungan apalagi hubungan jarak jauh. Cobalah untuk bisa mengerti pasanganmu agar Dia merasa nyaman saat bercerita dengan Kamu.

12. Belajar Saling Mengenal Satu Sama Lain

Hubungan jarak jauh membuat Kamu semakin mengenal sifat pasanganmu, apakah Dia orang yang cuek atau perhatian. Mulai dari sinilah Kamu bisa lebih peka akan perasaannya. Kamu secara tidak langsung akan dipaksa mengerti apa yang Dia rasakan hanya lewat kata-kata atau bahkan hanya lewat tulisan saja.

Lewat hal tersebut Kamu semakin tahu cara untuk membuat Dia senang dengan cara yang sederhana. Tidak hanya hal yang membuat senang tapi juga hal-hal sederhana yang bisa saja membuat Dia malah jadi sedih. Mungkin saja Kamu jadi bisa memutuskan apakah Dia adalah orang yang tepat untuk Kamu.

11 bagaimana cara Mempertahankan hubungan LDR

Hubungan jarak jauh tidak selamanya buruk untuk Kamu dan Dia. Justru karena hubungan ini Kamu jadi bisa menghargai momen saat bertemu. Tidak seperti pasangan kebanyakan yang bisa bertemu setiap saat Mereka mau. Momen-momen saat bertemu akan menjadi sesuatu yang akan selalu ditunggu-tunggu.

Hubungan LDR Awet

Sebenarnya bertahannya suatu hubungan sangat tergantung dari pribadi masing-masing dalam menjalaninya entah itu LDR atau tidak. Semua tergantung dari Kamu sendiri yang menjalaninya, namun untuk bisa mempertahankan hubungan Kamu bisa juga melakukan hal-hal ini.

1. Berkomunikasi dengan Rutin

cara mempertahankan hubungan ldr yang pertama adalah komunikasi! Manfaatkan akhir pekan untuk berkomunikasi dengan si Dia. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk menghubungi sang kekasih. Buka pembicaraan dengan topik-topik yang ringan dan juga lakukan sedikit joke agar si Dia tertawa. Kamu juga bisa menanyakan kabar dan apa saja aktivitas yang telah dilakukan seminggu terakhir.

Buat sang kekasih merasa diperhatikan dan jangan ragu untuk memberikan saran maupun pujian yang layak kepadanya. Jika Dia ingin bercerita jadilah seorang pendengar yang baik karena semua orang juga butuh didengarkan. Jangan ragu memberikan masukan hanya saat Dia meminta masukan dari Kamu.

Kamu juga harus memperhatikan jadwal dari pasangan Kamu nih. Coba bicarakan dulu apakah Dia tidak keberatan jika Kamu menghubunginya. Jangan sampai Kamu malah mengganggu waktunya. Selain memperhatikan jadwal, Kamu juga harus tahu kondisi psikologis pasangan Kamu.

Jika pasanganmu sedang dalam kondisi mood yang jelek dan tidak ingin dihubungi maka Kamu juga harus bisa mengerti. Hal ini juga berlaku sebaliknya, jika Kamu yang sedang dalam kondisi mood sedang jelek cobalah untuk menunda dulu menghubungi pasangan, takutnya justru akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ingat tujuanmu menghubunginya adalah memberikan semangat dan menceritakan segala hal yang ingin Kamu ceritakan. Bukan ingin menyebarkan virus bad mood ya. Hindari hal ini sebab akan sangat merugikan Kamu dan pasanganmu.

2. Memberikan Ucapan Selamat dan Kado Spesial di Hari Spesial

cara mempertahankan hubungan ldr yang kedua adalah hal seimpel tetapi penting, yaitu “ucapan”. Setiap pasangan pasti merayakan momen-momen spesial, entah saat pertama bertemu atau anniversary. Apapun itu, pastikan Kamu tidak lupa memberikan ucapan selamat, tidak masalah jika hanya melalui media sosial. Namun, akan lebih baik jika Kamu datang ke kotanya dan menghampirinya, tentu akan terasa lebih spesial.

Jangan lupa untuk memberikan hadiah juga, cukup beri perhatian sederhana namun konsisten. Hal ini untuk menunjukan rasa sayang dan komitmenmu kepadanya. Sebagai pasangannya Kamu harus tahu apa yang paling si Doi senangi. Nah, Kamu bisa tuh membawa sesuatu hal yang disenangi oleh pasanganmu saat berkunjung ke kotanya.

Sekecil apapun pemberianmu adalah bentuk perhatian terindah untuk pasanganmu. Jadi jangan sampai lewatkan momen spesial kalian berdua ya.

3. Jangan Terlalu Mengekang Si Doi

cara mempertahankan hubungan LDR selanjutnya biasanya dialami oleh beberap pasangan yang cendurng posesif. Pengekangan kepada si Dia akan menyebabkan, kekasihmu tidak nyaman. Hal ini karena Dia juga butuh ruang untuk mandiri dan menjalani hidupnya, apalagi Kamu sedang tidak ada dengan Dia. Namun, bukan berarti saat Kamu bersama dengan Dia, Kamu bisa mengekangnya. Tidak ada yang orang yang suka dikekang.

Pastikan Kamu memberi kebebasan dengan batas komitmen yang telah Kamu dan Dia sepakati. Kamu harus percaya jika Dia baik-baik saja dan akan selalu menjaga komitmen yang telah dijalin selama ini. Rasa saling percaya satu sama lain adalah hal penting yang harus Kamu pupuk agar hubunganmu bisa awet sampai ke jenjang yang lebih serius.

4. Belajar untuk Menjadi Pribadi yang Romantis

cara mempertahankan hubungan LDR selanjutnya adalah “romantis”. Siapa sih yang tidak suka dipuji? Semua orang pasti sangat ingin dipuji atas apa yang diraih dalam hidup. Hal itu juga berlaku untuk kekasihmu pasti juga membutuhkan perhatian kecil berupa hal-hal yang sifatnya romantis.

Romantis tidak hanya bisa dilakukan saat bertemu kok. Bagi Kamu yang sedang menjalani hubungan jarak jauh tetap bisa romantis kepada si Dia yang jauh di sana. Hanya dengan lewat kata-kata Kamu bisa menjadi orang yang romantis. Contohnya saja Kamu bisa menyanyikan sebuah lagu cinta untuknya.

Sekarang ini banyak aplikasi perekam suara di smartphone. Nah, Kamu bisa memanfaatkan hal itu dengan baik. Tidak hanya itu saja, Kamu juga bisa memberikan sebuah pesan dengan kata-kata romantis yang dikirim melalui perangkat komunikasi. Jika Kamu jago bikin puisi, bisa juga dengan mengirimkan sebuah puisi untuk Dia.

Mungkin juga, Kamu bisa memadukan puisi dan musik sehingga menjadi musikalisasi puisi. Itu bisa Kamu lakukan saat Kamu ada cukup waktu ya.

5. Menjaga Komitmen yang Telah Disepakati Bersama

cara mempertahankan hubungan LDR selanjutnya adalah “komitmen”. Tidak jarang pasangan LDR akan menjalani masa-masa sulit ketika merasa kesepian dan sedang banyak masalah. Saat inilah Kamu harus ingat kembali komitmenmu ketika memutuskan untuk melakukan hubungan jarak jauh. Ingat lagi bagaimana keseriusanmu untuk selalu bertahan dalam situasi apapun.

Jangan sampai semua hal yang telah Kamu perjuangkan terbuang begitu saja, hanya karena ego sementara. Belajarlah untuk menjaga komitmen karena pasanganmu juga sedang berjuang bersamamu meski dalam jarak yang jauh.

6. Selesaikan Konflik dengan Segera

cara mempertahankan hubungan LDR selanjutnya adalah “jika ada konflik jangan tunda untuk diselesaikan”. Jika Kamu dan Dia sedang ada masalah, coba bicarakan baik-baik. Kamu bisa mengawali dengan menghubunginya lebih dahulu. Usahakan untuk menghubungi via telepon atau video call. Tujuannya agar semua masalah bisa terselesaikan tanpa ada yang salah paham. Hindari penggunaan pesan singkat untuk membahas permasalahan serius.

Coba berikan pengertian kepada si Dia dengan kata-kata yang halus. Jangan keraskan egomu sendiri dan berusahalah untuk mengerti apa yang pasanganmu inginkan. Hal yang paling penting jangan menunda terlalu lama masalah yang ada antara Kamu dan Dia.

Sekecil apapun masalah yang Kamu dan Dia hadapi jangan dianggap remeh. Ingat masalah-masalah besar bisa terjadi karena pembiaran terhadap masalah-masalah kecil yang dibiarkan berlarut-larut. Jadi, selesaikan masalahmu dengan Dia segera ya.

7. Saling Jujur Satu Sama Lain

cara mempertahankan hubungan LDR selanjutnya adalah kejujuran. Kejujuran adalah hal yang penting dalam menjalani sebuah hubungan. Tanpa adanya kejujuran rasa saling percaya tidak akan tumbuh dengan baik, akibatnya hubungan akan berakhir begitu saja. Hubungan jarak jauh bisa menguji kejujuranmu kepada pasangan. Jangan melanggar hal-hal yang mungkin dilarang jika hal itu memang negatif dan masuk akal.

Misalnya, pasanganmu melarang Kamu untuk merokok karena sangat tidak baik untuk kesehatan. Kamu harus mendengarkan Dia dan berusaha untuk berhenti merokok. Katakan kepadanya, jika Kamu sedang berusaha untuk berhenti dan mintalah dukungan dari si Dia maka Dia akan merasa didengarkan dan tentunya hubunganmu semakin langgeng.

Tepati janjimu terhadap pasanganmu dan lakukan janji itu dengan sungguh-sungguh. Buktikan jika Kamu memang serius dengannya dengan cara jujur memegang janji yang telah Kamu katakan kepadanya. Jarak aja bisa ditaklukan masak cuma jujur aja nggak bisa.

8. Prioritaskan Kualitas Pertemuan

cara mempertahankan hubungan LDR selanjutnya adalah quality bukan quantity. Buat momen pertemuan Kamu dengan pasangan lebih berkualitas dan bermakna. Pasangan LDR akan lebih jarang bertemu sehingga momen pertemuan akan jadi lebih berharga. Nah, Kamu bisa menunjukan betapa berharganya pertemuan ini dengan cara yang romantis namun sederhana.

Sekedar berjalan-jalan di tempat-tempat yang romantis sambil membicarakan aktivitas keseharian bisa menjadi pilihanmu. Mungkin saja, Kamu bisa mengajaknya ke tempat hiburan seperti menonton bioskop atau ke taman bermain yang menyediakan berbagai wahana seru.

Sejatinya, pasangan LDR sadar akan pentingnya sebuah pertemuan karena Mereka tidak setiap saat bisa bertemu. Jadi manfaatkan momen ini dengan baik, jangan malah menggunakannya untuk bertengkar ya.

9. Memberikan Kejutan-kejutan Sederhana di Hari yang Tidak Terduga

cara mempertahankan hubungan LDR selanjutnya adalah kejutan sederhana. Memberikan kejutan tidak hanya perlu dilakukan pada saat hari spesial saja. Mungkin saja Kamu bisa melakukan saat hari biasa ketika Kamu melihat ada suatu barang yang memang diinginkan oleh pasanganmu sejak lama. Kebetulan Kamu sedang ada rejeki untuk membelinya.

Kejutan sederhana yang Kamu berikan, menunjukan bentuk perhatianmu kepadanya. Sebuah kejutan bisa membuat hubungan semakin erat terutama pada pasangan yang sedang berjuang melawan jarak. Berikan kejutan saat Kamu datang ke kotanya diwaktu senggang. Namun, jangan dilakukan sering-sering ya.

10. Jangan Terlalu Intens Berkomunikasi

cara mempertahankan hubungan LDR selanjutnya adalah periode komunikasi. Keseringan komunikasi juga tidaklah baik dalam hubungan jarak jauh. Hal itu karena pasanganmu juga mempunyai aktivitas lain yang memerlukan fokus. Cobalah buat jadwal khusus untuk berkomunikasi paling tidak seminggu sekali, itu sudah cukup. Bentuk cinta juga bisa diwujudkan dalam hal penghargaan kepada pasangan dengan menghargai waktunya.

Jangan sampai waktu Kamu dan pasangan malah habis hanya untuk hal-hal yang sifatnya tidak produktif. Tentunya hal ini akan membuat Kamu dan pasangan tidak nyaman. Ketidaknyamanan dalam sebuah hubungan akan membuat hubungan yang sudah Kamu jalani sejak lama bisa berakhir sia-sia.

Terlalu intens berkomunikasi juga menyebabkan rentannya konflik terjadi sehingga hubungan malah jadi renggang. Usahakan untuk tidak terlalu intens berkomunikasi tentukan jadwal berkomunikasi secara rutin.

11. Menghargai Perjuangan yang Telah Pasanganmu Lakukan

cara mempertahankan hubungan LDR selanjutnya adalah yang paling penting yaitu kembali ke diri kamu sendiri. Mempertahankan hubungan jarak jauh tidaklah mudah, Kamu juga merasakannya bukan. Oleh karena itu Kamu harus bisa memahami hal itu. Jadi hargailah setiap usaha yang telah pasanganmu lakukan untuk Kamu. Hargai waktu bersama yang tidak bisa dilakukan setiap hari, hargai waktu saat Dia tidak bisa menghubungimu, hargai setiap pencapaian yang Dia peroleh.

Rasa saling menghargai antar pasangan akan membuat pasangan merasa berharga di mata pasangannya. Jadi jangan ragu untuk memberikan apresiasi kepada pasanganmu yang telah berusah payah memperjuangkan Kamu. Jangan sampai Kamu menyesal ya.

12. Kalian Harus Memiliki Tujuan yang Jelas

Sebuah hubungan yang hanya main-main saja sebaiknya diakhiri dengan segera. Tujuan sebuah hubungan akan membawa Kalian ke arah yang lebih serius. Bicarakanlah hal ini disaat yang menurut Kamu tepat.

Milikilah visi dan tujuan bersama agar Kalian bisa memiliki sesuatu yang dapat diperjuangkan bersama. Inilah yang akan semakin mempersatukan Kamu dan Dia.

Kurang lebih ada dua belas tips yang bisa Kamu lakukan untuk mempertahankan hubungan jarak jauh yang penuh ujian dan cobaan. Cobalah praktekan tips ini dan mungkin ada beberapa yang cocok untuk Kalian.

Tanda Jika Kamu Cocok dengan Hubungan Jarak Jauh

Kita tentu sudah tahu hubungan jarak jauh bukanlah sesuatu yang enteng untuk dijalani. Ibaratnya tidak semudah membalikan telapak tangan. Perlu perjuangan yang keras untuk bisa lanjut ke tahap yang selanjutnya. Untuk itu memerlukan orang-orang yang telah terkualifikasi dengan baik, semoga Kamu termasuk orangnya.

Tidak sembarangan orang yang bisa menjalani hubungan jarak jauh. Hanya orang-orang terpilih saja yang bisa menjalani hubungan ini. Nah, untuk itu mari Kita cari tahu, inilah tanda jika Kamu cocok dengan hubungan jarak jauh. Jangan memaksakan jika belum mampu ya, jika tidak ingin mengalami patah hati.

1. Dewasa

Kedewasaan akan membantu Kamu mempertahankan hubungan jarak jauh. Sifat ini juga akan membuat pasanganmu nyaman karena tidak merasa dikekang olehmu. Dewasa berarti bisa saling mengerti satu sama lain tanpa ada rasa curiga. Tenang, kedewasaan sejatinya adalah pilihan. Jadi apa pilihanmu?

2. Mandiri

Orang yang tidak bergantung dengan pasangannya sangat cocok untuk hubungan jarak jauh dengan kata lain mandiri. Jarak antara Kalian yang jauh tidak akan mengganggu karena Kamu memang sudah mandiri sehingga hubungan Kalian akan semakin langgeng karena saling pengertian antara Kamu dan Dia.

3. Memegang Komitmen

Seorang yang memegang komitmen pasti akan bisa dipercaya. Kunci dalam menjalani hubungan ini adalah rasa saling percaya satu sama lain. Jadi, orang yang mampu memegang komitmen sangat cocok menjalani LDR. Pada dasarnya banyak orang yang menganggap sebuah hubungan hanya untuk main-main. Jangan jadi orang yang seperti ini sebab hati bukan untuk mainan.

4. Disiplin

Kok disiplin? Seperti yang telah dijelaskan pada 12 tips di atas. Kalian harus membuat jadwal untuk berkomunikasi dengan rutin. Kedisiplinan harus dimiliki dalam artian menghargai waktu untuk berkomunikasi yang sudah disepakati bersama. Disiplin di sini bisa dalam hal waktu janjian maupun saat akan melakukan pertemuan.

5. Tahan Banting

Tahan banting dalam artian bisa menghadapi setiap ujian berat yang akan Kalian lewati bersama. Sangat jarang ditemui jenis orang yang seperti ini, dan beruntunglah Kamu yang sudah menemukannya. Kamu yang sudah menemukannya wajib untuk mempertahankannya. Mungkin Kamu ingin menjadi orang yang tahan banting tentu saja bisa.

Kebanyakan orang mudah menyerah saat mengalami banyak masalah. Padahal masalah-masalah ini seharusnya bisa menjadi momen Kalian untuk saling menguatkan. Justru masalah ini yang akan menguji kesungguhan hatimu. Jadi jangan mudah menyerah, jadilah orang yang tahan banting.

Demikian tips dari kami cara mempertahankan hubungan LDR. Kamu yang sedang menjalani hubungan jarak jauh tetap semangat ya, dan jangan patah arang. Setiap masalah pasti ada jalan ke luarnya. Bagi Kamu yang akan menjalani hubungan jarak jauh coba pertimbangkan lagi masak-masak ya. Semoga keputusan yang Kamu ambil benar-benar keputusan yang tepat.

Oleh: Y. Anugrahanto

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*