Bagaimana Cara Membersihkan Kolam Renang Pribadi?

Untuk rumah-rumah besar atau mewah pastinya fasilitas seperti kolam renang sangat wajib untuk bisa dipenuhi, bukan?

Ya, pastinya begitu karena kolam renang sendiri merupakan fasilitas bersama yang bisa menunjang segala hal. Kolam renang bisa digunakan untuk olahraga ataupun hanya sekedar untuk bersantai saja.

Baca Juga: Rekomendasi Kolam Renang Terdekat Jakarta dan Sekitarnya

Kolam renang sendiri bisa dibuat secara sederhana atupun berdesain sesuai dengan keinginan masing-masing. Yang jelas kolam renang sudah termasuk fasilitas impian para penghuni rumah untuk memenuhi segala kegiatan yang tercakup didalamnya.

Perlunya Membersihkan Kolam Renang

Berbicara mengenai kolam renang, pembersihan kolam renang memang cukup penting untuk dilakukan. Apabila memiliki kolam renang di rumah pastinya hal itu akan membuat pemiliknya atau penghuni suatu rumah itu perlu untuk selalu memperhatikan kebersihan kolam renang di rumah mereka.

Jika kolam renang kotor, selain akan membuat rumah terkesan jadi tak terawat juga akan bisa sangat berisiko terhadap kesehatan para penggunanya. Seperti yang sudah diketahui faktanya bahwa air di kolam renang memang harus memiliki kandungan kimia dan air murni yang cukup seimbang. Dalam hal ini ditekankan jika air kolam renang harus memenuhi takaran yang standar dan cukup signifikan terhadap tingkat keasaman atau pH airnya.

Nah, untuk itulah dalam rangka menjaga keseimbangan tersebut, Anda dituntut untuk bisa selalu membersihkan kolam renang sekurang-kurangnya sebanyak 1X/minggu. Bahkan bukan hanya itu saja, pertimbangan cuaca baik kondisi terik dari sengatan matahari ataupun hujan ternyata juga bisa mempengaruhi kebersihan dan kandungan air dalam kolam renang.

Baca Juga: 7 Atlet Inspiratif yang Mengharumkan Nama Indonesia

Jadi intinya adalah bahwa jika Anda hendak membangun atau berencana untuk memiliki kolam renang di rumah Anda maka akan ada banyak faktor terkait yang perlu untuk Anda perhatikan, camkan, lalu praktekan. Dalam hal ini adalah mengenai kebersihan dan cara perawatan dari kolam renang itu sendiri.

Kita bermain logika saja, apabila kolam renang yang Anda miliki di rumah tidak dengan rutin dibersihkan setiap saat diperlukan maka hal itu dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan para penghuni terutama mereka yang menggunakan fasilitas kolam renang tersebut. Bahaya yang dimaksudkan itu meliputi iritasi pada mata dan juga kulit akibat tumbuhnya jamur.

Maka sekali lagi penting bagi Anda untuk bisa melakukan pembersihan kolam renang. Untuk itulah pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai cara membersihkan kolam renang terkait dengan tahap-tahap pembersihan kolam renang dan juga berbagai bahan pembersih atau obat kimia yang baik digunakan untuk membersihkan kolam renang.

Tahap-Tahap Pembersihan Kolam Renang

1. Mengatur keseimbangan kandungan air kolam renang

Poin pertama ini yang berbunyi demikian merupakan acuan atau hal utama yang perlu dilakukan. Ya, kegiatan semacam pembersihan kolam renang bisa Anda mulai dengan cara mengatur keseimbangan air yang terkandung dalam kolam renang di rumah Anda.

Komponen air kolam renang yang baik adalah air yang memiliki tingkat ataupun ukuran konsentrasi ion hidrogen (pH) dari larutan yang benar dan sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Kadar pH yang benar maksudnya adalah mencakup keseluruhan atau total alkalin dan kalsium dalam air dimana kesemuanya itu harus cukup seimbang.

Tujuan dari dilakukannya langkah macam ini adalah untuk bisa mencegah pembentukan kerak dalam kolam renang yang mana jelas dapat merusak peralatan kolam renang lainnya. Selain daripada itu, dengan mengatur keseimbangan kandungan air dalam kolam renang maka hal itu bisa mencegah terjadinya iritasi pada mata dan kulit.

Perlu untuk diketahui bahwa pengaturan ini juga difokuskan atau memiliki acuan tersendiri yaitu pada kandungan klorin agar bisa normal dengan angka berkisar 1,0 – 3,0 ppm.

2. Menguras kolam renang dengan rutin

Di poin yang kedua ini menjelaskan bahwa Anda juga bisa melakukan kegiatan semacam pembersihan kolam renang tersebut dengan cara menguras kolam renang. Ya, jelas saja ini penting dan harus dilakukan.

Bak kamar mandi saja bila diperhatikan harus rutin dikuras, apalagi kolam renang di rumah Anda. Nah, disini Anda bisa memulainya dengan cara kuras bagian dasar dan juga tepi kolam renang dengan menggunakan sikat khusus untuk menyikat kolam renang. Lakukan pengurasan tersebut sebanyak 1 kali dalam seminggu.

Baca Juga: 13 Tips Rahasia Membangun Bisnis Sampai Sukses

Kegiatan ini dilakukan karena bertujuan penting untuk membersihkan setiap sisi kolam renang, seperti lumut, lumpur, kerak, ataupun kotoran lain yang menempel pada dinding dan lantai dasar kolam renang.

3. Menggunakan larutan pembunuh kuman dan bakteri

Selain dikuras, kolam renang juga bisa Anda gunakan larutan pembunuh bakteri khusus yang umumnya telah dijual oleh toko-toko penyedia beragam alat kolam renang.

Cara pengaplikasiannya sendiri bisa Anda lakukan dengan sangat mudah dan tak berbelit, cukup menebarkan saja larutan pembunuh kuman dan bakteri khusus air kolam renang yang telah Anda beli tersebut ke seluruh permukaan air yang baru Anda tambahkan pada kolam renang yang sudah dikuras sebelumnya. Kemudian Anda tinggal tunggu hingga 15 menit setelah itu kondisi air akan sudah menjadi bersih dan terjamin terhindarkan dari berbagai kuman serta bakteri.

4. Menggunakan algasida khusus kolam renang

Setelah air dalam kolam renang Anda sudah bersih, maka selanjutnya Anda bisa segera menuangkan atau mengaplikasikan algasida sebelum Anda mulai menuangkan bahan klorin ke dalam kolam renang. Di pasaran sendiri kini telah terdapat 2 jenis algasida yang kerap digunakan. Yang pertama adalah jenis algasida metallic dan yang kedua adalah jenis algasida amonia kuaterner.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapat Kecantikan Jiwa Islami?

Nah, Anda bisa menggunakan salah satunya dari kedua jenis algasida tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Upaya penggunaan dari algasida ini sendiri adalah untuk mencegah timbulnya lumut di kolam renang.

5. Memperhatikan kondisi air kolam renang

Di poin yang kelima ini mengatakan bahwa Anda perlu menjeli warna air pada kolam renang Anda, apakah masih jernih atau sudah mulai keruh. Jika air kolam renang Anda sudah mulai keruh, berarti itu artinya bahwa sudah waktunya air itu untuk diganti.

Perlu dipahami disini bahwa ada beberapa bahan kimiawi yang cocok dan memang biasa dimasukkan ke dalam kolam renang. Ialah klorin, klorin ini berfungsi untuk mengikat kotoran yang terkandung didalam air kolam renang sehingga penggunaannya dilakukan agar air kolam tetap bersih dan higenis.

Klorin sebaiknya dimasukkan ke dalam kolam saat sore hari atau menjelang malam hari karena fakta mengatakan bahwa panasnya sinar matahari bisa menurunkan kadar dari kandungan klorin itu sendiri.

Selain daripada itu, bahan kimia lainnya yang bisa juga digunakan selain klorin tersebut adalah bahan kimia cyanuric acid yang berfungsi untuk menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH dalam air. Selain itu juga dirasa mampu dengan maksimal menjernihkan air dalam kolam renang. pH air atau tingkat keasaman yang direkomendasikan adalah berikisar pada angka antara 7,2-7,8.

6. Mengepel lantai di sekitar kolam renang

Pembersihan kolam renang juga bisa Anda wujudkan dengan mengeluarkan lantai di sekitar kolam renang. Cara ini dilakukan karena dapat mencegah timbulnya bakteri serta juga bisa mencegah lumut tumbuh yang mana apabila itu terjadi akan membuat lantai menjadi licin.

Lantai sekitar kolam renang yang licin berisiko menyebabkan kecelakaan bagi yang siapapun yang melintasinya. Maka dari itulah Anda bisa menggunakan produk pembersih yang mampu menghilangkan kerak dan menjamin kebersihan lantai di sekitar kolam renang rumah Anda.

7. Membersihkan daun dan kotoran yang terdapat di permukaan air kolam

Tidak menutup kemungkinan bila di air kolam renang akan terdapat guguran daun, kotoran, hewan serangga, dan lain sebagainya yang akan mengambang di permukaan air kolam renang itu sendiri. Maka dari itulah, baiknya Anda gunakan jaring halus untuk mengangkat kotoran-kotoran tersebut.

Hal tersebut perlu untuk dilakukan karena adanya daun kering dan kotoran lainnya tersebut dapat memicu pertumbuhan bakteri di dalam air kolam renang. Bakteri-bakteri itulah yang kemudian akan bisa menyebabkan penularan penyakit tertentu pada siapapun yang memakai fasilitas kolam renang. Misalnya saja penyakit kulit yang memang biasanya penularannya terjadi begitu sangat cepat.

8. Menggunakan filter air kolam

Disebut filter air kolam karena memang kenyataannya alat ini berfungsi untuk menyaring air yang terdapat pada kolam renang. Anda bisa melihat contohnya pada pengaplikasian di akuarium ikan, di mana biasanya memang akan dipasang filter air ini di dalam akuarium tersebut.

Alat filter ini sendiri menggunakan energi listrik untuk dapat memfungsikannya. Begitu juga dengan yang akan dipasang di dalam kolam renang Anda. Namun perly dipahami bahwa untuk pengaplikasian di kolam renang, ukuran dari filter airnya tersebut akan menjadi lebih besar. Ketahui juga bahwa dengan memasang alat filter air kolam ini maka akan membuat kondisi air di kolam renang Anda selalu terjaga kebersihannya setiap waktu.

Membersihkan Kolam Renang Menggunakan Bahan Pembersih

Pembersihan kolam renang sendiri ternyata juga bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan penggunaan obat kimia kolam renang. Obat kimia adalah bagian penting dari pembersihan kolam.

Obat atau pembersih kolam renang merupakan salah satu bahan kimia yang dapat digunakan dalam proses perawatan kolam renang. Obat membunuh berbagai mikroorganisme seperti bakteri.

Sebenarnya fungsi dari obat atau pembersih yang digunakan untuk membersihkan kolam renang adalah supaya air di dalamnya tetap bersih dan jernih. Fungsi dari pembersih atau obat kolam renang itu cukup beragam karena juga tergantung pada jenis dan mereknya.

Pada saat ini banyak pilihan pembersih. Masing-masing dari jenis bahan itu mempunyai kegunaannya masing-masing yang sangat bervariasi. Berikut ini adalah beberapa obat pembersih yang dapat digunakan untuk membersihkan kolam renang pribadi, Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Soda Ash

Soda Ash adalah jenis bahan kimia untuk pembersihan kolam renang yang sering dipakai untuk menaikkan pH atau tingkag keasaman air yang ada di dalam kolam renang. Bila pH air kolam tersebut kurang dari batasan normal, tentu kualitas air dalam kolam renang bisa juga menurun bila terkena tambahan air yang lain, misal saat Anda menambah air dari luar dan juga bisa berasal dari tambahan air hujan.

Pengaplikasian obat jenis ini sering dilakukan dengan cara dilarutkan terlebih dahulu pada wadah sebelum kemudian dimasukkan ke dalam kolam renang. Agar hasilnya menjadi lebih maksimal, pengaplikasian Soda Ash ini akan lebih baik jika dilakukan dalam kondisi sirkulasi air jalan.

2. Chlorine

Chlorine adalah salah satu obat pembersih kolam yang cukup sering digunakan. Jenis obat pembersih ini ada berbagai macam yang telah dijual di pasaran sampai saat ini, dari kandungan bentuk kegunaannya.

Salah satu contohnya adalah seperti Chlorine powder 60% atau yang biasanya sering disebut dengan kaporit. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kaporit ini adalah jenis obat kolam renang yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi klorin yang ada di dalam air kolam.

Sesuai dengan namanya, bentuk obat ini adalah semacam bubuk dengan kandungan klorin sebesar 60%. Tujuan dari pengaplikasian jenis bahan pembersih kolam ini adalah untuk menjaga kondisi air supaya tetap jernih serta untuk menghilangkan bakteri dan kuman berbagai penyakit.

3. Copper Sulphate atau Trussi

Copper Sulphate atau Trussi ini adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah tumbuhnya lumut atau alga di dalam kolam renang. Fungsi dari pembersih air kolam renang ini adalah untuk menjernihkan serta memberi warna kebiruan pada air kolam renang.

Bahan kimia ini akan memperindah kolam, cara menggunakannya hampir sama dengan soda ash.

4.  (PAC)

Poly Aluminum Chloride, Obat untuk pembersihan kolam renang yang satu ini sebenarnya memiliki fungsi yang sangat mirip dengan tawas. Fungsinya yaitu untuk mengikat kotoran yang berada di dalam air lalu kotoran itu akan dibawa serta merta untuk mengendap sampai ke dasar kolam.

Bisa dikatakan begitu karena kotoran yang mengendap dan berada di dasar kolam menjadi bisa diangkat dengan sangat mudah.

Dari penjelasan beberapa poin diatas, kita semua telah ketahui dan juga memahami bahwa ternyata kegiatan semacam pembersihan kolam renang itu dapat dilakukan dengan berbagai cara dan metode tertentu yang mampu untuk ditempuh. Cara-cara yang dilakukan tersebut pun terbilang cukup sederhana dan tidak begitu ribet untuk diterapkan.

Selain membersihkan kolam dengan cara yang manual, Anda juga bisa menggunakan bantuan dari bahan pembersih. Bahan pembersih untuk kolam renang sendiri ada banyak macamnya maka Anda bisa tinggal memilih saja mana yang Anda rasa cocok dan cukup baik untuk diaplikasikan ke kolam renang di rumah Anda.

Perlu diketahui juga bahwa intinya kegiatan semacam pembersihan kolam renang ini sendiri dilakukan atas dasar kepentingan kesehatan dan selain itu juga untuk menghindari bahaya akibat air kolam yang tercemar.

Meskipun demikian, apabila hendak membersihkan kolam renang dengan bahan kimia, Anda tetap perlu perhatikan takarannya dan juga komposisi bahan tersebut untuk menghindari komplikasi penggunaan berlebih.

Nah, itulah dia penjelasan lengkap tentang bagaimana cara baik untuk membersihkan kolam renang beserta beberapa bahan pembersih dan obat kimia yang baik digunakan untuk membersihkan kolam renang di rumah Anda. Selamat menerapkan dan semoga bermanfaat.

Oleh: Meylisia H.S.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*