Audio Visual Sebagai Media Promosi Wisata Kota Jepara

Pengembangan tersebut berupa pemberian informasi mengenai lokasi, jalur destinasi, dan informasi-informasi lainya yang dibutuhkan oleh wisatawan. Pengembangan tersebut diwujudkan menjadi sebuah media informasi melalui perancangan buku panduan wisata yang berisi tentang informasi-informasi yang dibutuhkan oleh para wisatawan selain itu didalam buku ini terdapat denah lokasi candi dan peta jalur tiga candi tersebut,denga memadukan dengan ilustrasi yang mempunyai kesan sakral dan lawas diharapkan dapat menarik para wisatawan dan calon wisatawan untuk membacanya . Dari sekian banyak candi di Klaten ada tiga candi yang secara jalur destinasi sangat memungkinkan unuk dikembangkan yaitu candi Sojiwan, candi Plaosan, dan candi Sewu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pertama Masjid Agung Jawa Tengah mempunyai tiga kriteria pengembangan wisata agar obyek destinasi wisata tersebut dapat diminati pengunjung, yaitu: something to see, someting to do, someting to buy. Obyek wisata yang mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang cukup signifikan yaitu pada Lokawisata Baturaden. Variabel daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kunjungan Lokawisata Baturaden.

Look..!! BUANA, Anugerah Arsy (2020) Analisis Pengaruh Persepsi Harga Tiket, Persepsi Fasilitas Buatan, Persepsi Biaya Wisata dan Daya Tarik Wisata terhadap Kunjungan Wisatawan Lokawisata Baturaden. Berdasarkan hasil analisis kesesuaian menunjukkan bahwa Ekowisata Mangrove Park Pekalongan termasuk dalam kategori sesuai untuk dijadikan kawasan ekowisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi Ekowisata Mangrove Park Pekalongan yang terdiri dari berbagai jenis flora-fauna dan parorama alam memiliki daya tarik untuk pengembangan ekowisata di kota Pekalongan. Kabupaten Banyumas adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki potensi di sektor pariwisata untuk dikelola, dikembangkan, dan di tawarkan kepada para wisatawan. Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan hutan mangrove di Ekowisata Mangrove Park Pekalongan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah sebagai kawasan ekowisata mangrove. Data primer diperoleh dengan mewawancarai langsung dengan para pedagang atau pengusaha warung makanan kuliner khas di kota Tegal Jawa Tengah. Konon, candi ini dibangun pada masa Dinasti Syailendara dengan ciri khas stupa yang tersusun bertingkat. Tempat wisata di Jawa Tengah ini merupakan peninggalan agama Buddha di masa lampau. Karena berada di lokasi yang agak jauh dari pusat kota, pantai ini menjadi surga tersembunyi di tengah Jawa.

Lokasi curug ini berada di Desa Tlogopakis, Pekalongan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Kualitas Pelayanan (X1), Lokasi (X2), dan kepuasan pengunjung (Y). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: Strategi yang diterapkan untuk Serayu Adventure Indonesia yang sesuai dengan nilai IFAS yaitu sebesar 2,23 dan nilai EFAS yaitu sebesar -0,3 dari analisis SWOT adalah Strategi ST (Strenght dan Threaths). Metode yang tepat digunakan yaitu analisis SWOT dan benchmarking. Berjarak sekitar 38 kilometer dari pusat kota Kebumen, Goa Petruk merupakan salah satu destinasi wisata Jawa Tengah yang menarik. Keindahan dan keklasikan arsitektur bangunannya membuat tempat wisata di Jawa Tengah ini sering dijadikan latar fotografi, syuting film, dan lainnya. Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beberapa pulau yang memilki kebudayaan, bahasa, adat-istiadat, dan objek wisata yang beragam salah satu pulau yang menawarkan pemandangan alam yang beragam yaitu pulau jawa, pulau jawa terbagi ke dalam beberapa bagian yaitu jawa barat, jawa tengah, dan jawa timur, salah satu bagian dari ketiga pulau tersebut masingmasing memiliki berbagai keistimewaan yang berbeda-beda. Sariater merupakan hotel yang memiliki area dan tempat yang luas juga memiliki fasilitas wisata yang begitu beragam tetapi sariater kurang memperhatikan masalah sistem pertandaan/petunjuk arah(sign system) mengingat area wisata ciater yang begitu luas sehingga pengunjung yang baru pertama kali berkunjung dapat kebingungan untuk menuju objek wisata yang mereka tuju.

Salah satu objek wisata terkenal yang di miliki jawa barat yaitu ciater atau dikenal dengan nama sariater, sariater merupakan hotel yang menawarkan pelayanan yang baik, juga fasilitas yang mendukung, karena sariater bertujuan untuk menjadi tempat wisata berstandar internasional sariater memiliki tujuh area pemandian, yaitu kolam rendam mayang sari, wangsadipa, pulosari, leuwi 2 sari, kamar rendam, paket mayangsari, dan paket kimannis, sariater memiliki fasilitas yang mendukung para wisatawan untuk mendapatkan hiburan yang menarik serta mampu memberikan hiburan dan kesenangan mengingat tujuan para wisatawan yang berkunjung yaitu untuk bersenang senang tetapi segala fasilitas yang ada membuat sariater menjadi objek wisata yang cukup mahal. Ketua paguyuban pemancingan rawa, Sugeng Jendro mengatakan warung apung adalah ikon sejak 2002. Tetapi dengan dipindahkan ke plaza otomatis hilang. Setelah itu beralih menggunakan gerobak di tahun 1970-an. Lalu pada tahun 1988 hingga saat ini sudah digantikan oleh generasi kedua yaitu Sugeng dan menempati sebuah warung sederhana di Jalan Zainul Arifin No. Padahal, kebutuhan pengunjung terhadap sign system ini sudah diatur ke dalam undang -undang tentang ketersediaan media informasi petunjuk arah, aturan -aturan, dan informasi lain yang terdapat dalam Peraturan Menteri Pariwisata No.14 Tahun 2016.Pendekatan yang digunakan dalam perancangan ini merujuk kepada ikon -ikon khas wisata Small Worldmaupun daerah setempat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*